3 Tips Membuat Artikel Pemasaran Yang Menarik Perhatian

Tujuan utama dari memasang iklan adalah untuk menarik perhatian pasar. Untuk meyakinkan mereka supaya membeli produk/jasa yang anda jual.

Boleh-boleh saja anda mengeluarkan biaya iklan dalam jumlah besar, namun berkat kemajuan internet yang sedemikian cepat ini, kita bisa beriklan secara online tanpa harus mengeluarkan biaya banyak.

Yap, benar sekali, kita bisa menarik perhatian sebuah pasar ceruk tertentu untuk mengetahui produk/jasa apa yang kita jual secara online.

Caranya?

Gunakan artikel pemasaran!

Pertama karena artikel pemasaran itu dapat menarik banyak target yang sesuai dengan produk/jasa yang anda jual, alasan kedua biaya yang kita keluarkan sangat-sangat minim!

Membuat artikel pemasaran yang menarik perhatian konsumen itu mudah, caranya?

1. Anda hanya menulis hal-hal yang menarik dan gambaran tentang produk anda dan kemudian anda sekarang dapat memposting ke situs web yang anda inginkan (baik itu situs blog sendiri ataupun artikel direktori yang ada di internet)

Berbeda dengan iklan yang anda tonton ditelevisi/dengar di radio/ baca di majalah/koran, karena itu memiliki batas waktu tayang.

Namun artikel pemasaran tidak terbatas oleh waktu, setiap pelanggan dapat memiliki akses ke situs Anda 24 jam sehari, 7 hari seminggu secara terus menerus πŸ™‚

Mengiklankan dan menjual produk anda juga dapat menjadi lebih mudah bagi anda. Sesudah pelanggan tertarik dengan produk anda, mereka akan mengubungi anda, disanalah proses bisnis dimulai.

Disamping itu sebuah artikel pemasaran dapat dipublikasikan ke semua situs-situs lain, seperti misalnya situs periklanan, artikel direktori, dll

Oleh karena itu, sebagai pengiklan produk anda sendiri, anda harus meyakinkan bahwa artikel pemasaran yang anda buat itu menarik.

Ingat ya, biasanya banyak pembaca yang tertarik akan artikel pemasaran yang anda buat pada akhirnya akan membeli produk anda.

2. Artikel pemasaran yang anda buat harus mengenai informasi tentang produk anda. Dengan kata lain, anda harus memahami apa anda bicarakan dalam artikel pemasaran yang anda buat

Yang pasti anda tidak boleh membawa pembaca ke hal yang membingungkan. Dapatkan gambaran nyata dari produk yang anda jual termasuk fitur-fitur kegunaannya.

Jangan berikan mereka informasi yang setengah-setengah. Perlihatkan semua tentang produk anda.

Beranilah untuk membuat perbedaan ketika anda mengupas tentang produk/jasa yang anda jual secara online

Salah satu teknik yang dapat anda gunakan adalah membuat mereka membaca informasi menarik tentang diri anda terlebih dahulu.

Anda juga dapat berbagi beberapa tips dan saran yang bersahabat.

Yang pasti, jika mereka mulai menyukai anda, bisa jadi mereka akan tertarik dengan produk/jasa yang Β anda tawarkan

Apa sebenarnya tujuan pembuatan artikel pemasaran ini ?

Untuk mendapatkan kepercayaan dari prospek anda.

Hal ini sangat penting bahwa anda bisa menjadi sumber yang dapat dipercaya oleh mereka. Segala informasi yang anda bagikan tentang produk/jasa yang anda jual haruslah benar.

3. Sebisa mungkin jangan terlalu banyak membesar-besarkan produk/jasa yang anda jual.

Pertanyaan sederhana sebelum anda menulis tentang produk anda melalui artikel pemasaran :

Apakah Anda pernah mencoba produk Anda?

Jika ya itu baik. Anda sudah dapat menyertakan dalam artikel anda manfaat produk yang anda dapatkan. Ini juga sangat membantu jika anda akan berbagi pengalaman anda menggunakan produk/jasa kepada pembaca anda.

Namun, anda harus meyakinkan mereka tentang itu, tetapi katakan kepada mereka kelebihan dan kekurangan dari penggunaan produk/jasa anda secara jujur.

Jika anda hanya memanfaatkan sumber daya dan kreativitas anda dengan benar, itu akan membawa anda pada kemudahan penjualan produk-produk atau jasa yang anda jual secara online.

Anda sudah memiliki website penjualan namun pengunjung website yang datang masih sedikit?

Situs Anda masih sepi dari lalu lintas trafik yang datang ke situs Anda?

Sudah mencoba metode promosi berbayar namun hasilnya belum maksimal?

Ingin meningkatkan pengunjung website dengan sedikit biaya promosi?

article-marketingAnda bisa coba salah satu tips tentang bagaimana mendatangkan pengunjung website dengan cara menulis artikel pemasaran secara konsisten yang berhubungan dengan produk dan jasa yang Anda jual secara online.

Seperti yang kita tahu bahwa dari google keyword tool, Anda bisa melihat ribuan pencarian dilakukan oleh market online untuk sebuah kata kunci tertentu.

Dan bisa jadi banyak orang yang sedang mencari produk dan jasa yang Anda jual secara online dengan beberapa kata kunci tertentu.

Ketika kata kunci ini diketik di kotak pencarian mesin pencari, maka situs website yang berisi artikel terkait akan diindeks dan ditampilkan. Dan inilah yang menyebabkan banyak pengunjung website yang tertarget bisa datang ke situs website Anda

β€œContent is the king” – adalah prinsip sederhana yang masih relevan diterapkan untuk mendatangkan pengunjung website. Itulah mengapa menulis artikel pemasaran adalah salah satu media wajib yang dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis online.

Menyediakan informasi melalui artikel adalah cara jitu untuk mendapatkan arus pengunjung website tertarget yang memang sedang mencari produk/jasa Anda.

Mengapa demikian?

Berikut ini adalah manfaat menulis artikel pemasaran untuk mendatangkan pengunjung website di situs Anda

1. Ini benar-benar gratis

Yang Anda butuhkan adalah pikiran Anda, komputer Anda, dan tangan Anda. Jika Anda paham apa yang Anda jual, maka bukan hal sulit untuk menulis artikel terkait dengan produk/jasa Anda.

Dari sini maka pelan namun pasti pengunjung website akan mulai mengenal situs Anda

2. Trafik pengunjung website yang datang ke website Anda akan meningkat dalam waktu singkat

Ketika Anda mengirimkan artikel Anda ke direktori ataupun ketika tulisan Anda bermanfaat dan disukai oleh pengunjung, pastinya akan ada situs-situs lain yang menggunakan artikel Anda juga.

Bahkan tidak sedikit dari situs-situs tersebut yang memberikan link balik ke website Anda.

Sehingga salah satu manfaatnya adalah website Anda akan mendapatkan lebih banyak lagi pengunjung website tertarget yang datang dari banyak sumber tersebut.

3. Meningkatkan reputasi Anda sebagai seorang penjual

Sebagai seorang praktisi internet marketing, Anda akan kesulitan untuk menghasilkan penjualan produk/jasa jika orang lain tidak tahu reputasi Anda.

Anda harus menunjukkan bahwa Anda memiliki pengetahuan tentang bidang Anda.

Pengunjung website Anda harus tahu bahwa Anda memiliki pengetahuan terhadap produk/jasa yang Anda jual untuk memenuhi kebutuhan market online yang Anda bidik.

Paling tidak pengunjung website Anda yakin bahwa produk atau jasa yang Anda jual itu bisa membantu memecahkan masalah mereka.

Dan cara yang terbaik adalah dengan menulis artikel pemasaran yang terkait akan produk dan jasa Anda, ini adalah salah satu cara sederhana untuk mendatangkan pengunjung website.

Ada 4 hal yang harus dimiliki dalam artikel marketing untuk membantu situs Anda menarik pengunjung tertarget ke situs Anda.

1. Frase Kata Kunci.

Sebuah artikel marketing harus selalu berpusat pada kata kunci/keyword dan frase kata kunci terkait produk/jasa yang Anda jual secara online.

Sekalipun banyak orang yang hanya sekedar browsing tetapi sebenarnya mereka pun sedang mencari sesuatu yang spesifik.

Yang penting adalah bahwa Anda memiliki artikel yang memiliki kata kunci yang berhubungan dengan produk/jasa yang Anda jual situs Anda.

Misalnya, jika situs Anda temanya adalah tentang suku cadang mobil, Anda harus dapat membuat artikel marketing tentang mobil dan bagian-bagiannya sesuai dengan kata kunci yang banyak dicari orang.

Dengan demikian Anda akan mendapatkan para pengunjung tertarget yang bisa jadi tertarik untuk membeli produk yang sedang Anda jual secara online.

Ada beberapa tools marketing seperti google keyword planner yang menyediakan layanan dalam membantu Anda menentukan apa kata kunci dan frase kata kunci yang kebanyakan dicari. Anda dapat menggunakan alat ini untuk menentukan kata kunci apa yang digunakan untuk menulis.

2. Keyword Density

Ketahuilah bahwa Anda memiliki kata kunci dan frase kata kunci, Anda harus menggunakannya secara benar.

Sebuah artikel marketing harus memiliki kepadatan kata kunci yang baik.

Kepadatan kata kunci adalah berapa kali kata kunci atau frase kunci yang digunakan pada sebuah artikel.

Jumlahnya bervariasi tergantung pada jumlah kata yang digunakan dalam sebuah artikel yang terkait dengan produk/jasa Anda.

Dalam menulis sebuah artikel marketing setidaknya memiliki 1- 3% kata kunci terkait yang ada di dalam konten yang akan dapat dengan mudah ditemukan dalam hasil pencarian target market di search engine google.

Sebuah artikel marketing yang efektif harus memiliki kepadatan kata kunci yang tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah.

3. Konten Artikel Original

Artikel marketing yang Anda tulis haruslahlah artikel yang fresh/original sehingga memiliki keunikan di mata search engine.

Selain itu Anda harus dapat memberikan informasi yang baik, harus ditulis dengan benar dengan ejaan dan tata bahasa yang enak dibaca

Sebuah artikel marketing bisa meningkatkan reputasi Anda sebagai seorang expert di topik tertentu. Karena dengan demikian akan semakin banyak orang yang percaya pada Anda.

4. One way link

Dan satu hal yang penting untuk diingat adalah jika Anda akan mengirimkan artikel atau memberikan kontribusi artikel Anda ke direktori online atau ke situs lain, JANGAN pernah lupa untuk menyertakan link ke situs Anda.

Sebuah paragraf singkat tentang diri Anda dan juga situs Anda harus ditempatkan pada tempat yang tepat yaitu pada akhir artikel yang Anda berikan.

Jika pembaca tertarik pada artikel Anda, kemungkinan besar mereka akan klik pada link yang mengarahkan mereka untuk melihat ke situs Anda.

Saya sudah membuktikannya, dan sekarang gantian Anda yang mencobanya? πŸ™‚

1 Comment

  • Uki Salam says:

    Artikel informatif yang mencerahkan, pak GM.

    Anda menyarankan untuk ‘menjual’ diri kita dulu supaya Pembaca mengenal dan percaya kepada penulis artikel.

    Pertanyaannya, apakah tips ini berlaku juga bila penulisnya masih ‘newbie’. Apa triknya, pak. Supaya si newbie ini juga bisa mendapat perhatian yg baik dari pembaca. Kalau bisa, sharing dg kita pak, bagaimana dulu anda memulai menulis artikel marketingnya.

    Semoga pak GM, tambah kaya dari sharing ilmunya. Tengkiu, pak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *