11 Cara Bagaimana Memulai Bisnis Online Untuk Pemula

“Pak Gm, saya ingin dapat income dari bisnis online, itu bagaimana ya?”

Anda pemula?

Ingin sukses dalam bisnis online, ingin tahu bagaimana cara memulai bisnis online?

Memulai bisnis online harus dengan sikap mental yang positif.

Beberapa sikap mental yang positif yang diperlukan ketika Anda ingin mengembangkan bisnis online adalah dengan :

– Menjadi pribadi yang mau rendah hati untuk belajar
– Tidak takut mengambil resiko yang telah diukur
– Belajar bekerja efisien dan efektif
– Mau terus mencoba sekalipun pernah gagal
– Bermimpi  untuk sukses di bisnis online

Kalau anda sudah mempunyai sikap mental positif seperti diatas, anda dapat mulai menjalankan bisnis online dan meraih kesuksesan.

Ada banyak sekali jenis bisnis online yang dapat anda jalankan. Anda dapat mempelajarinya dan menjalankan yang mana sesuai dengan kemampuan dan minat anda.

tips Memulai Bisnis Online

Adapun 11 model bisnis online yang bisa Anda pilih diantaranya :

1. Mendapatkan penghasilan dari google adsense, dengan cara membuat website, blog, atau situs yang ramai pengunjung. Bukan hanya dari adsense, anda juga bisa menawarkan jasa pembuatan web atau mungkin mempromosikan produk affiliasi lainnya.

2. Bisnis online dengan memanfaatkan pemasangan iklan pada website kita. Website jenis ini biasanya adalah website komunitas, portal berita dan juga forum diskusi. Kita bisa mendapatkan penghasilan setiap bulannya dari para pemasang iklan. Tentunya trafik yang datang haruslah tinggi dan tertarget pada satu topik tertentu.

3. Menjual produk informasi dalam bentuk digital seperti e-book, audio, image, software, video dan lain-lain. Banyak sekali keuntungan yang dapat didapat dengan menjual produk digital. Anda bisa membuat video tutorial seputar tips dan trik tertentu yang terkait dengan pengalaman atau keahlian Anda, merekam suara Anda lalu menjualnya secara online, ini biasanya ketika anda membuat podcast, seminar, workshop, dll

4. Ikut serta dalam affiliate program, kita tidak perlu membuat produk sendiri. Konsep dari affiliate program adalah membantu menjual produk milik orang lain dan kita akan mendapat komisi yang bervariasi dari penjualan tersebut. Komisi yang di dapat biasanya mulai dari 50% dari harga jual bahkan lebih (untuk produk informasi/downloadable). Bisnis online ini sangat mudah dijalankan di sela-sela waktu luang Anda.

5. Menulis (content writer) adalah salah satu peluang bisnis online yang menjanjikan. Banyak sekali tawaran pekerjaan menulis di internet. Misalnya saja menerima order artikel untuk blog/situs dalam bahasa Indonesia atau Inggris dengan topik tertentu. Biasanya seseorang dibayar 10 ribu sd 20 ribu per 100 kata. Jadi kebayang kan, dalam sebulan seorang content writer bisa mendapatkan penghasilan sampai jutaan rupiah. Asyiknya, dia bisa bekerja di waktu luangnya tanpa harus mengganggu pekerjaan utamanya.

6. Survey, kita akan dibayar kalau kita mengisi form isian survey dari beberapa buah perusahaan besar yang sedang study pasar.

7. Jual beli domain, prinsip dari bisnis online ini adalah membeli nama domain pilihan kita dan kemudian menjualnya dengan harga lebih tinggi. Keuntungan bisnis online ini sangat besar, tetapi anda harus bisa memilih nama domain yang bagus dan mempunyai nilai jual yang tinggi.

8. Membuat website lowongan kerja dan periklanan online, bisnis online satu ini banyak diminati oleh pasar lokal.

9. Menjual hardware dan software online, termasuk menjual games online, banyak yang sukses menjalankan bisnis online satu ini. Karena semakin beragamnya hardware dan software yang dapat dijual online.

10. Menjual jasa secara online, seperti jasa perencana keuangan, pelatih sukses, konsultan wirausaha, dll

11. Menjual keagenan atau peluang kerjasama menjadi distributor. Biasanya ini dilakukan oleh para pelaku bisnis yang ingin lebih mengembangkan usahanya sampai ke seluruh Indonesia. Bisa juga mereka yang ingin mendapatkan partner atau kemitraan. Dengan menggunakan social media, maka viral marketingnya sangat cepat. Dari situlah produk yang kita jual bisa dengan cepat dikenal oleh market online.

Dari semua peluang bisnis online yang ada, anda bisa mencoba dan untuk kemudian menetapkan yang mana yang sesuai dengan kemampuan anda.

“Oke saya tahu pak, saya ingin sekali mencoba bisnis online tapi modal saya terbatas, apa yang harus saya lakukan, darimana saya harus memulainya?”

jual produk fashion online

Untuk pemula, anda bisa coba mempromosikan barang/produk orang lain. Bisa sebagai affiliate, reseller atau sistem dropship.

Misalnya saja Anda ingin mempromosikan sebuah produk fashion tapi tidak mau pusing dengan segala macam urusan produk, layanan support, pengiriman barang, dsb.

Jika demikian, anda bisa menjadi seorang reseller atau dropshiper.

Anda hanya mencari produk terbaik dan mempromosikannnya ke target market yang tepat. Bisa melalui BBM, Facebook atau Instagram. Modal untuk memulainya sangat terjangkau.

Modalnya pun sebagian besar hanya mempublish foto-foto terbaik dari produk yang Anda promosikan. Begitu ada pesanan, tinggal kontak si penjual, ketika konfirmasi barangnya ada, tinggal menghubungi si pemesan. Barang datang dengan alamat pengiriman dari Anda (padahal yang ngirim adalah penjual asli).

Lalu bagaimana cara memulai menjadi reseller atau dropship ini? Paling tidak ada 3 hal yang paling penting supaya anda bisa untuk sukses ketika berjualan online

Salah satunya adalah, Berpikirlah dari sudut pandang pembeli dengan mencari tahu apa kebutuhannya!

Misalnya:

– Kalo mau jualan baju, baju seperti apa yang mereka sukai?
– Kalo mau jualan jam, jam tangan apa yang lagi trend atau disukai oleh market online?

Pak Gm, bagaimana jika saya tidak tertarik menjadi dropship? Adakah cara lain bisa jadi lebih cocok untuk saya?”

profit-ribuan-dollar-dari-ebookAnda bisa belajar untuk menjual dan memasarkan produk atau jasa lewat internet (fokus pada ilmu marketingnya). Bila anda sudah tahu cara-cara marketingnya, anda bisa mulai fulltime berbisnis online sendiri dengan menjual  produk atau jasa milik sendiri.

Misalnya saja dengan menjual keahlian atau hobi Anda melalui internet. Atau menjual jasa yang berhubungan dengan pengalaman bisnis, properti, family, keamanan, dst.

Apakah bisa?

BISA!

Contohnya : Anda bisa jual pengalaman traveling, pengalaman membeli properti, menjual kursus online, dst

“Pak Gm, tapi yang tidak punya ide produk atau jasa tertentu yang bisa di jual di internet? Apa saran bapak jika saya ingin mencoba mempromosikan produk  milik orang lain di market luar?”

Yap bisa saja. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas – orang biasa menyebut dengan istilah affiliate marketer. Saya sudah membuat video tutorial lebih dari 2 jam yang akan sangat membantu Anda sebagai pemula yang ingin mendapatkan income sebagai seorang affiliate marketer.

Lihat 7 VIDEO TUTORIAL Seri Affiliate Marketing Pemula DISINI..!

btw semua bisnis, baik itu bisnis offline atau bisnis online tidak ada yang langsung menjadi besar.

Semua berawal dari kecil lalu berkembang dan diperbaiki. Ada 4 level dalam meningkatkan pendapatan yang harus Anda jalani sebelum benar-benar mendapatkan income terus-menerus dari internet

Anda harus mencoba, terus belajar dan membangunnya sampai besar. Dan bila sudah sukses anda bisa melakukan duplikasi bisnis atau lebih focus lagi dengan bisnis online anda. Mengembangkan ide adalah yang paling penting dilakukan untuk memulai bisnis online ini.

Berani mencoba dan berani mengambil resiko adalah kunci sukses dalam bisnis online ini. Jangan pernah menyerah.

Our Rating

8

76 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>