Mempromosikan Produk Affiliasi

Bagaimana Cara Cepat Mempromosikan Produk Affiliasi

aff-clickbank

Halo teman-teman, artikel ini adalah artikel yang ke-3 dalam rangkaian tulisan saya tentang serial affiliate marketing untuk pemula, yuk kita baca …

Untuk sukses di affiliate marketing, sebenarnya cukup gunakan cara-cara sederhana untuk kita bisa sukses menjual atau mempromosikan produk atau jasa milik orang lain secara online, apa itu?

1. Mampu mengidentifikasi sebuah niche market yang spesifik (bukan gado-gado).

Cobalah untuk mengidentifikasi niche market yang tertarget. Meskipun ada banyak topik yang dicari orang di internet, tidak semua harus Anda pilih.Dengan Anda fokus kepada niche market tertentu, Anda akan bisa lebih mudah mendapatkan hasil (komisi) daripada Anda fokus menggarap pasar yang terlalu luas.

Misalnya : dog training, learn guitar classic, learn french, learn spanish, dll

2. Cari program afiliasi yang menjual produk yang sesuai dengan niche market Anda diatas.

Pastikan bahwa Anda menemukan perusahaan yang memiliki kredibilitas bagus sebagai partner usaha Anda.  Contoh perusahaan affiliasi yang bisa Anda ikuti adalah diantaranya clickbank.com, neverblue.com, amazon.com, ewa network, dll

3. Memiliki situs sendiri dan membuat newsletter dengan konten yang kaya informasi yang berfokus pada niche market Anda.

Anda pastinya harus memiliki website.

Sebuah website sangat diperlukan dalam pemasaran sebuah produk afiliasi. Target market anda akan lebih mudah menemukan  penawaran yang Anda tulis di website Anda sendiri.

Jika situs Anda tentang “dog training” maka alangkah lebih efektif untuk Anda mempromosikan produk-produk yang berkaitan dengan dog training baik itu produk-produk audio/video, ebook, dll yang ada di perusahaan affiliate yang Anda ikuti seperti misalnya produk-produk affiliasi di clickbank.com, neverblue.com dll

4. Pastikan pengunjung situs Anda audiens mendapatkan apa yang mereka butuhkan dengan mendaftar di newsletter di situs Anda.

Anda harus memiliki autoresponder dan mencoba untuk berbeda dari cara orang lain mengiklankan produk afiliasi mereka. Jadilah unik. Pikirkan cara-cara kreatif untuk membuat orang pergi mau terus datang ke situs Anda dan melihat apa yang Anda tawarkan.

5. Pastikan pembaca newsletter di situs Anda bisa untuk membeli produk yang Anda rekomendasikan dari Anda.

Buat sebuah penawaran pra penjualan yang tidak bisa mereka tolak  sehingga akan menggoda mereka untuk membeli produk tersebut dari Anda

Anda perlu tahu, bahwa ada begitu banyak situs yang menawarkan program afiliasi. Perhatikan bahwa beberapa dari mereka yang baik dan ada juga yang tidak.

Mencari informasi sehingga Anda dapat membedakan mana yang akan terbaik untuk Anda dan mana yang tidak. Jika tidak, Anda hanya membuang-buang waktu Anda.

Berikut adalah beberapa tips dalam mencari sebuah program affiliasi yang akan memberikan keuntungan bagi Anda.

1. Carilah program affiliasi yang menargetkan niche market yang dipilih oleh Anda.

Misalnya saja : Jika niche market Anda tentang produk kecantikan, Anda mungkin ingin memberikan tutorial tentang cara merawat kulit atau tubuh. Produk atau jasa harus berhubungan dengan menjaga  keindahan kulit atau tubuh.

Hal ini juga baik jika Anda bisa menyajikan testimonial dari orang yang telah menggunakan produk Anda. Hal ini akan memberikan kredibilitas dari apa yang disajikan.

2. Pertimbangkan besarnya komisi yang akan Anda dapatkan.

Berpikirlah seperti ini. Ketika Anda membuat sebuah kampanye iklan produk affiliasi. Anda harus bisa menghitung biayanya.

Sehingga besarnya komisi yang diterima harus lebih besar dari biaya iklan yang Anda buat.
Anda tentunya  tidak mau menghabiskan uang terlalu banyak sedangkan komisi yang Anda dapatkan sedikit.

 3. Periksa dulu produk afiliasi yang akan Anda promosikan.

Jangan mulai merekomendasikan sesuatu produk affiliasi yang Anda sendiri tidak yakin akan produk tersebut

Cobalah untuk memeriksa apakah produk ini memiliki manfaat dan layak direkomendasikan kepada orang lain.

Pikirkan ini : “Bagaimana Anda akan membuat pengunjung situs Anda percaya pada produk yang Anda promosikan sedangkan Anda sendiri tidak?”

Tempatkan diri Anda di posisi mereka dan anda akan mulai menghargai setiap uang yang akan mereka keluarkan untuk membeli produk affiliasi yang Anda rekomendasikan

Hal Yang Harus Anda Tahu

1. Sebagian besar affiliate marketer selalu menutupi link situs affiliasi web mereka.

Istilah dalam affiliasi ini adalah teknik cloaking. Anda perlu tahu, biasanya pengunjung tidak akan cenderung mengklik link yang ada di website Anda ketika mereka melihat bahwa itu mengarah ke program afiliasi di situs Anda

Kecenderungan yang umum adalah bagi mereka untuk pergi langsung ke situs yang Anda promosikan tanpa meng-klik link affiliasi atas nama Anda.

Cara terbaik untuk menghindari masalah ini adalah dengan menutup URL Anda.

Ada teknik sederhana untuk menyamarkan kode affiliasi di situs Anda dengan menggunakan teknik cloaking.

2. Affiliate marketer yang sukses selalu menciptakan dan mendistribusikan artikel tulisan mereka sendiri baik itu di website maupun forum/direktori artikel seperti ezinearticles.com, goarticles.com, dll

Menulis artikel tentang sebuah tema spesifik akan memperluas reputasi Anda sebagai seorang spesialis di bidang Anda.

Artikel yang Anda tulis akan mendapatkan link balik dari situs web lainnya sehingga tentu saja visitor baru akan banyak mengenal situs Anda.

3. Affiliate marketer yang sukses selalu fokus pada sebuah niche market tertentu dan konsisten untuk menggarap pasar tersebut dengan tema-tema aktual dan uptodate.

Fokus pada salah satu niche market adalah salah satu cara untuk mendapatkan lalu lintas web visitor/pengunjung yang lebih tertarget untuk sebuah produk affiliasi yang Anda garap untuk pasar tertentu.

Contohnya jika Anda serius menggarap pasar “Dog Training”, tentu saja para pengunjung yang datang adalah mereka yang sebenarnya memiliki minat  terhadap tema tersebut.

Sehingga ketika Anda merekomendasikan produk affiliasi tertentu yang erat kaitannya dengan niche market tersebut, penjualan akan terjadi dengan mudah

4. Affiliate marketer selalu memiliki autoresponder sebagai salah satu alat untuk memfollow up prospek/pengunjung yang datang ke situs Anda.

Autoresponders adalah alat penting yang membuat Anda mampu mengirimkan serangkaian pesan email kepada orang-orang yang mau mendaftarkan alamat email mereka.

Affiliate marketer mengumpulkan alamat email di situs web mereka dengan memberikan free report melalui opt-in newsletter yang mereka tempatkan di situs mereka dengan misalnya memberikan gratis ebooks, video, dll.

Metode ini paling baik digunakan dalam membangun daftar list email Anda sendiri. Hal ini juga memungkinkan Anda menghubungi pelanggan potensial di lain waktu untuk memberikan penawaran-penawaran produk affiliasi.

Yang terbaik dari affiliate marketer adalah mereka memiliki newsletter sendiri atau ezine dan terus membangun daftar pembaca newsletter dari hari ke hari

Memiliki daftar pembaca sendiri memungkinkan Anda bisa mengontak mereka kapan saja untuk memberitahukan sebuah produk baru atau mungkin menawarkan produk/jasa Anda sendiri.

5. Affiliate marketer yang cerdas membangun halaman website untuk pra-penjualan produk affiliasi.

Anda bisa membuat halaman testimonial baik atau halaman review yang berbicara tentang produk atau jasa yang sedang Anda promosikan.

Ini adalah salah satu metode terbaik untuk mendapatkan komisi penjualan dari program affiliasi yang Anda ikuti

Jika Anda memahami dan menggunakan teknik yang disebutkan di atas, Anda bisa menjadi salah satu orang atas yang membuat perbedaan besar ketika mempromosikan sebuah produk affiliasi

Jadi tunggu apa lagi ?

Yuk, kembali hal-hal dasar dan perhatikan penjualan demi penjualan dari produk affiliasi yang Anda promosikan akan lebih mudah Anda dapatkan 🙂

4 Comments

  • indro says:

    salam kenal pak…
    di sini apa juga ada cara membuat web buat clickbank…? saya di bimbing doang..?

  • ida says:

    msh blm bsa bikin website,msh hrs trus blajar,mksh pak..

  • ade says:

    Salam kenal Pak GM, berkaitan dgn point no 3, tentang punya situs dan news letters sendiri.klo boleh tahu bisa tidak di tunjukkan situs/blog bapak yg berisi produk affiliasi2 yg bapak promosikan tsb. sekedar untuk refernsi saja.

    Makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *