4 Cara Mendapatkan Pembeli Loyal Dengan Artikel Pemasaran

Tujuan anda membuat artikel pemasaran secara konsisten adalah untuk mencapai dua hal, mendapatkan pelanggan loyal dan kredibilitas (trust).

Dengan tujuan ini, maka tidak heran mengapa artikel pemasaran telah berkembang  dan menjadi salah satu metode pemasaran yang diminati oleh banyak pelaku bisnis online.

tips Artikel Pemasaran Produk

Kekuatan dari artikel pemasaran tidak akan hilang diantara banyaknya strategi pemasaran internet lainnya.

Faktanya, saat ini artikel pemasaran adalah salah satu metode promosi yang paling banyak digunakan untuk menghemat budget pengeluaran promosi online.

Karena itulah saya secara khusus banyak menulis tentang artikel pemasaran di blog ini secara berseri.

Para pelaku bisnis online yang awalnya “cuek” dengan artikel pemasaran, sekarang mereka mau mengalihkan perhatian mereka dan belajar secara khusus tentang artikel pemasaran.

Menulis artikel pemasaran adalah awal.

Tugas selanjutnya adalah bagaimana Anda juga mempertahankan minat pembaca anda dengan kualitas artikel pemasaran yang anda tulis sehingga pada akhirnya mereka mau membeli produk/jasa yang anda jual.

Apa saja tips sukses dalam dalam menulis artikel pemasaran untuk mendapatkan calon pembeli yang loyal?

1.    Lakukan penelitian sebelum menulis.

Ketika para pelaku bisnis online pemula menulis artikel pemasaran akan produk/jasa yang dijual, biasanya mereka hanya mau menulis tentang apa yang mereka inginkan untuk ditulis.

Ini bukan cara efektif untuk menulis artikel pemasaran.

.
Cara yang paling efektif dan disarankan untuk menulis artikel pemasaran adalah menulis tentang topik yang menjadi fokus pemasaran dengan melihat kebutuhan/masalah yang sedang hangat/banyak dicari di niche market yang sesuai dengan produk/jasa Anda.!
.

Untuk mengetahui apa yang menjadi fokus pemasaran, terlebih dahulu anda harus melakukan penelitian anda. Penelitian sederhana ini (riset pasar) harus dilakukan sebelum menulis artikel pemasaran tentang produk/jasa yang anda jual.

Jadilah jeli dalam mengamati apa yang sedang dibicarakan atau yang sedang orang cari.

Hal terbaik untuk dilakukan adalah mencari sebuah masalah. Kemudian anda dapat menulis solusi untuk masalah tersebut. Dengan demikian,  anda menunjukkan pembaca anda bahwa anda dapat memecahkan masalah mereka.

Ketika anda membantu memecahkan masalah mereka, perlahan demi perlahan anda sedang membangun kredibilitas anda.

Dengan cara sederhana seperti ini,  anda dapat membangun sebuah niche untuk mengenal produk/jasa tertentu yang anda tawarkan!

Contoh sederhana:

Saya mengikuti fans page dengan tema “weight loss for women”, terkadang saya mendapatkan ide menulis artikel pemasaran dari banyaknya komentar sesama fans terhadap produk/sebuah masalah tertentu.

Kemudian setelah mendapatkan ide, kemudian saya membuat solusi di akhir tulisan (biasanya rekomendasi produk untuk free trial – saya arahkan ke produk CPA yang saya promosikan)

Jadi saya tidak langsung jualan, “Hey kamu, coba gratis ni produk A, bagus loh!”

Bukan seperti itu!

Ketika banyak fans yang berkomentar, saya pun ikut berkomentar, bedanya adalah saya memberikan pertanyaan yang mengundang rasa penasaran dan sekaligus link ke situs saya yang berisi artikel pemasaran yang sudah saya buat berdasarkan obrolan yang sedang hangat tentang sebuah produk/masalah diatas.

Untuk memudahkan anda saya akan berikan contoh sederhana lainnya untuk market Indonesia, anda bisa aktif atau ikut berkomentar di forum/fans page yang lagi bahas tentang obat jerawat.

Anda bisa bilang seperti ini:

Sis, menurutku kok rada ngeri ya kalo kita gunakan dg cara spt itu. Apa sis siap jika malah nanti mukanya meradang? Saya sudah buat opini berdasarkan pengalaman saya tentang penggunakan produk A tsb di sini (kasih link website yg berisi tulisan artikel pemasaran sesuai tema obat jerawat)”

Dengan cara seperti itu-lah, artikel pemasaran bisa kita terapkan dengan cepat dan tepat.

Memang betul tidak selalu akan terjadi penjualan, namun dengan anda mengedukasi pasar dengan informasi yang solutif, kredibilitas anda mulai terbangun dan seperti yang saya bilang, pada akhirnya anda akan lebih mudah menawarkan/merekomendasikan sebuah produk

2.    Judul artikel Anda.

Memilih judul untuk artikel harus dipertimbangkan sebagai salah satu keputusan yang paling penting yang pernah anda buat.

Judul Anda akan menentukan ketertarikan orang untuk membacanya.

Luangkan waktu yang dibutuhkan untuk memikirkan judul yang kreatif dan menarik perhatian.

Judul artikel adalah salah satu trik yang digunakan untuk menarik perhatian pembaca dan mendorong mereka untuk membaca isi artikel pemasaran yang Anda tulis dengan cepat.

Ingat, pembaca akan selalu berpikir dari kaca mata mereka yaitu kepada sesuatu yang menguntungkan mereka, jadi Anda harus membuat judul yang menarik perhatian supaya mereka bisa membaca isi artikel pemasaran yang Anda sudah buat.

3.    Isi dari artikel pemasaran

Banyak artikel pemasaran yang kebanyakan malah diisi dengan penjualan atau iklan. Saya beritahu anda bahwa pembaca sudah bijaksana untuk teknik ini.

Mereka akan semakin menjauh!

Artikel pemasaran yang isinya “jualan melulu” akan dianggap tidak berguna oleh pembaca.

Anda pernah sebel nda ketika ada pelaku bisnis online yang isinya cuman jualan mulu setiap dia ngirim email?

Bahkan tiap hari dia promosiin produknya terus-menerus?

Seorang marketer hebat kelas dunia, bahkan saya percaya jika seorang JOE GIRARD masih aktif di pemasaran online, dia tidak akan pernah mau setiap hari membanjiri email pelanggan mereka dengan artikel pemasaran yang isinya jualan produk terus-menerus.

So, mendidik (memberi edukasi) para pembaca anda adalah salah satu cara untuk meyakinkan bahwa artikel anda layak dibaca dan ketika kredibilitas mulai terbangun, anda bisa dengan mudah menawarkan produk/jasa anda.

Itu membawa nilai lebih dari kredibilitas anda di mata pelanggan.

Jika anda mencoba untuk mempublikasikan artikel pemasaran yang ditulis dengan buruk, kemungkinan orang tidak akan membacanya.

Ini akan berdampak pada anda kredibilitas anda dan masa depan artikel yang anda publikasikan.

4.    Menulis artikel berisi promosi

Jika Anda ingin membuat beberapa keuntungan dengan artikel pemasaran, Anda bisa mencoba untuk mempromosikan produk atau jasa anda di akhir setiap artikel pemasaran yang terkait dengan isi artikel tersebut.

Anda dapat memasukkan INFORMASI TAMBAHAN di akhir artikel pemasaran yang anda publish.

Informasi tambahan ini pada dasarnya merupakan sebuah ringkasan singkat tentang Anda, bisnis Anda dan apa yang bisa Anda tawarkan/kerjakan untuk orang lain, lengkap dengan data Anda dan nama website Anda.

Jangan lupa berikan link ke website Anda sehingga orang bisa lebih mengenal apa yang Anda jual/tawarkan.

Jika Anda mengikuti program afiliasi yang sesuai dengan tema pada artikel pemasaran, maka peluang anda untuk mendapatkan klik sangat tinggi.

Artinya target market anda akan meng-klik rekomendasi dari produk affiliate yang anda sarankan di bagian akhir dari artikel pemasaran yang anda tulis diatas.

Contoh:

Baru-baru ini saya mempromosikan panduan tentang cara membuat toko online kurang dari 1 jam, hanya dengan 2-3 artikel pemasaran yang saya buat dalam waktu singkat penjualan demi penjualan bisa saya dapatkan.

Bahkan sampai hari ini, saya masih mendapatkan laporan penjualan dari produk affiliasi yang saya promosikan karena artikel pemasaran tersebut bisa terus dilihat tanpa batas waktu, 24 jam sehari 7 hari seminggu.

Salah satu cara mendapatkan trafik kunjungan tertarget ke situs penjualan Anda adalah dengan menulis artikel pemasaran.

Ketika  Anda tidak mengerti prinsip-prinsip dasar dibalik artikel pemasaran, pada akhirnya itu akan menjadi kampanye pemasaran yang sia-sia.

Kesalahan umum apa yang paling sering dilakukan orang ketika menulis sebuah artikel pemasaran di situsnya?

1. Tidak jelas siapa target pembacanya

Banyak dari kita yang membuat kesalahan yang paling umum ketika membuat artikel pemasaran yaitu pertama  tidak mampu mendefinisikan dulu siapa target pasar mereka sebelum menuliskan isi artikel .

Para affiliate/pemilik produk yang  sukses selalu mempunyai ide yang jelas tentang niche market mereka.

Lebih baik memilih pembaca dengan kepentingan tertentu dalam sebuah niche market yang spesifik.

Contoh: jika misalnya Anda adalah pemilik produk yang menjual produk-produk games, maka adalah lebih baik jika Anda memfokuskan menulis artikel pemasaran yang mengupas fitur-fitur dari sebuah produk games tertentu, baik berupa review, testimoni atau pengalaman user ketika menggunakannya.

Sehingga dengan cara demikian target market Anda akan lebih mendapatkan hasil manfaat yang tinggi sehingga selain arus kunjungan trafik/visitor ke situs Anda mengalami peningkatan, Anda pun akan lebih mudah menjual produk-produk games yang terkait.

2. Mengirim email ke sebanyak mungkin orang dengan cara spam.

Ini  bukannya menghemat waktu dan sumber daya, pada akhirnya Anda tidak mendapat apa-apa dan harus memulai dari awal.

Terlebih lagi, reputasi Anda akan dipertaruhkan.

Jadi selalu hindari cara-cara SPAM ketika mengirim sebuah email yang artikel pemasaran yang terkait dengan produk/jasa yang Anda tawarkan secara online.

Daripada mengirim email sembarang, alangkah baiknya jika anda mengelola newsletter sendiri melalui autoresponder yang Anda letakan di situs utama. Sehingga secara berkala para pembaca newsletter di situs Anda akan menerima tulisan-tulisan Anda.

 3. Judul atau isi berita tidak jelas

Jika judul Anda tidak langsung menarik perhatian pembaca Anda, maka bisa saja pesan yang ingin Anda sampaikan tidak sampai ke target pembaca Anda.

Anda harus meluangkan waktu untuk memikirkan judul yang akan ditulis pada artikel pemasaran. Ini berarti bahwa terkadang judul harus menarik perhatian pengunjung secara langsung.

Itulah sebabnya terkadang waktu yang dihabiskan dalam menulis isi artikel pemasaran harus sama dengan waktu yang Anda masukkan untuk memikirkan judul yang baik.

Yang mana yang Anda suka?

Artikel yang luar biasa yang memiliki kata-kata yang lemah untuk judul atau artikel biasa dengan judul yang menarik perhatian pembaca?

Jika Anda tidak menyadari hal itu, artikel pemasaran biasa mungkin akan membuat lebih banyak penjualan daripada yang lebih baik sekalipun.

Pertama pikirkan pembaca Anda sebelum Anda memikirkan diri Anda sendiri.

Dalam menulis artikel pemasaran, Anda tidak perlu menulis untuk diri Anda sendiri. Tentang betapa hebatnya Anda, tentang kekayaan Anda, tentang jumlah uang Anda, Upss…jangan pernah fokus menulis tentang diri Anda sendiri.

Sebaliknya, Anda harus menulis topik yang menarik yang berkaitan dengan produk atau jasa yang sedang dibutuhkan orang.

Untuk sukses menulis artikel  pemasaran  yang efektif adalah dengan memberikan apa yang target pembaca Anda inginkan.

Pembaca Anda sungguh tidak akan peduli apakah Anda adalah penulis yang terkenal. Semua yang mereka perhatikan adalah bahwa artikel Anda dapat menyampaikan apa yang mereka butuhkan dan minimal bisa memberikan wawasan atau manfaat atas sebuah masalah/kasus.

Sederhana bukan 🙂

4. Periksa ejaan dan tata bahasa yang  Anda gunakan.

Bisa saja artikel pemasaran yang baru Anda tulis adalah salah satu artikel terbaik yang pernah dibaca orang. Tetapi sesuatu yang tidak Anda perhatikan adalah banyaknya kesalahan ejaan pada kalimat atau kata yang salah/kurang tepat.

So, selalu pastikan bahwa tulisan yang Anda buat itu tidak membingungkan pembaca dan pastikan bahwa apa yang Anda tulis sesuai dengan kebutuhan pembaca Anda.

Jika Anda terlalu sering menulis dengan ejaan kata/kalimat yang salah, maka Artikel Anda kemudian akan diklasifikasikan sebagai salah satu artikel biasa-biasa saja.

Jika Anda tidak ingin artikel Anda akan dibuang sebagai sesuatu yang tidak layak dibaca, periksalah ejaan sebelum dipublish ke situs blog Anda/ke situs lain

So, ketika Anda telah selesai menulis artikel pemasaran yang siap dikirim ke pembaca, selalu periksalah untuk kesalahan ejaan. Bahkan jika Anda menyalahkan mesin keyboard komputer Anda, pembaca akan berpikir itu kesalahan Anda.

Semoga bermanfaat  ya:)

5 Comments

  • Uki Salam says:

    Wah terimakasih pak GM. Its brighten more. Saya memang mengikuti artikel-artikel pak GM karena banyak ilmu yang bisa saya dapatkan. Sukses terus pak, Im learning a lot here, wish to catch up your path, soon..

  • charles says:

    Salam sukses

    Sebelumnya saya terimakasih,mengenai internet marketing.Pak Gm,saya sdh daftar utk login free,setelah saya baca ada satu ket yg diberikan mengenai harus punya kartu kredit ya..jd saya terdiam,dan …apa saya bisa utk mempromosikan Rahasia clikbank ..ke adwords..kan hrs bayar melalui kartu kredit.bagaimana solusi nya..terimakasih

    • admin says:

      tidak bisa pak, materi rscb itu untuk advance, dan harus memiliki cc dan paypal (belum punya boleh, tp sembari praktek hrs mau membuat cc dan paypal)
      kalo terkendala dg hal itu ya jangan dipaksakan utk bergabung di rscb pak

  • Uki Salam says:

    Pak GM, seru sekali informasi artikel marketingnya.
    Saya termasuk orang yang sedang belajar menulis artikel marketing seperti yang anda ceritakan dan tipsnya sangat bermanfaat untuk diterapkan. Saat ini saya sedang menjual affiliate lokal tentang memulai bisnis online dari nol/ gaptek.

    Pertanyaannya, apakah saya bisa menulis artikel marketing yang lain (tidak promosi jualan terus). Niche Marketnya apakah mesti selalu berkaitan dengan program affiliate yg saya ikuti tersebut atau bisa menyasar ide lain? (Ada bidang interest lain yg mungkin bisa saya gali untuk artikel)

    Mohon saran dan tipsnya, pak GM. Btw, Saya tertarik ikutan affiliate di ClickBank, mungkin nanti saya bisa ikutan di rahasia clickbank nya pak GM. Tengkiu.

    • admin says:

      yes pak uki, sering2 mampir ya ke blog ini. terimakasih atas responnya
      ya tentu saja anda boleh menulis topik yg lain masih erat dengan fokus pemasaran produk anda, ingat loh tujuan akhir dari menulis artikel pemasaran adalah terjadinya penjualan produk/jasa bapak.

      dan anda tidak boleh menulis dg tujuan jualan terus, anda bisa kupas dari sisi fitur, benefit/manfaat, testimoni orang, bukti bahwa yg bapak tulis itu benar (hasilnya apa), lalu demo-kan, dst dst dst

      tentu saja harus membangun kredibilitas dan trust dulu seblm mengharapkan tjdnya penjualan demi penjualan setiap hari, mungkin tulisan saya tentang serial artikel marketing bisa bapak baca lebih dalam lagi ya

      utk niche marketya harus sesuai dg tujuan akhir bapak dalam membuat artikel pemasaran ini.
      beda judul boleh asalkan masih relevan dg topik yg mjd tujuan akhir bapak membuat artikel tsb (tjd sales)

      (GM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *