Rahasia Affiliate Marketing

Bagaimana Seorang Affiliate Marketer Berpenghasilan Ribuan Dollar per Bulan

affiliatemarketing

Tiger woods adalah salah satu atlet golf terkaya di dunia. Menurut kabar yang pernah saya dengar dari seorang Tiger Woods adalah ternyata dia diperkenalkan atau memegang stick golf pertama kalinya pada umur 5 tahunan.

Dan sejak kecil dia sudah berlatih golf setiap hari. Menurut ceritanya, dia harus (disuruh ayahnya) memukul golf sebanyak 1000 kali dalam sehari.

Woow!

Jadi tidak heran, ketika dia mulai masuk ke dunia profesional di tahun 1996, dia telah memenangkan 95 turnamen golf, 71 PGA tour, termasuk  memenangkan beberapa kali masters tournaments, dsb.

Tiger woods bisa memperkirakan arah pukulan ketika akan memukul golf, bisa mengatur kapan dia memukul jarak sekian meter atau bahkan pukulan jarak jauh dengan tepat.

Ketika mungkin dia tahu tinggi rumput sekitar 5 cm, maka dia bisa memutuskan untuk mengganti stick golf-nya untuk menghasilkan pukulan yang akurat. Termasuk bisa memperkirakan arah angin, dsb

Kesuksesan yang dia raih, saya yakin salah satunya adalah karena dia tekun berlatih memukul golf sebanyak 1000 kali setiap hari sejak dia kecil.

Hal yang sama seharusnya juga kita lakukan ketika ingin sukses sebagai affiliate marketer.

Sebagai seorang affiliate marketer, saya pribadi terus mendisiplinkan diri untuk bisa berlatih “memukul golf” setiap hari dengan cara membuat gol untuk terus mempromosikan produk-produk affiliate setiap harinya.

Saya buat gol, pokoknya dalam seminggu harus bisa mempromosikan produk affiliate sekian.

Saya memberikan istilah untuk setiap produk affiliate yang saya promosikan dengan istilah “proyek”

Jadi kalau dalam seminggu saya mempromosikan 10 produk affiliate maka di agenda kerja, saya menulis telah menyelesaikan 10 proyek 🙂

Dan tentunya tidak seluruh proyek affiliate yang saya kerjakan itu profit semua, terkadang dari 10 proyek, hanya ada 7 proyek  yang  profit sementara sisanya kurang menguntungkan.

Terkadang juga hasil yang didapat impas, bahkan kadan rugi ratusan dollar dalam seminggu.

Begitu seterusnya, sampai hari ini saya terus-menerus mengerjakan proyek-proyek affiliate. Saya pikir untung dan rugi dalam bisnis itu wajar, termasuk ketika kita ingin fokus sebagai affiliate marketer ini.

Sebagai seorang penjual informasi di internet, saya juga harus tetap berlatih “memukul golf setiap hari” dengan terus mencari niche market dan membuat produk ebook yang profitable untuk saya jual.

Saya harus tetap melakukan kegiatan riset pasar yang “gitu-gitu” aja, hanya untuk mencari sebuah niche market yang profitable untuk menghasilkan dollar.

Saya pernah bosen, nggak sabar menunggu hasil tapi karena saya tahu prinsipnya yaitu jika saya tetap terus berlatih “memukul golf” setiap hari maka saya sudah berada di jalur yang benar untuk sukses.

Untuk bisa berhasil, hanya masalah waktu  dan ketekunan saja kok!

Terkadang saya suka “gemes” kalau ada beberapa rekan yang kirim sms atau email yang memberitahu bahwa sudah setahun dia mempromosikan produk affiliate tapi belum ada hasil.

Ketika saya tanya lebih jauh sudah berapa produk yang di promosikan, dia jawab baru 1 produk itupun berhenti di tengah jalan 🙂

Saya bukan seorang internet marketer dunia, tapi saya tahu para marketer dunia itu pun sampai saat ini terus berlatih “memukul golf”-nya setiap hari dengan terus menerus praktek dan praktek.

Entah itu mempromosikan produk-produk affiliate, membuat produk, belajar ilmu marketing baru, dll.

Berita baiknya adalah ketika kita semakin sering berlatih “memukul golf” teknik kita semakin tinggi dan tentunya hasil yang akan kita dapat akan semakin baik.

Seperti cerita diatas, ketika seorang Tiger Woods tahu bahwa arah angin sepertinya tidak memihak ke dia, maka dia akan rubah strategi dalam melakukan pukulan-pukulan akuratnya.

Ketika Anda terus menerus praktek mempromosikan produk affiliate, atau terus belajar membuat produk untuk dijual, walaupun mungkin biaya, waktu, pikiran sudah banyak tercurah namun yang tidak Anda sadari adalah Anda akan semakin terbiasa, yang dulunya sulit sekarang menjadi mudah, kemampuan anda semakin terasah!

Anda akan semakin fleksibel dalam melakukan teknik promosi baik menggunakan ppc berbayar, banner advertising, SEO, artikel marketing, JV, dll

Pertama kali dapat $10 mungkin membutuhkan 7 hari, namun karena seringnya anda berlatih, sekarang dalam 1 hari anda bisa mendapatkan $100.

Itulah salah satu hukum sukses di dunia internet marketing ini.

Saya punya 1 situs di market luar yang sampai hari ini sudah tidak saya promosikan lagi karena sudah mendapatkan trafik gratis dari search engine. Dari satu situs tersebut saya mendapatkan penghasilan rata-rata $500-$600 dari banner produk affiliate yang saya pasang  di situs tersebut.

Pernah juga cuman dapet $200/month, tapi 6 bulan terakhir ini rata-rata ya sekitar $500-$600/month dari 1 situs sederhana yang bermain di pasar ceruk (niche market) yang sepi pesaing.

Semua itu dimulai dari hal sederhana dimana setahun sebelumnya saya mulai aktif mencari niche market setiap hari, lalu menemukan satu niche market spesifik, lalu membeli domain dan mengisinya dengan artikel-artikel yang terkait. Entah itu copas dari ezine article atau artikel original (saya bayar orang untuk membuatnya).

Dan tentu saja saya menaruh banner produk affiliasi yang ada kaitannya dengan tema yang saya tulis. Dan juga opt-in newsletter.

Itu saja dan aset tersebut sampai hari ini mulai menghasilkan dollar yang sangat lumayan 😀

Tidak ada tombol ajaib atau sesuatu yang spektakuler untuk bisa berpenghasilan dollar dari internet sebagai seorang affiliate.

Semua yang saya tulis dan bagikan adalah sesuatu yang sederhana, nggak njlimet dan masuk akal!

Pertanyaan sederhana yang bisa kita renungkan adalah, “Untuk bisa berpenghasilan dari internet terus menerus, sudah berapa banyak “golf” yang kita pukul setiap harinya?

Saat saya berada di ruang kerja, ada memo kecil di meja kerja saya yang isinya untuk membuka email dari salah satu member di situs yang saya kelola.

Jika berbicara testimoni hampir setiap minggu ada saja yang mengirim testimoni positif dari mulai sekedar ucapan terimakasih, terkadang ada yang laporan earning yang sudah pecah telor, omset naik, dst.

Namun ketika saya membuka email di memo tersebut, saya cukup lama tertegun karena isinya adalah sesuatu yang tidak sempat saya pikirkan.

Berikut kutipannya,

“haloo Pak GM,

Saya pertama kali menjadi member RSCB pada bulan Januari 2011, saya sempat menonton beberapa video tapi kemudian perhatian saya teralih ke “sesuatu yang lain”, maka sayapun terjebak di belantara Internet Marketing.

Saya pernah belajar di AB dan sudah tidak ingat lagi berapa banyak course yang saya beli di Warrior Forum  maupun di luar warrior forum.

Bahkan saya pernah membuat 100 website dalam 1 bulan 🙂 dengan memakai plugin “tertentu”.Yang lucunya adalah dengan semua “pengetahuan” saya ttg IM sampai saat ini saya belum pernah menghasilkan apa2 bahkan 1 Dollar pun belum.

Satu hal yang saya apreasiasi dari anda adalah keseriusan anda terhadap course RSCB.

Walaupun anda sudah tdk mendapatkan tambahan uang lagi dari member2 lama seperti saya, tapi update materi tetap anda berikan dan satu lagi yang paling PENTING anda tidak menjadikan kami member2 sebagai sarana utk cari uang (dgn memPROMOSIkan barang atau course tertentu).

Saya pikir anda pasti mendapat uang dari melakukan apa yang anda khotbahkan sehingga tdk perlu menjadikan para member sebagai lahan promosi walaupun ada istilah di luar sana “The money is on the list”.

Artinya memang anda ingin memberi nilai tambah kepada member anda bukannya membingungkan para member dengan mempromosikan “cara menghasilkan uang yang lain”.

Saya salut kepada anda …”

Itulah salah satu kegembiraan terbesar saya ketika apa yang kita lakukan di hargai oleh orang dan mendapatkan kesan positif di mata orang lain.

Memang sejauh ini jika ada yang sudah menjadi member berbayar, saya tidak pernah mempromosikan sebuah produk milik orang  lain yang out of context dengan pembahasan materi utama.

Saya sangat selektif dan berhati-hati sekali ketika mengirim email berbau promosi kepada subscriber, khususnya untuk member berbayar yang saya kelola.

Biasanya jika saya ingin mempromosikan sebuah produk milik orang lain, yang saya lihat adalah siapa orang dibalik layarnya, lalu apakah metode tersebut saya sudah praktekkan sendiri dan berhasil, apakah produk tersebut sesuai dengan kebutuhan audience pembaca newsletter saya, dst.

Bisa dikatakan saya tidak pernah melakukan promosi berlebihan untuk setiap subscriber untuk member berbayar, biasanya yang saya lakukan adalah memberikan update materi, berdiskusi tentang hal2 yang masih terkait dengan tema yang diangkat, meminta testimoni, feedback, dll (sejauh ini ada 3 situs keanggotaan yang saya kelola sebagai sharing pengalaman bagaimana saya mendapatkan earning secara online yi di gmsusantotutorial.com, rahasiasuksesclickbank.com dan g-website.com)

Why?

Di luar sana ada begitu banyak metode dan strategi bagaimana bisa earning secara online, jika saya sendiri tidak konsisten dg apa yang saya bagikan (tentu saja itu akan membingungkan audience/pembaca newsletter) dan ujung-ujungnya para pembaca tidak akan mendapatkan apa-apa, karena sedikit-sedikit saya selalu berpromosi metode baru yang bahkan belum pernah saya praktekkan sendiri.

Apakah saya sudah “kaya”?

Belum, tapi saya belajar mencukupkan diri dari apa yang bisa saya dapatkan.

Bisakah Anda bayangkan, jika di minggu ini saya promosi produk baru (milik orang lain) dan berkata bahwa itu adalah metode hebat, lalu beberapa harinya atau minggu depan saya promosi produk lain lagi dan berkata hal yang sama, padahal saya sendiri pun belum pernah mencoba sendiri?

Kalau cara seperti itu yang saya lakukan itu sama saja membuat para pembaca newsletter menjadi bingung dan ujung2nya mereka hanya jalan ditempat tanpa perkembangan yang berarti.

Karena itulah sampai hari ini saya menjaga kepercayaan setiap subscriber di kotak opt-in newsletter yang saya kelola, secara khusus untuk member loyal dan juga pembaca newsletter pada umumnya 🙂

22 Comments

  • zainal says:

    saya masih bingung pak masalah riset pasarnya mohon di beri pengarahan

  • zainal says:

    ok pak semangat semangat

  • M TAUFIK says:

    saya seorang pemula yg belum bisa internet ,alias gaptek. karena dalam iklan pak GM, produk ini bisa dilakukan , oleh siapa saja, meskipun gaptek dalam internet. namun setelah saya daftar, saya tidak mendapat bimbingan sama sekali. alias ditinggalkan.dan sampai saat ini saya belum bisa action sama sekali. bagaimana ini pak GM?

  • Gm. says:

    coba pake freekeywords.wordtracker.com atau pake google keyword tool ada kok linknya di video blog ini

  • aziz36 says:

    Betul banget pak..inti dari semua adalah ketekunan.itu sudah saya lakukan di bisnis saya di cargo.
    Saya sdh lama baca produk bapak tp blm putuskan jadi member krn keterbatasan sarana,mdh2n dlm waktu dekat lagi pak.

    o..ya..apakah account clickbank bisa kadaluarsa?

    saya sdh pernah daftar tp gak bisa masuk?mohon penjelasan.trims.

  • teguh haryono says:

    Halo Pak GM,

    Ini pertama kali saya comment di sini Pak. Sy pemula di bisnis internet, makanya sy jd member G-Website dan bermaksud jadi affiliate utk G-Website.com sbg proyek awal saya. Utk landing pagenya, saya ambil contoh dr pelajaran di bab ttg affiliate. Nah, utk bonus gratisnya buat pengunjung setelah mereka isi opt-in form, kira2 apa ya Pak?

    Terima kasih buat pencerahannya Pak.

  • Gm. says:

    1. kelupaan ya pak ? sub domain yg bapak bidik itu bukan niche (gold dan pregnancy), karena masih terlalu luas dan banyak pesaingnya, coba lebih spesifik lg ya. coba lihat lagi video cari niche market yg bener itu spt apa, kyknya baru sekali nih dilihatnya hehe,,,hee,,
    2. pada intinya cara tsb tidak masalah kok pak, yg penting ktk fokus ke satu niche tertentu dan isi contentnya harus relevan.
    contoh ya :
    ada 2 kata kunci yg saya jadikan sub domain dg kata “Panasonic” atau “Panasonic Lumix TZ6 Digital Camera”.

    kira-kira saya harus memilih yg mana?
    Tentunya yg profitable untuk saya adalah yg nomor 2 yaitu “Panasonic Lumix TZ6 Digital Camera” krn lebih tertarget, spesifik dan tentunya konversinya bagus.

    Lalu di halaman tersebut, saya akan bercerita/review tentang “Panasonic Lumix TZ6 Digital Camera” bukan yang lain, di akhirnya saya rekomendasikan (call to action) produk affiliatenya..

    gitu pak tedy 🙂

  • ageng says:

    terima kasih pak GM, luar biasa saya sudah ga sabar dapet dollar nich hehehe….

  • Gm. says:

    yoi pasti pak, sabar ya, krn tiap orang bonusnya beda, jd utk bapak saya sedang siapkan 1 campaign lengkap, termasuk adgroup, kata kunci, iklan, dan juga strateginya…sabar ya,pasti bonus yg sy kasih spesial banget kok … ^^

  • Aziz says:

    Pagi Pak GM…
    :alay
    Terima kasih ya pak atas ilmunya, saya tlah berhasil menjualkan produk yg ada di Clickbank, masih dikit sih pak baru 3 produk. :malu2
    Saya masih member gratisan, belum upgrade ke RSCB .

    Mo tanya ni pak…
    Saya promosikan produk Clickbank pake Adwords, kalo misalnya ada pembeli yg klik iklan saya tapi gak tk memutuskan langsung beli. kalo hari berikutnya dia memutuskan mau beli tapi langsung mengetikkan website nya atau pake link affiliate orang lain kira2 komisinya dapat buat sapa ya pak??
    Satu lagi pak, fungsi QS di adwords gunanya buat apa pak??
    Mohon dijawab ya pak… :hope
    Terima kasih…
    :iloveindonesia :iloveindonesia

    • Gm. says:

      utk itulah, kita harus perhatikan cookie yg di gunakan oleh situs yg kita promosikan, ada yg 2 bulan, 6 bulan bahkan sepanjang waktu. contoh rsch menerapakan life time cokie, artinya affiliate tidak perlu khawatir, kalaupun hari ini si prospk sudah dftar tp belum bayar, tp krn sudah menerapkan life time cookie, jadi kapanpun dia masuk ke situs utama, maka data kami sudah merekam bahwa prospek tsb adalah milik anda, jd ketika dia membayar, anda dapat komisi.

      so, coba lihat penjelasan di tools affiliate dari situs yg anda promosikan (bisa juga lihat via marketplace/cbengine.com)

    • Aziz says:

      :bingung: :bingung: :bingung:
      cara ngelihatnya gmn ya pak?
      dah saya buka panduan affiliate dari situsnya tapi gak da ketemu kata cookie, atau menggunakan kata lain ya pak?
      di cbengine.com juga gak jumpa pak..
      terima kasih pak atas jawabannya..
      :iloveindonesia :iloveindonesia

      • Gm. says:

        gak usah di buat bingung mas Aziz, coba lihat di affiliate toolnya ada keterangan tt cookie atau tidak, kalo tidak ada cek n ricek jmlh affiliate yg ikut memprmosikannya, jika gravity-nya tinggi, itu artinya bagus, kalo rendah mending gak usah dipromosiin, krn situs yg niat membuka affiliate pasti akan memihak kpd kepentingan si affiliate, salah satunya menuliskan berapa lama cokie yg mrk gunakan, atau tanya aja langsung ke ownernya, tp sih pada umumnya 2 bulan mas

  • ahmad miftah says:

    salam pak GM

    saya sangat setuju dengan “ketekunan, kesabaran, pokus pada sasaran” akan membawa hasil. seperti batu yang keraspun kalau di tetesi air setiap hari akhirnya berlubang juga*

    saya mau tanya pak GM

    apakah ada cara termudah membuat affiliate?

    Terimakasih Pak GM

  • ageng says:

    terima kasih pak Gm atas penjelasannya … sebenarnya pertanyaan yang ingin saya ketahui adalah berkenaan dengan masalah pembayaran oleh clickbank.
    Kalau ga salah, clickbank menawarkan pembayaran dengan menggunakan cek, pertanyaan saya bagamana mencairkan cek tersebut diIndonesia? apakah harus memiliki tabungan dollar dan berapa besar biayanya?
    hehehe…maklum kantong belum gede jadi harus berhitung dulu pak 🙂
    btw saya sempat menanyakan ke pihak clickbank dan mereka menyarankan sistem wire payment, nah yang ini saya juga kurang mengerti bisa dijelaskan pak?
    terkhir sebenarnya saran bapak bagaimana nich berkenaan dengan teknis penerimaan komisi clickbank

    Terima Kasih pak GM
    Semoga sukses terus

    • Gm. says:

      1.setlh nyampe itu sekitar 7-14 hari, trs kita cairin di beberapa bank lokal kayak bca, mandiri, dll sesuai dg tempat bapak menabung jg bisa, selain bank diatas, pertama2 tanyakan dulu bisa tidak mencairkan cek CB, dan feenya brp
      2.yg penting kita sudah punya tabungan di bank tertentu, misalnya: mau nyairin di mandiri, ya kita harus punya rekening tabungan disana, lama pencairan maksimal 45 hari, dan fee-nya sekitar 300 ribuan dan di debet/ memotong saldo rekening
      3. jd saran saya, set up pengiriman komisi minimal > $100, spy nanti bsa lumayan cairnya
      4. saran saya utk yg wire payment, jika dirasa komisinya sudah besar ( > diatas $5000), silahkan pilih wire tp utk awal2 pilih saja cek, itung2 sekalian membangun kredibilitas di CB

  • Gm. says:

    thanks juga ya mas rully, gantian mas rully yg bagi-bagi pengalamannya di blog ini, sebagai mentor EU dan pemilik seabreg bisnis konvensional dan online, pasti pengalamannya akan sangat bermanfaat buat temen2 lain, saya tunggu 🙂

  • Benar sekali pak, orang akan lebih percaya kepada yang mampu dan terlatih.

    Saat ini saya baru mau fokus di bidang affiliate marketer, karena dulunya basic di web design, namun saya asah terus dalam dunia web design, dan banyak orang yang percaya..karena saya pukul terus golfnya tiap hari heee :alay

  • Berlatih sebanyak mungkin dengan praktek, praktek dan praktek akan memberikan hasil yang dahsyat dibandingkan kita belajar dengan teori dan teori. Salam sukses Pak GM.

  • ageng says:

    terima kasih pak GM, saya sudah mempelajari produk anda. sebagai gold member anda, tulisan anda sangat bermanfaat sekali buat menaikan penghasilan dari clickbank.
    Sedikit saja kekecewaan saya, support dari anda dan tim tidak terwujud seperti yang dijanjikan.
    saya mengirimkan suatu pertanyaan lewat sistem ticket anda namun sampai hari ini sudah hampir 2 mingguan tidak ada jawaban sama sekali.
    sayang sekali produk anda sudah cukup baik, namun supportnya tidak seperti yang dijanjikan.
    saya mengharapkan tanggapan anda.

    terima kasih

    • Gm. says:

      hi pak ageng:
      1. bs jadi sudah kami balas tapi masuk ke junk mail, untuk membaca jawaban kami, harus punya account di help desk kami
      2. setiap pertanyaan yg masuk tidak selalu kami balas, terkadang sy lgsung membalas dg membuat panduan di blog ini, jd sumber ide biasanya dari pertanyaan lalu dibuatkan panduan di blog spy bermanfaat bagi yg lain
      3. kami berusaha membalas email yg masuk, terkadang bisa juga tidak kami balas, krn jawabannya sudah ada di daftar FAQ, blog dan materi pembelajaran di member area
      4. coba untuk memastikan pertanyaan anda, silahkan tulis pertanyaan di blog ini ya pak ageng 🙂

  • eka says:

    mantap..

    yang penting rajin maka akan telaten

    thanks pak GM

    saya udah semangat nih
    udah dapat sales pertama
    hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *