Wah Produk Saya Dibajak Orang Pak, Gimana Donk?

Pembajakan adalah salah satu tantangan di dunia internet marketing ini ketika kita membuat sebuah produk digital sederhana misalnya ebook atau video online yang bisa di download.

Dimana produk yang ada di jual kembali layaknya kacang goreng dengan harga super duper murah.

Bahkan ada yang mengumpulkan produk-produk internet marketing yang hot milik beberapa praktisi internet marketing, dijadikan satu lalu ditawarkan dengan harga murah tanpa mendapatkan ijin dari si pemilik aslinya.

Bahkan di situsnya berani menyediakan layanan CS Online.

Saya pun mengalaminya ketika dulu pertama kali membuat panduan rahasia sukses clickbank (RSCB)

Bahkan seluruh produk-produk saya pun dibajak dan dijual kayak kacang goreng tanpa ijin resmi dari saya.

Nah, apa saran supaya produk digital yang Anda jual secara online tidak dibajak orang?

Saya pernah mendengar beberapa tahun lalu salah seorang guru Internet marketing dunia berkata seperti ini, “Buatlah produk digital seperti ebook sampai selesai, kemudian cetaklah dalam bentuk kertas, hapus file master produk Anda, dan lalu simpan dalam lemari. Kunci lemari tersebut dan buang kuncinya. Dengan demikian ebook Anda akan aman 100%…” LOL

Tentunya Internet Marketer tersebut hanya bercanda, sebenarnya dia ingin bilang bahwa apabila Anda ingin menjual produk digital secara online tanpa resiko pembajakan, maka SIMPAN SAJA UNTUK DIRI SENDIRI dan JANGAN DIJUAL. Pasti akan aman 100% 🙂

Bukan saja di dunia konvensional, saya pikir sampai saat ini tidak ada cara efektif untuk menghindari pembajakan produk digital 100%.

Tapi saya hanya ingin mengatakan seperti ini, bagi mereka yang membajak atau menjual produk Anda dengan harga murah tanpa ijin Anda adalah hanya segelintir dari mereka yang akan membeli buku atau karya Anda.

Dan percayalah orang yang menjual produk bajakan tersebut bukan orang yang bermental pemenang!

Jangan pernah berhenti untuk memulai sesuatu hanya karena Anda takut akan mengalami sedikit kerugian di masa mendatang (seperti produk yang dibajak, dst)

Dan saya pikir, tidak ada yang namanya orang bisa sukses dari membajak hasil karya orang lain yang dijual tanpa ijin, bukankah begitu?

Apalagi jika karya-karya Anda benar-benar dibuat dengan kesungguhan (memberi nilai tambah dan bermanfaat) bagi banyak orang.

Saya pernah jumpai juga ada beberapa produk internet marketing yang terlalu over promised, dijual dg harga mahal sementara isinya hanya kulitnya saja. Tentu saja ada pembeli-pembeli yang marah dengan model bisnis seperti itu dan lalu menyebarkan produk tersebut secara gratis disertai dengan cacian dan omelan yang sangat-sangat menyakitkan.

Jadi tantangan bagi pemilik produk yang sebenarnya (product owner) adalah terus memberikan nilai tambah, tidak membuat (menjual) produk asal jadi, terus mengedukasi market dengan materi-materi atau produk-produk berkualitas dan terus mengembangkan diri sedemikian rupa sehingga orang akan lebih memilih untuk tetap membeli dari yang asli.

Ada beberapa kasus yang pada akhirnya terjadi tuntutan dari pemilik produk asli dan mengakibatkan konsekuensi-konsekuensi hukum bagi pelakunya, namun dibalik itu ada hal yang menarik yang bisa menjadi renungan bersama.

Apa itu?

Orang yang membajak produk Anda, kehidupannya finansialnya tidaklah lebih baik dari Anda sebagai pemilik produk 🙂

5 Comments

  • Lugastyan says:

    Sepertinya para internet marketer harus bersatu utk menghapus pembajakan. Kita tdk bisa berlindung pada hukum yg wibawanya kalah dengan pembajak. 🙂

  • Lali says:

    Salah satu penyebab Indonesia gak pernah maju dalam dunia digital adalah pembajakan.
    Di negara maju seperti di Amerika atau Jepang, hak cipta sangatlah di hormati dan pelanggarannya akan di tindak hukum.
    Berbeda dengan di Indonesia, film, musik, software bajakan di perjual belikan tanpa rasa takut hukum.
    Thanks.

  • Seharusnya orang-orang yang suka membajak hasil karya orang lain berfikir, bagaimana rasanya apabila dia membuat sebuah karya dengan susah payah, tetapi dengan enaknya dibajak orang lain?

  • Hany Anidia says:

    Memang yang namanya pembajakan sangat tidak bisa dihindari. Ada kala orang mempunyai sifat baik atau sebaliknya ,,,,,,

    percayalah ,,,,, semua pasti dibalas dengan ganjaran yg setimpal 🙂

  • Setuju sekali, 🙂
    pembajakan akan selalu ada. Tinggal bagaimana kita menyikapinya.

    Salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *