Google Adwords Volume 5

Bagaimanakah Mengetahui Kinerja Iklan Google Adwords Yang Telah Anda pasang?

Halo teman-teman, pada pembahasan google adwords volume 5  ini, saya akan lebih banyak berbagi tentang beberapa istilah yang masih banyak ditanyakan seperti Halaman Mutu (Quality Score), Impression (tayangan), RKT, dll.

Perlu Anda tahu bahwa hasil kampanye adalah hal yang sangat penting bagi Google AdWords dan cara terbaik untuk memastikan bahwa Anda meraih hasil maksimal dari investasi periklanan Anda adalah dengan memantau kinerja akun.

Tujuan kita memasang iklan di adwords tentu saja supaya kita bisa cepat mendapatkan customer yang tepat dan tertarget dengan biaya yang seminimal mungkin.

Hal ini bisa terjadi dengan melihat beberapa parameter yang om google berikan ke kita.

Pada umumnya, jika kita mendapatkan Quality Score tinggi (9-10) maka itu berarti om google lagi bilang bahwa dia menyukai iklan kita, sehingga posisi iklan kita akan ada diurutan atas (tinggi) dengan harga bidding yang murah/profitable untuk kita.

Berikut salah satu contoh tayangan iklan yang saya buat yang langsung mendapatkan Quality Score tinggi dari om google :

Lalu bagaimanakah kinerja akun AdWords Anda?

Cara pertama dan termudah mengukur keberhasilan adalah meninjau statistik Adwords. Keberhasilan dengan Adwords akan berbeda bagi setiap bisnis dan bergantung pada tujuan bisnis. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yang akan menunjukkan bahwa iklan berjalan dengan sukses:

1. Tayangan (impression)

Jumlah tayangan menunjukkan frekuensi iklan telah ditampilkan kepada calon pelanggan. Jumlah tayangan yang tinggi berarti iklan Anda sering dilihat, namun bukan selalu menunjukkan ukuran keefektifan campaign yang Anda buat.

Anda harus meninjau hal ini sehubungan dengan klik (jumlah pengguna yang telah mengklik iklan) untuk memahami relevansi iklan dengan pemirsa. Hal ini mudah dilakukan dengan melihat rasio klik-tayang (RKT).

2. Rasio klik-tayang (RKT)

Untuk segera mengetahui kinerja kampanye, periksa RKT – yakni, seberapa sering pengunjung mengklik iklan setelah melihatnya. Sebagai acuan sederhana, RKT di Google yang bernilai kurang dari 1% menunjukkan bahwa iklan tidak ditargetkan ke pemirsa yang relevan. Lihat hal ini di tab ‘Kampanye’, lalu lihat RKT setiap kata kunci dan iklan pada masing-masing tab.

3. Posisi Rata-Rata

Lihat kolom Pos. Rata. di tab ‘Kampanye’ dalam akun untuk mengetahui lokasi tampilnya iklan di laman hasil penelusuran. Maksimal 11 iklan ditampilkan pada setiap halaman penelusuran, sehingga jika posisi rata-rata Anda adalah 11 atau lebih, maka secara rata-rata iklan Anda tidak muncul di halaman pertama hasil penelusuran.

Anda harus mencoba menampilkan iklan pada laman pertama hasil penelusuran agar calon pelanggan dapat lebih mudah menemukan iklan Anda.

4. Tawaran Halaman Pertama

Jika iklan tidak muncul pada laman pertama hasil penelusuran, Anda akan melihat tawaran halaman pertama di tab ‘Kata Kunci’ dalam kolom ‘Status’. Taksiran tawaran yang tinggi dapat menunjukkan bahwa kata kunci atau iklan Anda tidak serelevan yang seharusnya.

5.Angka Mutu (Quality Score)

Setiap kata kunci memperoleh angka mutu, lihat penjelasannya di link ini:

(http://adwords.google.com/support/aw/bin/static.py?hl=id&page=guide.cs&guide=21899&topic=21900&answer=146307&utm_source=awo&utm_campaign=ww-id-em-newad_email5&utm_medium=email)

Angka mutu ini bisa Anda temukan dengan mengklik ikon di kolom ‘Status’ pada tab ‘Kata Kunci’. Angka mutu kata kunci diperbarui secara rutin dan sangat terkait dengan kinerjanya. Umumnya, angka mutu setinggi 9 atau 10 berarti kata kunci Anda akan memicu iklan pada posisi lebih tinggi dengan biaya per klik (BPK) lebih rendah.

Angka mutu memperhatikan berbagai faktor untuk mengukur relevansi kata kunci dengan iklan dan dengan kueri penelusuran pengguna.

Jika Anda ingin meningkatkan metrik ini, sebaiknya optimalkan akun dengan Kiat Pengoptimalan, klik disini :

http://adwords.google.com/support/aw/bin/static.py?hl=id&page=guide.cs&guide=21899&topic=21905&answer=146308&utm_source=awo&utm_campaign=ww-id-em-newad_email5&utm_medium=email).

Saya mengetahui jumlah pengunjung yang mengklik iklan, namun berapakah yang menjadi pelanggan?

Meskipun menunjukkan jumlah pengunjung yang mampir ke situs web, jumlah klik tidak menunjukkan seberapa penting pengunjung bagi bisnis Anda. Karena itu, Anda harus mengetahui berapa banyak pengunjung yang mengklik iklan melanjutkan dengan tindakan yang diinginkan di situs (mis. menuntaskan pembelian, meminta daftar harga, dsb.). Tindakan itu disebut konversi.

6. Pelacakan Konversi Adwords

Lihat panduannya disini: (http://adwords.google.com/support/aw/bin/static.py?hl=id&page=guide.cs&guide=21899&topic=21905&answer=146309&utm_source=awo&utm_campaign=ww-id-em-newad_email5&utm_medium=email)

Pelacakan konversi Adwords adalah alat Google gratis yang memungkinkan Anda menghitung jumlah konversi yang merupakan hasil langsung klik pada iklan AdWords. Dengan data ini, Anda dapat menandai iklan dan kata kunci yang paling banyak memperoleh konversi dan biaya setiap konversi. Selanjutnya, Anda dapat mengedit kampanye sesuai dengan hal itu untuk meningkatkan laba atas investasi.

Jika Anda menginginkan informasi lengkap tentang cara melacak keberhasilan Adwords,lihat panduan untuk pemula ketika ingin memasang iklan di Google Adwords, klik di halaman ini :

(http://adwords.google.com/support/aw/bin/static.py?hl=id&page=guide.cs&guide=21899&topic=21905&answer=150719&utm_source=awo&utm_campaign=ww-id-em-newad_email5&utm_medium=email)

Semoga bermanfaat ya 🙂

9 Comments

  • Daniel says:

    Salam Kenal Pak GM

    Wah sepertinya saya harus banyak belajar dari sini, apalagi soal peningkatan pendapatan dari clickbank. Kebetulan saya member baru di AB, jadi baru saja membuat web self hosting.

    Saya ijn menjelajah dulu di artikel yang lain

  • ebez says:

    Dear Pak GM,
    saya telah membeli produk RSCB Bapak, namun saking semangatnya maen di google adwords hingga adwords saya di suspendedoleh google.
    Apakah masih bisa saya menggunakan email yang lain, namun identitas dan alamat masih sama. Atau minimal CC yang sama, karena saya menggunakan credit card.
    Terimakasih.

  • didik says:

    pak gm saya member baru di rahasia sukses clickbank, terima kasih atas semua videonya. pak gm, saya mempunyai masalah terkait dengan penayangan iklan di adwords, pada awalnya iklan saya berjalan lancar tapi semenjak 4 hari yang lalu sampai sekarang iklan saya tidak berjalan padahal semua campaign saya sudah diapprove dan status keyword saya eligible, tapi ketika saya arahkan ke statusnya muncul keterangan “The keyword phrase doesn’t currently trigger any of your ads”, saya bingung padahal saya sudah membuat kampanye, group,iklan, laman landas,serta keywordnya serelevan mungkin, mohon bantuannya..
    saya sudah mencoba untuk mengontak pihak adwords tapi tidak ada jawaban.

    • Gm. says:

      keyword tdk bs memicu iklan, krn:
      1. harga bidding terlalu rendah
      2. dalam rentang/kurun waktu ttt (3 hari, 7 hari, dst) kata kunci tsb rendah sekali pencariannya

      perhatikan brp QS yang diberikan google, jk misalnya tadinya 7 lalu mjd 4, itu artinya kena “tamparan” tp jk ttp/tidak menurun, ikuti tips di bawah ini:

      tembakkan/bidding main keywordnya dulu dan tambahkan internal dan eksternal linking pd isi konten situs anda.

  • Benar pak, saya sendiri sudah membuktikan keampuhan teknik Pak GM ini..
    So, gak ada ruginya gabung di RSCB..

    Anda bisa lihat screenshot QS 10 yang saya dapatkan di adwords :
    http://clickbank.review-bisnis.com/images/adword-qs.gif

    Untuk gabung di Rscb bisa melalui link ini Pak :
    http://RSCB.review-bisnis.com

    ada tambahan bonus special khusus dari saya jika bergabung melalui link tersebut..

  • Samuel says:

    Halo pak GM,

    thanks utk tips nya. Saya tertarik terhadap materi pembelajaran Adwords mengenai bgm mendapatkan QS 10/10. Saya muter2 di blog bapak tapi belum menemukan video step by step nya. Bisa minta link nya yg langsung ke page tsb?

    matur nuwun

  • Angga says:

    Wah,,keren…
    Saya akan coba praktekan semua tutorial pake GM,,,
    Insya Allah, mudah-mudahan 2 bulan lagi saya dapat $$$ :cendol 🙂

  • ezy says:

    hello..pak GM

    Adword tidak membenarkan redirect,bagaimana saya boleh iklankan produk dari click bank menggunakan adword?

    • Gm. says:

      pake web sendiri saja dulu pak, tidak semua redirect bs lolos ke om google, tergantung isi kontennya apa.
      coba mulai dari membangun kontent dulu yg bermanfaat untuk web anda seblum promosi pake adword y

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *