5 Tips Sukses Meningkatkan Penjualan Produk Online

“Pak Gm Susanto, Saya Kok Sulit Sekali Ya Membuat Orang Mau Order Produk Dari Saya?”

Meningkatkan-Penjualan-ProdAnda harus sadar bahwa ketika website penjualan sudah siap maka hal yang harus dipikirkan lebih lanjut adalah bagaimana mendatangkan trafik kunjungan visitor ke situs penjualan.

Trafik adalah salah satu urat nadi dalam bisnis internet ini.

Lebih banyak pengunjung tertarget yang datang akan memberikan prosentase penjualan produk yang meningkat.

Ingat, pengunjung tertarget ya bukan gado-gado!

Berikut ini beberapa cara praktis yang bisa Anda lakukan  untuk meningkatkan kemungkinan penjualan produk tanpa perlu pusing untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung.

1. Berikan “sentuhan pribadi Anda” dalam menulis pesan penjualan di website Anda.

Dalam menulis sales penjualan, terkadang seorang internet marketer lupa memberikan sentuhan pribadi Anda, mereka hanya menulis, “DIJUAL … AYO BELI, SEKARANG…dst”

Mereka lupa bahwa target konsumen mereka juga adalah manusia yang bisa berpikir cerdas terhadap setiap penawaran produk sejenis di internet ini.

Tulis penawaran penjualan dengan menyertakan sentuhan pribadi Anda, artinya Anda tidak serta merta menjadikan pengunjung Anda adalah objek saja, tapi libatkan emosi mereka, tulis dengan hati Anda dan pastinya pesan penawaran yang disampaikan juga akan berdampak.

Perhatikan, seringkali banyak orang membeli produk/jasa Anda karena rekomendasi dari teman-teman dekat mereka.

Jika Anda dapat meyakinkan audiens Anda bahwa produk/jasa Anda adalah solusi yang bisa membantu masalah konsumen, saya yakin penjualan akan dengan mudah terjadi.

Dalam menulis sales penjualan, selalu ingatlah bahwa Anda sedang berbicara dengan “seseorang” di sales letter Anda, sehingga ketika sales penjualan Anda selesai dibuat akan memberikan makna yang berbeda ketika di baca pengunjung situs Anda.

Bahkan ketika Anda memberikan diskon atau potongan harga yang menarik, ini bisa mempercepat orang bertindak untuk membeli produk-produk yang anda pajang.

Tentunya ketentuan diskon itu bisa disesuaikan dengan pola promosi yang diterapkan.

Misalkan memberikan tenggat waktu terbatas, pembelian produk tertentu, pembelian dalam jumlah tertentu dan sebagainya.

2. Terbitkan testimonial dan komentar dari pelanggan Anda.

Testimoni dari pembeli produk/jasa Anda adalah salah satu cara untuk meyakinkan calon konsumen bahwa testimoni ini adalah nyata.

Ketika prospek melihat testimonial customer di website Anda, mereka akan memiliki kepercayaan diri untuk membeli produk tersebut dari Anda.

Karena itulah ketika Anda membuat iklan, cobalah memasang iklan berupa testimoni dari customer Anda. Bisa berupa gambar dan kesan-kesan positifnya. Cara sederhana ini bisa meningkatkan konversi pemesanan produk atau jasa yang Anda jual secara online.

Saya sudah membuktikannya!

3. Gunakan representasi visual untuk masalah dan solusi yang ditawarkan produk Anda.

Tidak semua orang mau  membaca tulisan sales penjualan Anda dari awal-akhir, tapi kebanyakan orang akan memperhatikan gambar-gambar visual pada website Anda.

Sebagai contoh, misalnya :

–  Produk kecantikan -> orang akan lebih memperhatikan gambar-gambar visual bukti menggunakan produk Anda

– Menjual HOBI -> gambar-gambar visual yang menjelaskan tentang fitur-fitur manfaat dari panduan yang Anda tawarkan

Karena itulah, saya suka gemes kalo liat orang yang sepertinya nggak niat jualan. Alasannya? Masang fotonya asal ngambil dari google atau foto sendiri tapi pake HP jadul. Ya jelas saja, visitor yang melihatnya tidak akan tertarik.

4. Selalu tawarkan bonus berkualitas.

Bila Anda menawarkan bonus pendukung yang melengkapi produk Anda, maka calon konsumen akan merasa itu adalah kesempatan yang baik dan sangat sayang untuk dilewatkan.

Pastikan untuk menyatakan “NILAI dari bonus” Anda sehingga orang akan lebih terdorong untuk ambil tawaran yang bagus Anda.

Misalnya : Jika Anda membeli paket penurun berat badan A ini, maka Anda akan saya berikan GRATIS produk minuman kesehatan yaitu teh herbal dari China senilai Rp.85.000″

5. Meminta konsumen untuk membeli produk/jasa Anda dengan jelas – berikan perintah “call to action” pada surat penjualan yang Anda tulis!

Banyak orang menarik calon pelanggan mereka dengan menuliskan manfaat dari produk mereka, menceritakan bagaimana produknya telah memecahkan banyak masalah, memberikan bonus-bonus menarik tapi terkadang lupa untuk meminta meminta pengunjung untuk membeli secara langsung

Berikan instruksi yang jelas tentang bagaimana untuk membeli produk Anda (misalnya “klik disini untuk membeli sekarang!”).

Anda pemilik toko online?
Perhatikan tampilan toko online Anda sekali lagi.

Banyak dari pemilik toko online yang menuliskan benefit dari produk yang dia jual, memberikan penawaran bonus yang menarik TAPI LUPA UNTUK MEMBERIKAN KALIMAT CALL TO ACTION

Apa itu call to action?
Sederhananya adalah kalimat perintah kepada pengunjung untuk melakukan sesuatu tindakan terkait penawaran anda, sekarang/secepatnya!.

Salah satu strategi yang tepat ketika menaruh kalimat call to action adalah ketika anda MEMBUAT SEBUAH PENAWARAN TERBATAS UNTUK PEMBELIAN PRODUK TERTENTU atau BISA JUGA PEMBELIAN PRODUK JUMLAH TERTENTU DENGAN DISERTAI BONUS/DISKON

Karena spesial, tentu saja penawarannya tidak boleh selalu sama setiap hari.

Contoh:
Ini adalah contoh sebuah kalimat call to action pada penawaran spesial pembelian paket produk dengan bonus khusus. Kalimat call to action ini akan diletakan di halaman utama, pada bagian atas yg bisa ditangkap oleh pengunjung online shop Anda.

“Beli Paket A Penurun Berat Badan Ini, dan Anda berhak mendapatkan GRATIS Produk Teh Herbal senilai Rp. 65.000,- KLIK DISINI UNTUK MEMESAN SEKARANG!”

Call to action-nya adalah pada kalimat  “KLIK DISINI UNTUK MEMESAN SEKARANG!” lalu arahkan ke form order pembelian.

Tidak ada yang salah jika Anda menulis surat penawaran penjualan dengan baik, tapi selalu berikan “perintah” yang jelas agar calon konsumen action!

That’s simple!
So, sudahkah Anda menerapkannya di toko online milik Anda?

6. Adanya garansi produk akan semakin menambah kepercayaan konsumen.

Sehingga mereka tidak was-was, ketika membeli produk dari anda. Jangan lupakan mengenai biaya ongkir dan waktu perkiraan pengiriman barang.

Ketika mereka memutuskan untuk membeli, biasanya karena ingin segera menggunakan produk yang anda jual.

Kelamaan menunggu akan menimbulkan kekecewaan pada konsumen. Hal ini akan memperburuk citra bisnis anda di mata konsumen.

Sebaiknya anda berikan informasi dengan jelas kapan barang pesanannya akan dikirim dan perkiraan sampai di tujuan. Apabila terjadi keterlambatan pengiriman, anda harus meminta maaf. Walaupun kesalahan itu berasal dari kinerja jasa pengiriman.

7. Memberikan hadiah khusus pada pelanggan yang berulang tahun.
Cara ini bisa mendekatkan anda secara emosional dengan pelanggan. Sehingga anda wajib mempunyai daftar pelanggan bisnis online anda. Supaya ketika ada yang berulang tahun, dengan cepat anda bisa mengetahuinya.

Langkah ini telah terbukti berhasil dalam membangun jaringan pelanggan yang setia. Mereka akan semakin percaya diri dalam mereferensikan produk anda kepada orang lain. Dengan demikian pelanggan anda bertambah, tanpa anda melakukan promosi khusus kepada orang tersebut.

Tip diatas juga saya praktekkan ketika saya menawarkan produk melalui time line facebook page. Saya mempublish status berisi penawaran produk baru. Selain memberikan gambar produk yang ditawarkan, saya juga benar-benar mengajak pembaca untuk segera take action meng-klik tombol order (yang nantinya menuju ke situs online shop).

Dengan cara tersebut, saya lebih mudah mendapatkan order dibanding dengan cara-cara konvensional, seperti mengirim sms, memasang iklan baris, dst.

Sudahkah Anda mencobanya?

Our Rating

7

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *