3 Tips Sukses Pemasaran Affiliate Marketing

Ada beberapa mitos dalam affiliate marketing, yang terkadang membuat banyak orang (khususnya pebisnis pemula) untuk percaya bahwa mitos itu adalah benar.

Pertama adalah mereka berpikir mengelola bisnis affiliate marketing itu mudah dan kedua, mereka berpikir bahwa seseorang dapat membuat keberuntungan melalui pemasaran online dalam sekejap.

Sedikit sekali affiliate marketer yang bisa menjadi kaya dalam semalam. Mungkin ada beberapa yang memperoleh keuntungan  yang luar biasa hanya dalam waktu yang singkat setelah mempromosikan sebuah produk affiliasi, tetapi bagi saya bisa jadi itu karena  mereka sedang beruntung.

Jika Anda ingin sukses di bidang affiliate marketing ini dan bertahan di bisnis ini dalam kurun waktu lama, maka membutuhkan waktu dan kerja keras serta disiplin dari Anda.

Untuk menjadi affiliate yang sukses maka diperlukan beragam pengetahuan yang harus anda ketahui.

Langkah pertama datang dari halaman marketplace clickbank, perhatikan dengan cermat statistic produk yang akan ditawarkan.

Berikut ini adalah hal-hal yang berkaitan dengan produk:

1. Popularitas produk

Pada saat membuka halaman marketplace clickbank dan memilih kategori, selanjutnya clickbank akan menampilkan produk-produknya berdasarkan popularitas. Urutannya biasanya produk yang pertama tampil adalah produk yang terpopuler dan laku dipasaran.

Biasanya para super affiliate handal akan memilih produk pada urutan pertama, jadi persaingan akan semakin ketat. Untuk para pemula sebaiknya pilih produk yang ada di urutan ketiga dan seterusnya.

2. Gravity

Jika gravity semakin banyak, maka akan semakin banyak pula affiliate yang akan mempromosikannya.

Bagi pemula silahkan pilihlah produk yang gravity-nya tidak terlalu banyak gravity-nya yaitu berkisar antara 20 – 60. Gravity dibawan 20 pada suatu produk masih diragukan kredibilitasnya atau bisa jadi produk affiliate tersebut masih baru.

3. Komisi

Pilihlah produk yang memiliki nilai komisi yang besar. Semakin tinggi nilai komisi yang diberikan tentu saja hasil yang anda dapatkan juga lebih besar.

4. Refund

Refund berarti angka dimana pembeli merasa tidak puas dengan produk yang dibelinya sehingga meminta uang kembali. Hindari produk yang statistic refund-nya tinggi.

Langkah kedua, dari halaman penjualan atau pitch page (website penawaran). Langkah ini amat penting karena menentukan terjadinya transaksi penjualan suatu produk.

Pelajari lebih dalam tentang produk yang akan dipromosikan. Perhatikan 3 hal mendasar berikut ini:

  1. Desain halaman dan tulisan

Desain halaman dan tulisan pada web affiliate semenarik mungkin. Bayangkan anda berada pada posisi pembeli. Baca dan lihat keseluruhan detail web, apakah anda tertarik atau tidak.

Jika tertarik, itu berarti desain memang sudah cukup menarik pembeli sesungguhnya.

  1. Profil vendor

Jangan asal memilih sumber produk affiliate. Produk affiliate yang baik selalu memperlihatkan profil mereka seperti menyediakan link “about us” atau “contact us”. Jangan sampai seorang affiliate ataupun pembeli tertipu oleh vendor.

  1. Testimoni

Perhatikan testimoni positif, hal tersebut mempengaruhi majunya penjualan. Apabila ternyata banyak testimoni yang negatif sebaiknya anda urungkan niat anda, dan lebih baik memilih yang lain saja.

Selamat mencoba!

Perlakukan profesi affiliate marketing ini layaknya Anda sedang membangun bisnis besar dan percayalah itu sangat worth it  dengan hasil yang akan Anda dapatkan.

Jika Anda berencana untuk memulai sebuah program afiliasi, salah satu hal yang harus Anda pertimbangkan adalah memiliki website Anda sendiri.

Boleh saja Anda mengawali mempromosikan produk affiliate marketing tanpa membuat website, namun saya tetap mengarahkan Anda untuk pada akhirnya memiliki website dengan pemilihan satu niche market yang spesifik dimana Anda memiliki minat yang besar di niche market tersebut.

Lalu bagaimana Anda membangun sebuah situs affiliate marketing yang sukses?

Apa saja langkah-langkah mudah untuk membangun website yang berfokus pada affiliate marketing?

1. Anda harus memutuskan Anda ingin fokus di  tema atau niche market apa?

Akan lebih baik jika Anda sudah memiliki ide apa produk atau jasa untuk mempromosikan karena hal ini akan membantu Anda merencanakan desain dan lay-out dari halaman website Anda.

2. Hal berikutnya yang harus dilakukan adalah memilih nama domain dan layanan hosting terbaik.

Nama domain adalah nama unik yang digunakan untuk label alamat aktual situs web Anda di internet. Memilih kata kunci yang tepat dalam nama domain Anda akan memberi Anda kesempatan yang lebih baik untuk menarik lebih banyak pengunjung ke website Anda.

Juga, memilih domain dengan akhiran .com akan lebih populer.

Sekarang, Anda dapat mulai membuat halaman website Anda. Jangan berkecil hati bila Anda tidak terlalu jago membuat website.  Sumber online di internet ini yang tak terhitung jumlahnya ini dapat membantu Anda membangun sebuah situs affiliate marketing, meskipun Anda mungkin perlu waktu untuk belajar prosesnya.

Itulah salah satu alasan mengapa isi tema situs Anda atau produk affiliate marketing yang Anda pilih harus sesuai dengan minat Anda.

Membangun website pemasaran Anda untuk pertama kalinya akan menjadi jauh lebih menyenangkan jika Anda tahu sangat baik pemilihan tema situs Anda.

Jika Anda tidak punya waktu untuk membuat website Anda sendiri, Anda dapat menggunakan template atau membeli situs web yang tersedia dengan membayar jasa seorang web designer

Membuat sebuah situs affiliate marketing sendiri akan lebih murah dan lebih menarik. Dalam proses membangun website Anda, Anda juga dapat meningkatkan pengetahuan Anda di bidang teknologi informasi penggunaan komputer, software dan internet.

Sekalipun demikian, Anda tidak perlu fokus di hal-hal teknis ini, karena pada dasarkan Anda bisa libatkan orang lain untuk bisa membantu Anda dalam pembuatan website.

3. Kunci untuk menarik pengunjung ke situs web affiliasi milik Anda adalah memiliki konten berkualitas tinggi.

Dengan demikian, hal berikutnya yang Anda harus memperhatikan dalam membangun website marketing Anda adalah ISI KONTEN. Mungkin ada beberapa faktor lain yang berkontribusi terhadap sebuah keberhasilan situs yang berfokus pada affiliate marketing, tapi memiliki konten yang baik adalah prioritas pertama yang harus Anda pikirkan.

Inilah alasan mengapa pengguna memilih untuk masuk ke situs Anda. Mereka ingin mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dan ketika mereka tidak menemukannya, mereka pasti akan pergi ke tempat lain.

Menulis artikel pemasaran yang menarik yang terkait dengan produk/tema situs Anda akan membuat mereka sering berkunjung ke situs Anda.

Berikan pembaca Anda banyak informasi yang relevan dan berguna. Ini akan membuat mereka pada akhirnya mau membeli produk affiliasi yang Anda rekomendasikan.

Ingat bahwa tidak ada konten yang baik berarti tidak ada pengunjung yang datang dalam jumlah besar, tidak ada pengunjung berarti tidak ada penjualan dan pada akhirnya, Anda  tidak mendapatkan komisi penjualan.

Lalu bagaimana dengan desain websitenya?

Anda dapat memeriksa beberapa situs affiliate marketing yang sukses milik orang lain dan dapatkan model serta ide mengenai bagaimana Anda dapat membuat situs Anda terlihat lebih baik.

Pastikan Anda tidak menempatkan iklan banner terlalu banyak karena ini bisa mengalihkan perhatian beberapa pengguna situs, dan dengan demikian, bukannya mengklik iklan produk affiliasi Anda, mereka mungkin hanya meninggalkan situs Anda dan mencari situs-situs menarik lainnya.

Anda harus mau belajar tentang penggunaan kata kunci (keyword produk) untuk kepentingan SEO dan menerapkannya dalam konten artikel pemasaran di situs Anda. Memperbarui situs Anda secara teratur atau menambah halaman web baru adalah aktifitas online yang hukumnya wajib Anda kerjakan.

Pastikan untuk menginformasikan prospek Anda mengenai update terbaru di situs Anda. Anda dapat menggunakan newsletter untuk mencapai hal ini. Dengan aktifitas yang konsisten seperti ini yang Anda bangun dari hari ke hari, akan membuat Anda berada di jalur yang benar untuk bisa sukses di bisnis affiliate marketing

Anda mau mencobanya? 🙂

Our Rating

7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *