3 Cara Untuk Menentukan Niche Market

Niche market (pasar ceruk) adalah sesuatu yang berhubungan dengan pemasaran, tetapi pemasaran yang seperti apa?

Seperti yang anda tahu pemasaran internet adalah sesuatu yang sangat luas dan terdapat beberapa niche market didalamnya.

Ini contoh market = GOLF, dan Niche Market-nya = Golf Course Home (lebih tertarget/spesifik lebih bagus karena itu mencerminkan pasar ceruk tertentu dimana ada orang-orang yang mencarinya (marketnya).

Terdapat banyak pasar  yang ada di niche market ini, anda boleh meletakkan apa saja di dalam site yang anda buat, jika anda membuat site yang sesuai dengan hoby atau kesukaan anda, hal itu akan mempermudah untuk membuatnya, sehingga akan sukses di dalam niche market itu.

Bagaimana Cara Memilih Niche Market

Jika anda memilih sesuatu yang umum misalnya makanan, orang akan mencoba mencari di tempat dekat dengan rumah mereka bukan melalui website yang anda buat.

Niche market juga berarti segmen pasar yang sangat khusus dan spesifik. Niche market ini hanya mempunyai produk yag sangat terbatas dan hanya ditawarkan untuk konsumen tertentu.

Website yang anda buat harus berisikan artikel yang sesuai dengan target pasar yang akan anda raih. Jangan menulis kata kata yang kaku jika yang anda tawarkan adalah pakaian.

Tulisan yang anda buat harus benar benar menggambarkan tentang pakaian yang ditawarkan, kalau perlu disertai dengan gambar gambar yang menarik sehingga pembaca akan benar benar tertarik dengan produk yang ditawarkan dan berminat untuk membelinya.

Jika anda ingin menawarkan sebuah asuransi atau bahkan jasa keuangan, anda boleh mempergunakan kata kata yang serius dan desain yang lebih sederhana. Inilah sisi lain dari niche market.

Anda harus benar benar tahu apa target pasar yang akan anda capai, sehingga apa yang anda buat dan tuliskan di dalam website sesuai dengan yang pembaca harapkan.

Setiap produk yang dipasarkan melalui internet memiliki cara yang berbeda dalam pemasarannya, pengalaman sangat diperlukan di dalam bisnis ini terutama jika kita melakukan proses niche market ini. Jangan langsung berharap anda akan mendapatka ribuan dollar dalam waktu yang singkat.

Sebuah niche market yang berhubungan denga hal yang kita sukai akan lebih mudah agar anda tidak kehabisan ide dalam merancang sebuah promosi.

Jika anda mau memilih niche market untuk produk yang akan anda tawarkan, anda harus:

  1. memperhatikan siapa saja calon pembeli yang akan anda tawarkan
  2. memperlihatkan kelebihan dari produk yang anda tawarkan
  3. mempunyai informasi yang cukup untuk dapat membuat konten yang menarik

Membuat konten yang selalu fokus hanya pada kelompok dan topik tertentu mungkin membuat anda tidak nyaman. Karena akan membatasi kreatifitas anda. Namun ini adalah salah satu cara untuk meningkatkan kualitas website yang akan dibuat pada niche market.

Menguasai niche market adalah salah satu cara memenangkan pasar.

Terdapat aturan yang harus diperhatikan jika anda akan memasarkan suatu produk di dalam niche market tertentu:

1.    Memenuhi kebutuhan unik dari pelanggan sebagai niche market, misalnya seandainya anda pembuat sampo dan anda menawarkan sebuah merk baru, anda harus tahu apa yang pelanggan inginkan dari sebuah produk shampo.

2.    Mengatakan sesuatu yang benar, jangan sekali sekali membohongi calon pelanggan. Jika anda melakukan sekali, produk apapun yang anda tawarkan akan berdampak negatif, sebuah kepercayaan dari pelanggan cukup mahal harganya. Walaupun dalam memasarkan produk, anda harus memberikan pejelasan terbaik tentang niche market anda tersebut. Tetapi berikan penjelasan yang sebenar benarnya tentang produk anda.

3.    Uji Pasar/Tes Market, sebelum meluncurkan sebuah produk niche market, anda harus tahu produk itu cocok dan sesuai di pergunakan di kelompok masyarakat mana.

Juga anda perlu melakukan analisa kompetitif untuk meninjau iklan pesaing dari produk yang anda tawarkan.

Tetapi bagaimana jika tidak ada kompetisi?

Jangan senang dulu dengan keadaan seperti ini. Sebagian akan mengira dengan tidak ada kompetisi maka produk anda akan dengan mudah menembus pasar. Hal ini belum tentu mendatangkan keuntungan buat anda, besar kemungkinan pasar yang akan anda capai tidak menemukan calon pelanggan.

Apa yang anda mau tawarkan jika tidak ada pelanggan yang mau mencobanya atau melihatnya?

Di dalam pemasaran tanpa internet, segmen pasar dengan target kelompok tertentu di dalam niche market akan sangat sulit karena anda harus mengelompokkan orang orang yang mencari produk yang sama.

Salah satu cara yang mungkin dilakukan adalah memasang iklan melalui majalah yang spesifik.

Orang yang berlangganan sutu majalah secara tidak sadar mereka telah mengelompokkan diri mereka menjadi target yang mempunyai keinginan yang sama, yaitu niche market yang sam.

Sedangkan memasang iklan di majalah atau suratkabar tertentu membutuhkan biaya yang cukup mahal.

Di dalam pemasaran dengan internet memberikan kesempatan besar kepada pengusaha kecil untuk bisa melakukan target pasar pada sekelompok orang tertentu dengan niche market tertentu.

Anda bisa lebih fokus dengan isi tulisan yang mengandung keyword/kata kunci tertentu yang menarik untuk sekelompok orang tertentu.

Dengan kata lain, ketika anda ingin menguasai sebuah niche market tertentu, Anda harus :

1. Pikirkan sebuah produk atau jasa yang unik, intinya hanya anda yang menawarkan produk atau jasa anda ini.

Temukan skill anda untuk dapat di jadikan sebuah ide untuk bisnis.

Hal ini penting jika anda ingin benar-benar terjun ke bisnis niche market ini, karena yang di jual haruslah merupakan hasil dari pekerjaan anda sendiri, bertanyalah pada diri anda sendiri apa yang bisa saya lakukan ?

Apa yang telah saya perbuat ?

Apakah orang lain ingin membayar apa yang saya tawarkan baik produk maupun jasa?

– Selalu terupdate dengan peristiwa terkini dan bersiap-siaplah untuk mengambil keuntungan di dalamnya.

– Buatlah sebuah penemuan dari sebuah produk dan service, jika produk ini sudah terjual maka andalah yang akan menjadi brand image bagi produk atau service yang anda tawarkan, hal ini akan membuat penjualan atau bisnis anda kan berjalan begitu cepatnya,

– Tambahkan nilai dari produk yang ada, atau anda bisa menambahkan produk atau service lain yang didampingkan dengan produk anda, hal ini akan dapat menarik minat dari konsumen, dan biasanya konsumen tertarik dengan produk yang menambahkan produk lain di dalam penjualannya.

– Lakukan penginvestigasian dengan pasar lainnya, hal ini akan dapat menambah variasi ide anda untuk menjual produk barang dan service yang anda tawarkan dimana dalam niche market ini sangat di butuhkan.

Janganlah terlalu puas berada dalam dunia anda tapi pergilah keluar untuk mengetahui apa yang terjadi dan bersiap-siaplah mengambil keuntungan di dalamnya.

– Tingkatkan pelayanan anda di dalam produk atau service yang sudah tersedia.

2. Carilah market atau segment di mana anda dapat menjual produk atau service anda, hal ini bukan berarti kemungkinan kecil produk anda tidak laku tetapi dikarenakan konsumen dari niche market ini sangat spesifik sehingga mereka pun terkadang tidak terdeteksi sama sekali.

anda bisa melakukannya dengan cara melakukan sebuah riset terhadap pangsa pasar ini.

3. Promosi, promosi, promosi, tidak dipungkiri jika keberhasilan dari niche market ini bahkan dari seluruh bisnis ialah promosi.

Janganlah berhenti melakukan promosi karena hal ini merupakan kunci dasar untuk keberhasilan bisnis niche market anda.

Niche market merupakan pasar yang potensial, tapi di karenakan ia berdasarkan keyword, maka anda pun harus berhati-hati dalam memilih keyword yang anda gunakan.

Berikut tips dan trik dalam mencari dan menentukan potensial dalam niche market :

1.Selalu lakukan eksperimen dan riset untuk keyword atau niche dengan menggunakan aplikasi-aplikasi pencari keyword.

2. Jangan memilih keyword yang general atau yang spesifik karena membuat pasar niche market anda kan mudah terbaca atau terlalu sulit di temukan.

3. Ulangi prosesnya berulang-ulang hingga anda menemukan keyword yang cocok untuk niche market anda.

Niche market merupakan sebuah program afiliasi, berbeda dengan program afiliasi lainnya program ini lebih cenderung untuk konsumen yang spesifik dengan produk yang ditawarkan pun spesifik.

Niche market ini mempunyai tingkat persaingan yang bisa di bilang relatif rendah, tapi bukan berarti anda tidak akan mendapatkan profit yang sedikit juga.

Paling penting di niche market ini adalah pemilihan keyword-nya jika anda kreatif dan menemukan keyword yang cocok untuk bisnis niche market anda maka bisnis anda pun akan berjalan dengan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *