Saya Suka Menjual – Apakah Produk Ini Laku?

“Pak GM SUSANTO, Apakah Produk Yang Saya Jual Bisa Laku?

sukamenjualBanyak inbox, banyak yang bertanya dengan pertanyaan yang umum, “apakah produk ini bisa laku?”, “apakah produk ini ada yang mau beli?”, “apakah produk ini bisa mengalahkan produk kompetitor?” dst.

Bagaimana jika kita bertanya dengan mengganti kalimatnya, “bagaimana caranya supaya produk ini laku di market online?”, “bagaimana caranya supaya produk ini ada yang mau beli?”, “bagaimana cara supaya produk ini bisa mengalahkan produk kompetitor?”

Ada 2 pertanyaan sama tapi hasil akhirnya akan berbeda. Itulah hebatnya otak kita!

Saya mengajarkan cara dan strategi bagaimana bisnis offline untuk bisa di onlinekan dan sudah membantu cukup banyak pelaku usaha online baik pribadi maupun UKM untuk bisa memperluas jangkauan pemasaran produknya.

Ini berangkat dari pengalaman saya ketika memindahkan bisnis offline ke online. Dari satu produk ke produk lain, sampai akhirnya ketemu “jodohnya” di produk dengan kategori fashion. Selain tentunya saya mengelola e-course tentang internet marketing

6 tahun berjalan bisnis tersebut telah memiliki pondasi cukup kuat dan seperti yang sudah saya ceritakan di sini, saya memutuskan untuk meng-offline-kan juga produk tersebut. Jadi onlinenya ada, offline juga ada.

Dan saya hampir terjebak dengan pola pertanyaan diatas, “Apakah nanti kalo di offlinekan, produk fashion tersebut ada yang mau beli?” “Apakah akan sesukses online?”  dst

Namun hanya dengan mengubah sudut pandang dari makna pertanyaan diatas, hasil outputnya pun sangat berbeda!

Alih-alih saya memikirkan apakah nanti produk saya laku, saya mengubah pertanyaaan dan fokusnya menjadi “Bagaimana cara supaya produk fashion ini laku?”

“Bagaimana cara saya merebut pangsa pasar di kota ini untuk menyukai produk ini?”

Itulah awal mula perjalanan saya 3 bulan lalu ketika memutuskan untuk meng-offlinekan bisnis online saya.

Hasilnya?

Kewalahan!

Saya harus menambah tim frontliner dari 1, lalu 2 lalu 4 lalu 6 masih ditambah tenaga tambahan 2 orang (jika sangat ramai) hanya dalam waktu 1,5 bulan, mengubah layout dan harus memperluas interior outletnya yang awalnya hanya berukuran 12 meter-an!

Jadi sementara beberapa orang melayani, sebagian harus bolak-balik ke gudang untuk mengambil pesanan customer.

Saya setuju ketika kita bicara tentang internet marketing, secara khusus untuk penjualan produk online itu sebenarnya yg kita harus fokuskan adalah seni atau cara menjualnya bukan soal produknya.

Bukan berarti produknya abal-abal, bukan seperti itu! atau produk yg kita jual asal comot, ngawur, tdk ada nilai pertukaran yg sepadan dengan harganya. Tidak, bukan seperti itu!

Saya hanya ingin meluruskan, bahwa ada begitu banyak orang yang ingin berbisnis online dan satu pertanyaan yang paling umum adalah “Apakah produk ini bisa laku?”

Untuk memperjelasnya, saya akan ceritakan kisah klasik yang sebagian dari kita pasti sudah pernah mendengarnya.

Seorang sales menghantarkan minuman coca-cola dari pabrik yang sama, ukurannya sama dan dikirimkan ke 3 tempat yang berbeda.

Kiriman pertama ke pedagangan asongan, dimana dijual di pinggir-pinggir jalan atau masuk angkutan umum, rata-rata 3000 rupiah.

Kiriman kedua diantar ke rumah makan, dimana rata-rata mereka menjualnya 4 ribu sampai 5 ribu. Dan terakhir diantar ke sebuah hotel berbintang lima, dimana rata-rata coca-cola yang ukurannya sama dijual antara 25 rb sd 50 ribu.

Produknya sama, tapi kok hasilnya beda?

Saya sendiri bingung kenapa sebuah air mineral yang sama harganya bisa jauh berbeda jika kita masuk ke sebuah hotel berbintang. Selain berbeda, cara mereka mengemas dan menyajikannya pun sangat berbeda!

Yang membuat heran lagi adalah  produk yang harganya lebih mahal itu justru lebih laris daripada yang dijual murah. Itulah hebatnya seni menjual!

Sampai sini saya harap, Anda dapat pointnya!

Saya akan terus berbagi tentang seni menjual dengan metode  sniper marketing for lapak online ala saya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *