Tips Mendapatkan Profit Dari Google Adwords

Apa itu Google Adwords?

Google Adwords adalah salah satu media periklanan dengan sistem pembayaran bayar-per-klik yang bisa mengiklankan situs yang memiliki tawaran tertentu untuk sebuah pencarian kata kunci (keyword) atau frase.

Jika seseorang membuka google dan mencari sesuatu di mesin pencari google, ia akan melihat bagian yang mengandung “link sponsor” di sisi kanan layar (atas).

Situs yang memasang iklan di google adwords akan bisa tampil setiap ada pencarian kalimat tertentu (frase) atau kata kunci (keyword) yang dicari melalui Google yang relevan dengan isi situsnya.

Sebagai contoh, sebuah bisnis yang bergerak dalam bidang penjualan laptop dapat memilih untuk mengajukan tawaran untuk frase pencarian seperti “laptop dijual” “notebook murah” untuk produk mereka.

Penawaran dalam sistem google adwords untuk mendapatkan posisi terbaik terutama didasarkan pada dua faktor yaitu CTR dan jumlah tawaran (bidding) dari pengiklan.

Jumlah tawaran akan tergantung pada penawar sendiri. Tawaran/biding bisa mulai dari ratusan perak sampai puluhan ribu tergantung dari kata kunci yang dipilih dan harus sesuai dengan produk yang diiklankan.

Faktor lainnya adalah CTR, atau tingkat dimana orang yang mengklik situs website pengiklan. Biasanya, lima besar urutan situs yang ditampilkan pada layar Adwords di halaman pertama pencarian adalah yang situs pengiklan yang paling populer yang memiliki Quality Score tinggi.

Jika seseorang ingin menggunakan sistem Google Adwords sebagai media iklan, dia bisa membaca pedoman dan persyaratan dan ketentuan terlebih dahulu (TOS).

Ada beberapa langkah yang bisa kita gunakan untuk  mendaftar di Google Adwords.

1. Pembuatan account

Sebelum Anda membuat akun di adwords, Anda harus bisa memilih kata kunci dan kombinasi yang terkait dengan produk/jasa yang Anda jual secara online.

Anda juga harus menargetkan target pasar (segmentasi pasar) yang tepat, misalnya saja jenis kelamin, usia, lokasi dan juga pemilihan bahasa yang tepat.

Lalu setelah itu Anda juga harus bisa membuat grup iklan (adgroup) yang merupakan langkah dasar dalam menggunakan sistem Google Adwords.

Jadi untuk sukses menggunakan google adword Anda harus  mampu membuat dan merancang iklan yang menarik dan memilih kombinasi yang tepat dari kata kunci yang relevan dengan produk/jasa yang Anda jual secara online

2. Iklan

Ketika Anda ingin memasang iklan di google adwords maka iklan Anda harus memuat  judul dan isi iklan.

Baris judul terdiri dari maksimal 25 karakter dan isi iklan harus berisi maksimal dua baris yang berisi masing-masing 35 karakter.

Tantangan nyata dalam merancang iklan untuk Google Adwords adalah bagaimana membuat tulisan iklan yang secara efektif bisa menarik pelanggan dan membuat mereka untuk mengklik situs Anda.

Sebuah iklan singkat tapi mencolok sangat efisien dalam mendapatkan perhatian dari target market Anda

3. Links (Destination URL)

Ketika calon pelanggan mengklik situs web melalui layar Google Adwords maka link website tersebut tidak harus tampilan utama halaman depan website Anda.

Yang benar halaman web dimana ia dapat menemukan informasi yang penting baginya. Bisa jadi itu adalah halaman produk, halaman order, dll dari website penjualan Anda

Jika Anda sudah memiliki produk yang dijual melalui toko online, saya sarankan Anda untuk mengiklankan produk Anda melalui google adwords.

kesalahan google adwords

Meskipun demikian, banyak sekali kesalahan-kesalahan yang masih saja dilakukan oleh para pengguna Google Adwords, lagi dan lagi.

1. Kesalahan pertama yang masih sering dilakukan oleh pengguna Google Adwords adalah pengunaan kata kunci yang terlalu pendek.

Pada saat mendaftarkan diri, Google Adwords akan meminta kata kunci yang relevan dengan website anda.

Dengan demikian, setiap kali kata kunci tersebut dimasukkan oleh pengguna internet lainnya ke dalam kotak pencarian maka iklan website anda akan muncul di sebelah kanan halaman pencarian.

Dan ini  harus relevan!

Banyak sekali pengguna Google Adwords yang menetapkan kampanye mereka dengan menggunakan kata kunci yang mereka anggap singkat dan relevan dengan bisnis mereka.

Masalahnya adalah kompetitor mereka juga melakukan hal yang amat sangat sama persis dan hasilnya adakah kata kunci yang sama akan menggeser iklan website anda.

Dengan demikian, kompetisi akan menjadi amat sangat tajam di Google Adwords, mengingat jumlah pengguna kian hari kian bertambah banyak tanpa pandang bulu tanpa pandang tempat asal.

Jadi, usahakan agar kata kunci anda adalah yang paling unik. Semakin sedikit saingan anda maka peluang website anda dilirik orang lain akan bertambah banyak.

2. Kesalahan lain yang masih sering dijumpai adalah pengiklanan yang tidak tepat waktu.

Hal ini mungkin agak sulit untuk dihindari namun tidak mustahil untuk dihindari.

Apabila anda bukan pemilik dari perusahaan yang sifatnya global, ada kemungkinan bahwa pengguna internet lain aktif pada saat-saat tertentu.

Jadi, sangat bijak bagi anda untuk menggunakan fitur ‘Ad Scheduling’(penjadwalan iklan) yang dapat diatur dalam ‘Campaign Settings’(pengaturan kampanye).

Jadi, usahakan untuk tidak mengiklankan bisnis anda, website anda, ketika para pengguna internet tidak aktif.

3. Kesalahan lain yang mungkin susah dihindari adalah penentuan lokasi dan negara kampanye ditujukan.

Banyak pengguna Google Adwords yang menetapkan target di seluruh negara, seluruh belahan dunia.

Kadang yang mereka pikirkan adalah semakin banyak dilihat, maka website kepunyaan mereka semakin laris manis. Apalagi bila website tersebut merupakan website penjualan produk-produk tertentu.

Kadang mereka tidak mengingat bahwa tidak semua pengguna internet di seluruh dunia berminat akan isi dari website yang dipromosikan melalui Google Adwords ini.

Jadi, yang didapatkan bukanlah keuntungan melainkan kerugian belaka. Bagaimana tidak, uang sudah dikeluarkan tapi keuntungan tak kunjung datang.

Banyak yang menderita kerugian karena mereka terlalu berapi-api secara berlebihan tanpa pengetahuan tertentu tentang bagaimana Google Adwords bekerja. Lebih baik terlambat sedikit daripada rugi cukup banyak.

Dari video studi kasus ketika saya mempromosikan produk-produk yang saya jual secara online, banyak orang tertarik karena saya bisa mendapatkan pengeluaran yang rendah untuk biaya iklannya.

Yes, saya biasanya mendapatkan rata-rata CPC/BPK (biaya per klik) dari setiap kata kunci produk yang saya bidik itu rata-rata di bawah 1000 perak.

Sehingga dalam 1 hari iklan berjalan, saya bisa mendapatkan ribuan pengunjung tertarget untuk melihat produk yang saya promosikan dengan biaya promosi yang rendah

Google AdwordsBeberapa member bertanya, “Pak, bagaimana sih cara mengoptimalkan iklan yang kita buat di google adwords supaya dapat harga CPC murah kayak punya bapak?”

“Pak, saya sudah dapat Quality Score 10, tapi kenapa kok kata kunci yg lain malah dapat Quality Score 7… apakah itu bener atau ada tips dari bapak mengenai trik iklan di google adwords?”

Secara detil saya sudah jelaskan di beberapa video tentang google adwords yang ada di member area tentang bagaimana kita bisa mendapatkan harga CPC yang murah namun profitable.

Tentunya tidak terlepas dari hasil riset kata kunci yang sudah kita lakukan sebelum kita memasang iklan di google adwords.

Dan secara detil saya juga sudah menjelaskan satu demi satu tentang langkah-langkah bagaimana kita mengoptimalkan keyword yang kita tembak ketika menggunakan iklan adwords.

Berikut ringkasannya:

Ada 3 prinsip dasar yang harus Anda tahu ketika kita beriklan menggunakan google adwords.

Lakukan Riset (market research) Market, salah satunya menggunakan google insight dan google keyword tool

Buat Campaign di Google, dengan terlebih dahulu sudah melakukan dan mempersiapkan, yaitu dengan :

a. Menemukan produk yang dicari oleh market yang sangat spesifik

b. Membuat halaman website/landing pages yang relevan dengan produk yang akan kita promosikan diatas

c. Memilih kata kunci yang profitable serta menulis iklan di adwords

Lakukan TEST, salah satunya dengan membuat  beberapa campaign iklan google adwords.

Biasanya satu campaign saya berisi 5-10 adgroup yang berbeda-beda, sesuai dengan kateogori produk yang saya promsikan, dimana satu grup berisi 2 iklan yang berbeda.

Sisanya?

Banyak praktek saja, lama-kelamaan insting marketer akan terasah sehingga Anda bisa memilih kata kunci yang paling relevan dengan isi situs Anda untuk bisa mendapatkan market secara tertarget sehingga penjualan bisa dengan mudah Anda dapatkan dengan biaya promosi yang kecil.

What Next?

Klik Disini Untuk Praktek Belajar Menggunakan Tools Google Adwords Dengan Detil

10 Comments

  • gusbud says:

    Saya tertarik banget pak, apakah ada rekomendasi ebook yang bisa saya beli?

  • dianita says:

    terimakasih Pak GM yang selalu bersedia memberikan tips-tipsnya. Semoga Pak GM tetap semangat memberikan tips gratisnya, seperti saya yang semangat mengikuti tips-tips dari Pak GM secara gratis,… hehehehe…

    • Gm. says:

      asalkan mba dianita mau sering2 mampir ke blog ini, sy pasti semangat kok ^^
      thanks ya buat motivasinya ..

  • Penjelasan yang diberikan cukup jelas, hanya perlu didukun sample/contoh yang jelas supaya lebih mudah imengerti….

  • adhan says:

    terima kasih pak GM susanto saya akan coba tips dari bapak, selama ini saya bermain adwords paling tinggi cuma dapat peringkat iklan 7

  • riki says:

    wah bener pak gm tips dan trik nya hebat banget,selalu ada ide brilian :nerd .pak GM gimana bagaimana cara harga bidding murah atau rendah tapi tertarget. kan kalo harga bidding tinggi tapi tak tertarget percuma aja malah buang-buang dana

  • Hasan says:

    Pak GM, sy mau nanya kenapa setiap saya mau gabung jdi member g’ bisa..?
    ada mesege “your ip adress is blocking for joining” mohon bantuanya…

  • nandin says:

    Pak, bolehkah saya tahu website Bapak yang di pasangi News Letter tsb? :malu2

  • rohman says:

    Buat temen2 yang kesulitan mendapatkan ” niche ” coba cari di wordtracker, ketik aja apa yang temen2 mau promosikan. Kalau sudah ketemu kata kunci yang “niche” cari pasarnya di google trend. Udah ketemu pasarnya, lihat harga biddingnya di google keyword. Kalau di keywordnya adatulisan tidak ditunjukan berarti harganya murah, coba saja temen2 ketikan kata kunci yang didapat di adword trus lihat perkiraan harganya.

  • maxxdeon880 says:

    terima kasih Pak atas penjelasannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *