Foto Produk Online Shop Saya Di Ambil Tanpa Ijin

Tujuan besar yang ingin diraih harus sejalan dengan nilai-nilai universial (golden ways) dan prinsip kejujuran atau integritas seseorang.

dibajak

Orang bisa saja mendapatkan keuntungan bisnis atau mendapatkan order penjualan dalam jumlah besar dalam waktu singkat, tapi jika cara yg dipakai merugikan orang lain ya buat apa, toh suatu saat akan MENTOK juga!

Ada pertanyaan yang masuk ke help desk di member area gmsusantotutorial.com, begini bunyinya:

“Pak, produk online shop saya dibajak fotonya, gimana donk? udh cape-cape foto, eh malah diambil orang. Saya sudah tanya baik-baik, eh dia malah nyolot. Kalo aku kasih nama saya atau nama web di foto produk yang saya upload, kan kasian juga para resellerku. Gmn ya pak?”

Perhatikan ini, untuk seseorang bisa berpenghasilan dari internet, apapun bisa dilakukan termasuk cara-cara curang dan tdk ber-Etika seperti contoh diatas.

Contohnya banyak kok, tidak hanya curi-mencuri foto!

Namun, cara-cara seperti itu SELALU ADA BATASNYA, suatu hari pasti MENTOK!

Ada batasnya disini bisa berarti omsetnya ya segitu-segitu saja, usahanya sulit berkembang, sering mendapatkan customer yang tiap harinya membuat repot dan memusingkan, banyak komplain, dst sampai akhirnya usahanya tidak akan bisa bertahan lama!

Jika seseorang ingin omset usahanya menjadi semakin besar, hal pertama dia harus sadar bahwa dengan melakukan cara-cara curang tanpa etika seperti contoh sederhana diatas hanya akan menghambat rejekinya dan kemajuan usaha itu sendiri!

Mungkin dia ingin pake jalan tol, foto ambil punya orang tanpa ijin, udh gitu produknya dijual murah dan dia pikir dia bs sukses dg cara spt itu???

Hmm, NO!

Sebagai praktisi (pedagang kaki online), saya pun pernah mengalami hal itu sehingga saya dengan yakin berani menulis pengalaman ini, setelah saya tahu hasilnya!

Produk kita yang dibajak atau foto-foto OS kita di ambil tanpa ijin itu menandakan adanya pengakuan terhadap karya atau produk kita adalah yang terbaik.

O ya, sekitar 7-8 bulan lalu foto-foto produk OS milik salah satu member di situs gmsusantotutorial.com juga dibajak tanpa ijin, ketika dia mengeluh dan berkonsultasi, saya memberikan jawaban yang sama persis dengan jawaban diatas.

Singkat cerita 3 minggu setelahnya, saya tanya gimana perkembangannya?

Dia bilang sudah tidak terlalu memikirkannya. Dia sekarang malah lebih tertantang untuk semakin memberikan pelayanan yang terbaik untuk pelanggan di Online Shop miliknya!

Lalu si member ini menunjukkan percakapan di Facebook milik oknum yang suka mengambil foto produknya tanpa ijin. Disana dia sangat bangga bisa jual produk sampai 100 pcs dengan harga murah berikut bukti tampilan foto percakapan BBM dengan customernya (yap dia sengaja banting harga murah – karena dipikirnya menjual dengan harga murah sama dengan SUKSES)

Walaupun produknya saat itu banyak terjual (percayalah, ini juga tidak akan pernah terjadi setiap hari) – TAPI TERNYATA setelah dihitung keuntungannya tidak lebihย  dari 150 ribuan dan ingat, ini masih keuntungan KOTOR!

(yap, kebetulan produknya jg mengambil di produsen yang sama, jadi member saya ini bisa tahu hitung-hitungan kotornya)

Lalu si member ini yg foto-fotonya suka dibajak tanpa ijin, bilang ke saya bahwa sebenarnya dia juga menjual produk yang sama dimana rata-rata penjualannya minimal 100 pcs per harinya dan keuntungan kotor yg diperoleh adalah 1,2 juta

Bedanya, dia tidak pernah mau koar-koar berapa pcs yang dia jual per harinya dan berapa total omset hariannya di FB!

Tapi setelah tahu FAKTANYA, dia sudah tidak terlalu ambil pusing!
Dan dia lebih bersyukur lagi bahwa rejekinya tidak berkurang sama sekali. Hasil penjualan yang didapat mendatangkan damai sejahtera bagi dirinya, usahanya dan juga keluarganya.

150 ribu (kadang-kadang) VS 1,2 juta setiap hari. Anda lihat bedanya? ๐Ÿ™‚

Tuhan tidak kurang kreatif memberkati umat-Nya yang menjalankan usahanya dengan benar. Tetap lakukan yang terbaik dengan melayani customer sehingga mereka puas dengan produk dan jasa yang kita tawarkan.

Selalu memberikan pelayanan lebih sehingga customer pada akhirnya akan menjadi “sales marketing” produk kita (selain menjadi pelanggan setia), terlebih lagi akan banyak customer-customer baru yang datang. Karena hukum tarik-menarik selalu bekerja!

Kalau cara kita menjalankan usahanya bener maka customer yang datang juga adalah customer yang serius dan ingin benar-benar menjadi pelanggan kita.

Sebaliknya, kalo caranya saja sudah nggak bener maka Anda tahu sendiri jawabannya ๐Ÿ™‚

So, ingin usahanya semakin besar? Mari kita bangun apapun usaha kita dengan nilai-nilai dan prinsip kejujuran dan integritas tanpa merugikan kepentingan orang lain!

Setujuu?

6 Comments

  • bunga_harahap says:

    sekarang foto saya di curi, di jadikan testimoninya. yg saya mau tanyakan kn, tidak ada kah pasal atau hukum yg berkaitan mengambil foto org tanpa izin .
    krn sebenarnya saya merasa di rugikan

  • Hasan says:

    Sama halnya seperti saya.
    Awalnya emosi sy tlp dan bilang apakah anda benar mengambil foto saya tanpa izin?
    Dia nyolot. Ya sudah lah.
    Yg ingin sy tanyakan apakah tidak ada hukum atau pasal yg menyelahkan jalan tsb. Misal dr segi fotografi.
    Sy bersyukur karrna sebenarnya rezeki sy tdk berkurang. Cuman saya ingin tau saja, dan saya sdh tidak bgitu memikirkannya.
    Trimakasi. Smoga sukses smua.amin

  • Mantab sharingnya, pernah juga mengalaminya, bersyukur pernah ikut belajar dengan pak GM

  • Bisnis TIket says:

    Super sekali pak GM ๐Ÿ™‚
    Betul sekali pak kecurangan biasanya memberikan hasil yang tidak baik/kurang memuaskan. Lebih baik bersaing sehat saja. Toh rejeki gak akan kemana. Sudah ada yang ngaturnya. Yang penting berusaha semaksimal mungkin, untuk hasilnya kita serahkan kepada yang di atas…

  • suzimuhyi says:

    Benar2 memberi pencerahan dan inspirasi, trims pak

  • mantap dan luar biasa pak, semoga toko online yang dijankan makin berkembang dan makin meningkat penghasilan bersihnya ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *