6 Tips Sukses Membuat Toko Online Yang Disukai Pengunjung

“Pak Gm, Apa Yang Membuat Toko Online Bapak Di Sukai Pengunjung?”

Banyak pemula yang ingin sukses berjualan online namun dipusingkan dengan berbagai hal teknis yang sebenarnya bisa kita sederhanakan prosesnya.

Dalam video tutorial tentang membuat toko online yang disukai pembeli, saya berbagi sedikitnya 6 hal yang tidak boleh kita lupakan ketika kita ingin sukses berjualan produk fisik secara online.

Seperti apa isi videonya? Putar tombol PLAY di bawah ini :-)

Jika Anda tertarik untuk membuka bisnis sendiri tetapi  tidak memiliki modal besar, Anda tidak perlu khawatir tentang hal itu lagi karena Anda bisa mendirikan bisnis sendiri melalui toko online.

Anda bisa mengatur apa saja barang yang akan Anda pajang di toko online.

omset-toko-online2013

Melalui toko online, pengunjung dengan mudah dapat membeli produk Anda, bahkan tidak menutup kemungkinan akan banyak penawaran kerjasama dari orang lain yang ingin juga dapat menjual produk mereka di toko online milik Anda.

Strategi pemasaran merupakan bagian penting untuk mempromosikan dan mengkomersialkan toko online Anda kepada pengunjung.

Di bawah ini adalah 6 tips sukses dalam membuat toko online yang disukai pengunjung

1. Keep it simple

Desain situs toko online Anda harus menarik pengunjung tapi ingat harus tetap sederhana.

Hanya menempatkan informasi penting atau deskripsi produk sederhana di webstore Anda, jika webstore Anda ramai dengan banyak halaman penuh kata maka pengunjung akan bosan/bingung dan bisa jadi dia tidak ingin membacanya.

Meskipun toko online milik Anda sederhana tapi pastikan Anda menuliskan informasi yang jelas tentang produk yang Anda jual.

Anda perlu memahami produk Anda cukup baik dan mengatur letak display barang mereka pada satu sistem halaman yang masuk akal untuk pelanggan Anda.

Jika mereka tidak tahu di mana mencari produk tertentu,  bisa jadi mereka akan kesal dan dengan kata lain situs Anda termasuk situs yang kurang efektif mengkomunikasikan merek Anda.

So, pastikan miliki navigasi sederhana untuk membantu pengunjung menemukan dengan mudah produk yang mereka inginkan.

2. Berikan cara termudah untuk memesan dan membayar produk

Ini adalah hal penting dalam bisnis online, kadang-kadang pedagang memberikan banyak aturan dan regulasi pada pembeli dengan prosedur dan pembayaran online yang ribet.

Faktor inilah yang kadang membuat pengunjung lari ke webstore lain.

Sebagai pemilik bisnis, Anda perlu menyediakan cara yang nyaman untuk melakuka order/pesanan di situs toko online Anda.

Misalnya hanya dibuat satu klik setelah proses order barang dan pelanggan sudah mendapatkan konfirmasi detil produk yang dipesan termasuk jumlah pembayaran yang harus dibayarkan.

Berikan pilihan dalam hal metode pembayaran, misalnya Anda menyediakan beberapa rekening bank lokal atau melalui paypal.

Selain itu jika Anda ingin pengunjung Anda betah melihat barang dagangan yang dipajang di toko online Anda?

Berikan menu penting seperti FAQ (pertanyaan dan jawaban seputar produk Anda), informasi kontak, metode pengiriman, metode pembayaran, dan lain-lain yang secara otomatis akan memberikan kenyamanan untuk pengunjung yang akan bertransaksi dengan Anda

3. Berikan identitas yang unik di toko online milik Anda (branding)

Ketika Anda membuat toko online sendiri buatlah kreatif, sederhana dan unik, karena itu orang akan mengingat merek Anda dan juga situs Anda

4. Realistis harga

Harga produk adalah salah satu strategi pemasaran untuk menarik pengunjung ke webstore Anda, lagi dan lagi.

Anda harus memberikan harga yang realistis pada produk Anda, jika harga Anda tidak kompatibel dan mahal untuk produk yang bisa dengan mudah di dapat secara online, maka bisa jadi  pengunjung akan membatalkan pembelian di toko online milik Anda.

5. Terus perbarui dan tambahkan produk-produk terbaru dari Anda.

Tetap update dengan produk-produk terbaru, ataupun varian produk terkait akan membuat pelanggan tetap terus membeli produk di toko online milik Anda.

Berikan juga  data testimonial dari pelanggan Anda sehingga pengunjung tahu bahwa  mereka akan mendapatkan kepuasan atau jaminan terhadap produk yang akan mereka beli.

6.  Buka program afiliasi atau jaringan reseller untuk produk atau jasa yang Anda jual melalui toko online

Dari webstore Anda sendiri, Anda dapat meningkatkan omset penjualan, misalnya salah satunya dengan membuka afiliasi atau jaringan reseller.

Sehingga akan banyak reseller yang menjadi tenaga pemasaran toko online Anda tanpa Anda harus mengeluarkan biaya (gaji) untuk mereka.

Ini adalah contoh produk yang disiap dikirim ke seluruh Indonesia. Dalam sehari rata-rata ratusan item produk terjual secara online.

tips order toko onlineBanyak pembeli yang juga ingin order dalam partai besar adalah dari Malaysia dan Brunei Darusalam, namun belum bisa kami penuhi karena market Indonesia pun masih banyak yang antri.

Saya sudah banyak membahas tentang rahasia dapur saya ketika saya membuat toko online dari awal persiapan sebelum membuat toko online, memilih model toko online yang terbukti meningkatkan sales, teknik promosi dengan sedikit biaya, teknik melipatgandakan omset tanpa biaya promosi sampai dengan membuat toko online Anda bisa berjalan tanpa kehadiran Anda setiap hari, baca pengalaman dan cerita dari saya disini

Our Rating

5

41 Comments

  • Majuin says:

    Yang paling penting memang dalam meraih banyak pembeli yaitu pelayanan ramah harga masuk akal dan juga cantumkan kontak yang akurat supaya pelanggan percaya sama kita, terima kasih banyak ya gan atas informasi semoga tetap semangat untuk berbagi informasi dan salam maju

  • haris says:

    maaf Mr.Gm tolong di berikan gambaran untuk membeli desing toko online yg propesional dan tolong di kasih masukan buat toko online saya..walau sdh masuk di halaman pertama buat keyword Grosir celana legging/celana legging tapi penjualan belum maksimal terima kasih saya member anda dari semua produk yg ada..

    • admin says:

      coba bapak sharing via help desk, jk merasa sdh prnh mengrim dan blm ada blasan, silahkan resend kembali pertanyaan anda krn bs jd terlewat

  • hendi kusuma says:

    yang saya buat desainnya simple, tidak banyak tulisan.
    ya saya sudah liat tips n trik di blog ini…
    akan terus saya pelajari dan menambah semangat saya untuk kreatif dan bekerja…

  • akiy says:

    bagus skali pemaparan marketing nya pa… jelas, fokus sasaran.. terima kasi pa, ini sy tanpa sngaja nenu web bapak.. mohon sarannya menjadi member bapak itu bgmn?

  • hendi kusuma says:

    Pak,

    Saya sedang membuat toko online yang menjual pakaian2, hampir sebulan dan blm ada trafic, kira2 bisa menghasilkan ga pak tampilan toko online saya.

    Terima Kasih

    • admin says:

      ingat, sblm anda datangkan trafik, anda harus membuat tampilan situs anda profesional, apa saja itu?
      coba anda buka kategori rahasia toko online di blog ini, krn ada banyak tip, trik dan video yg sngt bermnfaat membantu anda meningkatkan sales produk toko online anda.

  • asep munajat says:

    sy tertarik untuk bk toko online stlah lihat penjelasan bpk,gmn cara yg sederhana bk tko on line tanpa modal sy ada laptop dan modem slama ini hnya untk bk berita.sy ada teman yg pnya toko pakaian apakah saya bisa promosikan pakaian teman sy di tko online thanks atas infonya.

  • nanda says:

    pak, mau dong jadi resseler bapak :)

  • andhi says:

    kira” utk modal membuat toko onlinenya brp ya?mslhnya modal saya pas” hehehehe

    • admin says:

      anda tidak perlu mengeluarkan modal besar jk anda ingin membuat toko online sendiri dg wordpress misalnya.
      atau anda bs gunakan jasa pihak ke 3 untuk membuatkan toko online, scara umum rata2 utk toko online sederhana dibawah 1 juta, anda bs googling sendiri ya :)

  • andhi says:

    pak GM.susanto,saya mau tanya materi apa yang deberikan klo saya ikut paket sukses toko online?kita jg diajarkan membuat website tdk?thks

    • admin says:

      hi pak andhi, tidak diajarkan pak, krn nanti akan lebih diarahkan utk meng-hire org lain sehingga kt bs fokus ke hal2 penting yg bs kt lakukan sbg owner (tdk fokus pd hal2 teknis pembuatan website)

  • Karel says:

    Pak GM, mohon agar dapat dikirimkan tutorialnya via email, terima kasih

  • Lili says:

    Selamat siang pak, bisa email tutorial gratisnya, saya sudah punya web, ingin belajar cara promosi yg murah n efektif , terima kasih

  • didik says:

    saya sangat tertarik dengan tutorial gratisnya pak, mohon dikirim ya pak dan terima kasih sebelumnya

  • sunarto says:

    tolong kirimi tutorialnya ya pak tq

  • Havilansyah says:

    Tolong Kirimin saya tutorial internet marketing gratis ke email saya Pa GM. Susanto…..

  • farid wahyudi says:

    mohon di kirimin artikel nya ya pak ke email saya…

  • PURBA_FC PEDES says:

    kita juga mau dong….modalnya minimal berapa? (kirim cara & modalnya berapa? ke purbafc@gmail.com)ok.thnks

    • admin says:

      utk memulai berjualan scra online, kt bisa menjadi reseller dulu (bagi yang cekak modalnya), untuk melakukan ini modal tidak besar, krn kita hanya copas foto2 milik partner kita, lalu kita bs tawarkan via online (bb, fb, multiply, dll)

      jika ingin lebih “niat sedikit” beli-lah domain, buat toko online sederhana, bisa dari wordpress (byk yg gratis), modalnya tidak lebih dari 500 ribu

  • muink saputra says:

    saya mw dong ikutan toko online,tapi belum ada modal,gimana solusinya yach

    • admin says:

      jd dropsiper/jd reseler itu modalnya kecil
      dan ini bisa jadi ajang uji coba anda sblm nantinya memasarkan produk anda sendiri.

  • dahlia says:

    I like your idea how to make businis online.thats brliant idea i think,can you share to me your experiane,so i can follow your busnis online.

  • Leni Lubis says:

    Saya tertarik dan minat sekali Pak.
    saya baru nemu website ini. Jujur ada perasaan ‘apa iya’ tp mengalahkan ketertarikan saya. Saya perlu pelajari dulu.
    Mohon pak, kalo boleh dikirimin artikel ke email saya.
    Terima kasih pak, sangat bermanfaat sekali.

  • Sukahar says:

    Saya tertarik juga bisnis ini.

  • Dorie says:

    Pak pengunjung toko onlie sy sudah lumayan rata-rata 1000uv/d tapi yang mau order cuma sedikit.. itu kira-kira knp ya pak ??

    • admin says:

      tampilan toko online bapak cukup baik, namun jika ditanya mengapa yg order sedikit pdhl sudah ada 1000 visitor, tentu banyak sebab pak:)

      1. salah satunya bisa jadi visitor tersebut bukan visitor tertarget yg memang sedang mencari produk bapak,
      jd ketika bapak datangkan trafik melalui media promosi yg datang adalah gado2
      saya lihat

      bpk bisa cek darimana datangnya 1000 visitor tersebut, apakah dari search engine dengan pencarian kata kunci, atau yg lain

      2. bisa jadi varian produknya masih harus ditambah
      3. bisa jadi cara anda mengemas foto2 dalam produk anda kurang menarik, sekalipun misalnya produk yg kita jual bagus dengan hrga murah, tp kalo kita foto-nya asal maka tentunya buat sebagian mata pembeli, itu produk murahan. sy banyak mengajar tentang bagaimana kita bs mengemas produk yg kita jual spy menarik, anda juga harus berani investasi utk membeli kamera tertentu krn ini aset.

      saya lihat title tag pd situs anda juga masih kaco, masih ada tanda %blog_title% – yah intinya memang harus sedikit dipermak lagi :)
      itu dulu ya, semoga membantu

  • fajri says:

    saya tertarik dengan infomasi dari bapak, saya juga berminat tuk mencoba membuka toko online terutama untuk produk makanan yang saya produksi (dodol kentang aneka rasa), tlg gimana caranya pak !

    • admin says:

      sblm anda membuat toko online, maka anda perlu persiapan matang, salah satunya tentunya kita harus melihat apakah ada market online yg mencari produk kita ini, jk ada kompetitor maka kt jg hrs tahu seberapa byk kompetitor dan bgmna dg produk yg dijual, apakah produk kt py nilai tambah atau tidak.

      selain itu, sbg owner bpk jg harus mengetahui hitung2an sederhana produk bapak, berapa % untung yg akan bapak ambil, dsb
      jd utk kita bs sukses jualan di internet, hrs perlu persiapan melihat “medan perangnya” dulu, itu dulu ya :)

  • trims pak atas info-info pentingnya saya tunggu artikel selanjutnya via email saya.

  • Erfani says:

    salam sukses dan luar biasa pak Susanto, referensi tulisannya ok punya, boleh donk kirim artikelnya ke email saya… makasih sebelumnya

  • sujiati says:

    sy sngt tertarik dan ingin sekalimencoba keberuntungan bisnis lwt internet

  • ary saptono says:

    sy tertarik dagn situs ini, sangat bagus dan manfaat.

  • Ary Sulistyo says:

    Saya tertarik dengan situs ini. Sangat berguna.

  • hendrojy says:

    pak gm terima kasih info dan tutorial gratisnya,,ijin saya pelajari dulu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>