Google Keyword Planner

“Pak Gm Susanto, Sharing Donk Cara Meningkatkan Omset Dengan Google Adwords?”

Hari ini saya akan berbicara tentang bagaimana mendapatkan order penjualan tanpa harus melakukan promosi membabi-buta tanpa sebuah perencanaan yang matang.

meningkatkan-penjualan-produk

Tapi saya harus kembali ingatkan point penting ini:

“Bukan trafik (Pengunjung) yang menjadi penentu atau satu-satunya faktor yang menentukan tingkat konversi penjualan produk Anda. Anda boleh datangkan ratusan ribu trafik dengan cara berbayar sekalipun tapi jika Anda gagal mengemas produk Anda maka sia-sialah uang yang Anda habiskan untuk membayar biaya promosi

Maksudnya?

Misalnya saja begini, dalam satu hari anda datangkan 5000 pengunjung untuk melihat apa yang Anda tawarkan, namun ternyata begitu mereka sampai di situs anda, mereka kebingungan dalam mencari TOMBOL ORDER.

Toh, begitu ketemu pun dan di klik, loading sangat lambat. Begitu ditunggu pun, ternyata banyak fitur menu order yang membingungkan baik itu dari total item, harga, ongkir dan terlalu banyak klik yang harus dilakukan visitor.

Apa dampaknya?

Yo wis, mereka kabur! Loading lama, bikin paket bandwithnya cepet habis ūüôā

Namun ada yang lebih parah dari hal itu, dia sudah berhasil datangkan banyak visitor tapi foto produknya ancur, tidak ada deskripsinya, layanan servisnya sangat lama, dst

Tapi okelah, hal itu akan saya bahas lain kali karena hari ini saya akan berbagi pengalaman bagaimana kita bisa mendominasi market online sehingga kita bisa dapatkan order tanpa harus selalu melakukan aktivitas pemasangan iklan berbayar setiap hari.

Contoh Studi Kasus :

Situs A total trafik yang datang dari hasil promosi berbayar adalah 10 ribu, mengeluarkan biaya promosi 3 juta sebulan. Setelah di analisa dan di tracking, dari hasil promosi berbayar, produk yang dijual seharga Rp. 50.000 menghasilkan penjualan 4 juta rupiah.

Situs B
Total trafik yang datang hanya 5 ribu saja, tidak mengeluarkan biaya promosi dalam sebulan. Setelah di analisa dan dihitung, sekalipun tidak  berpromosi , produk yang sama yang dijual di harga Rp. 50.000 laku terjual 50 pcs dengan omset penjualan 2,5 juta.

Lalu apakah itu berarti strategi promosi situs B, lebih baik dari situs A?

Mana yang sebaiknya diikuti, strategi promosi situs A yang sudah mengeluarkan biaya promosi 3 juta dan mendapatkan order senilai 4 juta rupiah atau ikuti saja strategi situs B saja yang tanpa promosi saja, bisa mendapatkan omset 2,5 juta rupiah?

Yang mana yang harus dipilih?

Jawabannya yang tepat adalah : CONTEK SEMUA STRATEGI PROMOSI BAIK DARI SITUS A DAN SITUS B lalu coba terapkan di situs kita.

Jika situs A, mendapatkan sales 4 juta rupiah dengan metode promosi berbayar yang diterapkan dan juga situs B yang punya strategi tanpa promosi bisa tetap dapat omset 2,5 juta maka jika kedua metode tersebut digabungkan, maka paling tidak bisa mendapatkan omset penjualan Rp. 6.500.000,-

Saya sengaja memakai contoh perhitungan omset kecil (jutaan), pada prakteknya dengan penerapan yang tepat, kombinasi dari ke-dua strategi diatas bisa memberikan omset dari mulai puluhan juta sd ratusan juta setiap bulannya.

Artinya?

Jangan terlalu “mendewakan” bahwa strategi menghasilkan sales penjualan tanpa harus mengeluarkan biaya promosi itu JAUH LEBIH BAIK dari mereka yang mendapatkan sales dari aktifitas promosi.

Jika diikuti jalan cerita diatas, maka bulan depan ketika si B tetap tidak mau promosi berbayar dan hanya menghasilkan 2,5 juta rupiah lagi maka jika si A mau menambah anggaran biaya biaya promosinya maka potensi pendapataannya juga akan meningkat. Masuk akal?

Bukankah contoh cerita sederhana diatas, sering kita alami setiap hari ?

Berikut ini tips-tips praktis yang sudah saya praktekkan dan bisa menjadi referensi atau pengembangan trik marketing yang bisa Anda model.

Tentunya Anda harus memiliki akun di google adwords, menyiapkan beberapa kata kunci produk Anda, nantinya Anda akan melakukan bidding/penawaran kata kunci, menulis iklan yang efektif, menyiapkan halaman arahan (URL Destination).

Hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum beriklan.

1. Anda harus tahu produk Anda (product knowledge), ada banyak orang asal ngiklan di ppc google adwords tanpa tahu produk apa yang dia jual. Sehingga hal tsb sangat mempengaruhi konversi penjualan.

Jika Anda tahu dan mengenal produk yang Anda jual, maka Anda bisa membuat perbedaan dari produk sejenis dan mengambil manfaatnya dari situ!

2. Tetapkan anggaran harian/mingguan dengan tepat – tidak terlalu tinggi karena ini bisa menguras anggaran promosi Anda, juga tidak terlalu rendah karena iklan Anda bisa-bisa tidak muncul di search engine google.

Dalam beriklan di ppc google adwords, kita-lah yang mengatur masalah budget promosi. Sebagai praktisi bisnis online, Anda harus bisa menetapkan berapa budget promosi yang akan Anda habiskan dalam sehari/satu minggu.

Dengan Anda melakukan efisiensi anggaran promosi, Anda tidak akan mudah perang harga sebuah kata kunci (bidding) dengan kompetitor yang sama.

Sebagai contoh: misalnya saja salah satu kunci (keyword) ppc google adwords yang sudah Anda tulis ternyata memiliki penawaran bidding minimum Rp. 700,- per klik.

Karena Anda sudah menetapkan anggaran, maka dalam sehari atau bahkan seminggu, Anda tidak akan terlalu terpengaruh jika di hari yang sama iklan Anda melorot ke posisi bawah hanya karena ada kompetitor Anda yang berani membayar lebih mahal dari biaya Rp. 700,- klik.

Penting untuk diingat, kapan Anda harus berhenti menjalankan iklan kampanye produk Anda ketika sudah mencapai profit atau kapan Anda harus menganalisa iklan Anda jika ternyata hasil yang didapatkan tidak sesuai dengan harapan.

3. Cari kata kunci yang tepat

Sekalipun Anda sudah memiliki daftar kata kunci (keyword) yang terkait dengan produk Anda, terkadang ada beberapa kata kunci utama yang bisa menarik klik jauh lebih banyak dari kata kunci lainnya.

Karena itu, ketika kita menjalankan program promosi ppc google adwords ini, kita harus memantau kata kunci-kata kunci yang impressi (jumlah tampilan) tinggi dan jumlah kliknya tinggi.

Dengan menemukan kata kunci yang tepat, kita bisa lebih mengoptimalkan performa iklan kita untuk menarik target market yang tepat untuk datang melihat penawaran di situs kita.

Misalnya saja, pada awalnya kita melakukan bidding terhadap 10 kata kunci utama yang terkait dengan produk yang kita jual, setelah iklan berjalan, hanya ada 3 kata kunci yang memberikan performa jauh lebih baik dari kata kunci lainnya.

Dari hal tersebut, kita bisa mem-pause kata kunci lainnya dan hanya fokus pada 3 kata kunci saja. Selanjutnya kita bisa lebih merelevankan lagi isi situs dengan 3 kata kunci tersebut dg menambah isi konten, melakukan test dengan iklan yang sama, mempertinggi penawaran bidding, dst

4. Menulis kalimat iklan penawaran yang tepat.

Menempatakan kalimat penawaran yang menarik adalah salah satu kunci sukses dalam memasang iklan ppc google adwords.

Misalnya saja, Anda bisa berikan kalimat-kalimat iklan yang mengandung unsur seperti berikut ini:

  • Penawaran Diskon
  • Testimoni
  • Garansi
  • Tawarkan sampel gratis
  • Tuliskan manfaat
  • Berikan instruksi langsung, spt: klik disini, beli sekarang, dll

5. Mempertahankan situs tampak profesional

Konten website Anda harus diperbaharui secara teratur dan diperiksa apakah ada kesalahan ejaan atau tata bahasa . Seharusnya tidak ada link yang rusak atau gambar yang tidak sesuai dengan yang diiklankan.

Navigasi website harus sederhana sehingga memudahkan bagi pengunjung untuk membaca penawaran dan melakukan pemesanan dengan cepat.

Jika Anda bisa memasang iklan PPC google adwords dengan benar, maka ini bisa menjadi alat pemasaran yang efektif yang akan memaksimalkan omset usaha Anda secara online.

Untuk Anda pemilik UKM atau pemilik produk-produk lokal yang ingin memasarkan produk ke seluruh Indonesia dengan sedikit biaya promosi, secara khusus menggunakan google adwords, Anda bisa belajar di situs yang saya kelola ini

Saya akan berbagi pengalaman bagaimana saya menggunakan google adwords untuk mendatangkan ratusan pengunjung tertarget dalam 1 hari dengan biaya iklan yang MURAH dari produk affiliasi yang saya promosikan di internet.

Saya mempromosikan salah satu produk tentang acne. Saya menggunakan adwords karena saya ingin CEPAT melihat hasilnya.

Hari pertama, saya hanya membuat 1 campaign dan 1 adgroup untuk uji coba market, dengan tujuan untuk mendapatkan Quality SCORE yang tinggi, pokoknya harus buat om googgle senang dengan tampilan iklan dan situs yang saya promosikan.

Jika ternyata saya berhasil mendapatkan Quality SCORE tinggi (10/10) secara otomatis biaya iklan per klik (BPK) dari kata kunci yang saya target pastinya dapat murah dan sangat profitable untuk saya.

Selain tujuan diatas, saya juga akan melihat apakah dalam kunjungan 100 orang pertama itu saya bisa mendapatkan PROFIT atau tidak.

Jadi ketika iklan saya sudah di klik oleh minimal 100 pengunjung tertarget yang sedang mencari produk yang saya promosikan, saya berharap minimal 1 orang (1%) dari pengunjung tersebut mau membeli produk acne yang saya promosikan

Berita baiknya, beberapa jam kemudian iklan saya sudah ditampilkan dan berjalan.

Kemudian dalam 24 jam berikutnya ketika saya melalukan monitoring, ternyata sudah ada kunjungan tertarget dari 100 orang lebih yang telah meng-klik iklan yang saya pasang melalui google adwords.

Oh ya, saya hanya menembak GOOGLE SEARCH ya, jangan salah ūüôā

Artinya saya hanya menembak target yang benar-benar mencari produk yang saya promosikan ketika dia menggunakan search engine google.com

Karena tujuan saya tercapai yaitu mendapatkan QS tinggi (10/10) dan harga biding yang murah, sudah begitu profit lagi karena dalam 100 kunjungan tersebut saya berhasil “memikat” 1 orang untuk membeli produk yang saya promosikan, sehingga komisi yang diterima lebih besar dari biaya marketing adwords yang saya keluarkan.

Hari berikutnya, saya membuat GOL/Tujuan yaitu pingin lebih banyak mendapatkan trafik/pengunjung yang tertarget. Karena itu saya mulai test dengan membuat beberapa adgroup yang masih relevan dengan produk yang saya promosikan.

Hasilnya?

Ketika siang hari saya cek (baru berjalan sekitar 12 jam), saya mendapatkan lonjakan trafik tertarget lebih dari 350%.

Dasyat! ūüôā

Horee berarti om Google suka dengan isi tampilan situs dan iklan yang saya buat ūüėÄ

Saya senang sekali dan buru-buru melihat komisi affiliate saya, nambah apa nggak ya ?

Dan hasilnya …?

YES, YES…YES berhasil!

Ada 4 penjualan lagi, yihaaa…! Dan tentu saja, dalam 12 jam tersebut, saya sudah profit bahkan bisa menutup biaya promosi yang sudah saya keluarkan hari itu.

Begini, saya itu pikirannya sederhana, saya berpikir, “Om google itu kan punya bisnis adwords dan pasti tujuannya adalah profit.. nah bagaimana jika saya memasang iklan adwords di sebuah pasar ceruk yang sepi pemainnya, sehingga tidak ada yang pasang iklan adwords…bukankah dengan demikian saya bisa “mengatur” om google untuk menawar/bidding kata kunci yang saya target?”

Pengertian “mengatur” disini bukan berarti saya minta (atau Anda minta) bahwa biaya bidding itu hanya Rp. 50,- tetapi lebih kearah supply dan demand, dimana karena tidak ada yang memasang iklan, maka ketika saya memasang iklan adword dan menawar harga bidding yang murah (maksimal Rp. 500) mau nggak mau, om google pun mengijinkannya:)

(Note: dengan catatan bahwa kualitas konten situs yang akan kita promosikan sangat relevan dengan adwords, ingat sekalipun kita tidak boleh mempromosikan link affiliate langsung di adwords tapi bukan berarti kita tidak bisa mempromosikan produk affiliasi)

Itulah trik dan pikiran sederhana yang saya terapkan untuk mendapatkan profit tinggi dari produk dan jasa yang saya jual dengan menggunakan google adwords.

Melalui blog inilah saya terus membagikan pengalaman saya bagaimana saya mendapatkan profit dalam 24 jam dengan menggunakan google adwords.

Jadi berpenghasilan cepat, kurang dari 24 jam di internet, adalah sesuatu yang masuk akal bukan?

Nah saya sertakan lagi bukti bahwa apa yang saya bagikan melalui video diatas juga sudah saya praktekkan terlebih dahulu, dimana karena tidak ada pesaing, maka iklan saya ada di urutan nomor 1, dan mendapatkan harga bidding/penawaran kata kunci (keyword) yang murah dari adwords, lihat screenshoot di bawah ini:

Saya melakukan penawaran kata kunci yang saya target adalah maksimal Rp. 700,- dan ternyata rata-rata biaya yang saya keluarkan untuk 1 klik tertarget dari google adalah Rp. 450,-

O ya, ada hal penting yang harus Anda ingat ketika ingin memasang iklan menggunakan media ppc google adwords ini

Anda yang ingin beriklan menggunakan kampanye PPC google adwords harus tepat dalam memilih kata kunci yang terkait dengan produk yang Anda jual.

Sehingga ketika ada pelanggan potensial mengetik kata kunci tersebut di google, akan membawa mereka ke situs bisnis Anda.

Beberapa kata kunci cenderung lebih mahal daripada yang lain, terutama yang populer. Jadi sangat penting untuk memilih kata kunci yang tepat, dalam rangka menekan biaya promosi Anda sehingga Anda bisa mendapatkan konsumen yang tertarget.

Inilah sebabnya mengapa penting untuk mengelola iklan PPC google adwords Anda dengan benar. Kadang-kadang Anda lebih baik memilih kata kunci yang kurang populer yang tidak begitu mahal, terutama jika Anda memiliki anggaran yang terbatas.

Tidak masalah Anda memilih kata kunci yang tidak populer sepanjang itu berkaitan dengan produk yang Anda jual di situs Anda.

Beberapa perusahaan besar bahkan berani menyewa bantuan konsultan pemasaran untuk mengelola kampanye PPC produk mereka.

Jadi Jika Anda menjalankan bisnis online dan berencana untuk menjalankan kampanye PPC google adwords, disarankan untuk membeli kata kunci yang sangat berkaitan dengan tema bisnis dan isi produk yang Anda jual secara online.

Dengan cara ini, orang bisa dengan mudah menemukan produk Anda dan terlebih mereka tidak akan bingung mengenai isi dari website Anda.

Rahasianya adalah dengan menggunakan kata kunci atau frase yang banyak dicari orang dengan tingkat kompetisi pengiklan sedikit.

Anda harus melakukan riset kata kunci sebelum Anda memulai kampanye PPC Anda.

Dan ingat, jika produk yang Anda jual sudah siap dipasarkan di luar Indonesia maka media ppc google adwords adalah media periklanan yang tepat yang dapat menjangkau target market produk Anda di seluruh dunia.

Bagaimana temen-temen, apakah strategi tersebut masuk akal untuk kita jalankan?

Jika jawabannya adalah ya, monggo silahkan action ūüôā

Lalu bagaimana caranya supaya produk yang kita jual tetap bisa laku tanpa harus memasang iklan berbayar setiap hari?

Sederhana caranya tapi dibutuhkan ketekunan yang tidak ada habis-habisnya untuk melakukan strategi ini.

Setiap bulan saya melakukan tracking hasil penjualan, mana hasil penjualan yang berasal dari aktivitas promosi berbayar dan mana yang berasal dari aktivitas tanpa promosi berbayar.  Hasilnya?

Dari 70% lebih new visitor yang masuk itu berasal dari aktivitas promosi berbayar dan strategi zero cost marketing yang saya terapkan.

Setelah dihitung kasar, sedikitnya strategi zero marketing bisa menyumbang  40% dari total omset penjualan yang masuk. Omset Penjualan ini berasal dari new visitor yang baru pertama kali datang tanpa saya harus promosi dan mau membeli produk yang saya jual.

Wow!

Praktek

1. Membuat account  dan melakukan set up pembayaran, lihat video tutorial google keyword planner disini

2. Membuat daftar kata kunci/keyword terkait produk/jasa Anda

3. Penawaran pada penempatan iklan, termasuk hasil pencarian kata kunci atau frase (bidding)

4. Menulis iklan yang powerfull

5. Menyiapkan halaman arahan untuk iklan Anda / landing page yang relevan

Minimal ada 2 manfaat ketika Anda mengiklankan produk Anda menggunakan media iklan PPC ini, diantaranya:

1. Langsung tayang dalam waktu kurang dari 24 Jam
2. Mendapatkan target berkualitas

PPC memberikan kepada Anda kualitas trafik yang tertarget/relevan dengan produk Anda.

Pengunjung yang datang adalah orang-orang yang benar-benar mencari produk tertentu dan atau jasa yang Anda tawarkan – mereka akan dengan mudah membeli produk Anda atau mengikuti program newsletter yang sedang Anda adakan.

“Pak Gm Susanto, Mengapa iklan yang sudah berjalan, kemudian tiba-tiba QS-nya jatuh, malah om google ngasih tahu kalau kata kunci yang di biding tidak memicu iklan”

Bahkan ada yang lebih ekstrem yaitu om google ngasih tahu bahwa harga biding melambung jauh. Awalnya kita biding 800 perak, eh sekarang naik sampai Rp 9000,-

“Ada apa gerangan ini?”

Pernahkah Anda mengalaminya juga?

Ada beberapa alasan mengapa om google memberikan warning seperti itu, namun berita baiknya adalah tiap kali ada kesalahan yang kita buat, om google juga memberitahukan alasannya.

Saya sendiri pernah mengalami hal tersebut dan ketika saya mempraktekkan saran dari om google, iklan saya kembali tayang dan hasilnya memuaskan ūüôā

Berikut tips singkat yang saya praktekkan ketika menghadapi kasus diatas:

1. Saya akan cek Relevansi antara kata kunci, isi iklan dan isi konten situs yang saya promosikan.

Apakah isi kontent tersebut benar-benar membantu user/pencari/target market atau tidak sama sekali.

Ada yang bertanya, “Loh, pak Gm ..caranya gimana sih supaya isi kontent yang kita buat itu benar-benar membantu users?”

Gampang:

Posisikan diri Anda sebagai user!

Katakanlah Anda sedang mencari baju anak branded, lalu anda menjumpai situs yang isinya hanya IKLAN tentang dimana dia bisa beli baju anak branded.

Kurang lebih seperti ini:

“Dijual baju anak branded harga spesial Rp. 99.000,00,- DISC 20%, hanya di www.namasitus.com

Segera..BURUAN..kesempatan ini terbatas!

Apakah isi kontent diatas bermanfaat?

Jawabannya adalah  TIDAK!

Dan saya yakin jika Anda mempromosikan situs dengan isi kontent seperti itu menggunakan google adwords, pasti QS-nya rendah sekali dan ujung-ujungnya iklan Anda tidak akan pernah ditayangkan.

“Lalu seperti apa yang user friendly itu?”

Contoh kasus kedua.

Sama-sama jual baju branded anak, namun di situs ini isi kontentnya sedikit berbeda.

Alih-alih langsung ngiklan, si pemilik situs membuat beberapa menu seperti:

TOP 5 Baju Branded Anak 2010, Perbandingan/Review masing-masing merk oleh beberapa pembeli/customer testimonial, Kelebihan dan kekurangan masing-masing merek, kemudian rekomendasi harga dan dimana bisa membeli dengan harga rekomendasi tersebut, jaminan garansi dan katalog contoh baju anak branded yang sedang laris di pasaran.

Kemudian disertakan juga, bagaimana cara user mengkontak dia (untuk menanyakan segala sesuatu tentang produknya/produk yang dipromosikannya)

Tidak lupa juga, si pemilik situs juga memberikan tips-tips singkat seputar pengalamannya dalam membeli baju branded anak. Disertai pengalaman serupa yang dialami beberapa pelanggan (mungkin masalah pengiriman produk, harga, kemasan, dll)

Nah, sekarang jika user-nya adalah Anda, kira-kira Anda akan lebih betah membaca contoh isi konten pertama atau kedua pada studi kasus diatas?

Yap, benar pasti model isi kontent situs kedua yang masuk pada kategori user friendly dan good news-nya adalah om google pun akan memberikan QS tinggi, bahkan harga penawaran yang murah dibandingkan pesaing Anda, dan terlebih iklan Anda akan ada selalu di urutan atas ūüôā

2. Silahkan Anda membuat daftar kata kunci yang lebih efektif. Hindari kata kunci mayor yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan isi kontent Anda.

Jika misalnya Anda ingin mempromosikan situs Anda yang menjual baju batman, adalah lebih efektif Anda menembak kata kunci “juat baju batman” dibandingkan dengan menembak kata kunci “jualan baju anak”

3. Silahkan Anda naikkan tawaran/harga bidding kata kunci yang Anda tembak.

Tidak selalu harga mati untuk Anda menembak kata kunci adword semurah-murahnya, terkadang kita harus berani menaikkan harga bidding untuk membuat iklan kita layak tampil.

Itulah tips singkat yang bisa Anda praktekkan sesegera mungkin.

Our Rating

8

8 Comments

  • raka says:

    Pa Gm artikelnya menarik. sangat membantu saya yang sedang mempelajari bisnis online.

  • via says:

    mlm pak sy sgt tertarik,tp gak tau gmn caranya gabung makasih..

  • andro says:

    Pak GM, terimakasih untuk materinya.
    SANGAT bermanfaat.
    selain itu sangat mudah untuk dipahami.

    terimakasih pak GM
    sukses selalu

  • gotep says:

    saya rasa masukan yang mantaf utk diterapkan, mudah2an saya bisa berhasil dgn setelah menyimak. website pak GM.

  • Fumigasi says:

    Terima kasih infonya pak, infonya sangat membantu bagi pengembangan website

  • terima kasih banyak infonya,semoga informasinyabisabrmanfaat buat saya.

  • opick says:

    saya belum punya website bagaimana membuat blog atau website untuk produk saya yaa pak..

  • Trik mendominasi market online, tentu semua Pebisnis Online memerlukan nya, so ikuti langkah demi langkah cara bagaimana semestinya sebagai seorang Marketer, Blogger, Webmaster, Mentor untuk gabung dg Gm.Susanto tutorial.com
    Mari kita bekerja sama untuk menjadi Keluarga Sukses di bidang “Bisnis Online”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *