Tips Meningkatkan Pengunjung Situs Dengan Efektif SEO

Search engine optimization atau SEO adalah cara yang masih relevan digunakan oleh internet marketer untuk mendatangkan pengunjung tertarget ke situs penjualan.

tips seo sederhanaAda 4 hal sederhana yang harus menjadi perhatian kita untuk mengoptimalkan situs penjualan kita dengan prinsip-prinsip seo ini:

1. One way link (backlink)

Salah satu metode dari SEO  untuk mendapatkan hasil yang terbaik adalah mendapatkan link dari situs web lain yang sejenis.

Jika situs penjualan Anda tentang “diet” maka alangkah baiknya situs yang memberikan link yang mengarah ke situs Anda adalah situs-situs yang memiliki tema sejenis.

Berita baiknya, dengan Anda terus menerapkan strategi artikel pemasaran produk dengan menulis kualitas konten yang bermanfaat, maka akan banyak situs sejenis yang akan memberikan link ke situs Anda.

Jika Anda ingin mendapatkan link ke situs Anda maka kata kuncinya adalah “Content is the king” – itulah prinsip dasar dari sebuah seo sederhana yang saya maksud.

2. Menulis kata kunci terkait dalam artikel pemasaran

Menulis artikel yang benar-benar informatif yang sesuai dengan  kata kunci yang relevan dengan produk atau jasa yang Anda jual di situs penjualan adalah satu cara untuk menerapkan prinsip-prinsip seo sederhana ini.

Anda bisa menulis artikel pemasaran sendiri atau Anda mendapatkannya dari direktori artikel yang memungkinkan Anda untuk memposting artikel ini di situs penjualan Anda.

Tentunya jika cara ini ditempuh, Anda harus memberikan kredit pada penulis aslinya, misalnya Anda memberikan keterangan sumber artikel dan juga link balik ke situs mereka.

Dengan Anda menulis kontent (tulisan/produk terkait) yang bermanfaat bagi pengunjung berarti Anda sedang melakukan seo dengan tepat.

Saya melihat banyak internet marketer yang sukses dalam menerapkan metode seo ini biasanya salah satu fokus terbesarnya adalah pada kualitas konten yang ditulis.

3. Nama domain situs yang unik

Bagaimana cara membuat pengunjung Anda ingat akan website Anda?

Salah satunya dengan pemilihan nama domain yang unik, yang relevan dengan produk/jasa yang Anda pasarkan secara online.

Dengan nama domain yang sangat mudah ingat. Akan membantu orang lain untuk terus berkunjung ke situs Anda, terlebih jika informasi yang Anda sampaikan itu relevan dan sangat bermanfaat (user friendly).

Menurut saya nama domain yang unik yang terkait dengan isi konten (produk/jasa) masih menjadi salah satu acuan dalam keberhasilan taktik seo sederhana ini.

4. Mengatur navigasi situs Anda

Memberikan langkah mudah dalam menjelajahi situs Anda adalah salah satu cara untuk membuat pengunjung Anda menjadi nyaman dengan situs Anda. Hal ini, pada gilirannya, akan meningkatkan arus lalu lintas ke situs Anda.

Pastikan fitur-fitur navigasi pada situs Anda tidak membingungkan pengunjung, sehingga mereka dapat dengan mudah mencari artikel-artikel/tulisan dari Anda.

Saya juga telah menulis unsur-unsur website yang harus Anda terapkan di situs Anda sehingga bisa meningkatkan arus trafik tertarget yang mau datang terus-menerus ke situs Anda.

Masih banyak metode seo yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan arus pengunjung ke situs Anda menggunakan prinsip-prinsip seo ini.

Tapi paling tidak prinsip-prinsip seo sederhana diatas jika konsisten dilakukan akan mendorong situs Anda mendapatkan peringkat yang bagus di mesin pencari dan akan mendapatkan pengunjung tertarget ke situs Anda.

Bagaimana studi kasus sederhananya?

Begini :

Misalnya saja Anda ingin menjual produk baju batik pekalongan, lalu memilih nama domain yang unik yang terkait dengan produk baju batik pekalongan, lalu Anda fokus memberikan isi konten artikel dan gambar dengan satu tema saja yaitu “baju batik pekalongan”

Lalu karena situsnya unik, informatif dan juga bermanfaat maka tidak sedikit situs-situs yang memberikan rekomendasi link yang mengarah ke situs baju batik pekalongan ini.

Sementara itu navigasi di situs baju batik pekalongan pun sangat user friendly, pengunjung dapat dengan mudah menemukan konten dan produk-produk yang mereka cari, terlebih lagi, Anda sebagai pemilik situs baju baik pekalongan sangat fokus pada kualitas konten dan produk yang dijual.

Sehingga banyak pengunjung yang terus dan terus datang berkali-kali untuk melihat konten dan produk-produk terbaru di situs Anda setiap hari.

Nah, dengan cara sederhana diatas, maka performa situs Anda akan bagus di mata search engine, dan saya pastikan bahwa Anda akan mendominasi niche market “baju batik” di halaman pertama search engine (google dalam hal ini)

Sehingga dari hari ke hari, situs Anda terus menerus mendapatkan kunjungan tertarget!

Saya sudah membuktikannya, bagaimana dengan Anda 🙂

2 Comments

  • Pak Gm, informasinya bagus bermanfaat. Tp sy mau nanya soal poin 2 : Kita hrs menulis artikel yg benar2 informatif yg sesuai dgn kata kunci yg relevan dgn produk yg kita jual. Artikel itu kita tulis di blog yg kita buat kemudian dibuatkan link ke situs penjualan kita, atau bgmn pak? Belum faham, mhn penjelasan, tks.

    • admin says:

      ya benar, kt bs tulis benefit/fitur2 terkait produk/jasa yang kita jual scr online dan relevan dg kata kunci pencarian yg terkait dg produk/jasa kita.
      tdk hrs 2 website (1 blog dan 1-nya situs penjualan), bs jg 1 website,

      jd misal bpk punya web tt obat herbal, nah selain jualan obat herbal bapak juga fokus menulis artikel pemasaran terkait dg produk herbal bapak di situs bapak, bisa juga review produk sejenis, dll

      intinya adalah kt bs berikan target market kt informatif yang benar2 membuat mereka akhirnya sadar bhwa mereka butuh produk herbal yg bapak jual itu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *