Rahasia Mendapatkan Customer Tanpa Harus Promosi

“Pak Gm, Apa Bisa Saya Dapat Customer Tanpa Harus Promosi Setiap Hari?”

trik-mendapatkan-customer-oAnda sudah punya produk atau jasa yang ingin Anda jual, tapi ingin mendapatkan respon dari target market Anda. Lalu Anda promosi, tapi customer tidak kunjung di dapat.

Apa yang salah? Apakah ada cara lain, selain harus menghabiskan uang Anda untuk terus berpromosi setiap hari?

Mengapa setelah anda menjual jasa/produk melalui internet, ternyata tidak ada orang yang tertarik untuk membelinya?

Misalnya saja anda menjual jasa kursus “self defense” atau kursus beladiri praktis secara online.

Setelah anda membuat situsnya, memberikan penawaran harga dan terus menunggu customer, namun yang ditunggu tidak kunjung datang.

Anda sudah merasa melakukan promosi namun pengunjung yang datang tidak ada yang merespon penawaran anda.

Dan anda lalu merasa bahwa jualan keahlian secara online hanya buang-buang waktu saja.

Hal ini bisa terjadi karena target market pembeli produk anda belum mengetahui situs anda.

Ingat bedakan antara target market dan visitor.

Orang yang datang ke situs anda adalah visitor/pengunjung.

Tidak semua visitor adalah target market dari produk/jasa yang  anda tawarkan itu!

Jadi yang perlu anda pikirkan adalah ubah pendekatan anda dalam mendatangkan target market yaitu dalam hal ini adalah orang-orang yang menyukai beladiri praktis, para wanita karir di kota-kota besar atau bahkan ibu-ibu rumah tangga.

Tentu saja untuk mencari target market tersebut anda bisa gunakan tools seperti google keyword planner.

Namun sebenarnya ada cara yang sederhana yang bisa mendatangkan visitor tertarget untuk melihat penawaran keahlian anda tersebut.

Pendekatannya sederhana, anda harus menulis artikel pemasaran tentang produk/jasa anda secara konsisten di situs anda sehingga hal ini akan  meningkatkan peringkat situs anda pada mesin pencari

Menulis artikel pemasaran baik itu yang terkait dengan produk/jasa anda, menulis pengalaman, berbagi keahlian, cerita sukses, dll adalah salah satu bentuk terbaik dari cara mendapatkan target market yang tepat secara online.

Artikel marketing itu seperti iklan, anda menggunakannya sebagai sarana untuk membangkitkan minat pembaca akan suatu hal dan mengundang mereka untuk mampir ke situs anda dan menjelajahi lebih jauh tentang produk-produk yang anda tawarkan.

Jadi, apakah sebuah artikel marketing akan membuat pembaca semakin tertarik untuk mengunjungi situs anda atau hanya membuat pembaca pergi setelah artikel selesai dibaca?

Hal itu tergantung pada bagaimana anda menggarap artikel marketing dari produk atau jasa yang anda jual sehingga orang bisa tertarik berkunjung ke situs anda.

Dengan strategi menulis artikel marketing dengan dapat membuat pembaca artikel anda ketagihan membaca artikel anda dan mungkin pada akhirnya akan mengunjungi situs anda dan membeli produk yang anda tawarkan.

Ingat ya, untuk menulis artikel, anda harus terlebih dahulu memikirkan suatu subjek atau topik yang akan berhubungan dengan produk/jasa yang  anda jual.

Jika anda menjual produk hewan peliharaan, anda mungkin ingin menulis tentang hewan peliharaan. Setelah Anda memikirkan topik untuk dibahas, cari tahu tentang itu, pastikan bahwa apa yang akan anda tulis sesuai dengan topik  dari produk yang anda jual secara online itu.

Di awal-awal, cobalah untuk membuat artikel pemasaran produk anda yang sederhana dan mudah dibaca serta memberikan nilai tambah untuk pembaca.

Anda harus menulis artikel yang berkualitas sehingga anda bisa mendapatkan target market yang tepat untuk melihat produk yang anda tawarkan.

Dan berita baiknya adalah : ketika anda konsisten menulis artikel (pemasaran) tentang sebuah produk/jasa yang anda jual, maka pembeli akan datang dengan sendirinya!

Jangan pernah menulis artikel gado-gado artinya semua tema anda tulis. Ingat tujuan kita dari awal adalah supaya produk/jasa yang kita jual itu laku di internet

Dengan menulis artikel pemasaran yang berkualitas anda juga dapat meningkatkan penjualan anda.

Menulis artikel berkualitas juga menunjukkan pengetahuan anda tentang produk/jasa yang anda tawarkan, oleh karena itu bangunlah kredibilitas anda terlebih dahulu sebelum anda mendapatkan pelanggan/pembeli secara online

Jika anda mempunyai reputasi yang baik, orang-orang yang membeli produk anda akan merekomendasikan website anda kepada teman-teman dan teman-teman mereka akan merekomendasikan situs anda ke teman-teman mereka, dan sebagainya.

Ini adalah salah satu cara untuk menciptakan jaringan pelanggan yang loyal kepada anda.

Seperti yang anda dapat amati, menulis artikel yang berkualitas dapat membawa anda menargetkan pembeli  melalui internet dan juga membangun reputasi anda

Contoh kasus sederhana:

Saya (Gm.Susanto), membayar jasa seorang financial planner untuk membantu saya supaya becus mengatur keuangan pribadi dan keluarga.

Yes!

Bagaimana ceritanya dan darimana saya mendapatkannya?

Sederhana, dari internet!

Caranya?

Saya browsing di google!

Lalu saya memperhatikan ada seorang financial planner yang memiliki situs dan menjual keahliannya secara online melalui sebuah website.

Saya selalu baca dan ikuti setiap artikel yang dia tulis, beliau berbagi dari sudut pandang seorang financial planner, terkadang berbagi studi kasus, menjawab problem pembaca, memberitahukan jadwal mengisi radio, mengadakan seminar offline, diundang sebagai narasumber, dll.

Bahkan diapun menerbitkan buku!

Lalu mulai kirim email personal dan puas akan jawabannya.Kirim lagi dan dijawab, sampai saya akhirnya memutuskan untuk menggunakan jasa beliau.

Lalu saya tanyakan harga spesial jika saya ingin memakai jasanya dan dia ternyata memberikan respon dan potongan harga khusus untuk saya.

Perhatikan polanya!

Saya akhirnya menjadi klien dari financial planner tersebut dan saya adalah target market yang tepat dari dia.

Apa kuncinya?

Saya adalah target market yang sedang mencari solusi/tertarik akan hal-hal perencanaan keuangan praktis.

Lalu saya mencarinya di internet, dari sekian banyak situs perencanaan keuangan, akhirnya saya tertarik kepada situs miliknya.

Dalam hal ini dia konsisten berbagi dan menulis artikel yang terkait dan produk/jasa yang dia jual (spesifik dan bukan gado-gado) yang berkualitas.

Jadi untuk menyaring visitor biasa dengan target market ternyata kuncinya sangat sederhana bukan?

Konsisten saja untuk menulis artikel (pemasaran) yang terkait dengan produk/jasa yang anda jual di situs anda.


“Anda bisa tulis dari sudut pandang anda, sudut pandang ahli, menuliskan kasus yang bisa diselesaikan setelah menggunakan produk/jasa anda, menulis testimoni pembeli, berbagi tips dan trik, membuat video “how to”-nya, terus memberi edukasi terhadap market online akan pentingnya penggunaan produk/jasa anda bagi kehidupan mereka.”


Ingat, perhatikan saja contoh kasus sederhana tentang saya dan financial planner diatas.

Anda akan dapatkan polanya dan point pentingnya!

Seperti contoh financial planner diatas, pelan namun pasti dia selalu mendapatkan klien-klien tertarget yang suka dengan solusi yang dia berikan melalui tulisan-tulisanya di situsnya.

Publish atau terbitkan setidaknya dua artikel setiap minggu di website anda

Jika anda tidak memiliki bakat untuk menulis artikel, anda dapat selalu membayar orang untuk melakukan itu untuk anda, anda bisa bekerjasama dengan para penulis artikel di internet atau anda bisa memasang iklan lowongan yang mengatakan bahwa anda mempekerjakan orang untuk menulis 20 artikel untuk topik tertentu.

Setelah anda menerima artikel mereka, bayar mereka dengan harga yang telah disepakati. Ada banyak orang yang mencari pekerjaan di internet menulis artikel, jadi anda tidak perlu susah-susah mencari seseorang yang dapat menulis untuk anda.

Sekarang, anda sudah memiliki situs anda, produk yang siap untuk dijual, dan anda telah siap membuat artikel yang berkualitas.

Bagian yang paling menantang saat ini adalah menjaga pelanggan anda tetap memesan produk anda.  Karena itulah salah satu cara agar anda terus mendapatkan pelanggan baru adalah dengan terus menulis artikel menarik yang berkaitan dengan jasa/produk yang anda jual secara online.

Ketika anda menulis sebuah artikel sebagai alat promosi bisnis, anda tentu harus mencantumkan profil diri anda beserta latar belakang dan jenis bisnis, dimana tujuannya adalah mengundang pembaca untuk mau melihat penawaran produk/jasa yang anda jual secara online.

resource boxBagian yang berisi informasi ini disebut resource box, dan biasanya bisa anda lihat di bagian bawah artikel yang diterbitkan oleh sebuah situs direktori artikel atau di forum-forum lokal.

Bahkan ketika anda diminta menulis/mengirim artikel ke situs/blog milik orang lain, pastinya dibawah tulisan artikel dari Anda akan selalu diberikan resource box

Jatah untuk resource box biasanya sangat terbatas dan tergantung dari kebijakan pengelola situs direktori artikel, tetapi normalnya, resource box sangat singkat dan paling banyak hanya terdiri dari 5 hingga 6 kalimat.

Anda mungkin berpikir bahwa bagian ini sangat mudah dibuat dan tidak perlu terlalu diperhatikan. Kenyataannya, resource box bisa sangat memengaruhi keputusan pembaca; apakah mereka akan tertarik dengan profil anda atau tidak?

Plus, kalimat dalam resource box yang dirancang dengan baik menggunakan kata kunci yang tepat akan membuat kalimat anda lebih mudah dilacak oleh Google.

Ingin resource box anda bisa menarik pembaca untuk mengunjungi situs anda?

Berikut beberapa hal yang sebaiknya anda cantumkan saat menggarap bagian ini:

1. Nama anda. Selain memberi informasi yang paling utama mengenai identitas anda, pencantuman nama lengkap (apalagi bila ada gelar pendidikannya) akan menambah kredibilitas anda sebagai penulis sehingga pembaca akan lebih mudah tertarik.

2. Cantumkan kegiatan yang anda kerjakan, terutama yang berhubungan dengan artikel pemasaran yang anda tulis.

Misalnya, jika anda seorang manajer HRD di sebuah perusahaan serta pengasuh sebuah situs yang berkaitan dengan HRD, anda bisa menjabarkan kedua hal tersebut setelah menulis nama lengkap. Anda bisa juga mencantumkannya di baris yang sama dengan nama.

3. Cantumkan nama situs anda lengkap dengan tautannya. Akan tetapi, jangan sampai menuliskan ajakan terang-terangan bagi pembaca untuk mengeklik tautan itu. Cukup tuliskan “saya mengasuh situs www.abcde.com.”

Boleh juga anda deskripsikan sedikit tentang situs tersebut bila perlu. Dengan mencantumkan tautan ke situs anda, hal tersebut secara tidak langsung telah mengandung makna “silahkan datang ke situs saya jika anda tertarik.”

4. Cantumkan kontak (bisa melalui telp/email chat) anda yang bisa digunakan pembaca untuk berlangganan newsletter atau melayangkan pertanyaan.

Agar resource box anda lebih efektif, anda bisa menyelipkan gaya penyampaian kalimat yang antusias, misalnya sesuatu seperti “raih sukses dalam bisnis online bersama saya.”

Anda juga bisa menyelipkan kata kunci yang berkaitan dengan bisnis anda di dalam kalimat-kalimat resource box.

Walaupun bagian ini nampak singkat dan remeh, resource box dapat menjadi senjata ampuh dalam hal mengundang pembaca artikel untuk mengunjungi situs atau membeli produk anda.

Sudahkah Anda mencobanya?

Our Rating

8

8 Comments

  • Optimasi Web says:

    pak, kata temen saya yang marketer harus ada promosi di setiap usaha yang kita buka baik promosi online atau offline ?

  • Terima Kasih Pak GM sudah menulis ini, saya adalah sala satu member bapa…. saya secara pribadi sangat terbantu dengan semua artikel dan juga Video pelajaran yang bapa berikan. terima kasih Pak

  • terima kasih atas pencerahannya pak GM

  • Terima kasih pak GM, semua ilmu dr pak GM sangat bermanfaat bagi saya. Saya adalah subscribe nya pak gm dan member gold di rscb tp sampe saat ini belum bs praktek.

    kesulitan saya adalah ga bisa punya akun di paypal krn nama asli saya hanya satu kata, gmn pak bsa bantu saya?

  • bambang says:

    pak gm sus yang baik..
    trima kasih banyak atas segala tuntunannya
    sangat sangat membantu saya
    sekarang saya lagi mencoba menulis tentang bagaimana cara menggambar dg metode sederhana untuk pemula dan anak anak.
    wish me luck
    salam hormat saya
    bambang

  • bayu says:

    wah… mantab pencerahannya bos….

    memang nulis artikel buat web kita skrg lebih bermanfaat daripada pasang iklan baris massal..

    Ditunggu artikel selanjutnya ya Bos GM

  • Djaya says:

    Dear pa Susanto,

    Terima kasih atas pencerahan marketing nya Pa !

    Semoga Allah membalas kebaikan Bpk. berlipat ganda.

    Salam,
    Djaya.

  • Uki Salam says:

    Pak GM yang luar biasa. Terima ksaih sharing ilmunya. Menulis memang bisa jadi susah untuk orang awam, seperti saya juga. But it worth to try for.

    Anda bilang, “Lihat polanya”, anda sudah memberi tips bagus buat kita. Semoga belajarnya bisa lebih cepat menghasilkan ya pak.
    Saya ikuti terus newsletternya, saya sedang pelajari polanya pak.

    Tengkiu
    Regards

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *