Jualan Online 4

5 Strategi Mendapatkan Big Income Dari Internet Secara Terus Menerus

jualan-online4

Anda Ingin Mendapatkan Earning Online Setiap Hari?

Sampai hari ini, saya terus berpenghasilan online setiap hari.

Sudah banyak tips, strategi yang saya bagikan. Tapi banyak dari kita yang lupa prinsip-prinsip dasar bagaimana seseorang tetap bisa berpenghasilan online secara terus menerus.

1. FOKUS UNTUK MEMBANTU, BUKAN SEKEDAR MENJUAL

Anda tidak harus memaksa orang untuk membeli produk atau jasa Anda.

Tugas Anda hanyalah menemukan orang-orang yang benar-benar menginginkan produk atau jasa Anda dan kemudian fokus untuk memberikan informasi bermanfaat yang bisa membantu masalah mereka, sehingga pada akhirnya mereka dapat membuat keputusan untuk menjadi customer Anda.

2. SIAPA TARGET MARKET ANDA?

Banyak orang ingin mendapatkan earning setiap hari dan berusaha menjual produk ke semua orang. INILAH KESALAHAN MENDASAR!

Jika Anda mencoba menjual suatu produk dan menargetkan ke semua orang, maka besar kemungkinan, Anda tidak akan mendapatkan hasil apa-apa.

Nyatakan target market Anda dengan jelas dalam semua iklan pemasaran produk/jasa yang Anda buat.

3. HENTIKAN PENGELUARAN BIAYA PADA PEMASARAN YANG TIDAK EFEKTIF

Salah satu cara terbaik untuk menghemat modal Anda adalah dengan berhenti membuang-buang uang pada sebuah strategi pemasaran dan periklanan yang tidak menghasilkan keuntungan untuk Anda.

Jangan lupa selalu tracking dan monitoring visitor yang datang untuk membaca penawaran iklan produk/jasa Anda.

Apapun metode promosi yang Anda gunakan, Anda wajib mengetahui dari mana saja sumber-sumber trafik pengunjung yang datang dan bagaimana respon  mereka setelah membaca iklan produk Anda.

Bagi sebagian target market yang Anda bidik, mereka langsung take action memesan produk Anda, ada juga yang pikir-pikir namun mau memberikan data kontak mereka, ada juga yang hanya membaca sepintas lalu pergi begitu saja.

Jika Anda tidak mencapai tujuan Anda, maka strategi promosi Anda perlu direvisi. Terkadang bukan salah media promosinya, tapi pada pilihan-pilihan kata pada iklan promosi atau gambar-gambar produk yang harus Anda revisi.

Apapun itu, Anda perlu test, tracking dan tweaking sampai ketemu the winner sales campaign

4. FOKUS PADA BENEFIT BUKAN FITUR

Luangkan waktu Anda untuk berfokus pada bagaimana prospek Anda akan mendapatkan keuntungan jika mereka membeli produk atau jasa Anda.

Fitur penting, tapi sebagian market Anda tidak akan mempelajari fitur-fitur yang Anda tawarkan jika sebelumnya mereka sudah tidak tertarik akan benefit yang bisa mereka dapatkan ketika membeli produk/jasa Anda.

Contoh benefit :

  • Setelah mempelajari tutorial ini, pendapatan kamu akan naik 200% dalam seminggu
  • Garansi earning $1000 pertama dalam 60 hari atau uang Anda kembali 100%

5. BERIKAN SESUATU YANG VALUENYA TINGGI SECARA GRATIS (free trial before buy)

Jika memungkinkan, berikan demonstrasi dari produk atau jasa Anda yang bisa membantu memberikan solusi kepada target market Anda yang mungkin tertarik.

Dan yang paling penting, SEGERA tindak lanjuti (follow up) mereka yang tertarik pada waktu yang tepat untuk Anda bisa mendapatkan konversi penjualan.

6. KONSISTEN MENULIS ARTIKEL PEMASARAN PRODUK/JASA YANG ANDA JUAL

Buatlah tulisan sederhana yang berhubungan dengan produk atau layanan Anda. Nyatakan masalah, dan kemudian berikan beberapa tips atau solusi yang dapat membantu untuk memecahkan masalah dari target market Anda.

Anda bisa berbagi inspirasi dengan cara menuliskan pengalaman, menyelesaikan sebuah kasus, memberikan sebuah terobosan-terobosan sesuai dengan tema yang Anda angkat. Baik itu melalui facebook maupun blog.

Ingat, selalu sertakan informasi terkait penawaran produk/jasa yang Anda jual pada akhir artikel Anda sehingga orang akan tahu bagaimana cara menghubungi Anda untuk menerima informasi lebih lanjut tentang produk/jasa Anda

7. AMBIL KEUNTUNGAN DARI TESTIMONIAL

Setiap kali pelanggan yang ada atau pelanggan potensial mengatakan sesuatu yang positif tentang produk atau jasa Anda, mintalah kesediaan mereka untuk bisa menggunakan pernyataan (testimoni) mereka dalam materi pemasaran yang Anda lakukan.

Kredibilitas perusahaan Anda akan meningkat dengan penggunaan testimonial dari pelanggan yang puas terhadap produk/jasa yang Anda jual secara online.

8. Sediakan program Affiliate (reseller/dropship/member get member)

Apapun produk/jasa yang Anda jual secara online, buatlah program affiliate, dropship/reseller atau sejenisnya. Dengan program tersebut, Anda akan dapat dengan cepat mendapatkan prospek baru.

Jangan hanya pasif menunggu pelanggan baru dari reseller Anda. Secara proaktif mintalah data nama, kenalan, sahabat atau keluarga kepada pelanggan Anda yang sudah puas dengan produk Anda.

9. Fokus Pada Relationship Pelanggan (LIFETIME VALUE)

Jangan fokus untuk menghasilan 1x pembelian dari pelanggan baru. Milikilah tekad untuk membangun hubungan sehingga prospek menjadi pembeli, pembeli menjadi pelanggan yang terus menerus membeli (menggunakan) produk/jasa Anda seumur hidup.

Oke, pertanyaan selanjutnya adalah, “Apa strategi sederhana yang masih terbukti proven utk mendulang duit dari internet secara terus menerus setiap hari?”

Ini saya saya lakukan sampai hari ini

Strategi ini masih terbukti proven untuk mendulang duit dari internet secara terus menerus setiap hari. Bagaimana caranya?

1. Build your list

Lihat kata “MEMBANGUN”, jadi bukan asal dapetin kontak list saja, apalagi beli ribuan kontak email secara ngawur, untuk dikirimi email promosi setiap hari.

Pakar marketing bilang, sangat jarang orang membeli pada kunjungan pertama di situs, termasuk situs online shop atau situs penjualan sederhana lainnya.

Mereka tidak langsung membeli karena bisa jadi, mereka belum tahu siapa anda?

Ini bicara masalah kenyamanan dan kepercayaan!

Sebaliknya, jika anda tempatkan satu buah opt in newsletter di situs anda dan menawarkan sebuah program (bisa audio, video, ebook, free report, konsultasi berkala, kupon diskon, voucher, hangout bareng, dll) dengan syarat mengisi nama, email dan hp. maka ini adalah cara tepat sebagai pintu masuk untuk anda membangun list

2. Build relationship
Salah satu bagian dari strategi membangun hubungan itu adalah dengan memberikan daftar konten yang menarik untuk market anda.

Tujuannya?
Supaya mereka nyaman dan mulai mendengar, membaca bahkan percaya dg anda!

Selain itu, ini sebagai bukti bahwa anda itu adalah sosok yang riil/nyata.

Perhatikan baik, konten yang anda kirimkan tidak akan pernah menyenangkan semua orang, tapi percayalah mereka yang tidak suka dengan gaya anda akan dapat dengan mudah berhenti berlangganan email dari anda (klik unsubscribe), karena itulah saya tidak merekomendasikan anda untuk membeli paket ribuan email dan dikirimi email massal. (hari gini masih pake gituan!)

Contoh:

Untuk situs yang nantinya dipakai untuk berjualan produk informasi (ebook), seminar atau bahkan privat coaching. Anda bisa buat tampilan situs sederhana seperti situs www.rumahbeli.com.

Screen Shot 2016-08-10 at 18.57.23

Tampilan situsnya sangat sederhana sekali bukan?!
Anda bisa tonton video basic di bawah ini bagaimana saya meng-create market dengan tema membeli rumah. Apa yang harus dilakukan dan bagaimana langkah-langkahnya?

Semuanya dituangkan di video berikut ini. Tonton ya.

Perhatikan: alih-alih saya langsung jualan produk, hal pertama adalah saya harus BANGUN LIST artinya menarik orang-orang dengan minat yang sama untuk memberikan edukasi dari pengalaman saya.

Intinya bagaimana saya berbagi pengalaman membeli properti baik melalui bank, developer, orang yang lagi butuh uang, pembelian langsung dengan modal tunai, hutang/bayar mundur, lewat bank, calo atau yang lainnya.

Tema properti ini tidak akan pernah boring untuk dibagikan. Apalagi masih banyak orang yang belum tahu cara memiliki rumah tanpa harus bayar kontan.

Kedua, setelah dapatkan list, saya tidak buru-buru menjual produk. Why?
Karena mereka belum tahu siapa saya.

Saya harus membuat mereka nyaman, mau mendengar dan membaca apa yang saya tulis.

Apakah anda mau menyekolahkan anak anda di tempat yg belum anda kenal?
Anda tdk tahu spt apa kurikulumnya, bgm guru2 dan lingkungannya?
Anda belum tahu A-Z tentang sekolah itu.

Tugas anda adalah mencari informasi sampai anda tahu sehingga bisa memutuskan apakah anda ingin menyekolahkan anak anda disana atau tidak.

Sampai sini anda pasti paham-kan dengan apa yang saya maksud?

Cara sederhana ini jg bs diterapkan di apapun produk yang anda jual di internet.
Entah itu anda sebagai seorang dropship, reseler atau produk owner toko online.

Tentunya jika produk yang anda jual adalah toko online, atau anda sebagai seorang dropship atau reseller, anda bisa menawarkan katalog, atau diskon khusus untuk kategori produk tertentu, syaratnya ya mereka harus isi nama, email dan nomor HP melalui kotak opt-in newsletter

3. CHOOSE Product

Bukan hanya memilih produk yang asal!
TAPI produk yang sesuai dengan kebutuhan list audience pembaca newsletter anda!

Catat baik-baik : PRODUK YANG SESUAI DENGAN KEBUTUHAN LIST PEMBACA NEWSLETTER ANDA

Alih-alih saya memaksakan diri untuk menjual produk yang SAYA PIKIR ORANG MAU BELI, adalah lebih baik jika saya melakukan riset, apa yang paling dicari dan dibutuhkan oleh para pembaca newsletter.

Sebaga contoh rumahbeli.com.
Saya tidak langsung jualan disana. Saya tidak langsung menjual tiket seminar atau sejenisnya, tidak sama sekali!

Sekalipun misalnya saya ada topik menarik dan ada rencana untuk menawarakan produk tapi hal pertama yang harus saya tahu adalah memastikan bahwa saya tahu kebutuhan mereka itu apa.

Caranya?
Dibuat nyaman, dibuat percaya dengan apa yang kita bagikan, dengan pengalaman kita, dengan testimoni orang tentang kita, dst

Lalu?
Buatlah diskusi ringan berdasarkan studi kasus tertentu, bisa dari pengalaman anda atau masalah yang sedang dihadapi orang lain.

Lalu bagikan kiat-kiatnya.

Apakah cukup sampai disitu?
Kadang cukup kadang tidak.

Kok Bisa?

a. Bisa cukup ketika audience anda jelas dan mengerti maksud anda. Dilain waktu bisa angkat topik lainnya. Ingat, kalo kita berbagi berdasarkan pengalaman, apalagi kita sudah expert, tentunya sangat mudah bukan ?

b. Tidak cukup manakala sejumlah besar audience pembaca anda ingin terus menggali dan menguasai topik tersebut.

Dari situlah, anda mulai create produk, bisa dalam bentuk ebook, jual tiket seminar, workshop, dst.

Diskusinya lewat apa?

Gunakan BLOG atau Group Diskusi di Facebook atau Whatsapp (WA)

Why?
Seorang marketer atau pebisnis online harus punya blog atau facebook (atau keduanya)

Blog juga bisa menarik prospek tertarget untuk membaca penawaran gratis dari anda.
Blog bisa membangun interaksi dengan audience anda dan membuat mereka kembali dan kembali lagi, dari situlah mereka akan mulai mengenal siapa anda.

Kenapa facebook page?
Sederhananya gini karena facebook sebagai media viral marketing, ketika si anu berkomentar, seluruh audience yang menyukai facebook pagenya akan bisa membacanya.

Bisa  dibayangkan jika suatu saat si anu berkomentar tentang properti di grup yang anda buat, lalu kemudian beberapa minggu setelahnya, dia pasang status bahwa dia sudah berhasil membeli properti?

Tentunya teman-temannya akan melihat riwayat timelinenya, sampai mereka menemukan situs milik Anda.

Contoh kasus: di facebook page, saya banyak berbagi tentang starting up business, akumulasi aset sampai wealth management. saya tidak langsung berjualan disana, tapi jika saya mau pun, saya akan mulai melihat dari kebutuhan audience.

Pernah suatu kali waktu, banyak komentar tentang cara memutar uang untuk bisa menghasilkan aset produktif.

Di inbox pun banyak yang bertanya tentang itu. Nah, dari situlah saya bisa menawarkan jasa atau konsultasi pribadi kepada mereka.

Seorang finansial planner yang saya kenal men-charge biaya konsultasi 500 ribu per kasus. Medianya lewat email atau chating.

Blog dan Facebook Page adalah pintu masuk untuk membuat orang mengenal dan percaya tentang (produk) kita!

4. Back End Products.

Ketika anda pikir anda siap menjual produk anda ke kontak list anda. Jangan lupakan strategi sederhana dari prinsip “Back End products”

Salah satu bagian dari prinsip  “Back End products” adalah menjual dengan harga paling murah di awal, lalu tawarkan produk lain yang lebih tinggi. Orang biasa mengenalnya dengan UPSELL.

Tapi ini adalah pintu masuk yang cukup ideal utk dicoba.

Contoh:
Ketika saya berhasil membuat ebook berdasarkan kebutuhkan pembaca di list properti pada situs rumahbeli.com dan ebooknya disukai, maka saya akan lebih mudah menjual produk yang relevan lainnya, misalnya membuka seminar yang harganya lebih mahal dari harga ebook.

Sebaliknya, jika saya langsung dari awal menjual seminar, belum tentu respon dari pembaca newsletter akan meningkat drastis.

Polanya bs jadi seperti ini:

Dari hasil diskusi -> buat ebook (free atau berbayar dengan harga murah) -> ada yg berhasil menerapkan isi strateginya -> minta testimoni dan bongkar caranya -> undang audience ikut seminar gratisnya (preview) – tawarkan seminar full day

Contoh lain:
Saya ada list prospek dengan tema PELUANG USAHA.
Daripada saya langsung menawarkan keanggotaan internet marketing secara to the point, adalah lebih baik saya membuat ebook murah dengan harga 42 ribu, lalu di dalam ebook tsb saya menceritakan kesuksesan saya dalam meraup ribuan dollar dari internet dan menggiring pembaca untuk memiliki produk tutorial internet marketing yang saya jual terpisah.

Sampai sini anda bisa mengerti prinsipnya? 🙂

5. Test and Track

Dari cara menjual diatas, tidak semua memberikan hasil, karena itulah kita harus selalu TEST dan TRACKING mana penawaran yang memberikan hasil paling memuaskan.

Contoh:
a. Menjaring pembaca utk melihat penawaran gratis dari anda itu lebih banyak berasal dari Facebook, blog atau search engine atau iklan berbayar?

SOLUSI : gunakan google analytic utk melihat sumber trafik visitor yg datang ke situs anda

b. Ketika menawarkan produk, lebih suka menggunakan prinsip “back end product”, “hard sell” atau “soft selling”

Sebagai contoh: list prospek dg tema PELUANG USAHA, ketika ditawarkan langsung tentang paket tutorial yang saya jual tentang internet marketing maka HASILNYA dalam 2 minggu hanya ada 15 sales.

Tapi ketika dibuatkan free repot dalam bentuk ebook berisi studi kasus lalu dibagikan gratis dan ada tanya jawabnya, lalu diberikan garansi 10 hari utk mencoba strategi dan prinsip-prinsip yang ada disitus ini, ternyata respon penjualannya bisa melonjak 3x lipat.

Penting sekali TEST dan TRACK ini bisa kita evaluasi dari waktu ke waktu.

Nah itulah, prinsip-prinsip sederhana yang harus anda ketahui ketika ingin terus menerus mendapatkan income dari internet. Sederhana caranya, tapi tetap membutuhkan ketekunan dan perhatian Anda setiap harinya 🙂

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *