5 Rahasia Menulis Email Marketing

Email marketing merupakan satu teknik promosi di internet dengan cara mengirimkan email yang berisi promosi produk atau layanan.

Walaupun cara ini dianggap sebagai cara yang kuno tetapi sejauh ini metode ini selalu dipertimbangkan sebagai metode penjualan yang ampuh dan paling berhasil.

Banyak perusahaan telah mempraktekkan email marketing tersebut, namun hasilnya bisa berbeda-beda.

Beberapa perusahaan mengalami peningkatan order, tetapi sebagian yang lain tidak.

Mengapa bisa demikian?

Jawabannya adalah karena ada perbedaan ‘sentuhan’ dalam penggunaan email marketing tersebut. Ada perbedaan besar antara email marketing yang berhasil dan tidak.

Mungkin anda mengerti bagaimana cara membuat situs yang unik dan modern serta dapat diakses menggunakan XHTML dan CSS. Anda juga mengetahui kriteria dari situs yang baik serta bagaimana cara membuatnya.

Akan tetapi, disain dari sebuah email marketing memiliki aturan tersendiri. Anda harus mempertimbangkan beberapa hal dalam membuat disain email marketing

1. Membuat judul yang menarik.

Dalam subyek email marketing, tulislah sebuah judul yang bisa membuat penerima bergegas untuk membuka email marketing yang anda kirimkan.

Jangan pernah membuang waktu pembaca anda. Kotak inbox email merupakan tempat yang sangat amat sibuk. Anda tidak akan bisa memusatkan perhatian anda di sini.

Setiap hari, pastinya pemilik email tidak hanya menerima email dari anda.  Tentu saja terdapat lusinan email yang masuk dalam satu hari itu bahkan email marketing yang berasal dari perusahaan lain.

Oleh karena itu, jika anda gagal untuk membuat judul email yang menarik, anda hanya mengirim sebuah email yang tidak akan pernah dibaca oleh si penerima email tersebut.

Jadi, cari judul email yang menarik, yang membuat si penerima bergegas membuka email anda. Hal kecil seperti judul ini, dapat merupakan kunci utama untuk keberhasilan email marketing anda.

Salah satu hal kecil tersebut adalah judul email promosi tersebut.

Ubah judul tersebut menjadi judul yang unik dan menarik.

Sangat disarankan untuk membuat judul yang mengundang rasa penasaran pembaca. Jika membaca judul saja sudah tertarik maka pasti mereka akan meneruskan dengan membaca isi yang tertera di dalamnya. Masih terkait dengan judul email promosi yang ingin Anda sebarkan.

Salah satu trik jitunya adalah dengan membuat judul dalam bentuk pertanyaan.

Padukan antara bentuk pertanyaan dan kalimat yang menarik sehingga mereka akan membuka email dari Anda secara sukarela. Hal kecil lain selain judul adalah penggunaan kata sapaan yang tepat.

Contohnya, biasakan untuk menuliskan kata “Anda” ketimbang “Kita”. Kata Anda akan memberikan penekanan langsung kepada pembaca. Pembaca seolah-olah digiring bahwa email tersebut memang sangat penting bagi mereka. Tentu saja, jangan lupa untuk menyertakan link yang harus mereka klik jika memang akhirnya mereka tertarik dengan promosi yang Anda lakukan.

Strategi ini memang tidak bisa dibilang 100% berhasil. Tapi, jika presentase pembaca yang membuka link Anda mencapai 30% hingga 45% maka itu artinya strategi Anda sudah berhasil. Terus lakukan hal tersebut.

Semakin banyak akan semakin baik karena peluang untuk mendapatkan pembeli juga akan semakin besar. Tentunya, Anda harus memastikan bahwa setiap pembaca mendapatkan banyak value positif daei apa yang Anda tulis.. Karena itu, usahakan untuk selalu memberikan informasi yang berguna bagi pengunjung.

Jangan hanya melakukan promosi karena email Anda akan dianggap sebagai scam dan reputasi Anda akan semakin menurun. Lakukan secara konsisten dan coba terus hingga mendapatkan hasil yang ingin Anda capai.

2. Mulailah dari hal paling penting.

Pesan paling penting apa yang akan anda sampaikan dalam email marketing anda?

Tuliskan pesan tersebut dalam isi email artikel anda diikuti dengan hal kurang penting. Misalnya anda baru saja mempromosikan produk baru, sampaikan promosi tersebut pada awal kalimat di isi email marketing anda.

Dengan menempatkan masalah ini di bagian atas, pembaca akan lebih mudah untuk menangkap pesan anda.

Dalam email marketing, gaya penulisan to-the point sangat penting karena tidak semua pembaca memiliki banyak waktu untuk membaca email yang membosankan.

Buatlah email yang singkat, jelas dan padat. Email marketing yang terlalu panjang akan membuat pembaca merasa bosan untuk membacanya.

3. Tawarkan sesuatu yang bernilai serta bermanfaat buat pembaca, misalnya penawaran khusus, saran dan tips melalui email marketing anda.

Contohnya sebagai berikut: jika anda akan menjual mobil, tawarkan beberapa tips perawatan mobil.

Atau jika anda akan menjual produk elektronik, tawarkan harga promo khusus melalui email marketing ke pengunjung yang sudah mendaftar.

Hal ini akan membuat pembaca lebih tertarik dengan email marketing anda.

4. Di akhir email anda, jangan lupa untuk mengajak pembaca melakukan apa yang anda harapkan agar dilakukan oleh pembaca anda yang merupakan tujuan dari anda mengirim email marketing tersebut.

Contohnya adalah agar mereka meng-klik link anda. Ingat bahwa perintah yang anda berikan adalah untuk melakukan tindakan tertentu, misalnya dengan menuliskan “klik di sini”.

Hal seperti ini juga berfungsi untuk membuat email marketing anda lebih menarik dan menimbulkan rasa penasaran.

5. Buat menu unsubscribe sesederhana mungkin.

Tidak ada gunanya mengirim email marketing kepada orang-orang yang tidak tertarik. Email marketing dapat dikirim secara lebih mudah kepada seseorang yang memiliki email, tetapi anda harus melakukannya secara lebih efektif.

Hal ini juga merupakan materi yang dapat anda pelajari sekarang, apa yang merupakan target pasar dari produk anda.

Contoh Kasus

Jangan langsung berjualan tanpa Anda membangun minat/kebutuhan dari market Anda akan produk/jasa Anda.

AutorespondersMulailah dengan mengirim pesan – pesan yang mendidik pembaca dalam beberapa cara tentang topik yang sesuai dengan produk atau jasa Anda.

Barulah di bagian bawah pesan, Anda bisa berikan link ke halaman penjualan produk Anda.  Dengan demikian orang lain akan tertarik dengan apa yang Anda tawarkan.

Contoh sederhana, situs Anda tentang suku cadang mobil dan dengan strategi penulisan artikel pemasaran yang tepat Anda bisa menarik banyak pengunjung tertarget yang sedang mencari informasi seputar suku cadang mobil.

Tidak sedikit dari pengunjung yang pada akhirnya ingin terus mendapatkan update berita seputar manfaat, benefit dari suku cadang mobil yang Anda jual melalui autoresponder.

Hingga suatu hari, Anda menulis sebuah review produk dari salah satu merek suku cadang mobill dan menawarkan program diskon spesial kepada para pembaca newsletter Anda dengan mengirimkannya ke kontak pembaca Anda melalui autoresponder.

Dengan cara seperti ini, penjualan demi penjualan produk suku cadang mobil menjadi lebih mudah.

Anda bisa melihat bagaimana pendekatan dalam melakukan penawaran produk suku cadang mobil Anda bisa lebih tertarget karena Anda menawarkannya ke “kolam” yang tepat.

1 Comment

  • Pak GM.. Makasih atas tips nya.. Sangat berguna sekali dan menambah pengetahuan terutama bagi para pemula yang baru terjun di bisnis online dan ingin melakukan promosi bisnis melalui email marketing.. Ditunggu tips-tips lainnya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *