5 Rahasia Menulis Copywriting

Ilmu copywriting dapat dikatakan sukses bila memenuhi unsur-unsur dalam pesan periklanan:

a. Attention, dapat menarik perhatian audience.

b. Interest, dapat menarik minat audience.

c. Desire, dapat mempengaruhi keinginan audience.

d. Action, dapat mempengaruhi audience untuk melakukan tindakan sebagaimana yang diharapkan dan diinginkan dari iklan tersebut.

copywriting

Anda bisa terapkan tips diatas pada iklan kampanye produk yang Anda jual melalui sebuah website.

Anda harus tahu karakteristik dasar yang biasanya terdapat dalam sebuah pesan copywriting, meliputi:

a. Copy iklan harus bersifat menjual, meskipun sebuah iklan hanya bertujuan mengingatkan saja.

b. Rahasia keberhasilan iklan adalah pengulangan (repetition).

c. Pesan iklan harus memanfaatkan secara maksimal kata-kata dan menyampaikannya dengan segera.

d. Setiap kata yang digunakan harus mudah dipahami dan familiar di dalam diri konsumen.

e. Pergunakan kata-kata singkat dan paragraf pendek.

Paling tidak ada 4 unsur naskah iklan yang biasanya terdapat dalam sebuah iklan cetak yang dibuat (Ayo cek, sudah dibuat semua belum?) :

a. Headline

b. Subline atau Subjudul

c. Copy Text/Isi paragraf

d. Harga (Sensasional Offer)

Ada pertanyaan sederhana yang sering saya terima yaitu, “Bagaimana menghasilkan sebuah penawaran yang efektif dalam sebuah website”

Sebelum saya mengupas jawabannya, satu catatan yang sangat penting adalah bahwa CARA pengunjung website membaca penawaran Anda tidaklah sama dengan mereka yang membaca penawaran Anda melalui media print out.

Mari kita selami…

Sangat penting diketahui pengunjung website adalah orang-orang aktif, mereka mencari satu alasan untuk tinggal lebih lama di website Anda atau mereka akan meninggalkan website Anda dalam hitungan detik.

Jadi, apa langkah untuk membuat copywriting Anda efektif?

Dalam langkah menulis copy/penawaran untuk web, terdapat DUA POIN UTAMA yang perlu diberikan prioritas, yaitu TITLE dan META DESCRIPTION.

Dua hal tersebut seperti yang kita tahu adalah dua area yang paling pertama dilihat ketika seseorang mencari suatu produk/jasa dalam mesin pencari (search engine).

Mungkin bagi beberapa yang lebih paham SEO akan berkata, “Google sendiri dan beberapa search engine sudah tidak begitu peduli dengan META DESCRIPTION! So?”

Meskipun meta description tidak begitu penting perannya dalam SEO seperti dulu lagi, dalam beberapa kasus search engine masih mengutip deskripsi untuk mendapatkan sekilas informasi mengenai website.

Ok, mari kita lihat dari dua area tersebut, apa fokus yang bisa kita berikan untuk menulis web copy/penawaran yang efektif:

1. Page TITLE

2. META Description

3. HEADING Tags

4. Visible Content, penempatan huruf tebal, warna yang berbeda dari teks keseluruhan dapat membantu memudahkan pengunjung menemukan alasan mengapa mereka harus membeli produk Anda, setidaknya mengapa mereka harus membaca penawaran Anda.

Poin yang tak kalah penting dalam Copywriting untuk Web adalah melakukan optimasi terhadap keyword yang Anda target dan sebarkan dengan baik dalam konten copywriting Anda sehingga Anda akan mendapatkan nilai tambah, yaitu posisi top 10 di google selain tentu saja mendapatkan perhatian pengunjung.

Hal kedua yang harus Anda ingat adalah selalu berpikir dari kacamata pengunjung.

Ingat kata WIIFM=”What’s in it for me”

Kesalahan Anda, misalnya saja banyak yang tidak sadar menaruhkan nama HEADLINE perusahaan Anda di paling atas halaman website.

Pertanyaannya buat pengunjung, ” So, what gitu loh..emang gue pikirin”

Bahkan di sepanjang sales letter, Anda menceritakan betapa hebatnya Anda!

Jika Anda lakukan hal itu, saya yakin hanya dalam hitungan detik, pengunjung akan menutup website Anda karena dia tidak mendapatkan manfaat.

“Terus contoh konkretnya apa donk?”

Coba buka situs ini, lalu lihat headline pertama yang saya tulis.

Saya menulis headline dengan maksud menarik perhatian dan minat pengunjung karena saya berbicara untuk kepentingan mereka.

Saya tidak menulis paragraf untuk membicarakan perusahaan saya, betapa hebatnya saya, dll tapi langsung memberikan rasa haus + solusinya untuk market yang saya tembak.

Copywriting memiliki karakteristik ada unsur provocating.

Dimana efek tulisan menstimulasi pembacanya untuk melakukan suatu aksi tertentu, sesuai yang diharapkan oleh penulisnya.

a. Pengulangan kata atau kalimat

b. Dorongan untuk melakukan sesuatu

c. Penekanan pada objek tertentu dalam tulisan

Dalam hampir semua teknik copywriting, dapat dipastikan ada pengulangan kata atau kalimat.

Perhatikan penulisan pada contoh iklan sebuah copywriting berikut ini:

HANYA SEKALI DALAM SEUMUR HIDUP.

KAPAN LAGI KITA DAPAT MENYAKSIKAN LIVE PERFORMANCE

MEGA BINTANG JON BON JOVI

INGAT INI JON BON JOVI

HANYA SEKALI DALAM SEUMUR HIDUP.

TANGGAL 8 FEBRUARI 20xx

DI PLENNARY HALL JAKARTA

MULAI PUKUL 21.00 – 24.00 WIB

TICKET MURAH, HANYA Rp. 2.000.000,-

APA ARTINYA NILAI Rp. 2.000.000,- KALAU DIBANDINGKAN DENGAN KESEMPATAN LANGKA INI

100 ORANG PEMESAN TICKET PERTAMA AKAN MENDAPATKAN DISKON 10%!

INGAT, INI JON BON JOVI

HANYA SEKALI DALAM SEUMUR HIDUP!

Contoh iklan copywriting di atas, dapat dikatakan memiliki unsur teknik hypnotic copywriting.

Perhatikan kalimat “HANYA SEKALI DALAM SEUMUR HIDUP!”yang dituliskan secara berulang-ulang.

Kalimat tersebut ditujukan agar pembacanya benar-benar meyakini, bahwa konser tersebut benar-benar langka dan bernilai prestisius. Yang akhirnya dapat tertanam dalam pikiran pembacanya.

Dalam contoh iklan copywriting di atas, juga terdapat dorongan untuk melakukan aksi.

Hal tersebut dapat dilihat pada penulisan kalimat “100 ORANG PEMESAN TICKET PERTAMA AKAN MENDAPATKAN DISKON 10%

Kalimat dalam iklan copywriting tersebut ditujukan agar calon pembeli ticket berlomba-lomba untuk menjadi yang pertama, agar mendapatkan potongan harga.

Perlu diingat, sebagian besar pembaca akan merasa dialah yang pertama tahu informasi tersebut, sehingga dirinya akan terdorong untuk langsung melakukan pemesanan ticket.

Selain itu, contoh iklan copywriting di atas, memiliki penekanan pada objek tertentu yang memiliki selling point.

Kalimat yang diawali dengan kata “INGAT, INI JON BON JOVI!” selain diulang, memiliki penekanan kepada namaJON BON JOVI. Salah satu nama objek yang memiliki selling point termahal di dunia.

Hypnotic copywriting yang sering digunakan sebagai salah satu alat marketing, memang memiliki andil yang cukup besar dalam meningkatkan potensi keberhasilan sebuah program marketing.

Dalam dunia internet marketing, teknik hypnotic copywriting sering digunakan pada direct response copywriting, artikel copywriting, script iklan copywriting, e-mail Copywriting, , dan lain sebagainya.

Menulis hypnotic copywriting untuk dunia marketing, memang memerlukan keahlian khusus. Selain memang harus memiliki latar belakang seni penulisan, seorang penulis hypnotic copywriting juga harus memahami berbagai referensi mengenai dunia marketing.

Oleh karena itu, biasanya seorang penulis hypnotic writing yang telah professional, memiliki tarif yang cukup tinggi dalam menjual jasanya.

Tidak sembarangan perusahaan yang dapat menggunakan jasa hypnotic copywriter profesional. Mungkin hanya perusahaan yang memiliki jangkauan target market yang sangat luas yang dapat melakukannya.

Namun demikian, untuk para internet marketer yang memiliki modal terbatas, tidak ada salahnya untuk terus berlatih memasukkan unsur kalimat hypnotic copywriting.

Memang tidak mungkin menyamai hasil karya copywriter profesional. Namun paling tidak, dengan hasil belajar dan berlatih, copywriting yang dibuat dapat sedikit menghipnotis pembacanya.

Paling tidak ada 5 hal yang harus Anda cantumkan guna membuat penawaran sales letter Anda semakin menarik

1. Soal harga. Sales letter yang menarik memang harus mencakup semua informasi lengkap tentang sebuah produk. Semua orang akan mencari informasi misalnya tentang harga produk tersebut.

Jadi Anda harus mencantumkan penawaran harga yang menarik dari produk yang Anda tawarkan!

2. Selain mencantumkan harga dari produk tersebut Anda juga harus melengkapi dengan penawaran garansi produk. Setiap orang yang akan membeli produk lewat online biasanya masih ragu dengan kualitas produk tersebut.

Oleh sebab itu Anda harus memberikan garansi. Dengan adanya garansi tersebut maka semua orang yang membaca sales letter tersebut akan yakin dengan produk yang Anda tawarkan. Garansi bisa berupa uang kembali atau penukaran produk sejenis.

3. Selain mencantumkan garansi pada produk yang ditawarkan, Anda juga harus mencantumkan nomor kontak yang mudah untuk dihubungi.

Artinya Anda harus selalu ada ketika pelanggan Anda membutuhkan bantuan untuk memesan produk Anda tersebut.

Sales letter sangat penting untuk menarik perhatian banyak orang yang ingin membeli produk Anda. Tanpa adanya sales letter yang menarik maka calon pembeli tidak akan tertarik untuk membeli produk Anda.

Langkah awal yang satu ini memegang peranan yang penting sebelum mulai membuat menulis kalimat penjualan. Dengan mengetahui siapa target pembaca tulisan anda, maka proses menulis menjadi lebih mudah.

Fokus akan menjadi lebih jelas saat harus menentukan pilihan kata, gaya dan kesan yang ingin ditampilkan.

4. Hindari penggunaan jargon (kata-kata yang sulit dimengerti).

Kalimat yang mengandung jargon terkadang membingungkan dan bisa menimbulkan efek negatif di pikiran pembaca. Karena itu sebaiknya menghindari pemakaian jargon yang berlebihan apabila tidak begitu diperlukan.

Penggunaan kata-kata yang lebih umum akan lebih mudah dimengerti. Misalnya terpaksa harus memakai jargon, sebaiknya diberi catatan mengenai arti/maksudnya agar tidak menimbulkan salah interpretasi.

5. Gunakan bahasa pembaca

Setelah mengetahui siapa target pembaca menulis kalimat penjualan yang anda buat, maka proses menulis bisa dimulai dengan menggunakan bahasa yang digunakan/dimengerti oleh target pembaca anda.

Jangan menggunakan bahasa yang tidak mereka pahami. Menulis kalimat penjualan harus bisa menjadi jembatan yang menghubungkan pesan dengan pembaca.

Jika pembaca tidak bisa memahami tulisan anda, mereka akan berhenti membaca dan meninggalkan situs anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *