Tips Memulai Bisnis Toko Online Dengan Dropship

Mau Sukses Membuka Toko Online? Belajar Caranya Dulu Ya

great-sale

Awalnya kita riset pasar, singkat cerita kita melihat sebuah kebutuhan akan sebuah produk. Lalu kita coba riset produk, supaya tidak ribet kita pake sistem reseller/dropship dengan tujuan:

1. Sebelum kita jualan sendiri kita harus tahu bagaimana model produk yang disukai oleh pembeli itu dengan cara dropship/reseller

2. Dengan dropship kita bisa test harga jual dari kompetitor apakah kemahalan/kemurahan/sesuai tidak dengan barangnya

3. Dengan dropship kita bisa tahu karakteristik buyer kita baik itu dari demografi, jumlah uang rata-rata yg dibelanjakan, dll

4. Dengan dropship kita bisa tahu masalah di lapangan yang biasa terjadi (misal komplain kualitas barang, komplain foto tidak sama dengan aslinya, dst) dan tahu bagaiman solusi terbaiknya

Intinya hanya dengan dropship kita bisa menghemat cost untuk mendapatkan data riset produk yang akan kita jual online.

Karena dropship itu AWAL MEMULAI, tujuan akhirnya jualan produk sendiri.

Itulah tujuan saya ketika melakukan peran sebagai dropship karena saya selalu mendorong bahwa Gol akhir itu punya bisnis toko online (produk) sendiri, jadi di titik tertentu bukan hanya ngurusi produk milik orang lain.

Lalu bagaimana kita memulainya?
Jika anda memutuskan menjalankan sistem dropship, silahkan Anda jadi pembeli dari suplier/calon partner bisnis anda dulu, why?

1. Kemungkinan orang beli akan meningkat 2x lipat ketika mereka tahu bahwa anda juga user karena ketika anda menjelaskan bobotnya pasti berbeda dengan mereka yang hanya jualan saja

2. Dengan menjadi user, paling tidak anda bisa mengerti pelayanan dari “calon partner” yang ingin Anda bantu jualkan produknya, karena seberapa banyak Anda yang sudah jadi dropshipper yang malah dimarah-marahi pembeli Anda karena produknya jelek/tidak sesuai dengan foto, rusak, kirimnya telat, dll

Belum lagi jika ditengah jalan, partner kita itu curang dengan melakukan sabotase customer (tidak menyertakan nama website kita, hanya tertera nama website / toko dari pihak supplier).

Jadi penting sekali sebelum anda jual ini jual itu (sebagai reseller/dropsipper), Anda terlebih dulu membeli/menggunakan produknya sehingga anda bisa putuskan apakah online shop tsb layak anda jadikan partner atau tidak

3. Sampaikan hak-hak anda sebagai dropship (misalnya, harus mencantumkan nama/alamat situs anda, dst) dan minta personal garansi dr partner anda (ini penting) – biasanya jika partner anda profesional dan telah memiliki banyak customer dan juga partner reseller/agen/dropshipper, mereka mengerti aturan main seperti itu.

Co: personal garansi di dunia offline seperti misalnya, anda bayar gratis jika tidak dapat struk pembayaran, dst

Jika partner anda adalah pebisnis/minimal punya kredibilitas dan ingin terus menjalin hubungan dengan banyak orang, dia mengerti apa itu arti personal garansi dan pasti akan memberikan kepada anda

Apakah harus ribet dengan surat pernyataan dan sejenisnya?
Ya tidak perlu seribet itu, toh kita juga belum ada performa-kan. Kalo belum terbukti bs menjual, terus ribet minta ini minta itu, partner/supplier kita pun biasanya sulit mengabulkan semua permintaan kita.

Terkecuali jika kita rutin mulai menjual produk dropship dalam jumlah lumayan dan intensitas sering, kita bisa minta PERSONAL GARANSI untuk mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan SECARA TERTULIS (krm via email/fax), sehingga suatu hari kita bisa gunakan itu ketika partner ita curang.

Perlu waktu untuk kita bisa temukan partner bisnis yang amanah, namun ingat tujuan akhir kita adalah MEMILIKI TOKO ONLINE DENGAN PRODUK SENDIRI.

4. Idealnya ketika menjadi reseller/dropship, jangan menjual 1 produk sama yg berasal dari satu situs saja.

Dalam kasus saya ketika saya menjadi dropship, supplier saya kebetulan tidak memiliki website profesional (waktu menjual komik), pernah saya menjadi dropship produk fashion tapi saya ambil produk di lebih dari 1 supplier/partner.

Ketika kita ambil dropship, biasanya kita nego dan dikasih diluar harga retail, misalnya, harga retail dari supplier itu Rp. 70.000 dan kita dapat harga Rp. 60.000 dan kita jual di situs kita juga sama yaitu Rp. 70.000 – jadi misalnya suatu hari customer kita liat produk di online shop suplier (karena foto produknya sama) dia akan berpikir,”ah harganya sama kok” atau kalo mahal selisih dikit, dia bisa berpikir “tapi kok beberapa item tidak ada ya..” (ya iyalah, kan kita ambilnya di beberapa suplier)

Lalu Bagaimana Cerita Saya Ketika Pertama Kali Jadi Dropship?

Sebelum memiliki bisnis toko online sendiri, saya beberapa kali menjadi dropsipper. Dan ini adalah salah satu cerita awal mula ketika saya merambah ke toko online.Dari tahun 2005 saya sudah memiliki usaha rental dan penjualan komik, novel dan majalah.

Di tahun 2009 saya ingin lebih mengembangkan penjualan majalah dan komik saya dg jangkauan market yg lebih luas lagi.

Tahun 2010 selain memiliki usaha penyewaan, saya pun akhirnya memiliki toko online yang menjual majalah, novel dan komik-komik. Sehingga omset saya pun terbantu dengan penjualan online.

Dan ini adalah cerita ketika saya bisa menjual ribuan komik sampai ke luar jawa yang melatarbelakangi saya memiliki toko online sendiri yang menjual majalah, novel dan komik.

Waktu itu saya riset market ternyata ada permintaan/pencarian tentang kebutuhan koleksi komik untuk mereka yang ingin buka rental komik dan sejenisnya, khususnya dari luar jawa.

Lalu saya bilang ke suplier yang biasa mengirimi saya komik tt niat saya untuk membeli komik dalam jumlah banyak (ribuan)

Orang tersebut bilang, “Oh, bisa saja pak..kalo minimal 1000 saja pemesanan’ nanti bapak akan dapat potongan (waktu itu komik bekas yg masih bagus dihargai rata-rata 4 rb, jd kalo 1000, saya bayar = Rp 4.000.000 dan dapat potongan 20%.

Hmmm, lumayan lah.

Lalu saya pun mulai membuat paket yang nantinya akan saya tawarkan ke pembeli:

1. Mulai dari paket SILVER = 750 buku = Rp. 3.750.000 (yap benar saya ambil untung 1000 perak per pcsnya + selisih diskon)

2. Paket GOLD = 1500 komik

3. Paket Platinum = diatas 2500 komik

Masing-masing paket saya berikan discount dengan ongkir tetap di tanggung pemesan.

Ok, hal berikutnya saya membuat halaman situs yang berisi penawaran penjualan komik dalam partai besar, saya menuliskan bahwa saya siap menjual komik dalam partai besar (untuk bisnis atau buka usaha rental komik) dan melayani sampai ke luar jawa.

Saya berikan foto-foto pengiriman komik yang tertata rapi siap untuk dikirim, alamat dan nomor yang bisa dihubungi, prosedur pengiriman serta jaminan garansi dari saya.

Lalu saya mulai promosikan melalui GOOGLE ADWORDS,

Yap, hanya itu.

Apa yang terjadi, kurang dari 3 hari, saya sudah menerima telepon dari seseorang dari di Kalimantan yg menanyakan tentang penawaran saya tersebut.

Singkat cerita kurang dari 3 minggu, saya berhasil menjual 3 Paket GOLD member ( sekitar 4500 komik) dan 1 paket Silver (750 komik) dan mendapatkan untung yang lumayan.

“Lalu siapa yang kirim barangnya pak?”

Yang kirim bukan saya, tapi suplier saya.. si pembeli transfer dulu ke rekening saya, lalu saya catat pesanannya, dan saya kirimkan pesanannya ke suplier beserta uangnya.

Asyik bukan 🙂

Si suplier tadi tidak tahu sama sekali bahwa saya menggunakan media internet untuk membantu mencari pembeli komik dalam partai besar.

Dari pengalaman itulah, saya tahu bahwa utk produk komik akan selalu ada marketnya, sehingga pada akhir tahun 2012 lalu, ketika saya ingin menutup rental komik tersebut dengan cara menjualnya secara online.

“What Next?”

Apa yang motivasi Anda dalam berbisnis online ini?

Liburan atau membeli mobil? Atau untuk membayar cicilan hutang bank?

Beberapa pertanyaan-pertanyaan sederhana ini sangat relevan yang terkadang melatarbelakangi seseorang untuk bisa sukses di bisnis online.

Terkadang alasan-alasan di atas akan menentukan pola pikir Anda. Bisa jadi alasan tersebut adalah titik awal bagaimana Anda bisa berhasil di bisnis online ini.

Ada 4 hal yang harus Anda ketahui, yaitu :

– Rencana
– Pengetahuan dan keterampilan
– Infrastruktur
– Eksekusi

Mari kita pecahkan empat poin yang harus Anda ketahui untuk memulai menghasilkan uang secara online dengan membuat sebuah rencana sederhana untuk sukses di bisnis online.

1. Rencana yang Anda buat adalah yang akan menentukan apa yang Anda lakukan setiap hari. Membuat rencana dan konsisten melakukannya adalah kunci untuk Anda bertumbuh setiap hari.

Anda juga harus jelas tentang apa yang Anda inginkan. Anda harus bisa menentukan model bisnis online seperti apa yang akan Anda jalani, misalnya saja Anda ingin menjual barang atau menjual jasa Anda.

Jika misalnya Anda memilih untuk membuat toko online, maka tentukan sendiri tenggat waktunya kapan Anda akan mencari barang untuk di coba dijual secara online.

Setelah membuat rencana dan memberikan tenggat waktu akan mendorong Anda untuk terus maju dan bertindak ke arah tujuan yang hendak Anda capai di bisnis ini.

2. Pengetahuan dan keterampilan

Jika Anda memiliki keahlian khusus atau pengetahuan tertentu, Anda bisa gunakan itu sebagai alat pertukaran untuk Anda bisa menghasilkan uang secara online.

Percayalah ada orang lain di market online ini yang ingin belajar keterampilan atau pengetahuan yang Anda miliki.

Namun Anda juga perlu membekali diri dengan pengetahuan dan ketrampilan praktis yang dibutuhkan untuk sukses di bisnis online.

Anda bisa belajar kepada praktisi, guru atau orang yang sudah lebih dulu berpengalaman melewati proses yang sedang Anda jalani ini.

Paling tidak Anda bisa memilih seseorang yang sudah menjalankan role model bisnis onlini ini.

Anda bisa berkunjung secara berkala di blog kayadaribisnisinternet.com ini karena saya akan terus berbagi hal praktis yang akan menunjang kemampuan Anda sebagai seorang pebisnis online.

3. Infrastruktur

Ini lebih berkaitan dengan sarana dan prasana yang harus Anda sediakan ketika Anda ingin menghasilan uang secara online.

Seperti misalnya koneksi internet, komputer, website dan Hosting dan kemampuan basic seperti email dan browsing dan pengetahuan sederhana tentang sebuah website. Dan yang tidak kalah penting adalah modal.

Yes, buat saya sekalipun ini adalah bisnis yang dijalankan secara online, tetap membutuhkan modal.

Anda boleh saja memulai tanpa harus memiliki kartu kredit, namun ke depan, Anda harus mempriroritaskan untuk memiliki kartu kredit dan paypal.

Internet adalah pasar yang luas di mana orang mencari informasi, berbagi banyak hal, mendownload sesuatu, atau bahkan melakukan transaksi online.

Berikut adalah beberapa ide tentang bagaimana cara menghasilkan uang di internet:

  • Menjual produk milik orang lain sebagai affiliate marketing
  • Membuat produk Anda sendiri, seperti misalnya membuat produk informasi. Anda bisa membeli produk-produk Private Label Rights dan kemudian bisa Anda jual kembali
  • Menjual keterampilan dan pengetahuan tentang pasar outsourcing seperti elance dan rentacoder
  • Membeli produk fisik dalam jumlah besar lalu menjualnya kembali atau bisa juga anda membuat produk sendiri lalu dijual secara online (dropship atau reseller)

4. Eksekusi dari mulai hal yang bisa Anda lakukan hari ini.

Setelah Anda memuat rencana, cobalah buat rencana itu sesederhana mungkin, tidak perlu harus sempurna yang penting langsung di eksekusi!

Anda harus mengambil tindakan. Membuat rencana itu mudah, namun konsisten untuk terus bertindak ke arah tujuan yang hendak Anda capai pastinya membutuhkan komitmen dan disiplin dari diri Anda.

Saya mulai dari apa yang saya bisa dulu, lalu terus komitmen melakukannya, yang tidak bisa saya lakukan, saya akan cari caranya, kalo tidak bisa saya akan minta bantuan orang lain – bayar orang, misalnya membuat website, membuat banner, dll

Bisa jadi anda akan coba mengikuti jejak saya dengan menjadi dropshipper atau reseller. Atau bisa jadi anda sudah punya produk dan ingin jualan secara online.

Benar begitu?

Apa saja yang harus dipikirkan dan dihitung sehingga usaha jualan online anda bisa cepat laku?

Apa saja sih yang harus diketahui untuk bisa sukses jualan online?

Point penting yang harus Anda mengerti adalah  :
– menguasai produk yang dijual
– membuat varian produk
– tahu produk mana yg paling dibutuhkan/dicari (the best)
– tahu HPP, biaya overhead, tahu kapan BEP dan bisa membuat harga jual yg kompetitif disertai penawaran discount,dll
– menghitung jumlah kunjungan/trafik yg datang dan tahu rata-rata transaksi pembelian pengunjung
– menambah jumlah kunjungan/trafik dan memperbesar jumah transaksi pembelian yang masuk dengan beberapa strategi penawaran

“Oke, apa yang harus saya perhatikan lagi pak?”

Saya akan bagikan 6 tips sukses bagaimana toko online Anda langsung profit kurang dari 7 hari. Kok Bisa? Baca lanjutannya disini

18 Comments

  • sumoxi says:

    bagus juga ni bisnis yang tidak menggunakan modal tapi bisa menghasilkan salah satunya dropship

  • sumoxi says:

    bagus sistem ini batu loncatan agar bisa leebih mengenal tetang apa itu jenis-jenis bisnis online termasuk sitem dropship!

  • terima kasih. sukses buat bp

  • Butik Premi says:

    Saya sangat suka dengan artikelnya dan sangat cocok dengan segala pengalaman yang pernah saya miliki. Terutama mengenai etika berbisnis seorang supplier di Indonesia. Rata-rata sangat buruk, karena mereka banyak yang melakukan potong kompas.
    Ya benar, bisnis yang fair sangat diperlukan. Semoga ke depannya ada jenis online bisnis di Indonesia dengan sistem Ebay.

  • Anni Juwairiyah says:

    Terimakasih sharing ilmu pak GM yag sangat bermanfaat. Sekalian mohon info supplier dropship yang terpercaya. Saya ingin mencoba. Terimakasih.

  • Ken says:

    Dear GM Susanto

    Tidak ada lagi yang dapat saya katakan selain berjuta terima kasih atas panduannya, saya menjadi member platinum dengan biaya yang terjangkau dan mendapatkan hasil yang memukau untuk website http://www.grosirbahanbubbletea.com saya dengan panduan step by step yang mudah di lakukan walaupun saya bukan sarjana komputer ato org web desain…

    Web saya ramai dan saat ini memiliki omset tidak kurang dari beberapa juta rupiah dalam sebulan… Hal fantastik web yang baru berdiri beberapa bulan saja,,.mditunggu update terbaru dan masukannnya, sukses slalu pak GM

    Salam,

    Ken
    http://Www.grosirbahanbubbletea.com
    Supply perlengkapan dan kebutuhan bahan bubble tea

  • Umiabie says:

    Dropship memang jadi cara yang paling mudah dilakukan bagi pemula..

  • batik bagoes says:

    terima kasih mas….artikelnya bagus….semoga kebaikan selalu menyertai….amin

  • agus says:

    Sip pak , thanks info nya. Oh ya, sy membuka kesempatan bagi yg mencari suplier di bidang pashion. Hubungi aja di 0852 4968 6775. Hanya menerima yg serius.

  • Adang mansur says:

    infonya bagus pak.tapi saya bingung dengan bisnis onlen harus mulai dari mana banyak info malah jadi mumet

  • Produk Bagus says:

    Artikelnya luar biasa pak, tks

  • Lyadi says:

    Thanks pak artikelnya, kl supliernya kaku itu yang tidak enak bagi kita.

  • Trik Bisnnis says:

    Tips-tipsnya keren banget, walaupun ada kelemahan pada sistem ini.. saya sudah menjalankan bisnis dropship, artikel ini menambah pengetahuan saya tentang dropship.. Mantab 🙂

  • mantap pak tips nya. semua poin yang diulas patut untuk dipraktekkan. Namun goal untuk jualan produk sendiri saya kurang setuju. Kenapa harus jualan produk sendiri yang harus ribet ngurus stok, belum lagi resiko rugi bila barang gak laku laku akhirnya mesti di sale. Menurut saya, kalau kita sudah ada di trek yang benar dalam menjalankan toko online dropship kita dengan menerapkan konsep-konsep bisnis internet yang benar, sudah pasti kita akan meraup keuntungan 100% dari hasil penjualan tanpa harus memikirkan margin laba dsb…

  • Oemar says:

    makasih sudah berbagi, pengalamannya mencerahkan saya yang ingin dan baru mau belajar bisnis online terlebih berawal dari dropship dulu.

    great share

  • callist says:

    terima kasih pak gm susanto dah berbagi dulu saya bingung apa itu dropship sekarang baru ngeh bisnis online tanpa modal besar juga bisa jalan bravo buat pak gm susanto sukses selalu tuk anda

  • supriyadi says:

    info yang mantap Pak.Gm.artikelyang saya cari2…dan kebetulan udah bebrapa minngu saya cariinfo tentang DROPSIP ini,eeh..ketemu artikel ini ,tipnya sangat membantu pak….saya ada rencana buka toko online dengan model DROPSIP..mohon saranya pak GM…

  • A.Salim says:

    Terima kasih telah berbagi informasi dan pengalaman. Hanya saja saya agak terganggu kalau kalau ingin buka artikel baru harus buka tab lagi . Seperti tadi membaca 2 artikel tap harus membuka 3 tab baru termasuk halaman depan. terima kasih tetap semangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *