Cara Saya Mendapatkan Order Penjualan Online Setiap Hari

Anda ingin menjual produk secara online?

Ada banyak orang yang hanya ingin jualan dan dapat untung tapi terlalu “menggampangkan” proses menjual produk itu sendiri.Ada beberapa hal yang harus kita ingat sebagai penjual yang ingin melihat barang dagangan kita terus menerus disukai oleh pembeli, apa itu?

Anda mau memenangkan persaingan dan terus menerus mendapatkan order secara online?

Sebelum Anda membuat toko online, kuasai dulu produk atau jasa yang ingin ditawarkan kepada konsumen.

a. Anda harus tahu produk knowledge tentang produk atau jasa yang akan anda jual

b. Anda harus bisa memberikan informasi lengkap tentang produk dan jasa yang ditawarkan, serta manfaat serta perlunya membandingkan antara produk satu dengan lainnya.
Why?
Hal ini berkaitan dengan keutamaan produk yang relatif memiliki fitur sama, namun memiliki perbedaan dari segi fungsionalitas. Dengan cara demikian, maka Anda akan lebih mudah menyampaikan nilai tambah dan USP (Unique Selling Proposition) produk Anda ke pembeli.

“What Next?”

1. Melihat musim

Cobalah anda amati musim yang saat ini lagi hangat mengenai kebutuhan dimasyarakat. Memanfaatkan situasi atau musim merupakan langkah cerdas dalam berbisnis online. Maka dari itu anda bisa jauh-jauh hari memprediksi serta mempersiapkan barang apa yang hendak anda jual.

Misalnya : Anda jualan baju dan saat ini sedang musim hujan. Cobalah kreatif dengan menjual baju berbahan agak tebal namun nyaman digunakan. Bisa juga Anda menjual baju dengan bahan tipis namun tetap memberikan rasa hangat ketika dipakai.

Kalau musim kemarau? Biasanya masalah yg dihadapi konsumen itu berkaitan dengan keringat dan rasa panas.

Sehingga jika Anda bisa menjual baju dengan kualitas bahan yang bisa menjawab 2 masalah di atas maka baju Anda akan tetap di buru oleh konsumen!

Misalnya kualitas bahan baju yang Anda jual berbahan katun, linen dan nilon. Bahan ini terbukti bisa menyerap keringat yang baik, bahannya halus dan kuat.

2. Perbanyak varian produk

Hal ini merupakan permainan statistik dalam berjualan. Semakin banyak produk atau jenis barang yang anda tawarkan, maka akan semakin besar tingkat prosentase kemungkinan terjualnya barang secara online.

Jadi, bagi anda yang ingin sukses berjualan online jangan takut untuk memperbanyak produk yang akan anda tawarkan kepada konsumen.

Coba anda lihat toko hijab online, apakah mereka hanya menjual satu jenis hijab? Tentu tidak. Mereka terus menerus memperbanyak jenis dan varian produk hijab mereka sehingga konsumen tidak akan pernah bosan dan selalu membeli produk-produk terbarunya!

Selektiflah di dalam menampilkan jumlah produk dengan kategori-kategori tertentu, sehingga nantinya akan gampang ditangkap oleh konsumen.

Kadang, pemula berpikir harus mengeluarkan semua produknya utk selalu dipajang di toko online, padahal yang harus kita prioritaskan terlebih dahulu adalah PRODUK-PRODUK YANG MEMANG BENAR-BENAR SEDANG DICARI OLEH PEMBELI, karena itu TERUSLAH MENGUPDATE PRODUK KITA SESUAI KEBUTUHAN/TREND YANG ANDA

Jika misalnya, Anda berjualan fashion, teruslah mencari model-model sedang jadi trend disukai oleh market. Anda bisa melihat trend tersebut melalui acara TV, Majalah, Mall, dll

Jika kita cermat menangkap peluang tersebut, maka kita bisa meningkatkan omset penjualan kita.

Jadi teruslah buka mata dan telinga terhadap update produk terbaru dari Anda sesuai dengan trend dan kebutuhkan market Anda dengan cara demikian produk anda akan mudah terjual.

3. Strategi dalam menentukan harga

Tidak hanya kualitas barang yang dijamin kualitasnya, tetapi harga yang tepat akan menentukan seberapa banyak Anda bisa menerima order setiap hari!

Oleh sebab itu, anda wajib melakukan pengamatan atau riset mengenai harga barang anda di pasaran untuk membandingkan. Penentuan harga tidak perlu harus selalu murah, tetapi hal yang paling utama konsumen merasa yakin bahwa barang yang anda jual itu sempurna dan terjaganya kualitas barangnya.

Biasanya ada 2 strategi yang bisa Anda terapkan  untuk menentukan harga,

Pertama, menentukan harga jual berdasarkan biaya.

Apa maksudnya?

Hitung semua total biaya yang Anda keluarkan dan margin keuntungan yang Anda inginkan – itulah harga jual!

Misalnya Anda jual baju tidur anak. Total biaya per baju dari kulakan, ongkos transportasi, pengepakan, dll di hitung rata-rata sebesar Rp. 15.000,- per item dan Anda mengharapkan margin keuntungan 40% maka harja jual baju tidur anak per itemnya menjadi Rp. 21.000,-

Kedua, harga jual berdasarkan kompetisi.

Ini berarti ketika Anda ingin masuk ke market tersebut, sudah ada kompetitornya! Jadi Anda adalah pemain baru. Karena itulah, Anda menjual lebih murah dari pesaing Anda dan tetap mendapatkan keuntungan tipis!

Biasanya strategi ini dilakukan oleh pemodal besar.

Tapi ingat, konsumen sudah cerdas!

Mereka tidak sayang mengeluarkan uang mereka sedikit lebih mahal dari kompetitor jika mereka menyadari bahwa produk dan layanan yang Anda jual itu yang terbaik dan unik (limited product). Karena itulah jangan selalu terjebak dengan istilah perang harga.

Jangan lupakan juga kalau anda harus memberikan pelayanan dan sentuhan yang ramah terhadap konsumen.Sekalipun mereka pada akhirnya ada yang tidak jadi membeli produk tapi mereka akan terkesan dengan pelayanan Anda.

Dan tidak menutup kemungkinan suatu saat mereka akan kembali ke toko online anda dan memborong produk dengan jumlah besar 🙂

Pelayanan yang ramah, cepat dan memberikan kemudahan serta solusi bagi konsumen bisa membuat seorang pembeli menjadi pelanggan setia anda.

“Pak Gm Susanto, Apa Yang Membuat Toko Online Banyak Di Sukai Pengunjung?”

Banyak pemula yang ingin sukses berjualan online namun dipusingkan dengan berbagai hal teknis yang sebenarnya bisa kita sederhanakan prosesnya.

Dalam video tutorial tentang membuat toko online yang disukai pembeli, saya berbagi sedikitnya 6 hal yang tidak boleh kita lupakan ketika kita ingin sukses berjualan produk fisik secara online.

Jika Anda tertarik untuk membuka bisnis sendiri tetapi tidak memiliki modal besar, Anda tidak perlu khawatir tentang hal itu lagi karena Anda bisa mendirikan bisnis sendiri melalui toko online.

Anda bisa mengatur apa saja barang yang akan Anda pajang di toko online.

Melalui toko online, pengunjung dengan mudah dapat membeli produk Anda, bahkan tidak menutup kemungkinan akan banyak penawaran kerjasama dari orang lain yang ingin juga dapat menjual produk mereka di toko online milik Anda.

Strategi pemasaran merupakan bagian penting untuk mempromosikan dan mengkomersialkan toko online Anda kepada pengunjung.

Di bawah ini adalah 6 tips sukses dalam membuat toko online yang disukai pengunjung

1. Keep it simple

Desain situs toko online Anda harus menarik pengunjung tapi ingat harus tetap sederhana.

Hanya menempatkan informasi penting atau deskripsi produk sederhana di webstore Anda, jika webstore Anda ramai dengan banyak halaman penuh kata maka pengunjung akan bosan/bingung dan bisa jadi dia tidak ingin membacanya.

Meskipun toko online milik Anda sederhana tapi pastikan Anda menuliskan informasi yang jelas tentang produk yang Anda jual.

Anda perlu memahami produk Anda cukup baik dan mengatur letak display barang mereka pada satu sistem halaman yang masuk akal untuk pelanggan Anda.

Jika mereka tidak tahu di mana mencari produk tertentu, bisa jadi mereka akan kesal dan dengan kata lain situs Anda termasuk situs yang kurang efektif mengkomunikasikan merek Anda.

So, pastikan miliki navigasi sederhana untuk membantu pengunjung menemukan dengan mudah produk yang mereka inginkan.

2. Berikan cara termudah untuk memesan dan membayar produk

Ini adalah hal penting dalam bisnis online, kadang-kadang pedagang memberikan banyak aturan dan regulasi pada pembeli dengan prosedur dan pembayaran online yang ribet.

Faktor inilah yang kadang membuat pengunjung lari ke webstore lain.

Sebagai pemilik bisnis, Anda perlu menyediakan cara yang nyaman untuk melakuka order/pesanan di situs toko online Anda.

Misalnya hanya dibuat satu klik setelah proses order barang dan pelanggan sudah mendapatkan konfirmasi detil produk yang dipesan termasuk jumlah pembayaran yang harus dibayarkan.

Berikan pilihan dalam hal metode pembayaran, misalnya Anda menyediakan beberapa rekening bank lokal atau melalui paypal.

Selain itu jika Anda ingin pengunjung Anda betah melihat barang dagangan yang dipajang di toko online Anda?

Berikan menu penting seperti FAQ (pertanyaan dan jawaban seputar produk Anda), informasi kontak, metode pengiriman, metode pembayaran, dan lain-lain yang secara otomatis akan memberikan kenyamanan untuk pengunjung yang akan bertransaksi dengan Anda

3. Berikan identitas yang unik di toko online milik Anda (branding)

Ketika Anda membuat toko online sendiri buatlah kreatif, sederhana dan unik, karena itu orang akan mengingat merek Anda dan juga situs Anda

4. Realistis harga

Harga produk adalah salah satu strategi pemasaran untuk menarik pengunjung ke webstore Anda, lagi dan lagi.

Anda harus memberikan harga yang realistis pada produk Anda, jika harga Anda tidak kompatibel dan mahal untuk produk yang bisa dengan mudah di dapat secara online, maka bisa jadi pengunjung akan membatalkan pembelian di toko online milik Anda.

5. Terus perbarui dan tambahkan produk-produk terbaru dari Anda.

Tetap update dengan produk-produk terbaru, ataupun varian produk terkait akan membuat pelanggan tetap terus membeli produk di toko online milik Anda.

Berikan juga data testimonial dari pelanggan Anda sehingga pengunjung tahu bahwa mereka akan mendapatkan kepuasan atau jaminan terhadap produk yang akan mereka beli.

6. Buka program afiliasi atau jaringan reseller untuk produk atau jasa yang Anda jual melalui toko online

Dari webstore Anda sendiri, Anda dapat meningkatkan omset penjualan, misalnya salah satunya dengan membuka afiliasi atau jaringan reseller.

Sehingga akan banyak reseller yang menjadi tenaga pemasaran toko online Anda tanpa Anda harus mengeluarkan biaya (gaji) untuk mereka.

Saya sudah banyak membahas tentang rahasia dapur saya ketika saya membuat toko online dari awal persiapan sebelum membuat toko online, memilih model toko online yang terbukti meningkatkan sales, teknik promosi dengan sedikit biaya, teknik melipatgandakan omset tanpa biaya promosi sampai dengan membuat toko online Anda bisa berjalan tanpa kehadiran Anda setiap hari.

7 Comments

  • Pak GM saya jadi binggung, di satu artikel Bapak katakan fokus pada satu produk, tapi pada artikel ini bapak untuk menambah varian. mohon petunjuk

  • sigit kurniawan says:

    pak tolong sekali penjelasannya, sebelumnya saya ucapkan terimakasih banyak , pak saya ingin dropship saya tinggal di jogja dan misal saya mau ambil barang dari jakarta haruskah saya menulis lokasi toko saya dijakarta atau mengatakan stok diantar dari jakarta, misal saya memakai jasa toped bukankah nilai ongkir otomatis terhitung dari lokasi pada profil toko ,terimakasih byk pak atas penjelelasan nya ,tlng bls via email

  • Tami says:

    Super Sekali moivasi dan artikelnya Pak.Sangat membantu sekali untuk produk yang sedang kita jalankan.Simple.Lugas dan Top markotop

  • lucky says:

    salam kenal pak susanto.
    jika saya ingin bisnis toko online, tapi saya belum tau produk apa yg akan dijual bagaimana Pak?

    apa di video bpk yg tentang toko online itu juga akan ditunjukkan mengenai cara menentukan produk juga?

    terima kasih

  • Pak susnto,

    Sebaiknya bapak membuka kursus toko oline atau landing page secara offline (tatap muka) karena tidak semua orang yang fimiliar dengan sistem online (e-book) dan juga kadang2 sulit membuka videonya pak. RWP group yang di Bogor kursus mereka ada yang online dan juga offline (tatap muka) dan banyak pengikutnya/peminatnya……Terima kasih……

  • Kalau kita jual barang via online dg harga di bwh standard, kadang ada yg curiga kalau kita itu penipu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *