3 Tips Sukses Melakukan Riset Dengan Keyword Analisis

Arti sederhana dari keyword analisis adalah teknik menganalisa kata kunci tertentu, keyword adalah kata kunci yang dipergunakan oleh google, yahoo, dll sebagai search engine.

Biasanya mereka menggunakan algoritma search engine agar dapat memberikan urutan mana keyword yang sering digunakan dan yang jarang dipakai oleh pengguna internet.melakukan keyword analisis

Sesuai dengan namanya, keyword adalah sebuah kata bukan kalimat. Karena sebagian besar pengguna internet jika mencari suatu informasi mereka akan menuliskan satu atau dua kata bukan mengetikkan sebuah kalimat panjang.

Jika anda membuat sebuah atau bahkan beberapa blog atau website, blog anda akan dikelompokkan secara otomatis oleh search engine yang ada di google.

Keyword ini bisa berupa apa saja, bisa berupa tag line, meta tag atau kategori yang ditaruh di header blog engine yang anda buat sendiri, dan ini termasuk bagian dari keyword analisis.

Dengan memilih beberapa keyword analisis yang tepat yang sudah anda buat akan menjadi dikenal dan mudah ditemukan oleh pengguna internet yang lain.

Jika anda tidak mempunyai keyword analisis yang anda bidik dengan tepat bagaimana mungkin blog atau situs anda ramai dikunjungi oleh pengunjung?

Berikut beberapa tips sederhana dalam mencari keyword analisis yang bisa anda terapkan untuk bisnis online Anda :

1. untuk pemula, pilihlah keyword/sebuah kata kunci dengan minimal pencari di internet sebanyak 1000 sd 3000 per bulan.

Misalnya: Berangkat dari hobi Anda/keahlian Anda, lalu Anda menulis kata kunci-kata kunci yang terkait dari hobi/keahlian Anda => Contoh : Anda adalah seorang GURU PIANO, kata kunci yang bisa Anda tulis di kertas = belajar piano, main piano, nada dasar piano, dll (ini adalah contoh, silahkan Anda tulis sendiri kata kunci lainnya)

Note: Untuk mendapatkan ide pengembangan kata kunc keyword analisis ini, silahkan buka google keyword tools dan ketikkan satu kata kunci umum disana (misalnya belajar piano).

Tools keyword analisis diatas  digunakan untuk mengetahui berapa banyak orang yang mencari keyword yang anda pilih, cukup dengan memasukkan keyword yang anda pilih di kolom phrase dan ikuti langkah langkah selanjutnya, maka di sebelah kanan ada sejumlah angka yang menunjukkan jumlah orang yang mencari keyword tersebut.

2.  lalu kita ketik keyword analisis yang sudah anda tulis diatas di  search engine google.com, maka di sebelah kanan atas ada keterangan jumlah angka (bisa ratusan, ribuan bahkan jutaan halaman yang memuat kata kunci/keyword)  yang menjadi pesaing anda.

Dalam melakukan keyword analisis yang benar dan tepat akan membantu pengunjung internet dapat dengan mudah menemukan apa yang sedang mereka cari.

So, coba Anda pilih jumlah halaman di bawah 2 juta dulu untuk tahap awal. Jika Anda sudah temukan beberapa kata kunci yang saling berkaitan dimana kata kunci tersebut banyak yg mencari dan ternyata saingannya di google.com dibawah 2 juta halaman, Anda bisa segera catat dan simpan keyword-keyword tsb.

Dalam hal ini (contoh) kata kunci “belajar piano” ternyata pencarinya cukup banyak ada ribuan orang per bulannya, sementara situs pesaing/situs yang menyediakan informasi seputar belajar piano masih sangat sedikit (hanya ratusan ribu ==> itu artinya super niche)

Jadi artinya adalah ada market ada pasar atau ada orang-orang yang membutuhkan keahlian Anda  di atas (dalam hal ini Anda sebagai GURU PIANO).  Dengan tips dan trik tertentu yang akan saya bagikan di blog ini,  saya jamin jika Anda menggarap market piano diatas,  situs Anda bisa nangkring terus diurutan 3 besar dan tidak kesulitan untuk mendapatkan trafik gratis ribuan tiap bulan.

Ayo, jika Anda punya keahlian bermain piano, jual keahlian Anda krn market disana masih luas dan terbuka kesempatan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari internet, bukan begitu ? 🙂

weleh..weleh…sederhana sekali bukan 🙂

“tapi saya gak punya keahlian main piano, gimana Gm?”

“yah, pake keahlian orang lain saja” 🙂

Biar orang lain suruh buat teknik/kurikulum sederhananya. Intinya dari yg gak bisa main piano harus bisa main piano dalam 7 hari (misalnya). Gak usaha ribet, buat panduan yang sederhana, kalo perlu di videokan/direkam suaranya. Jadi nanti orang bisa belajar dengan melihat videonya.

Kalo panduannya sudah jadi,  tinggal Anda jual deh di internet. Dan jika sudah menghasilkan penjualan, nanti hasilnya dibagi 2.  Jadi 50% : 50% , asyik bukan 🙂

Dan ada 3 hal penting yang dapat dilakukan dalam menggunakan keyword analisis:

1. Setiap keyword yang anda pilih harus relevan dengan isi dari blog/website yang akan Anda buat nantinya (jadi nantinya jika Anda ingin memilih kata kunci “belajar piano” artinya isi situs Anda pun harus relevan dengan edukasi/pembelajaran seputar piano dan “adik-kakaknya” 🙂

2. Menggunakan keyword harus sesuai dengan isi konten itu sendiri, lebih baik lagi jika keyword tsb digunakan sesuai dengan judul artikel atau nama situs atau bisa juga ditaruh kalimat terakhir dari artikel yang akan Anda tulis.

3. Usahakan untuk menggunakan keyword yang sudah anda bidik diatas dari dua sampai lima persen dari total keseluruhan isi artikel yang anda buat juga dapat dilakukan sebagai alternatif pilihan.

Penempatan keyword/kata kunci yang tepat akan membuat kerja dari keyword analisis akurat dan jumlah pengunjung yang datang dapat segera dilihat. Karena dengan demikian Anda akan dengan mudah mendapatkan pengunjung gratis dari search engine setiap harinya.

Isi dari blog juga sebaiknya memiliki spesifik khusus atau topiknya yang spesifik sehingga memudahkan pengunjung menemukan situs yang di cari, terutama jika isi dari blog adalah bagian dari strategi pemasaran, anda tentu ingin banyak pengunjung yang datang mengunjungi website anda bukan?

Tanpa keyword yang tepat/tertarget maka usaha untuk memperoleh posisi yang tinggi di mesin pencari akan sia-sia.

Banyak orang yang melakukan kesalahan dalam memilih keyword karena mereka memilih keyword tersebut berdasarkan cara berpikir mereka sendiri, bukan berdasarkan pikiran user atau targeted buyer Anda.

Untuk itu kita harus melakukan keyword analisis untuk mengetahui kata kunci apa yang dipakai orang ketika mereka mencari informasi di internet dengan mengetikkan kata di search engine.

Kata kunci yang sudah terpilih bisa kita gunakan untuk iklan PPC (pay per click) atau untuk keperluan SEO (optimisasi mesin pencari untuk memperoleh ranking yang tinggi).

Nah untuk melakukan uji coba memilih keyword analisis yang tepat coba 11 tips berikut ini:

1. Bandingkan angka hasil riset, Ambil 3 atau 4 kata dan bandingkan angka hasil risetnya di SEO tools.

2. Brainstorming

Langkah mudah untuk mencari kata kunci adalah brainstorming. Brainstorming merupakan proses menulis kata tanpa memikirkan apakah kata tersebut cocok/relevan atau tidak.

Tulis semua kata yang terlintas di kepala sampai terkumpul sederetan daftar kata yang panjang.

3. Setelah mendapat sederetan daftar kata, pilih kata-kata yang relevan dan cek rank kata kunci tersebut berdasarkan kepopulerannya di mesin pencari serta tingkat relevansinya.

Kata kunci yang tidak terpakai dicoret dari daftar. Software seperti ‘keyword tracker’ atau ‘good keyword’ bisa dipakai untuk melihat jumlah pencari dan jumlah pesaing kita.

4. Analisa dari sisi pelanggan.

Yang sering terjadi adalah pemakaian jargon yang berbeda di komunitas yang berbeda.

Coba tulis daftar kata spesifik yang mungkin dipakai di kalangan pelanggan di komunitas yang berbeda-beda tersebut. Misalnya keyword untuk instrumen CD-ROM. Beberapa istilah dipakai orang untuk satu instrumen yang sama : CD copier, CD duplicator, CD replicator, CD burner.

5. Gunakan ‘istilah luas (broad); dan istilah khusus/spesifik.

Misalnya: ‘flower’ dan ‘rose,’ ‘strawberry’ dan ‘strawberry movie.’

6. Hati-hati dengan akronim (kata yang sama tapi memiliki arti yang berbeda)

Untuk mencari kata kunci yang tertarget, maka tulis detil yang lebih spesifik untuk kata-kata yang memliki arti lebih dari satu.

Misalnya : strawberry movie atau strawberry jam (kata kunci dasarnya ‘strawberry’)

7. Gunakan Kata terpisah dan kata yang digabung. Misalnya: ‘dogfood’ dan ‘dog food,’ ‘free software’ dan ‘freesoftware’

8. Gunakan bentuk tunggal dan bentuk jamak. Misalnya ‘ebook’ dan ‘ebooks’, ‘box’ dan ‘boxes’.

9. Gunakan kata dengan dan tanpa tanda hubung (hyphen). Misalnya : ‘ebook’ dan ‘e-book,’ ‘ebooks’ dan ‘e-books’

10. Gunakan kata dengan salah ejaan

Banyak orang mengetikkan kata yang salah ejaannya di mesin pencari. Itu bisa menjadi target sasaran Anda. Misalnya ; ‘calendar’, ‘calender’, ‘callendar’.

11. Gunakan bahasa lain/asing jika target pasarnya lebih dari satu negara dengan bahasa yang berbeda. Misalnya ‘kalender’ dan ‘calendar’, ‘melati’ dan ‘jasmine’, ‘mawar’ dan ‘rose’. Tapi cukup satu bahasa bila target marketnya menggunakan bahasa yang sama

Pada saat melakukan proses brainstorming, kadang kita mengalami jalan buntu atau istilahnya ‘writers block‘.

Saat itu kita seperti tak bisa lagi mendapat ide yang mengalir di kepala. Bagaimana mengatasi hal itu?

1.Langkah yang paling mudah adalah dengan membaca artikel atau mencari informasi yang berkaitan dengan topik yang akan kita cari kata kuncinya. Atau bisa juga melihat kata kunci yang dipakai oleh para pesaing kita untuk bahan perbandingan.

2. Lihat kamus sinonim untuk melihat variasi kata kunci (gunakan long tail keyword).

Coba gunakan long tail keyword (kata kunci berupa frase kata yang panjang). Berdasarkan riset, ‘long tail keyword’ ternyata mampu membawa pengunjung lebih banyak daripada hanya sekedar frasa kata kunci utama.

3. Gunakan software pencari kata kunci (gratis atau berbayar) seperti  ‘Word Tracker’, ‘Keyword Elite’  dan sejenisnya untuk mencari variasi dan turunan tiap kata. Software-software tsb bisa membantu pekerjaan Anda dalam keyword analisis

Karena tiap hari keyword yang populer terus ganti, maka sebaiknya tidak berhenti melakukan keyword analisis.

Dengan teknik keyword analisis ini diharapkan kita berhasil menemukan keyword yang menghasilkan konversi yang tinggi sehingga kita bisa dengan tepat menjual produk dan jasa kita secara online.

7 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *