3 Tips Sukses Menjalankan Bisnis Online Dari Rumah

“Jadi Anda Ingin Menghasilkan Uang Melalui Bisnis Online Dari Rumah?”

Anda tidak sendirian!

“Bagaimana cara menghasilkan uang secara online dari rumah?” adalah pertanyaan banyak orang sampai hari ini.

tips bisnis online dari rumah

Hal ini tidak mengherankan jika Anda mempertimbangkan alasan mengapa begitu banyak orang ingin menjalankan bisnis online dari rumah …

1. Anda dapat mengatur jadwal Anda sendiri
2. Tidak ada bos yang memerintah-merintah Anda seenaknya
3. Bebas macet, bebas sumpek, bebas menentukan suasana kerja, dll

Singkatnya, bekerja dari rumah membuat Anda seperti menjadi “big bos” sendiri.

Bayangkan saja, tidak ada perjalanan panjang, tidak ada rekan kerja yang bawel, tidak ada campur tangan bos … tidak ada meeting demi meeting yang Anda sendiri tidak tahu untuk apa tujuannya karena yang dibahas hanya itu-itu saja.

Bahkan jika Anda bekerja menggunakan celana pendek/piyama, tidak akan ada yang memarahinya 🙂

Kebebasan!

Itulah satu kata yang mendorong banyak orang untuk berani memulai sendiri bisnis online dari rumah.

Bisnis online menjadi salah satu pilihannya, why?

1. Modal untuk memulai rendah – untuk menjalankan bisnis online, Anda hanya membutuhkan seperangkat komputer, internet dan modal kurang dari 1 juta rupiah untuk bisa memulainya

2. Anda dapat mengotomatisasi bisnis online Anda sehingga bisa berjalan sendiri secara autopilot

3. Anda bisa menjaga biaya overhead bulanan Anda tetap rendah dan meraih keuntungan yang lebih tinggi dari pengeluaran overhead tersebut.

So, bagaimana caranya supaya Anda bisa menghasilkan uang dari rumah melalui bisnis online?

Berikut adalah beberapa tips yang bisa menjadi pintu masuk bagi Anda yang menjalankan bisnis online dari rumah :

1. Cari model bisnis online yang tepat untuk Anda

Anda bisa menjual produk milik orang lain melalui program affiliate marketing, menjual sendiri produk dan layanan Anda, seperti misalnya menjual e-book sendiri, dll

Apapun metode yang Anda pilih untuk menghasilkan uang melalui bisnis online, itu harus tepat untuk Anda.

Ingat ada begitu banyak model bisnis online yang bisa Anda ambil, tapi paling tidak 4 model bisnis online ini bisa Anda jadikan pilihan, karena metodenya sederhana, “nda njlimet” dan masih terus menjadi model bisnis online yang profitable.

2. Cari pasar yang menguntungkan (niche market)

Pasar terbaik untuk bisnis online sering disebut dengan niche market – sekelompok orang yang mencari solusi untuk masalah namun tidak menemukan banyak hasil pencarian yang relevan yang dibutuhkan oleh mereka

Cari pasar Anda terlebih dahulu, kemudian Anda cari produk untuk dijual kepada mereka!

accuContoh:

Tahun lalu, saya menemukan niche market online tentang orang-orang yang ingin melakukan diet dengan metode acupressure.

Lalu saya cari itu produk yang berkaitan dengan niche market tersebut, dan ternyata ada produknya (produk affiliasi), lalu saya mulai masuk di niche market itu untuk menawarkan solusinya.

Saya buat blog sederhana, saya berikan produk review dan juga artikel-artikel terkait lainnya, beberapa artikel saya copas dari ezinearticles.com, setelah itu, blog acupressure saya tinggal (set n forget)

Mungkin karena saya harus mengurus situs-situs saya lainnya, sehingga perhatian untuk situs acupressure ini tidaklah besar.

Intinya, saya tidak memberikan perhatian lebih terhadap situs acupressure ini (tidak saya optimize lebih lagi)

Namun, di akhir tahun, ternyata ada komisi yang masuk sebesar $100-an dollar sekian dari produk affiliate yang saya pasang di blog acupressure, woow!

Saya pikir untuk sebuah blog sederhana yang saya kerjakan satu kali lalu saya tinggalkan begitu saja, dan bisa menghasilkan $100-an dalam waktu 5 bulan (tanpa diapa-apakan) adalah sesuatu banget 🙂

3. Ikuti Kesukaan Anda

Pintu masuk untuk bisa Anda sukses memulai bisnis online adalah menjalankan bisnis sesuai dengan gairah Anda.

Contohnya, misalnya jika Anda ingin menjual keahlian Anda melalui ebook tentang metode acupressure untuk market Indonesia.

Dengan Anda menjalankan bisnis online yang sesuai dengan minat dan keahlian Anda, maka Anda akan  lebih mudah untuk menampilkan diri sebagai seorang ahli untuk mendapatkan pelanggan potensial Anda, dan Anda akan menjadi jauh lebih bersedia untuk bekerja keras karena yang Anda lakukan adalah sesuatu yang mendatangkan minat besar bagi Anda.

So, Anda mau untuk lebih serius lagi menjalankan bisnis online dari rumah?

“Apa Yang Harus Saya Lakukan?”

Belajar buat Ebook.

Why?

Ebook adalah media baru dan kuat untuk untuk menyebarluaskan informasi berisi ide-ide segar kepada ribuan orang yang berjuang untuk mencari tahu bagaimana melakukan sejumlah hal besar dengan cara yang berbeda.

Setiap hari banyak orang di market online ini mencari cara untuk memecahkan masalah lama dengan cara-cara baru.

Ebook tidak hanya bertujuan mempromosikan bisnis Anda, mereka akan membantu diri Anda dan perusahaan Anda dikenal secara luas, terlebih lagi dengan mempublikasikan ebook akan membuat Anda dikenal sebagai seorang ahli di bidang Anda.

Ebook seperti apa sih yang dibutuhkan market online ini?

Ada buanyaak sekali.
Anda bisa menulis tentang bisnis kue pengantin? Atau
sebuah ebook tentang merawat hewan peliharaan?
dst

Anda tidak harus memiliki gelar master untuk menulis tentang subjek Anda. Orang-orang membutuhkan saran yang mudah dibaca dan mudah dimengerti. Terlebih bisa membantu mereka mengatasi permasalahan yang sedang dihadapi.

Sebagai orang tua, Anda bisa berbagi pengalaman kepada mereka yg muda.
Mahasiswa perlu belajar keterampilan yang dibutuhkan untuk sukses lebih cepat.

“Bagaimana saya bisa punya ide dan hobi yang bisa saja jual di internet?”

Cobalah Anda bertanya pada diri Anda sendiri, “Apa yang dapat Anda lakukan dengan lebih baik dari orang lain? atau mungkin, apakah Anda tahu banyak hal tentang sesuatu yang orang lain tidak tahu?

Silahkan pikir sekali lagi, apakah Anda :
tahu bagaimana strategi melatih Anjing kesayangan Anda?
tahu bagaimana cara membeli rumah dengan atau tanpa uang muka?
tahu bagaimana cara membuat resep kopi?
tahu bagaimana cara menurunkan berat badan dalam waktu singkat dan aman?
punya hobi main gitar, golf, karate, main piano dan ingin mendapatkan income dengan memberikan kursus secara online?
punya pengalaman membantu perut sixpack dalam waktu cepat?
atau apa saja?

produk informasiYes, Anda bisa memulai bisnis dengan menjual produk informasi secara online.

Sumbernya dari mana? Dari ide, hobi bahkan pengalaman atau keahlian yang Anda miliki.

Pengalaman atau keahlian yang Anda miliki bisa sangat bermanfaat bagi orang lain, sehingga mereka tidak segan-segan mengeluarkan sejumlah uang untuk bisa membeli produk informasi yang Anda jual.

Untuk urusan pemasaran anda bisa memakai media internet. Karena jangkauan yang  luas, sangat mudah, praktis dan biaya start up-nya lebih terjangkau dibandingkan dengan bisnis konvensional.

Berikut ini berbagai langkah yang bisa anda terapkan ketika akan membuat dan memasarkan produk informasi secara online

1. Memastikan keahlian atau ide apa yang akan anda pasarkan. Dengan demikian anda lebih fokus dalam mengembangkan produk informasi dan layanan yang akan diberikan. Anda bisa menuliskannya dahulu poin-poin penting yang akan anda rangkai menjadi produk yang unik dan bermanfaat.

contoh: pengalaman pribadi bagaimana bisa hamil dengan normal di usia 30-an, tips mengobati infertilitas pada suami/istri, dst

2. Menentukan target pasar dari produk informasi yang akan Anda jual. Sehingga anda tidak kehabisan energi, waktu dan biaya dengan melakukan promosi pada segmen pasar yang keliru. Kebanyakan pemula dalam bisnis ini disibukan dengan menciptakan website canggih dan mutakhir dengan menyewa jasa programmer yang mahal. Tapi sayangnya anda tidak memperhatikan segmen pasar yang anda bidik.

Kesuksesan menjual produk informasi dimulai ketika Anda bisa mendeskripsikan siapa target market dari produk Anda.

contoh: market wanita usaha 30-40 yang mengalami masalah infertilitas

3. Mulailah menulis ide dan keahlian anda yang relevan dengan kebutuhan target market yang Anda bidik.

Sehingga banyak orang yang membutuhkan produk informasi tersebut semakin tertarik dan melakukan transaksi pembelian.

Tulislah dengan teliti dan gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh target pasar anda. Pemakaian bahasa yang tidak sesuai tentu akan membuat konsumen merasa kesulitan dan bisa membuat produk anda tidak bermanfaat bagi mereka.

Gaya bahasa haruslah sederhana, yang didukung oleh pengalaman pribadi dan juga testimoni keberhasilan dari orang lain ketika menggunakan metode dan tips yang Anda tawarkan.

4. Membuat website sederhana namun menarik sebagai media promosi dan interaksi dengan market online.

Produk informasi ini akan dipasarkan secara online, karena itu sebuah website wajib anda buat. Anda bisa memulai dengan menggunakann blog.

5. Memberikan konten bermanfaat yang mendukung produk informasi yang Anda jual. Sehingga konsumen bisa menemukan manfaat lain dari produk informasi yang Anda tawarkan.

Contohnya?

Blog kayadaribisnisinternet.com ini dibuat dengan target market orang-orang yang ingin tahu bagaimana cara mendapatkan penghasilan tambahan secara online. Selain menjual produk sendiri, melalui blog ini, bisa juga dipasang produk-produk affiliate yang masih relevan dengan kebutuhan user.

Selain blog, perluas interaksi dengan target market yang sesuai dengan usia produk informasi yang Anda tawarkan melalui facebook page.

Dengan blog dan facebook page ini akan membantu Anda semakin dikenal dan mendapatkan trust dari calon pembeli di market online.

Our Rating

7

10 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *