Tips Membeli Nama Domain Dan Hosting

Sebelum memilih sebuah nama domain, kita harus mengetahui bahwa nama domain terdiri dari dua bagian : MLD (Mid Level Domain) and TLD (Top Level Domain).

memilih hosting

Misalnya Home.com : Home adalah bagian yang disebut MLD, dan .com disebut TLD. Bagian MLD bisa terdiri sampai 63 karakter (huruf, angka atau tanda hubung (-). Tidak diperbolehkan menggunakan tanda seru (!) atau tanda titik (.)

Ada juga domain yang memakai kode negara yang disebut ccTLD (country code Top Level Domain) seperti .ca untuk Canada, .fr untuk Perancis, .au untuk Australia, .uk untuk United Kingdom atau .us untuk United States. Biasanya kita harus tinggal di negara tersebut agar bisa membeli ccTLD

Memilih Nama Domain yang tepat

Nama yang tepat bisa mempengaruhi keberhasilan sebuah website. Para pengguna internet sering mengingat sebuah website lewat nama domainnya. Kalau terlalu panjang dan susah diingat akan membuat pengunjung tidak bisa menemukan website tersebut untuk yang kedua kali.

Nama domain juga bisa mempengaruhi ranking di mesin pencari (search engine). Ada dua hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih sebuah nama domain : nama domain berdasarkan ‘kata kunci /keyword’ dan nama domain berdasarkan ‘merek/branding’.

1. Domain berdasarkan merek / Branding

Banyak website yang sukses memakai domain yang berdasarkan merek /brand seperti Yahoo!, Google, Amazon, dan Ebay. Tujuannya memang menekankan pada penciptaan merek untuk bisnis mereka.

2. Domain berdasarkan Kata Kunci / Keyword

Domain berdasarkan kata kunci/keyword bertujuan mengoptimalkan mesin pencari (SEO). Misalnya, Furniture.com, Computer.com

Dengan memilih domain yang sesuai dengan pencarian kata kunci, kita dapat mendapat ranking yang lebih tinggi di mesin pencari untuk kata kunci yang tertarget.

Ini akan menghasilkan lebih banyak pengunjung yang bisa berpotensi meningkatkan penjualan.

Pemilihan nama domain juga harus disesuaikan dengan rencana bisnis yang sudah dibuat.

Jika memiliki anggaran dana yang cukup besar untuk iklan offline, maka disarankan memilih domain berdasarkan merek / branding. Sebaliknya, jika angaran dananya kecil, sebaiknya pilih berdasarkan kata kunci/keyword dan biarkan mesin pencari yang mendatangkan pengunjung.

Berikut ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan ketika ingin memilih nama domain:

  1. Tentukan dulu ide bisnis yang akan dijalankan atau dibangun.
  2. Persempit ide tersebut hingga menjadi ide bisnis yang detil. Misal idenya sepak bola, maka persempit menjadi kostum sepak bola atau sepatu sepak bola. Sesuaikan dengan produk yang akan kita jual.
  3. Tulis di selembar kertas nama-nama domain yang mungkin akan dipilih atau dibeli.
  4. Nama domain diusahakan terdiri dari dua sampai tiga suku kata. Tujuannya agar orang lain mudah dalam mengingatnya.
  5. Nama domain bisa diambil dari jenis produk yang akan dijual. Misal jika ingin menjual sepatu bola, maka bisa memilih tokosepatubola.com atau sepatubola.net.
  6. Nama domain juga bisa menggunakan nama toko. Ini biasanya dilakukan sebagai bentuk branding dalam rangka mempopulerkan toko yang bersangkutan. Misal nama toko Jaya Sport, maka kita bisa menggunakan JayaSport.com.

Kalau kita lihat domain yang nantinya dipilih bisa merupakan jenis produk, bisa juga nama toko (bila untuk branding).

Mana yang sebaiknya digunakan?

Jawabannya adalah sesuaikan dengan kebutuhan. Semuanya bisa menjadi baik asalkan kita mampu mengoptimisasi website kita dengan ilmu SEO, yang membantu website kita muncul di halaman pertama google untuk kata kunci pencarian tertentu.

Yang perlu diingat, nama domain dalam bisnis online sangat vital sekali. Penggunaan huruf dan kata bisa sangat berpengaruh, baik dalam pengetikan di web browser maupun saat konsumen mengingat nama domain yang digunakan. Sehingga perlu juga dipertimbangkan kemudahan dalam mengeja nama tersebut.

Dalam hal pembelian, sangat direkomendasikan untuk membeli di jasa penjualan domain yang terpercaya.

Lebih baik memilih penyedia jasa yang sudah memiliki reputasi dengan harga agak mahal daripada penyedia jasa baru yang kita tidak tahu apa dan bagaimana kualitasnya. Jangan sampai, ketika bisnis kita sedang naik daun tiba-tiba website tidak bisa diakses hanya gara-gara domainnya bermasalah.

Di Indonesia sendiri, sudah banyak penyedia jasa domain yang berkualitas. Anda bisa cari reviewnya menggunakan google, jika sama-sama berkualitas, sebaiknya memilih yang mana?

Penyedia jasa domain luar negeri atau dalam negeri?

Sesuaikan dengan kenyamanan Anda. Baik itu layanan dalam negeri ataupun luar negeri sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Untuk layanan dalam negeri harga domain berkisar antara Rp.100.000 – Rp.150.000.

Layanan dalam negeri tentu lebih praktis karena dari segi bahasa saja sudah menggunakan bahasa yang akrab di telinga kita. Sehingga jika ada masalah, kita tidak kesulitan dalam memprosesnya.

Sedangkan layanan jasa domain luar negeri biasanya memiliki harga rata-rata, yakni sekitar $10 – $15.

Hanya saja biasanya media pembayaran yang diminta adalah menggunakan PayPal atau kartu kredit. Otomatis kita mesti memiliki account PayPal. Untuk memverifikasi account PayPal sendiri diperlukan sebuah kartu kredit. Jadi silahkan dipilih sesuai kebutuhan dan kenyamanan Anda.

Nama domain harus dapat ditemukan dengan mudah oleh pengunjung di search engine, meningkatkan trafik dan juga jumlah produk yang terjual.

Nama domain merupakan salah satu hal yang sangat menentukan apakah sebuah website akan dikunjungi oleh banyak orang atau tidak. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk memastikan ketepatan nama domain sebelum mendaftarkannya.

Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi peningkatan trafik dari sebuah nama domain.

Berikut adalah tips untuk memilih nama domain yang tepat untuk website anda.

1. Sesuaikan dengan niche atau tema dari website anda, misalnya saja website tersebut memiliki niche tentang berita – berita olahraga sepak bola maka nama domain yang dipilih dapat berupa berita.bola.com, sepak.bola.com dan sebagainya yang berhubungan dengan niche tersebut.

Jadi, apabila seseorang ingin mengakses berita bola dengan mengetik keyword ‘ berita bola’ maka website anda akan menjadi salah satu website dengan posisi paling atas di search engine.

2. Jenis nama domain kedua yang memungkinkan trafik tinggi adalah nama domain yang sesuai dengan keyword utama di dalam artikel yang ada dalam website tersebut.

Misalnya saja website dengan niche sepak bola maka nama domain dapat seperti; ‘berita bola terkini’, ataupun ‘tips bermain bola’ dan sebagainya.

Dengan nama domain yang sesuai dengan keyword yang diketik oleh para pengguna internet maka website dengan domain paling relevan dengan keyword tersebut akan menempati posisi teratas di dalam search engine.

Tentu saja dengan ada di posisi teratas tersebut akan mendapatkan pengunjung lebih banyak.

3. Tips ketiga dalam memilih dan menentukan nama domain yang baik adalah dengan menggunakan nama – nama yang menarik

Ini merupakan pilihan ketiga untuk anda menentukan nama domain untuk website yang anda miliki.

Dengan nama yang menarik dapat berguna ketika anda memasang banner iklan di website atau blog – blog lain in internet.

Tentu saja pengguna internet tidak hanya membaca kata – kata periklanan yang disampaikan tetapi juga hingga ke nama domain website dalam iklan tersebut.

Dengan alasan ini maka dapat disimpulkan bahwa sebuah website juga memerlukan nama domain yang tepat dan menarik bila perlu juga menunjukkan betapa anda merupakan pembisnis online profesional dengan layanan terbaik.

Tidak hanya menarik di banner iklan tetapi di tempat – tempat lainnya termasuk juga search engine.

Kualitas sebuah nama domain dan tingkat pencapaiannya juga akan berpengaruh dengan ujung nama tersebut, seperti; .com, .org, .net dan sebagainya.

Apabila website anda merupakan sebuah website yang lebih menampilkan informasi tentang hal atau berita – berita penting maka lebih baik bila nama domain yang dipilih beakhiran ‘.org’  karena ini juga akan mempengaruhi kepercayaan pengunjung akan semua informasi yang akan, sedang dan telah diterimanya dari membaca tulisan – tulisan di dalam website tersebut.

Sedangkan untuk kepentingan komersil, biasanya nama domain yang dipilih adalah dengan ‘.com’ di akhirnya.

Nama domain adalah hal utama yang harus anda miliki sebelum menampilkan website anda di internet.

Jadi ketepatan dalam memilih nama domain tersebut sangatlah penting agar memberikan keuntungan maksimal dalam bisnis internet anda.

Setelah memilih nama domain yang paling tepat; anda dapat mendaftarkan nama domain tersebut. Tidak membutuhkan biaya mahal untuk mendaftarkannya.

Sekarang anda dapat mendaftar dengan cukup membayar kurang dari seratus ribu rupiah. Namun tentu saja, kualitas yang diberikan akan bervariasi. Sebagian besar nama domain dengan harga lebih tinggi mempunyai lebih banyak keunggulan.

Jadi, pilihan berada di tangan anda. yang terpenting adalah bagaimana anda menetukan nama tersebut sehingga dapat membawakan lebih banyak trafik untuk website anda.

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih nama domain:

1. Usahakan memilih nama yang singkat dan sederhana. Semakin pendek semakin baik dan lebih mudah diingat. Hal ini akan memudahkan pengunjung yang ingin mebuka website tersebut untuk yang kedua atau ketiga kalinya.

2. Cari second opinion (minta saran/pendapat dari orang lain). Hal ini untuk menghindari hal-hal yang mungkin tidak terpikir oleh kita. Saran dari orang yang sudah atau lebih berpengalaman akan sangat membantu.

3. Sebaiknya membeli domain di tempat yang memberikan banyak keuntungan ( lebih murah, pelayanan bagus, memiliki panel yang mudah untuk domain managernya dan lain-lain)

4. Untuk domain berdasarkan merek/branding, sebaiknya membeli variasi yang ada untuk melindungi merek. Misalnya, jika membeli Flash.com, maka beli juga variasinya Flash.net, Flash.org dan sebagainya agar merek tersebut tidak dipakai di website orang orang.

5. Hindari membeli domain yang mahal. Dana yang ada akan leb

ih efektif kalau digunakan untuk membangun merek/brand dan mengiklankan produk/jasa kita.

6. Hindari TLD seperti .ws, .biz, .tv.

Pilih TLD yang paling populer, yaitu .com, .net atau .org.

Anda Memerlukan Hosting Sebagai Media Memajang Produk Yang Anda Jual di Internet

Hosting adalah tempat menyimpan file-file untuk website atau blog anda, diibaratkan hosting adalah bangunan fisik rumah. Tempat ini digunakan untuk menyimpan file-file halaman web serta file pendukung lainnya.

Tempat ini berupa media simpan di server internet yang telah dilengkapi dengan program web server. Tentunya anda harus mempunyai hosting agar file-file halaman web yang telah anda buat dapat dibaca di internet. Sama seperti domain, hosting juga dapat diperoleh dengan cara membayar ataupun gratis.

Jika domain diibaratkan sebagai alamat, maka hosting adalah rumah.

Anda dapat meletakkan berbagai macam aplikasi, content dan file-file yang lain. Sebagaimana tempat menyimpan file, hosting mempunyai berbagai macam ukuran yang beraneka ragam.

Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan anda. Untuk suatu blog personal, dibutuhkan tidak lebih dari 25 MB.

Sedangkan untuk web portal yang selalu dinamis ukurannya bisa mencapai 1 TB atau bahkan lebih. Untuk hosting skala kecil dengan kapasitas 10 GB, anda cukup dengan menyewanya. Tapi untuk yang berukuran besar, biasanya anda harus menggunakan server tersendiri yang berfungsi sebagai web server.

Biaya sewa hosting juga bermacam-macam, anda akan dikenakan biaya sewa tergantung besar-kecilnya space yang anda sewa. Untuk kebutuhan space minimal, biasanya bisa disewa dengan biaya hanya berkisar puluhan ribu rupiah. Biasanya hosting berbayar umumnya banyak dipakai kalangan yang ingin membangun website professional dengan pertimbangan bahwa web hosting berbayar relative lebih stabil, berfitur lengkap, dan memberikan berbagai fasilita kepada pelanggan.

Saat ini di Indonesia terdapat dua jenis hosting yang biasa digunakan. Yang pertama yang servernya ada didalam negeri (hosting lokal) dan hosting yang ada di luar negeri (hosting internasional) tentunya semua itu di sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Banyak penyedia hosting di Indonesia, semua mempunyai kelebihan dan kekurangan, baik dari segi layanan, paket yang ditawarkan, dan dari segi teknis lainnya, rata-rata layanan yang diberikan dibagi dalam beberapa paket. Paket biasanya dibagi berdasarkan kuota, akses user, user account, dan sebagainya.

Jika user mengakses ke website anda yang dibuat banyak diakses dari luar negeri, pilihan menempatkan web server yang berada di USA tepat sekali.

Mengapa USA?

Karena traffic global internet dunia adalah 70% berasal dari USA.

Anda bisa membandingkan harganya dan menyesuaikan dengan kebutuhan anda, bila anda memerlukan 1 blog/website saja atau anda memerlukan atau berencana membuat banyak blog atau web anda bisa membeli paket yang unlimited, sehingga anda tidak perlu membeli hosting setiap kali anda membuat website.

Hosting gratis juga banyak disediakan di internet. Tentu saja karena bersifat gratis, penyedia banyak melakukan pembatasan. Beberapa contoh batasan antara lain pada besar space, fitur, jumlah database, besar bandwidth, adanya iklan dan sebagainya.

Contoh penyedia layanan web hosting gratis (plus domain) adalah http://www.000webhost.com yang popular dikalangan pengelola weba dan lumayan lengkap fiturnya.

Untuk pembelian domain dan hosting ini tidak perlu anda lakukan pada satu buah perusahaan. Anda bisa saja membelinya dari tempat-tempat yang berbeda.

Anda hanya perlu menghubungkan antara domain dan hosting ini dengan melakukan setting DNS (Domain Name Server) pada account domain ada. Gunanya adalah untuk menghubungkan domain anda dengan hosting.

Jika Anda pemula, Anda bisa membeli satu paket domain dan membeli hosting di perusahaan hosting di Indonesia. Ada banyak perusahaan hosting yang bisa membantu Anda. Modal untuk membeli domain dan hosting mulai dari Rp.250.000,- untuk jangka 1 tahun.

Dan kebutuhkan domain dan hosting ini adalah wajib!

Tips Memilih Web Hosting Terbaik Untuk Situs Anda

Salah satu infrastruktur penting dalam menjalankan bisnis online adalah memilih perusahaan/rekanan web hosting  yang benar

Di zaman yang serba teknologi ini memasarkan produk atau jasa tidak harus melalui fisik, bisa juga melalui web. Perusahaan-perusahaan biasanya akan mengeksplore habis-habisan tentang apa yang mereka miliki mengenai produk dan jasa yang mereka tawarkan kepada konsumen.

Biasanya perusahaan akan menggunakan web hosting sebagai jasa dalam memasarkan produk mereka. Web hosting merupakan sebuah layanan jasa yang memberikan penawaran kepada calon konsumen yang dalam hal ini adalah perusahaan-perusahaan, untuk menyediakan tempat yang digunakan sebagai ladang promosi.

Perusahaan yang menyewa web hosting harus membayar sejumlah tertentu kepada perusahaan penyedia web.

Oleh sebab itu  ada beberapa tips atau panduan singkat yang bisa digunakan sebelum membeli hosting yang baik, yaitu:

1.    Pastikan kredibilitas dari perusahaan penyedia layanan web tersebut 

Perusahaan penyedia layanan web tersebut apakah perusahaan yang bonafit ataukah tidak. Sebagai perusahaan yang ingin menjual produknya ke pasaran dengan media promosi web, maka sangatlah penting bagi perusahaan untuk melihat kredibilitas dari perusahaan penyedia web hosting tersebut, apakah perusahaan tersebut bisa dipertanggungjawaban ataukah tidak.

Apakah perusahaan tersebut adalah perusahaan rekayasa ataukah tidak. Hal tersebut sangat penting mengingat bila perusahaan sampai salah memilih web hosting maka kerugian yang akan dideritanya tentulah tidak sedikit.

Oleh sebab itu perusahaan yang ingin memasarkan produksi dengan menggunakan layanan web, haruslah benar-benar memastikan bahwa perusahaan penyedia web hosting tersebut adalah perusahaan yang memiliki kredibilitas yang bagus.

2.    Teliti terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk bekerja sama dengan web hosting tersebut 

Ssama seperti point di atas, bahwa ketika kita memilih perusahaan web hosting maka kita harus meneliti sejauh mana perusahaan tersebut ada.Apakah memang bisa survive hingga nanti ataukah hanya seumur jagung. Hal tersebut akan mempengaruhi risiko yang kita tanggung.

Bila perusahaan penyedia web hosting hanya perusahaan asal-asalan yang pasti memiliki umur yang pendek, maka  ketika perusahaan web hosting tersebut bangkrut, kitapun akan kelimpungan. Untuk itu perlu dipastikan dan diteliti serta tidak langsung memutuskan untuk bekerja sama dengan salah satu perusahaan web hosting.

3.    Pelajari aturan-aturan yang ditetapkan oleh web hosting tersebut 

Biasanya antara perusahaan penyedia web hosting dan perusahaan yang membutuhkan web hosting terdapat surat perjanjian. Sebelum menandatangani surat perjanjian, pastikan terlebih dahulu bahwa poin-poin penting yang ada di dalamnya tidak merugikan kita (perusahaan yang membutuhkan web hosting.

4.    Coba cek apakah biayanya murah ataukah malah mahal

Hal ini berpengaruh langsung pada anggaran yang sudah kita programkan dari awal. Jangan sampai kita memilih web hosting berbayar yang berbiaya terlalu mahal atau terlalu murah. Pastikan antara harga dengan fasilitas seimbang.

5.    Ada baiknya memilih perusahaan web hosting yang sudah memiliki nama, karena mutunya sudah pasti bisa dibuktikan.

Walaupun mungkin biaya yang akan dikeluarkan agak mahal sedikit, namun perusahaan akan mendapatkan jaminan penuh dan keamanan yang pasti.

Pada dasarnya memilih web hosting memang gampang-gampang susah, karena bagaimanapun juga antara web hosting dan perusahaan yang membutuhkan jasa web hosting, tidak bisa bertemu langsung, dan hanya melalui dunia maya.

Oleh sebab itu kemungkinan-kemungkinan yang tidak diinginkan bisa saja terjadi. Namun hal tersebut bisa diminimalisir dengan melakukan kegiatan-kegiatan di atas.

Dari kelima tips di atas, intinya adalah sebaiknya perusahaan yang membutuhkan jasa web hosting memilih web hosting yang sudah terkenal dan punya nama, karena kredibilitasnya sudah terbukti dan bisa dipercaya. Namun, bila memang anggaran untuk web hosting tidak mencukupi, perusahaan tersebut bisa memilih web hosting murah dengan catatan perusahaan tersebut harus meneliti dengan baik seperti apakan web hosting tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *