Jangan Menyesal Beli Produk Di Internet

Perhatikan Apa Motivasinya

kerjadarirumahUntuk kesekian kalinya saya mendapat email dari beberapa pembaca newsletter/blog yang sedih karena telah membeli produk internet marketing (ebook) yang tidak sesuai dengan apa yang diiklankan.

Bahkan saya juga pernah membaca komentar di sebuah blog, ada orang yang mengambil kesimpulan bahwa 97% produk yang berhubungan dengan internet marketing adalah penipuan (mungkin saking ngrasa kesel kali …)

Well, saya akan berbagi tips sederhana bagi Anda yang ingin membeli produk panduan di internet.

Begini, kami para marketer proffesional yang telah lebih dulu berpenghasilan melalui internet tahu bahwa ORANG MEMBELI ITU KARENA EMOSI.

Karena itu beberapa orang membuat sales letter/penawaran yang membangkitkan emosi pembaca/target marketnya.

Apalagi biasanya kalo sudah ada bukti (screen shoot) penghasilan dari si penjual .. membuat orang sudah tidak berpikir logis lagi.

Bagi saya, sah-sah saja jika sebuah website berisi sebuah sales letter ampuh yang tulisannya membangkitkan emosi pembaca untuk segera take action membeli produk yang ditawarkan, sepanjang produk yang dijual juga sesuai dengan harapan para pembelinya (bagi saya, pembeli harus diuntungkan!)

Karena itulah, ketika saya berbagi ilmu tentang internet marketing (jualan di internet) saya sengaja mengurangi hal-hal yang bisa membangkitkan emosional pengunjung situs saya. Seperti bukti penghasilan, pamer kekayaan, dll

Saya lebih memfokuskan pada edukasi dan manfaat serta bukti dari orang-orang yang sudah berhasil mencoba metode/strategi yang saya bagikan.

Terserah orang mau percaya atau tidak, apakah dia mau membeli panduan milik saya atau tidak jadi membeli = itu tidak berpengaruhΒ  karena fokus utama saya adalah mendapatkan penghasilan dari pasar luar, yang penting saya harus terus berbagi manfaat πŸ™‚

Pernah ada member yang memberikan testimoni gini, “..orang lain menjual bukti keberhasilannya, tapi seorang Gm.Susanto menjual dengan hatinya …

(Sungguh, saya terharu membaca kiriman email testimoni itu yang dikirimkan oleh seorang pensiunan dan sampai hari ini tulisan tersebut saya tempel di meja kerja saya, untuk mengingatkan saya bahwa uang bukan menjadi tujuan akhir ketika saya berbagi)

Lalu bagaimana dengan harganya?

Karena ada yang nggak masuk akal banget, ada yang terlau muraah (takutnya murahan) ..?

Berikut tips dari saya..

Memang betul ada banyak orang yang sudah berpenghasilan dari internet, dan ketika suatu kali Anda menjumpai ada seorang yang menjual produk internet marketing (menghasilkan uang) dan isi sales letternya menarik, membangkitkan emosi, tapi ada beberapa hal yang harus menjadi acuan Anda sebelum membeli produk tersebut.

1. Siapa yang menjualnya?

Biasanya jika orang tersebut sudah punya reputasi, tidak masalah bagi Anda untuk langsung take action.

Nah, tapi ada juga orang yang belum Anda kenal tiba-tiba “nongol” nunjukkin bukti penghasilan yang segede gajah terus nawarin produknya …

“Eit …”

“Jangan langsung beli dunk!”

Coba perhatikan apakah ada testimoni dari seorang yang Anda kenal atau minimal dari seorang marketer yang sudah punya reputasi.

Apakah ada bukti keberhasilan bahwa metode yang diajarkan proven untuk orang lain?

Coba Anda ikuti dulu newsletter, biasanya para marketer yang serius menjual produknya akan menempatkan sebuah opt-in newsletter.

Nah, itu adalah kesempatan Anda untuk menjajal sampai dimana manfaat yang dibagikan oleh si penjual.

Dari artikel, tips atau panduan yang dikirim via emai tersebut, Anda bisa me-ngira-ngira apakah Anda pantas membeli produk utamanya atau tidak.

Selain itu, coba kirim email (dan tunggu responnya) atau telepon untuk langsung bertanya seputar metode. Apakah direspon dengan cepat, apakah si penjual paham akan pertanyaan Anda?

Coba lihat apakah ada identitas diri yang lengkap (misalnya, alamat, no.telp/hp yang bisa dihubungi, ada foto — ya walopun misalnya gak ganteng hehehe .. tapi itu cukup membantu Anda untuk melihat bahwa si penjual serius dengan jualannya)

2. Tunggulah dalam 3-4 hari, lalu carilah review dari beberapa orang yang sudah pernah membeli produknya di internet.

Jangan pernah melakukan pembayaran di hari pertama Anda membaca sebuah penawaran!

Itu juga yang saya sarankan ketika ada orang yang ingin membeli produk saya.

Ketika ada orang yang telepon saya dan bertanya, “Kira-kira saya harus beli produk bapak yang mana .. apa saya harus beli semuanya saja..?”

Dan jawaban saya atau staf yang bertugas selalu sama, “Jangan beli karena emosi, coba pilih salah satu dulu yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda saat ini, lalu ikuti newsletter dari kami dan silahkan berkonsultasi dulu …”

Alih-alih saya mengejar keuntungan sesaat, saya lebih menekankan pada edukasi dan manfaat bagi calon pembeli.

Saya yakin, jika mereka puas, pasti langsung take action membeli produk saya, dan buktinya banyak yang membeli semua produk internet marketing yang saya jual πŸ™‚

Nah, prinsip seperti itu juga harus Anda lakukan.

Biasanya di internet ini, jika ada orang yang tidak puas ketika membeli sebuah produk, mereka akan menulisnya di situs (blog, website, forum, dll), begitu juga sebaliknya, ada pembeli yang membuat review tentang sebuah produk pembelajaran jika dia merasa puas dan merekomendasikan produk yang ia beli.

Ini kesempatan bagi Anda untuk melakukan cek n ricek , tentunya harus objektif-lah karena kita harus tahu bahwa tidak semua orang bisa dipuaskan ketika membeli sebuah produk tertentu πŸ™‚

Forum adalah salah satu ruang terbuka bagi publik untuk “menumpahkan” uneg-uneg seseorang/sekelompok orang ketika kecewa dalam membeli produk di internet.

Anda bisa kunjungi beberapa forum tersebut. Mungkin kaskus, adalah salah satu forum yang cukup bagus untuk mencari review/informasi jika ingin membeli sebuah produk di internet ini.

Syukur-syukur jika ada marketer profesional lainnya yang membuatkan halaman khusus tentang pendapatnya/review tentang sebuah produk internet marketing/figur marketer tertentu.

Seperti misalnya, saya pernah membuat halaman artikel khusus ketika berbagi cerita tentang sosok Padro Widjaja – seorang master script professional.

Bisa jadi, ada orang yang belum kenal dengan produk atau jasanya seorang Padro Widjaja, tapi dia kebetulan tahu siapa saya/pernah membeli produk saya dan puasΒ  (ceileee …), dan setelah membaca artikel yang saya tulis secara khusus tentang seorang Padro, tentu saja orang ini mendapatkan “aha” yang positif ketika ingin membeli sesuatu yang berhubungan dengan jasa instalasi script.

Lalu bagaimana dengan harganya?

Ada yang nggak masuk akal (mahal banget) ada yang muraah (takut murahan) ..?

Ehmm .. menurut saya ada HARGA ADA RUPA dengan tetap mengedepankan minimal 3 hal ini:

1. BENEFIT untuk Anda pribadi, artinya HASIL yang akan Anda dapatkan melebih nilai investasi yang Anda keluarkan

2. Produknya UNIK

Misalnya:Β  tentang tema yang diangkat belum ada di manapun (toko buku/internet), kalopun sudah ada tapi yang ini lebih dahsyat, lebih proven, lebih terbukti bagi banyak orang, lebih mendapatkan pengakuan, dll

3. Melihat siapa penjualnya

Terkadang seorang penjual memiliki segmentasi market tertentu, ada yang menjual produk/jasa untuk level atas ..contohnya, saya pernah ditawari ikut bussiness coach, bayar 40 juta, 1 bulan 2x, @2jam, selama 6 bulan.

Tentu saja, saya tolak..karena saya bukan target marketnya. hehe..hee

Dan bagi saya, itu nggak worthed karena saya bisa dapatkan materi coaching yang hampir sama tapi harganya lebih membumi πŸ™‚

Jadi ketika Anda ditawari sebuah produk yang menurut Anda kelewat mahal (dan gak masuk akal), BISA JADI Anda bukan target market si penjual tersebut.

Terkecuali memang Anda benar-benar sudah yakin 100% dengan menginvestasikan uang Anda untuk membeli produk tersebut, hidup Anda akan berubah – maka sah-sah saja Anda untuk membelinya, sekalipun harganya mahal.

Tips diatas, juga berlaku untuk para affiliate yang ingin mempromosikan sebuah produk yang ditujukan ke leads yang mereka miliki.

Ingat, para pembaca newsletter Anda bisa kecewa jika Anda menawarkan sebuah produk tanpa di sensor dulu oleh Anda.

Dan bisa jadi, mereka akan menumpahkan kekesalannya kepada Anda πŸ™‚

Mungkin itu saja kali yang ingin saya bagikan kepada teman-teman ..

Semoga tulisan ini bisa memberikan ‘aha’ bagi Anda (khususnya newbie) yang ingin membeli panduan internet marketing.

Percayalah, di Indonesia ini bahwa masih banyak pribadi yang dengan santun dan jujur menjual panduan yang benar-benar memberikan nilai manfaat yang jauh lebih besar dari uang yang Anda bayarkan untuk membeli produk tersebut.

Saya berharap, Andalah salah satu penjual produk yang banyak memberikan manfaat untuk kesuksesan orang lain. Amin

20 Comments

  • smeryo says:

    salam pak gm..
    saya sedang dan terus pelajari tips dari bapak,tapi saya msh bingung mulai dari mana..krn saya, msh sgt awam di dunia IM ini,kalo saya dah merasa siap,mungkn baru akan jadi member bpk,mohon di bantu..utk yang tepat bagi pemula seperti saya ini.saya ingin seperti bpk..menjual dgn hati,,trimakasih.

  • Ade says:

    apa kabar mas? saya ade , dulu mas pernah mmenggunakan jasa saya untuk bikin cover ebook.mudah-mudahan masih ingat dengan saya

    • Gm. says:

      oh ya, pasti itu mas ade, semoga jasa pembuatan cover ebooknya semakin bagus dan dipercaya ya .. sering2 mampir di sini πŸ™‚

  • emfar says:

    Pak gm, apa yg anda sampaikan memang benar bahwa banyak yg menawarkan e-book tapi nyatanya tdk sesuai dg janji diawal. Sdh 2x ikutan hasilnya kurang memuaskan.Pingin juga ikutan beli produk pak gm tapi yg mana….ada rasa was2x dan takut gak sesuai harapan.Misal mau bikin toko online produk bpk yg mana yg harus saya beli atau bisa nggak saya minta daftar produk dan harganya….Tks.

  • Yonas Muanley says:

    Pak GmSusanto,saya sudah tahu nama Bapa dan produknya. Sebagai pemula, ketika bercakap dengan sahabat-sahabat, mereka berkata: takut ditipu. Saya lalu berkata:ya ketakutan itu bisa benar tetapi disisi lain ada pribadi-pribadi yang berhati mulia di dunia internet marketing. Tulisan pak Gm Susanto menguatkan saya untuk mengatasi ketakutan itu. Sukses pan Gm Susanto

    • Gm. says:

      benar sekali pak yonas, dengan melakukan tips2 diatas, paling tidak kita sudah meminimalkan terjadinya kekecewaan ketika membeli produk pembelajaran di internet:)

  • Riswan E says:

    Pak Gm yang baik…
    saya new comer yg sdg belajar, pengetahuan yg Bpk berikan sangat bermanfaat bagi pemula spt saya…
    mohon bimbingan terus dari Bpk Gm….
    WISH U ALL THE BEST

  • indra says:

    tips yang sangat istimewa Gan…sangat bermanfaat sekali… :iloveindonesia

  • Gustin leslie says:

    Hallo pak Gm.

    Kalau buat saya pak Gm juga termasuk enak dan mudah menerangkan materinya pak, hanya saja pak Gm kenapa tdk membuat coaching2 seperti mas Padro dan mas Agung? saya tertarik sekali kalau bapak mengadakan coaching,workshop, atau seminar2 tentang RSCB milik bapak.
    Sukses selalu ya pak!

    :newyear :newyear

  • Alfred says:

    beruntung sekali karena saya selalu membeli dari penjual yang kredibel pak G.M

    but thanks banget untuk tips dan triknya pak gm
    oia saya suka banget dengan newsletter pak gm

    sukses selalu pak

  • Sipppp deh pak GM,

    sya ngevens dgn ketulusan hati bpk, semoga bsa saya terapkan untuk dri saya dan anak saya nanti whehehehehh πŸ˜€

    sya telah 2 thun blajar bisnis online, tpi hasilx blum memuaskan, bahkan saya sering “membuat orang lain kaya” karena harus selalu membeli produk update, padahal namax udah terkenal lhooo,,, (tkut sbut nma) πŸ™‚
    yg jelas skarang udah aq tnggalin :p dn konsen ke produk pak GM, klo ada rejeki akan segera order nih pak πŸ™‚

    Terimakasih pak GM.

    • Gm. says:

      terimakasih atas perhatiannya yang tulus dari bapak, utk beli produk IM milik saya, yang penting sesuaikan dengan kebutuhan bapak dulu lalu fokus mengerjakannya..nanti saya akan berusaha membantu sebisa saya πŸ™‚

  • M Adriyana says:

    Pak GM, salam kenal..

    Saya sudah beli produk anda ttg cara meningkatkan penjualan produk fisik tapi saya baru sedikit nyimak vidionya krn sering terputus2 jd krg nyaman untuk menyimaknya apa ada yg bentuk vcd pak. Trus kalo sudah beli salah satu produk bapak berarti saya sdh jd member dan apa bila mau beli produk lainnya dapat discount ndak pak?

    • Gm. says:

      video bisa dilihat secara offline, jd di download dulu pake internet download manager, coba download di http://www.kayadaribisnisinternet.com/idm.zip lalu instal di komputer anda, menggunakan IDM download rata2 hanya 1-2 menit, setelah itu bisa dilihat secara live tanpa harus terkoneksi dengan internet

      bisa dapat discount pak, lakukan saja pendaftaran di situs yang bapak inginkan, nanti email staf kami, akan diberitahukan bapak dapat discount berapa ..

  • mas teguh says:

    salut buat pak gm.
    saya suka kata2 bapak ” pembeli harus diuntungkan ”
    tdk semua penjual ebook mau melakukannya.
    kadang mereka berpikir sudah dapat uang dari kita terus tanpa disupport sama sekali.
    klo yang seperti itu mendingan beli buku di gramedia pak, soalnya sama2 ga dapat support.
    sukses buat pak gm.
    ehhh sudah sukses ya pak.
    pokoknya tambah sukses aja & selalu berikan manfaat buat para newbie biar ga kesasar dalam belajar internet marketing.

    • Gm. says:

      iya mas teguh ..
      sy punya mimpi, jk setiap orang yang berjualan selalu punya prinsip pembeli harus diuntungkan, maka pastinya belanja lewat online akan menjadi trend dan akan BOOM … (bisa jadi akn mempercepat lahirnya netpreneur2 baru — lapangan kerja mulai terbentuk)

      Dan bukan tidak mungkin, Indonesia akan dipandang lebih dahsyat lagi oleh para marketer dunia. amin

  • Bachtiar says:

    info ini cukup menarik dan bermanfaat untuk new comer didunia online
    sehingga bisa menyaring penawaran produk2/ebook yang berkualitas.

    • Gm. says:

      terimakasih pak bachtiar, jk tidak keberatan silahkan artikel tsb bisa di sebarin ke teman2/komunitas Anda…
      satu orang saja yg membaca dan mengikuti saran saya pastinya akan mendapatkan manfaat luar biasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *