Teknik Membuat Strategi Iklan di Facebook Untuk Toko Online

Bagaimana Cara Menawarkan Dan Membuat Strategi Iklan di Facebook Sehingga Orang Mau Berebut Melihat Penawaran Produk Toko Online Anda?

fbmarketing

Ingat 3 hal ini.

Pertama, yang harus anda lakukan dalam promosi di facebook adalah mengetahui apa saja produk yang hendak anda jual nantinya kepada para pelanggan.

Banyak sekali produk yang bisa anda promosikan melalui media yang satu ini.

Di sisi lain, salah satu produk yang paling populer dijual di facebook adalah produk yang target marketnya adalah anak muda sampai dewasa muda.

Kedua, anda juga bisa melakukan promosi di facebook dengan mudah apabila anda mengetahui siapa target customer yang harus anda cari.

Pelanggan ada banyak jenisnya dan anda harus tahu siapa jenis pelanggan yang kemungkinan besar berpotensi besar untuk membeli produk yang anda inginkan.

Sebaiknya Anda juga menggunakan sistem dropship atau reseller sehingga omset penjualan penjualan online bisa dengan mudah Anda dapatkan.

Ketiga, jangan lupa untuk menentukan berapa target omset penjualan yang bisa anda dapatkan saat secara terukur. Ini akan memberikan semangat bagi anda untuk melakukan promosi di facebook.

Penting juga bagi anda untuk memberikan tampilan produk yang menarik agar nantinya para pelanggan mau membeli produk yang anda jual. Jangan lupa jual produk Anda dengan harga yang terjangkau.

Perbedaan harga tanpa memberikan nilai tambah/value dengan kompetitor hanya akan merugikan bisnis Anda.

Anda harus tahu beberapa istilah ketika Anda menggunakan facebook sebagai media periklanan.

1. Bid. Adalah jumlah nilai maksimal yang bisa kita bayarkan  sewaktu iklan kita di-klik. Nilai ini mempengaruhi frekuensi kemandulan iklan kita di halaman facebook.

2. Type CPC. Adalah tipe cost per click yang berarti kita baru membayar sejumlah bid ketika iklan kita di klik.

3.  Click. Adalah jumlah klik pada campaign iklan kita dalam periode waktu tertentu.

4. Impression. Adalah jumlah kemandulan iklan kita di halaman facebook, dalam periode waktu tertentu.

5. CTR (%). Adalah click through rate, yang menunjukkan rasio jumlah klik dibandingkan dengan jumlah kemunculannya.

6.  Avg CPC($). Adalah rata2 jumlah yang harus kita bayarkan ke facebook ketika iklan kita di klik oleh pengunjung.

7. Avg CPM($). Adalah jumlah yang harus kita bayarkan setiap 1.000 impresi.

8. Spent($). Total Jumlah yang telah terbayarkan.

Setelah kita melihat data diatas, sepintas kita akan mengetahui ukuran keberhasilan dari iklan.

Yah, Anda benar, tujuannya adalah KONVERSI, iklan yang terkonversi menjadi klik. Dalam statistik iklan tersebut diwakili dengan CTR.

Intinya, semakin besar CTR akan semakin bagus, yang berarti Iklan yang terpasang berhasil menarik pengunjung facebook untuk melakukan klik. Ini adalah tantangan yang sebenarnya.

Dari hal tersebut saya mendapatkan pembelajaran untuk cara pasang iklan di facebook yakni :

1. Buatlah judul yang menarik. Iklan awal saya berjudul Sukses bisnis paid review (saya sendiri juga bingung, menariknya dimana yah?) kemudian saya ganti menjadi Nulis artikel dapat $ 9600. Lebih menarik bukan?

2. Deskripsi yang to the point dan terkesan mudah. Deskripsi iklan awal saya adalah Cara cerdas dan mutakhir untuk memulai bisnis di Internet.

Kemudian saya ganti menjadi “Hanya dengan menulis Artikel di Internet bisa mendapat gaji tetap ribuan dolar/bulan. Mulai dari 0 hingga mahir. Gratis Free Report!”

3. Penggunaan Banner yang informatif. Ternyata sebagian besar orang (termasuk saya) lebih memilih untuk melihat gambar, daripada text.

Sehingga buatlah gambar untuk menyertai iklan Anda. Dengan isi dan desain yang eye catching. Kalau istilah saya adalah yang mudah mendapatkan clickable.

Pada contoh gambar hasil iklan facebook ads ini, saya membuat iklan berdasarkan update produk terbaru di setiap kategori produk online shop milik saya.

iklan-facebook2016-tertarget

Dalam 1 campaign iklan di facebook mewakili 1 kategori produk terbaru dan dalam 1 campaign saya membuat 2 materi iklan yang berbeda, setelah jalan dan melihat performanya, saya hanya menjalankan 1 iklan, saya menggunakan CPM awalnya.

Karena saya mentargetkan buyer dari kota tertentu, maka saya hanya membuat campaign iklan di Facebook berdasarkan umur, gender, status keluarga, kesukaan dan spesifik kota sebagai target market buyer online shop saya.

Dan hasilnya:
Dalam kurun waktu 1 hari mendapatkan sekitar ribuan interaksi, dengan budget hanya 12 ribu rupiah atau sekitar 4 rupiah/klik.

Anda bisa belajar lebih jauh lagi tentang strategi memasang iklan di facebook dan Anda akan dapatkan materinya melalui video tutorial praktek secara online, baca disini

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *