Sukses Membangun Bisnis Internet

Bagaimana Membangun Pendapatan Dari Berbagai Sumber Melalui Bisnis Internet

kerjadirumahHari ini saya akan berbagi tentang tips sederhana bagaimana kita bisa membangun berbagai sumber pendapatan melalui bisnis internet.

Tentunya apa yang akan saya bagikan ini berangkat dari pengalaman saya dalam mencari uang melalui bisnis internet.

Jika Anda ingin sukses berpenghasilan dari bisnis internet, maka beberapa tips di bawah ini bisa Anda coba praktekkan

1. Membangun bisnis internet akan semakin enjoy jika Anda mau memulainya dengan mengerjakan  dari apa yang Anda sukai/ketahui atau merupakan hobi Anda

Ketika saya dan istri mulai membangun bisnis internet yang menyangsa pasar di Indonesia untuk berjualan produk-produk fisik, kami memulai dari apa yang sudah ada dan dari yang kami  sudah ketahui/sukai.

Kebetulan saya sendiri memiliki bisnis konvensional lalu bisnis tersebut kami pindahkan secara online. Yang paling kentara sekali adalah kami bisa menghemat biaya sewa tempat per tahun sampai puluhan juta rupiah 🙂

Produk-produk yang kami jual di webstore diatas adalah produk yang kami tahu dan memang kami sukai.

Ayo coba cek, berapa banyak dari kita yang memulai bisnis internet dengan menjual produk yang kita sendiri tidak tahu/kurang paham tentang produk yang akan kita jual.

Jadi untuk awal-awal saran saya ketika memulai bisnis internet, mulailah memilih dari apa yang sudah ada dan yang sudah  Anda tahu/sukai.

Bisa jadi ini adalah hal yang sudah selama ini Anda kerjakan dengan mudah.

Coba ingat-ingat dan langsung buat list apa saja yang Anda sukai.

Kami pernah ingin menjual mainan anak-anak dari china yang terkenal murah-murah namun kami tidak tahu sama sekali tentang jenis mainan anak, harganya, dsb.

Dan syukurlah kami tidak memutuskan untuk menjualnya di internet. Karena kalau kami paksakan bisa jadi di tengah jalan kami akan gampang menyerah dan ujung-ujungnya usaha tersebut tutup 🙂

Dengan memulai segala sesuatu dalam membangun bisnis internet dengan apa yang kita sukai/ketahui itu adalah merupakan langkah awal kesuksesan kita.

Kita akan enjoy melakukan kegiatan rutinitas bisnis setiap hari tanpa takut bosan atau jenuh setiap harinya.

Kita bekerja layaknya sedang “bermain-main” karena yang kita kerjakan adalah hal yang kita sukai/senangi 🙂

2. Mulailah dari yang kecil terlebih dahulu (simple dan small)

Ada banyak orang yang pinginnya bangun bisnis internet langsung besar. Jangan!

Terkecuali Anda anaknya seorang milyarder 🙂

Sekalipun katakanlah saya memiliki uang, tapi tidak serta merta saya “menghambur-hamburkan” uang saya (modal) untuk membeli produk yang saya jual dengan “jor-jor-an” (baca=langsung dalam jumlah banyak) sebelum saya tahu apa yang paling dibutuhkan oleh konsumen saya.

Jadi apa yang saya lakukan di bisnis internet ini?

Dalam mengembangkan bisnis internet, saya tetap melakukan riset pasar, test produk dan test harga.

Saya akan ambil contoh baju anak.

Di awal- awal saya memberikan masukkan kepada istri yaitu hanya membeli beberapa contoh dari merk-merk branded baju anak yang sudah familiar di telinga konsumen.

Begitu dijual dan test produk, baru kami dapatkan banyak input, seperti misalnya : banyak konsumen yang minta dicarikan merk “x”, atau ternyata merk “Y” yang kami jual sudah tidak banyak peminatnya lagi atau harganya kemahalan, dll.

Sehingga setelah kami tahu apa yang kami butuhkan oleh market yang kami bidik, baru kami memfokuskan diri pada merk-merk tertentu tersebut untuk kemudian kami tingkatkan pembeliannya.

Sehingga modal yang kami keluarkan di awal tidak sia-sia 🙂

Begitu juga dengan produk kami yang lainnya, kami tetap melakukan riset produk, test produk dan test harga sampai akhirnya ketemu apa yang sebenarnya paling banyak dicari oleh orang (market yang saya bidik) lalu kami memfokuskan lebih banyak dari produk-produk yang dicari orang tersebut.

Tanpa kami sadari, kami sedang melakukan “positioning” dan “differensiasi” produk.

Itulah seni dalam membangun bisnis internet!

Itu pula yang sebagian orang rasakan setelah menjadi member g-website.com atau rscb.

Sekarang kalau denger kata “street smart, isinya daging, konsep sederhana, belajar tanpa menguras kantong..” biasanya orang akan langsung teringat akan Gm.Susanto (hehe…heee…narsishabis.com ^^)

Lalu konsep small yang saya maksud adalah jangan berpikir harus sempurna dulu baru mau jalankan bisnis internet. NO!

Karena itu pintu masuk yang salah!

Jika misalnya di rumah Anda ada sedikit ruangan kecil, gunakan itu, nggak ada AC, ya pake kipas angin, meja nggak perlu beli baru, komputer nggak perlu baru, dll

Artinya, berapapun modal, sarana yang terbatas harusnya tidak boleh menghambat keinginan Anda untuk menjalankan bisnis  internet.

Pertama kali saya menjalankan bisnis internet tahun 2005 lalu, juga awalnya dari warnet kok 🙂

3. Libatkan Anggota Keluarga Anda

Bagi saya sukses itu harus berbagi. Melihat keluarga terlibat dalam setiap proyek yang saya kerjakan adalah hal yang menyenangkan.

Ketika pertama kali mendapatkan order pertama saat toko online kami baru launching 3 hari, beberapa anggota keluarga seperti heran dan nggak percaya.

Walaupun bagi saya itu sudah menjadi hal biasa, tapi melihat antusiasme keluarga dalam membantu bisnis internet ini, adalah hal yang sangat menyenangkan.

Dan inilah saran yang selalu saya ingin bagikan jika Anda ingin membangun berbagai sumber pendapatan dari bisnis internet yaitu di awal-awal selalu libatkan anggota keluarga untuk membantu Anda.

Berdayakan pembantu rumah tangga Anda, berdayakan adik yang masih sekolah/kuliah, berdayakan kakak/saudara yang punya waktu untuk membantu Anda.

Dengan cara tersebut bisa menghemat biaya pengeluaran dan operasional yang harus Anda keluarkan.

Untuk urusan toko online sendiri,operasionalnya dipegang oleh istri sedangkan saya diposisikan sebagai advisor  dan juga beberapa tugas penting lainnya dibantu oleh keluarga.

Itulah tips yang saya praktekkan di awal-awal ketika membangun sumber pendapatan dari bisnis internet.

“Loh pak Gm, bapak bilang semua urusan webstore itu diserahkan ke istri dan keluarga, lalu bapak sendiri ngapain..?”

“Hehe…hee, saya lebih memilih mengerjakan apa yang benar-benar saya sukai yaitu terus belajar menjadi seorang affiliate marketer, berjualan produk informasi di market luar dan juga menulis (berbagi) di blog ini..”

Alasannya sederhana saja, dimanapun..kapanpun…dalam kondisi apapun, asalkan ada laptop dan jaringan internet, saya bisa kerja cari makan buat keluarga.

Selain itu saya juga orangnya “bosenan”, nggak tahan lama dengan rutinitas yang itu-itu mulu, jadi lebih baik memilih yang mudah buat saya yaitu dengan menjadi internet marketer professional 🙂

Semoga bermanfaat 🙂

63 Comments

  • setlah baca apa yang bapak sampaikan saya merasa ada yang bibing dalam melajari bagaiman bisa dapat pendapatan tambahan ok makasih

  • hendro says:

    terima kasih pak GM,salam kenal.saya mohon bimbinganya trims.

  • Arman says:

    Salam kenal pak GM,

    Tip-tip bapak sangat inspiratif sekali, saya beruntung kenal dengan bapak semoga pak GM tambah sukses dan dapat menularkan ide-ide briliannya

  • rendi rasyid says:

    nyimak pak…
    bertahun-tahun belajar artikel dari anda
    sekarang sudah mulai menikmati dagingnya

    • admin says:

      hi pak rendi, selamat ya 🙂
      sharing donk apa yg bapak alami dan metode apa yg bapak pakai utk menghasilkan uang dari internet, saya dan teman2 lain pastinya jg akan semakin byk belajar dari bapak,, sy tunggu ya 🙂

  • ade says:

    makasih ppa gm smoga memantapkan hati saya untu maju walau masih terus belajar

  • sarwings says:

    tetapi anda tidak menjelaskan perangkat software pembantunya untuk pemasaran, seperti software untuk riset pasar dan lain-lain.

    Banyak blogger indonesia yang membuat tulisan seperti anda tetapi patah diakhir…sayapun menyadari hal tersebut karena itu adalah hak privasi seseorang, apalagi untuk urusan bisnis…sayapun menghargai anda.

    tetapi keterangan anda sudah cukup untuk membuka wawasan dalam berbisnis di internet.

  • Hadi says:

    Salam kenal Pak…

    Makasih banyak atas Tipsx…
    Saya baru belajar Pak GM…
    dan saya mohon bimbinganx
    agar bisa seperti yg lainx atau
    bahkan seperti bapak…. aamiin…

    Saya tunggu ilmu2 berikutx…
    makasih..

  • syahriwal says:

    terima kasih info dagingnya pak. semoga menambah semangat saya untuk terus belajar internet marketing

  • santi says:

    terima kasih pak artikelnya sangat inspiratif 🙂 sukses selalu

  • adezalfa says:

    Memang banyak sekali sumber income yang menjanjikan dari internet salah satu yang cukup menarik adalah dengan, saham option
    Kalau sudah menguasai income internet yang paling lumayan hasil nya dari pada komisi affiliasi.

  • Husanto says:

    Luar biasa sharingnya pak Gm. Saya sangat setuju sekali, memang dalam melakukan sebuah bisnis kita harus mulai dari apa yg disukai agar kerjaan tidak terlihat seperti kerjaan.

    Terkadang saya sendiri bingung apa yg saya sukai karena saya sukanya hanya mempelajari hal baru. Terkadang banyak yg ingin cb dipraktekkan tp apa daya waktu tidak mendukung.

  • admin says:

    hi pak rahadi,newsletter terakhir adalah tt update materi brp video tutorial dan penambahan video di member area rscb dan gweb 🙂

    trmksh telah mengingatkan kami

  • Sugeng Purwanto says:

    Selamat siang, terimakasih GM. Saya salut sama anda yang terus memebrikan bimbingan bbisnis di media internet, khususnya email saya. Terus terang saya sangat tertarik dengan bimbingan anda dan rasanya saya bisa karena mempunyai produk ebook yang bisa saya jual. Namun betepa sulitnya saya memulai. Inilah masalah besar saya.
    Salam hormat saya, anda hebat.
    Terimakasih.-

    Sugeng P

  • Pak Gm artikel anda bagus untuk membuka wacana berbisnis di internet. Kalau istilah kerennya pembahasan anda mencakup 3W1H, What, Why, When dan How. Hanya Hownya belum banyak diulas, saya yakin pak Gm sengaja karena kalau banyak DIULAS, jadi KEPANJANGAN.
    Namun ngomong-ngomong pak Gm, saya kan member G-Website sekaligus RSCB tetapi kok sudah berapa lama gak menerima newsletter anda. Apakah missing? Pak Gm gak sadar atau sengaja? Mohon ditelusuri, trima kasih.

  • eko prasetio says:

    Top banget pak gm, ilmu yg anda tulis sngat bermanfaat…maju trus pak gm,

  • Sandy Paramita says:

    Saya pengen banget mempelajari gimana caranya bisa menghasilkan uang dari internet

  • supriyadi says:

    Yth. Bapak GM. Susanto
    di tempat

    Pak saya tertarik sekali dengan bisnis online Bapak yang kayaknya Bapak ini sudah mengenal benar hal2 dari yg tersulit sampai yg mudah, yang menjadi kendala saya adalah saya belum bisa membuat website sendiri, yang saya tanyakan bagaimana membuatnya, apa Bapak punya cara2 membuatnya, kalau punya mohon dibantu pak, supaya saya bisa belajar lebih focus lagi.
    Terima kasih atas infonya

    Salam
    Supriyadi

  • Gm. says:

    mungkin, dulu anda sudah pernah mendaftar jadi sistem menolak pendaftaran ulang anda, coba dicek dan diingat2 dulu ya

  • hargun says:

    wah makasih tipsnya.
    thanks for share.

  • bohinx says:

    BERMANFAAT, terima kasih !! Terus semangat!! dan sukses selalu!!

  • bordir says:

    saya terinspiran setelah membaca artikel pak GM susanto
    akhirnya saya bisa buka toko online sendiri, meski banyak nanyak-nanyak..
    doakan saya siap belajar lebih serius modul-modul dari p GM

    • Gm. says:

      yes, sip pak…jangan bosen utk terus belajar, dlm waktu dekan sy akan melaunching panduan tt sukses berjualan produk fisik di internet…bpk harus gabung ya, krn pasti akan dapat rahasianya saya…

  • Akio says:

    Menarik banget,pak patut di coba nih 🙂

  • Gm. says:

    bs banget mas, ada pluginnya kok di wordpress, tp kalo mau profesional memang harus berani hire seorang webprogrammer ya
    coba konsisten saja dulu nge-blog mas, dan fokus di satu niche market ttt, sembari berjalan Anda bisa terus menjaring pemasang iklan potensial di blog Anda

  • Panji says:

    Thx banget inromasinya…saya dah coba buat toko online. Mohon bapak bisa mampir di blog saya dan kasih saran – masukan…kurangnya apa…makasih pak GM

  • fazaanana says:

    infonya top bgt

  • Saya lagi coba bikin mallnya pak, mall para pengusaha dan toko online, mohon bimbingannya dan dukungannya. semoga bisa bermanfaat bagi semua.

  • adi says:

    saya tertarik dengan artikel bapak.jadi saya ingin konsultasi secara pribadi lewat telp atau email,bisa nggak ya?

  • miftah says:

    sungguh dasyat artikelnya pak, pak bisa kalau membahas tentang internet marketer soalnya saya juga orangnya suka bekerja dimanasaja kalau terus terusan di suatu tempat suka ga betah.

    terimakasih

  • cindy says:

    thanks pak GM, saya juga udah beli tuh yg buku g-website bapak sangat bermanfaat sekali….nice blog..saya tiap ari pasti menyempatkan diri blogwalking ke blog pak GM ini…

  • syarifullah says:

    thanks bpk GM…”satu hal keinginan dan menjadi cita2 saya adalah bisa menjadi seperti bpk”, mampu meningkatkan taraf hidup keluarga,memperoleh penghasilan tambahan via internet…jujur pak saya salut kpd ANDA, meski hingga kini saya belum mampu menerapkannya. Byk hal yg msh merintanginya pak, salah satunya akses internet yang minim didaerah saya (lokasi perkebunan sawit kalimantan tengah)…mohon terus bantuannya dan supportnya ya pak…tq

  • Edy says:

    sore pak
    mhn pencerahan bisnis apa yang bisa di gali dari banyak nya pengangguran thank bantuan nya

  • wibowo says:

    Siang, pak GM

    Senang sekali, akhirnya bisa sharing comment disini.
    terus terang, saya termasuk 1 dari sekian ribu murid online bapak, yg agak2 ‘mbeler’ alias maju mundur buat praktekin ilmu IM dari pak GM yg sejatinya emang cesplong !! hehehe…
    FYI, 24 maret 2010 saya take action dgn join membership satu (lagi) program reseller yg bapak kelola.
    Alhamd, hari ini 26.03.2010 sdh ada 2 prospek customer yg daftar dgn user id saya. dari 2 prospek tsb, 1 cust. sdh melakukan pembayaran.
    LUARR BIAASSSAAAA…padahal PROMOSI saya MINIM bangetss! cuma bikin signature di email,promosi via sms/email ke temen. itu aja.

    Padahal saya belom sempat praktek tips2 JITU dari pak GM utk mjd TOP RESELLER. Apalagi kalo sudah ? Wuuiihhhh…

    Terima kasih pak GM. sekarang saya makin optimis FOKUS di internet marketing. TOP 10 IM-er di Indonesia !! Yess!

    ttd,
    Wibowo

    • Gm. says:

      yes, senang sekali mendengarnya..jgn sungkan untuk berbagi pengalaman ya disini, salam bangga untuk anda 🙂

  • BUnga says:

    merintis Webstore sudah pak…meskipun di mulai di web gratisan. Tapi saya ada rencana untuk memindahkan webstore saya ini ke web yg berbayar shg terlihat lebih profesional.

    Setelah itu saya mau belajar buat e-book spt bapak atau jadi affiliate marketing yg bisa menghasilkan ribuan dollar/ bulan.
    Kasih tips, Trik dan Ilmunya donk…..

    • Gm. says:

      rencana tsb sudah benar mba bunga, apalgi sy lihat selimut anak yg lucu itu pasarnya masih luas, coba di test pasar sama test harga dulu ya di multiply

  • Christine says:

    GM, kalo boleh tau, ebook yg Anda jual utk market luar negeri itu topicnya tentang apa? Apakah jualnya di Clickbank juga?
    Thanks atas sharingnya ya… 🙂

    • Gm. says:

      kalo kt sdh punya produk luar yg menghasilkan $$, aturan pertama: jangan pernah situs tsb diketahui oleh orang lain terkecuali terget market kita. itulah yg sy rekomendasikan ke selurh member yg sudah dapt dollar dg menjual produk.

      tp sbg gambaran, sy banyak bermain di tema2 niche yg sepi pesaing dg market pencari rata2 3 ribuan/bulan dg tema pencegahan penyakit, traveling, masalah rambut yg rontok, home interior, bahasa, dll

  • Ibnu Gunawan says:

    P.GM, sy terapkan ‘salah satu’ Anda: mulailah dr hal yg kita senangi saat buat web. Dan ternyata bnr 100%, segalanya terasa menyenangkan & mudah. Sy nantikan ‘salah brktnya’: bgmn mempromosikan web kita.
    Salam,
    IG

    • Gm. says:

      yes pak Ibnu, senang mendengarnya 🙂
      utk promosi tergantung pd tujuan pembuatan web itu apa, komersil atau tidak.
      kalo komersil biasanya yg saya lakukan untuk target market di Indonesia ya pake artikel marketing (blog), email marketing (opt in newsletter), SEO, ppc lokal maupun adwords, JV dan juga banner advertising pak.
      utk detil pembahasannya coba lihat menu masing2 topik diatas, krn sebagian sudah saya tulis..saya tunggu cerita bapak dalam membangun website Anda…

  • Gm. says:

    awal2 bapak harus punya media untuk orang lain bisa melihat karya bapak, bisa lewat website dan blog (wordpress)
    sebelumnya bpk harus bisa memilih market yg tepat yg mjd sasaran karya bapak nantinya, dan nama domain/blog Anda harus mencerminkan apa yang nantinya akan bapak jual (dalam hal ini lukisan), kalo bpk berani coba jual aja langsung di ebay, kalo lukisannya unik, banyak yg mau itu …lain waktu akan saya bahas tt cara jualan di ebay, siapa tau nanti diantara yg lain juga mau berbagi dan membantu bapak 🙂

  • sumadi says:

    tq mas saya suka sekali tips-tipsnya,sehari nggak baca rasanya ada yang kurang,

  • om gm artikelnya bagus banget dan dassyat …tapi kasih saran dong di bagaimana buat toko online ….saya punya hobi otomotive …saya ingin jual ebook sekitar hobi saya…..trims atas sarannya salam ridwan

  • jureja says:

    Apa kbr pak GM…
    sy br saja menjadi member silver di rscb…sudah nonton sebagian videonya, jujur saya masih bingung.. Mohon pencerahan yah pak.. Klo mau hubungi bapak gimana ya???

  • Dwi Agus says:

    Salam kenal Pak GM………….
    Salut skali buat ilmunya yg sdh bpk berikan :rate
    Terima kasih atas ilmu2nya,skalian mnta doanya y pak smg sy jg bs sukses stelah take action ilmu2 dri bpk & terwujud smua cita2 saya….amien

  • Gm. says:

    kasih aja buktinya mas Zul, biasanya setelah mrk lihat duit, jadi “melek” kok bahwa ternyata yg mas Zul bagikan itu bener 🙂

  • Yolianingsih says:

    Pak GM mulai merambah webstore juga nih :peluk

    Salut deh buat pak gm, internet marketer indonesia yang patit kita banggakan…

  • suparno says:

    artikel pak GM ini memang sangat membantu buat kita-kita yang newbies ini pak.salam hangat semoga share terus ilmunya.

  • Hary says:

    Jadi semangat lagi belajar jadi marketer

  • teguh haryono says:

    Salam Pak GM,

    Wah pas banget pak, pas saya dan istri lagi berpikir utk bisnis pakaian eh, pas Pak GM kasih artikel di sini. Bisa di sharing gak Pak alamat website toko online Bapak?

    Salam sukses

  • habibi says:

    yaya, mantap ne pak, pada awal awal membangun bisnis harus banting tulang dulu pak ya? belajar sana sini biar lebih terarah :cendol

  • keren,salut 1000 x top markotop artikel bapak gm apa bedanya pak member silver dengan member gold? mana yg lebih coumplit plitplit?

  • Sri Winarti says:

    Salam kenal pak Gm . . . Thanx atas infonya yg sangat bermanfaat ini , kirimin saya lbh banyak lagi ya Pak spy sy bs jg spt Bpk yg sukses . . . Amin

  • :cendol bagus mas artikelnya..ni jua lagi cari duit lewat internet

    Salam kenal
    Ali Mustika Sari :shakehand2

  • andri saklil says:

    Salam…….

    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih pada Bapak, atas informasi yg akurat dan secara detail saya mempelajari semua materi yang bapak posting……semoga sehat dan jaya selalu akan usahanya!!

  • marchy says:

    salah empatnya mana ..? hahaha ,,

    pengen juga nih kaya pak gm susanto, tidak terikat dengan rutinitas tapi tetap bisa dapat uang .. hehehe ..

    ayo belajar terus tiap hari ..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *