4 tips sukses memasang iklan di Google Adwords

Apakah anda pernah mendengar tentang Google Adwords?

Kalau sudah berarti bagus tapi kalau belum ini adalah saat paling baik bagi anda untuk mulai mengenal apa sebenarnya Google Adwords, bagaimana memanfaatkan sistem ini secara maksimal dan apa saja keuntungan yang bisa anda dapatkan.

Google merupakan salah satu Search Engine terbesar di dunia, penggunanya adalah orang-orang dari seluruh dunia dan datang dari berbagai macam latar belakang.

Asal anda tahu saja, sistem belanja online beberapa tahun terakhir ini telah menjadi trend tersendiri, dan jika anda jeli, anda bisa mengambil keuntungan yang sebesarnya-besarnya dari trend tersebut.

Anda hanya membutuhkan sebuah media dimana anda bisa mengiklankan produk atau bisnis anda kepada target pasar dengan cara yang paling efektif dan Google Adwords adalah salah satu cara yang paling direkomendasikan.

Google Adwords ditujukan langsung pada para vendor yang mencari cara efektif dan efisien untuk memasarkan produk mereka, baik secara lokal, nasional ataupun internasional.

Untuk memulai memasang iklan di Google Adwords, caranya tidaklah terlalu sulit, namun ada beberapa hal yang harus anda perhatikan disini agar tidak terjadi kesalahpahaman dan akhirnya anda juga yang rugi.

Pertama adalah membuka halaman Google Adwords, kemudian klik “Start Now (Mulai Sekarang)” lalu setelah itu Anda akan diberikan 2 pilihan.

Pilih saja opsi ke dua yaitu “Saya tidak menggunakan layanan-layanan lain ini.”

Lalu anda akan mengisi alamat email, password dan kode captcha. Lalu klik tombol “Buat Account” dan ikuti langkah-langkah selanjutnya.

Beberapa hal penting yang harus anda ingat yaitu :

1. Dalam memilih bahasa yang akan anda gunakan untuk iklan anda.

Dalam pemilihan bahasa di Google Adwords, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan yaitu jika target market anda konsumen dari Indonesia, lebih baik anda memilih bahasa Indonesia tapi jika anda tertarik untuk merambah pasar internasional, Bahasa Inggris tentu saja pilihan terbaik.

2. Kemudian ketika anda memasukkan URL website anda beserta tampilan iklan yang anda inginkan dan deskripsi iklan anda dengan maksimal 35 karakter termasuk spasi.

3. Hanya memasukkan (memasang) keyword yang relevan dengan isi iklan anda.

4. Memasukkan planning budget bulanan anda.

Anda tidak perlu takut dalam hal ini, tidak akan ada hidden fee yang akan dibebankan kepada anda oleh Google Adwords.

Jumlah maksimal yang anda masukkan kedalam budget planning akan menjadi jumlah maksimal yang akan ditagihkan Google Adwords kepada anda atau bahkan kurang karena anda hanya akan membayar jika ada yang mengklik iklan Google Adwords anda.

Namun, semakin tinggi budget planning iklan anda, semakin besar pula kesempatan iklan anda untuk ditampilkan.

Selanjutnya, untuk melakukan pembayaran, silahkan anda klik “Make Payment Now”, masukkan budget yang sudah anda tetapkan dan kemudian akan muncul nomor referensi yang nanti akan anda gunakan untuk mentransfer pembayaran.

Satu hal penting yang harus anda ingat dalam melakukan pembayaran untuk iklan anda di Google Adwords, yaitu jangan pernah mentransfer pembayaran lewat ATM karena tidak akan diterima.

Jika anda nekat, anda hanya akan kehilangan jumlah yang ada transfer tersebut dan Google Adwords tidak akan pernah mengembalikannya.

Pada saat mengirim pembayaran Google Adwords lewat bank, jangan lupa untuk memasukkan nomor referensi yang sudah anda dapatkan sebelumnya, dan kalau tidak ada kolom khusus di slip pembayaran untuk nomor referensi, silahkan sertakan nomor referensi Google Adwords di belakang nama anda, dan kalau tidak cukup masukkan secukupnya nomor referensi dari digit paling belakang.

Setelah itu, silahkan nikmati keuntungan berlimpah yang hanya bisa anda dapatkan dari Google Adwords.

Saya pribadi selalu menyarankan untuk menggunakan kartu kredit sebagai alternatif pembayaran karena iklan anda akan lebih cepat tayang tanpa harus menunggu waktu berhari-hari.

Untuk melihat bagaimana cara membuat akun di google adwords, bisa melihat video tutorialnya di bawah ini:

50 Comments

  • Aryo says:

    gan, kalo bikin iklan tapi karakternya panjang di adwords gimana ya? sekarang ini kan di batasi beberapa karakter saja. tapi saya lihat ada yg bisa sampe panjang gitu caranya gimana ya?

    • admin says:

      utk yg tampilan keliatan panjang itu otomatis dari google. jd iklan tampil satu alinea. biasanya letakya diatas sebelah kiri
      tp utk pembatasan karakter masih berlaku sama jumlahnya. judul iklan 25 karakter, display 1 dan 2 diperbolehkan maksimal 35 karakter

  • SI Kamus says:

    Mau tanya, sejauh mana pasang iklan di google mendongkrak situs kita? apakah situs kita peringkatnya naik? Berbading lurus ya pak?

    —————-
    http://www.kamusdaerah.com – kamus bahasa daerah online berbagai bahasa daerah di Indonesia

  • purwa says:

    apa ada cara untuk promosi selain menggunakan adwords, karena saya belum punya kartu kredit ..

  • agus_RT says:

    pak GM kalo pake vcc gimana bisa ngga, kalo bisa bagaimana caranya?

  • alhairat says:

    pah gm klo bayar pake kertu debit mandiri bisa ga yah?? tolong jelasin donk

  • bahtiar says:

    salam kenal pak GM..
    saya baru di dunia bisnis online,mau tanya..Bagaimana cara mengganti domain sendiri bila ingin mengiklankan produk CB di AD,bisa gak klo pake domain co.cc,tolong jelaskan gmn cara menggantinya,Thanks atas semua materi yg pak Gm bagikan semuanya bermanfaat u/ saya.

  • novi says:

    baru bulan ini saya bisa praktek adword pak, saya menggunakan vcc adwords dan voucher adwords.
    yang ingin saya tanyakan, saya memasang sebuah compaign di adword namun selalu ditolak oleh google dengan alasan “kebijakan situs”
    produk yg saya pasang adalah produk afiliasi clickbank dan juga afiliasi RSCB. kedua2nya sama2 ditolak.
    namun , jika saya mengiklankan web saya sendiri (non afiliasi) , iklan saya langsung di approve oleh google.
    kira2 kenapa bisa begitu ya pak?
    terima kasih sebelumnya..

    • Gm. says:

      berkaitan dengan TOS Google bahwa google tidak suka langsung mengiklankan situs (direct), jd selalu gunakan domain sendiri (saya sdh jelaskan di member area rscb, tt riset dan test market – silahkan liat kembali krn ada beberapa update terbaru yg sedang dikerjakan)

  • beni says:

    pak, saya mempunyai toko online.. saya ingin meningkatkan penjualan, produk manakah yg harus saya beli dari pak GM ???

    terimakasih

  • eko says:

    pak gm bisa gak kalau pembayaran iklan menggunakan kartu debit mandiri?

  • Sunario says:

    Pak GM, saya baru mau terjun ke dunia bisnis. Saya mau beli produk Bapak untuk belajar, bisakah Pak GM nanti memandu saya kalau saya tidak mengerti? Dan saya bisa menghubungi Bapak gimana? Lewat HP atau email? Kalau saya boleh tau email & HP Bapak apa ya?

    • Gm. says:

      tidak perlu buru-buru belu mas sunario, belajar saja dulu di blog ini, kalo mau nanya2 yg disini saja (tp bersabar sj, biasanya 1×24 jam akan dibalas)

  • ito says:

    :sup: mantap pak,,,,materinya benar2 penting untuk dilewatkan :recsel

  • ito says:

    materinya bener2 daging segar semua pak,,semakin dibaca semakin merasa bahwa ternyata memang kita harus banyak belajar dan praktek,,sukses sllu pak ide2nya bener2 orisinal,,,dan yang bikin penasaran apa sih kode yang dikasih tuh bule di gerai jco???/hehehehehe :iloveindonesia :iloveindonesia :iloveindonesia

  • alex says:

    ada g adword google yang pembayarannya pake transfer,,g pake kartu kredit

  • silva says:

    :thumbup: makasih banyak pak ilmunya

  • silva says:

    Pengen banget ikutan dapet dollar dr cb…tp ilmu nya masih minim…terima kasih banyak pak GM udah mau berbagi…

  • Fadilla Gosiman says:

    Thanks Pak GM, Info yg sangat bermanfaat. Semoga Ilmu Pengetahuan Bpk terus bertambah supaya bisa terus berbagi.

    Saya Sudah Coba Dwonload You Tube tp suaranya kurang besar dan kurang jelas. Apakah saya bisa melihat panduan dalam bentuk teks yang sedetail pada You Tube?

    Mohon bantuan dan informasinya.
    Trims

    • Gm. says:

      utk saat ini dalam bentuk video pak, coba dibuka dalam format lainnya pak, suara sudah di uji coba, luamyan kenceng loh 😀

  • Ak msh bingung pak ma yang satu ini,daftar adsense aja g diterima,he…

  • Hardono says:

    Pak GM,

    Saya sudah mempraktekkan dari video bapak dengan memasang iklan bukan di adwords tetapi di yahoo, pengalaman saya luar biasa progressnya terutama impression naik 7x lipat dari 3700 menjadi 23.900 dan klik menjadi 2x dari 17 klik menjadi 37 klik sedangkan Quality Index naik menjadi 3 batang dari 5 batang sedangkan biayanya per hari menjadi kecil, semula $5 menjadi $3.7
    Saya menggunakan direct link dan selalu ngutak atik keyword dan headline iklan yang menyebabkan statistinya naik drastis.

    Namun yang jadi pertanyaan saya adalah,dari progress itu belum belum menghasilkan sales.
    Kira2 apakah salah satu sebab tidak menggunakan LP ?

    • Gm. says:

      good job pak :)
      tidak menyebabkan sales bukan karena isi iklannya pak, tp semata2 karena isi sales latter dan produk yang ditawarkan, karena itu media ppc hanya membantu Anda membawakan sebanyak2nya pengunjung tertarget. smntra masalah closing atau tidak, semata2 dipengaruhi oleh apa yang ditawrkn di situs yg bapak promosikan.

      namun, dari hasil impressi tersebut mrpkan awal yg baik pak har, saya senang sekali mendengarnya, tinggal bapak sering2 praktek sj memilih produknya..
      strategi tsb jg dilakukan oleh salah satu member (ibu marisi) yg menggunakan ilmu dan strategi ppc tp diterapkan di selain google adwords, dan hasilnya woooow!

      sy tunggu, earning pertama Anda dari CB 😀

  • Gm. says:

    sy kurang tahu akan hal itu pak (bank muamalat), krn untuk metode pra bayar, kita tranfer ke HSCB mereka (bukan lewat ATM)

  • Trisno Budhy says:

    pak Gm thanks modulnya jangan pernah berhenti agar bangsa kita jadi bangsa yang kaya

  • Gm. says:

    1. gunakan alamat kantor, atau alamat keluarga anda yg sudah menetap, walopun demikian sebenarnya CB juga menyediakan fasilitas untuk merubah alamat pengiriman, jadi jangan khawatir ..

    2. bs milik saudara/orang lain, kalo demikian, maka sedari awal, anda harus menggunakan data diri yg bersangkutan untuk mendaftar

    3. melalui situs affiliate yang pertama kali anda lihat

  • Maria says:

    Salam kenal Mas GM.. senang sekali bisa bergabung di rscb..:) materi-materinya dikemas dengan sederhana dan mudah dipelajari..
    Saya ada beberapa pertanyaan nih
    1) Saya ada Ad yang statusnya pending review, sudah 2 hari.Apa penyebabnya yah?
    2) Mas saya ada saudara yang tinggal serumah dan mau ikutan utak atik CB dan GA. Untuk daftar di CB dan GA masalah tidak kalo ada 2 account dengan nama yang berbeda tapi IP yang sama dan alamat cek sama?
    3)Mas RSCB ada FBnya gak.. biar anggota RSCB bisa saling sharing..
    Semoga info Mas GM memberikan pencerahan.. thx ya Mas..:)

    • Gm. says:

      1. pembahasannya ada disini https://kayadaribisnisinternet.com/google-adwords-optimasi-kata-kunci
      2. tidak masalah, asal sesuai dengan identitas saja
      nanti di GA, anda bisa join itu, saudara mba promosikan campaign A, anda campaign B, nanti tinggal diatur sj
      tp kelemahannya, jk salah satu dari anda atau saudara anda membuat kesalahan di GA, spt melanggar TOS, maka account bisa di nonaktifkan semuanya :)
      so, hati-hati..selalu gunakan domain sendiri untuk mempromosikan,,,pelajari lebih dalam materi di RSCB .. salah satu memberr yaitu mas satria yg baru bergabung 31 juli sudah bisa mendapatkan $245, jgn mau kalah ya

  • Lam Kenal Mas,
    Saya udah pasang iklan di google adword dan transfer pembayaran tanggal 7 juli dengan status received by google. tapi Iklan saya belum muncul juga sampai sekarang kenapa ya?
    Atas informasinya terimaksaih.
    Ketut

  • Leondy says:

    Pak, iklan sya sudah bisa jalan sekarang… Terima kasih pak atas bantuan nya.. hehhee

  • Leondy says:

    oh jd bgt ya pak. jadi jika kita lngsung menembakan lngsung k situs owner, maka akan lebih sulit untuk d tampilkan?

    thx ya pak atas bantuan nya. ^^

    • Gm. says:

      betul, apalagi kalo situs ownernya “abal-abal” alias gak user friendly..om google gak suka itu 😀

  • Leondy says:

    Hallo pak, salam kenal.. :)
    Bisakah bapak membantu saya, saat ini saya sedang mengalami kesulitan dalam rangka menampilkan iklan d google adword. Saya sudah menjadi Gold Member d “rahasiasuksesclickbank.com” dan menerapkan metode yang sama persis seperti yang telah anda video kan oleh bapak, namun pada prakteknya iklan yang saya buat (dalam kasus ini, iklan tentang Golf) tidak dapat tampil di google adword. Sedangkan dalam membuat iklan tersebut sudah hampir 100% seperti bapak demonstrasikan (yang berbeda hanya descripsi iklan). Dan setelah 20 menit menunggu, keterangan yang di berikan google adword adalah ” Landing Page : Buruk” dan juga dengan Quality 1/10

    Apakah saya melewat kan sesuatu yang penting dalam pembuatan iklan tsb, sehingga google adword menolak untuk di tayangkan

    atau

    Ada hubungan nya dengan cara pembayaran deposite yang saya lakukan adalah Transfer Bank. Karna jika menurut bapak bahwa transfer bank akan memakan waktu 7-10hr agar dana dpt msk ke account kita, sedangkan dalam kasus ini hanya dalam wktu 2 hari account sya sudah menerima deposite na, apakah saya harus menunggu 7-10 untuk pengaktif an nya?

    Sebelum dan sesudahnya saya mengucapkan terimakasih atas bantuan bapak
    dan maaf bila mana unek” ini terlalu panjang karna saya sudah mencobanya dalam 3hr berturut” dengan hasil yang sama.. hehehhe

    • Gm. says:

      bs jadi spt ini:
      1. bidding keyword yg anda pilih tidak memicu iklan
      2. isi iklan tidak nyambung dg isi situs LP (co. nulisnya FREE tp di isi situsnya bayar, dll)
      3. Anda tidak menggunakan domain sendiri (alias langsung ditembakkan ke situs owner)
      4. Coba bapak kembali baca serial google adwords seri 1-5 di blog ini

      bpk bisa lebih menspesifikan produk yg bapak promosikan, memiliki kontent yg original dan sangat informatif (membantu user), nama domain dan isi situs yg relevan
      dg isi iklan dan keywrd yg anda bidik.. biasanya kalo itu sj dipatuhi dalam 20 menit, iklan langsung jalan

      saran saya, gunakan cc, jangan deposit

  • Setiawan says:

    hmm, hr ini sya mencoba lg membuat iklan. akan tetapi iklan saya hanya mendapat Quality Score 4.. T.T
    klo sprti itu ap mungkin d tanyangkan oleh google?
    terima kasih sebelum nya pak ^^

    • Gm. says:

      ujung2nya tidak ditayangkan, knp?
      krn isi situs yang anda iklankan buruk atau tidak sesuai dengan apa yg google mau, coba pelajari seriap google adwords yg sudah saya tulis dari 1-5 di blog ini, atau anda bisa lagsung gabung di rscb utk dpt panduan yg lebih advance lagi

  • Setiawan says:

    saya mau tanya pak gm. saya kan sudah membuat iklan d google adword, akan tetapi ikan saya “Pending Review” terus pak… itu knp ya? padahal sudah saya tunggu 12jam lebih. terima kasih sebelum nya 😀

    • Gm. says:

      iklan anda kurang tepat, biasanya antara kata kunci,iklan dan halaman situs yang anda iklankan tidak relevan..sy sudah banyak bicara tt seri google adwords coba anda baca2 lagi di blog ini…yang benar itu, kurang dari 20 menit, iklan bisa jalan (dg catatan tidak melanggar TOS, dan bermanfaat untuk para pencari)

  • Felix says:

    Pak gm, sya mo tanya.. klo seadain nya saya msukan budget /hari nya Rp.50.000, trus sya memasukan BPK nya 500. berarti mainimal click yg bisa sya peroleh satu hari adalah 100 kan pak?

    thx b4

    • Gm. says:

      bnr, itu perhitungan kasarnya
      tp pd prakteknya tidak selalu spt itu, anda harus benar2 menembak katakunci yg relevan di isi situs anda, menaikkan harga bidding, membuang kata kunci yang kurang memicu iklan, dsb

  • oscar.bu says:

    :cendol Terima kasih pak, saya baru mau pasang iklan di adword dan ketemu artikel ini.

  • Leo says:

    pak gm, sya mau tanya, sya ingin mencoba beriklan d google adword. tp sya ingin melalui jalur transfer bank. namun sya tidak menemukan account bank dr google. sehingga sya tidak tahu harus mentransfer ke account mn.
    sya sudah mengikuti langkah” yang seperti bapak anjurkan, tetapi sampai pada tahap “Lengkapi Informasi Penagihan” tetap tidak terdapat account tujuan untuk mentransfer biaya iklan. sya belum berani untuk “Simpan dan Aktifkan” karna di sana tertera kalimat : “Klik ‘Simpan dan Aktifkan’ untuk melanjutkan. Account Anda akan menerima tagihan biaya aktivasi yang tidak dapat diuangkan kembali sebesar IDR 50.000 setelah melanjutkan.” jadi ap kira” yg harus sya lakukan???

    • Gm. says:

      untuk tranfer antar bank itu kurang efektif pak leo, walopun bisa saja yaitu kita tranfer ke bank HSBC om google
      tp sy tetap menyarankan untuk menggunakan kartu kredit

  • Lix91 says:

    pak gm: saya mo tanya ap yg dmaksud Landing Page?

    btw, web” yang bapak pnya sangat bagus. Dari sana saya jadi bisa beljar banyak tentang bisnis” internet.. thx ya pak gm.. ^^

  • Nawadasa says:

    Berarti d RSCB bapak sudah diajarkan juga ya u bikin LP?
    oh y p GM klau bisa juga sekalian diulas berapa sebenarnya budget yang mesti kita siapkan untuk memulai bisnis internet, utamanya bisnis clickbank-adwords ini, mulai dari modul pelatihan, beli domain, hosting, biaya iklan, dll. biar ada bayangan bagi pemula seperti saya untuk menyiapkan dana sebelum terjun k bisnis ini.
    trims pak

  • Gm. says:

    di materi pembelajaran utama rscb sy pun menyarankan untuk ttp menggunakan LP, sy pun hari ini menggunakan direct linking hanya untuk keperluan test market.
    Contoh : ketika sy promosikan produk di amazon (walopun sama amazon nggak boleh pake direct linking) tp pernah sy coba hanya dalam bbrp jam untuk test market sj. namun setelah itu ttp menggunakan LP sendiri krn itu akan berpengaruh pd QS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>