8 Alasan Membuat Produk Laris Dengan Memilih Niche Market Yang Tepat

Beberapa keuntungan ketika Anda membangun bisnis online dengan fokus pada sebuah niche market diantaranya

1. Teknik memilih niche market merupakan  salah satu cara beriklan yang sangat efektif karena terfokus pada kelompok target pasar yang spesifik.

Iklan untuk niche market lebih tertarget, lebih efektif dan efisien daripada iklan yang sifatnya umum atau terlalu luas.

2. Jika memilih niche market, kompetisi akan berkurang sehingga lebih mudah untuk memasarkan produk tersebut terutama jika menggunakan media iklan.

Meraih ranking yang tinggi di mesin pencari juga akan lebih mudah. Keunikan adalah salah satu faktor yang membuat mesin pencari mengunjungi situs kita.

Jika kita beruntung kita bisa menjadi satu-satunya penjual untuk niche marlket tersebut meskipun emungkinannya kecil.

3. Lebih mudah dan lebih murah untuk menjangkau konsumen yang dibidik.

Ini karena niche market mempunyai target yang spesifik, tidak terlalu luas. Sehingga kita bisa fokus dengan lebih baik dalam menjalankan bisnis tersebut.

Dari sisi biaya iklan juga akan lebih murah karena pengunjung sudah tertarget dan tidak meluas kemana-mana.

Iklan untuk niche market yang tertarget tidak membuang-buang biaya untuk pengunjung yang tidak membutuhkan produk kita.

Hanya yang mencari produk yang kita tawarkan yang akan mengklik iklan yang kita pasang.

4. Fokus pada sebuah niche market tertentu akan memenuhi kebutuhan pelanggan yang unik.

Dengan mengetahui masalah dan kebutuhan pelanggan yang unik, kita bisa menawarkan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan tersebut dan karena apa yang kita tawarkan itu banyak dicari di market tersebut maka maka demand-nya bisa tinggi.

5. Niche market memungkinkan untuk menciptakan produk yang unik dan menguntungkan.

Jika kita tahu target pasar kita, kebutuhan dan masalah mereka, maka kita sudah memenangkan satu langkah.

Karena makin banyak kita mengenal prospek, makin bagus peluang kita untuk menawarkan sesuatu yang mereka butuhkan.

Jika produk yang kita tawarkan itu unik, maka akan lebih menguntungkan karena tidak ada atau sedikit saingan. Dan keunikan adalah salah satu keuntungan dari niche marketing. Kita bisa menguasai pasar tertentu untuk produk tertentu dengan profit yang tinggi

6. Memilih niche market berarti membangun merek bisnis yang unik

Jika kita menawarkan produk yang unik pada pelanggan, maka secara otomatis kita sedang membangun merek bisnis yang unik.

Jika kita bisa menjadi yang pertama menjual produk unik tersebut, maka orang akan mengingatnya lebih lama bahkan bisa jadi selamanya seperti yang terjadi pada kasus air mineral bermerek ‘Aqua’.

Sampai sekarang tiap orang menyebut ‘air mineral’ selalu cenderung merk Aqua yang diucapkan. Padahal merek air mineral yang ada di pasaran ada berbagai macam.

Tapi orang-orang tetap ingat Aqua sebagai produk pertama dan mereka memakai nama tersebut untuk menyebut air mineral.

Contoh dari apa yang saya lakukan adalah ketika saya menggarap pasar niche dari clickbank

Sehingga ketika ada kata “rahasia sukses clickbank” maka anda bisa search sendiri di google kalau nama saya dan situs akan mendominasi.

Karena memang ketika dulu saya meluncurkan panduan rahasia sukses clickbank ini, belum banyak pemain.

Sehingga ini bisa “keberuntungan”’ saya sampai hari ini ketika produk saya tetap mendominasi untuk niche market tersebut sampai hari ini.

Contoh lain, misalnya anda dengar kata “berkebun emas” atau “kebun emas” tentu saja pikiran kita akan tertuju pada pribadi RULLY KUSTANDAR, seorang IM Indonesia yang pertama kali memperkenalkan tentang konsep berkebun emas

Setelah itu banyak bermunculan buku-buku, seminar yang mengupas tentang investasi emas, tapi percayalah saya – seperti halnya contoh AQUA diatas, orang tetap akan selalu berkiblat pada seorang RULLY KUSTANDAR ketika berbicara tentang emas

Why?

Dia bisa jadi be the first di niche market yang spesifik dan dengan produknya tersebut RULLY KUSTANDAR bertahun-tahun secara konsisten sukses menguasai niche market tentang “berkebun emas”.

7. Memilih niche market membuat kita terkenal sebagai ahli di bidang tersebut.

Dengan fokus memilih niche market akan membuat kita berusaha mempelajari atau menggali informasi sebanyak mungkin mengenai produk yang kita tawarkan agar kita bisa menjawab atau melayani pelanggan dengan sebaik mungkin.

Lama kelamaan secara otomatis kita akan menjadi ‘expert’ atau ahli di bidang yang ada dalam niche market tersebut.tersebut.

Begitu pelanggan mengetahui bahwa kita ahli di bidang yang kita geluti mereka akan percaya dan dengan mudah akan mereferensikannya ke orang lain.

8. Jumlah niche market tidak terbatas. Bisa ratusan bahkan ribuan. Jadi kita sebenarnya mempunyai banyak peluang untuk berburu niche yang lain begitu berhasil dengan satu niche.

Keuntungan akan lebih berlipat ganda jika mengembangkan lebih dari satu niche.

Asal tidak dikerjakan dalam waktu yang bersamaan karena akan memecah fokus sehingga hasilnya tidak maksimal.

Jadi begitu banyak keuntungan yang bisa diperoleh dengan menjalankan bisnis berbasis niche market daripada bisnis umum yang terlalu luas dan tidak spesifik.

Karena itu saat ini banyak orang berlomba-lomba mulai menggeluti bisnis jenis ini karena keuntungan yang diperoleh bisa sangat besar.

Jangan pernah berhenti mencoba dan berusaha jika ingin berhasil.

Menentukan niche market  (pasar ceruk) adalah kunci dari keberhasilan bisnis online anda. Anda akan bisa memberikan layanan yang lebih baik kepada konsumen tentang keinginan dan kebutuhan mereka dengan lebih spesifik.

Dalam mencari niche market (pasar ceruk) memang membutuhkan kesabaran, tetapi sekali anda menemukannya, anda akan mendapatkan kesempatan dan penghasilan dari bisnis internet anda.

Kembangkan riset dan analisa dalam menentukan niche market  anda.

Pelajari lebih dalam lagi keinginan konsumen anda dan juga kebutuhan mereka, anda mungkin akan menemukan niche market  anda.

Contoh kasus dari niche market  seperti misalnya : Anda ingin mulai bisnis online dengan kata kunci (keyword)=  Industri dan pembangunan gedung

Target pasar yang  anda tentukan adalah rumah sakit dan sekolah. Jadi inilah yang akan menjadi sasaran market Anda.

Sedangkan niche marketnya (pasar ceruk) yang akan Anda bidik adalah tentang perbaikan tempat tinggal dan juga manajemen real estate.

Dari contoh diatas, anda harus bisa menentukan keaneka ragaman pasar bisnis anda, lihat lebih dalam dan pastikan target pasar anda bisa selaras dengan bisnis anda.

Banyak pelaku bisnis yang melakukan kesalahan, karena tanpa melakukan riset awal dalam menentukan target pasar.

Fokus pada niche market (pasar ceruk) akan lebih menentukan dari pada melakukan bisnis di dalam pasar yang umum dengan banyak pesaing. Dengan target pasar yang umum anda akan punya banyak pesaing, tapi tidak dengan niche market.

Anda akan punya banyak kesempatan untuk mendapatkan pasar yang tertarget dan terbaik.

Menganalisa  potensi, pesaing, dan kebutuhan terhadap produk anda. Dan tentu saja  menganalisa kemampuan anda dalam pelayanan yang terbaik terhadap calon konsumen anda.

Anda tidak memerlukan seorang yang ahli yang harus dibayar mahal untuk meriset dan memilih niche market.

Anda bisa melakukannya sendiri dengan bertanya pada diri sendiri, seperti beberapa pertanyaan dibawah ini:

  1. Apakah anda memiliki potensi target yang diidentifikasikan dengan minat dan kebutuhan yang sama?
  2. Apakah anda mempunyai pasar yang cukup luas untuk mendukung bisnis anda?
  3. Dapatkah produk, servis, dan pasar anda masuk ke dalam suatu kebutuhan khusus?
  4. Apakah selama ini target pasar anda terlayani dengan baik?
  5. Dapatkah anda mencapai target potensial anda dengan biaya yang efektif?

Niche market  anda akan memberikan pasar yang alami dan lebih terfokus.

Semakin anda tertarget, pasar anda semakin berharga karena anda dapat memberikan servis langsung kepada market/prospek yang unik/spesifik.

Di masa digital seperti ini, bukanlah hal yang sulit bagi anda untuk memperoleh berbagai informasi bahkan yang gratis sekalipun seperti dari internet, radio, TV atau media lain.

Ada banyak alasan bahwa bermain di sebuah niche market spesifik sangat penting untuk bisnis anda, yaitu:

  1. Kecenderungan konsumen saat ini senang mencari informasi dari seseorang yang ahli dibidangnya karena informasi yang diberikan adalah komprehensif dan tuntas. Dengan melakukan riset pasar akan membuat informasi yang diberikan akan lebih spesifik.
  2. Informasi yang diberikan akan mudah dipelajari dan lebih berkualitas, karena diberikan secara lebih detail.
  3. Konsumen dapat memlilih informasi sesuai dengan kebutuhannya.

Dalam berbisnis online, membidik seluruh pasar adalah bukanlah hal yang bijaksana.

Fokus pada niche market (pasar ceruk) yang benar-benar anda kuasai dan kerjakan akan memberikan kemudahan kepada anda dalam mengelolanya.

Jangan terjebak pada niche market (pasar ceruk) yang popular, yang popular belum tentu menghasilkan banyak uang. Karena pertimbangkan mengenai persaingan, niche market yang populer akan semakin banyak pesaingnya.

Tapi bukan berarti niche market  yang sepi pesaing bagus, yang terpenting sebelum menentukan niche market  adalah lakukan riset pasar carilah apakah niche market  yang akan Anda masuki tersebut cukup kompetitif atau tidak dengan cara melakukan search pada google dan lihat pada kolom sebelah kanan hasil search anda apakah terdapat iklan adwords yang banyak, apakah jumlah pencariannya diatas 1 juta halaman ?

Jika hasilnya demikian maka niche market tersebut sangat kompetitif.

Saran saya jika Anda masih pemula hindari untuk menjual produk di market yang sudah banyak pesaingnya/sangat kompetitif terkecuali produk/jasa Anda memiliki banyak nilai tambah dari produk pesaing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *