Belajar Menjual Produk Affiliate Di Clickbank

Jika Anda bingung untuk membuat produk informasi, maka cara termudah untuk menghasilkan uang dari internet adalah melalui affiliate marketing.

Tentu saja ada banyak cara lain untuk menghasilkan uang dari internet, tetapi jika dilakukan dengan benar, Anda juga bisa menghasilkan uang dari internet dengan menjual produk-produk affiliate marketing dalam waktu yang singkat.

Apa sih affiliate marketing  itu?

Sederhananya, affiliate marketing  adalah cara mendapatkan uang dari internet ketika Anda mempromosikan produk milik orang lain di website Anda sendiri.  Anda akan dibayar hanya ketika produk yang Anda promosikan laku.

Misalnya, anda (sebagai afiliate) memasang iklan untuk sebuah produk di situs website Anda.

Ketika orang-orang yang melihat iklan tersebut tertarik dan membeli produk yang Anda pasang itu, maka Anda akan mendapatkan komisi.

Jadi yang bisa Anda lakukan adalah membuat sebuah situs penjualan dimana didalam situs tersebut, Anda menempatkan iklan/link yang berhubungan dengan produk/jasa milik orang lain (perusahaan lain) pada website Anda.

Dan tugas Anda hanya mendatangkan trafik kunjungan ke situs Anda supaya produk yang Anda promosikan bisa berhasil.

Mengapa memilih affiliate marketing ?

1. Anda tidak perlu membuat produk sendiri – kebanyakan orang tidak memiliki produk yang bisa dijual ketika pertama kali mereka memulai bisnis internet.

Dengan affiliate marketing , Anda tidak perlu membuat produk sendiri – Anda akan menjual produk orang lain dan mendapatkan komisi dari mereka.

Itulah mengapa affiliate marketing  adalah salah satu pilihan bagi sebagian orang untuk bisa menghasilkan uang dari internet dalam waktu cepat.

2. Anda dapat memilih dari ribuan produk yang berbeda – tidak terbatas pada satu jenis produk saja yang bisa Anda jual di website Anda.

Apakah Anda memiliki sebuah situs website yang bertemakan tentang teknik bermain gitar?

Nah, jika ya, maka Anda bisa menjual produk yang ada hubungannya dengan topik di websit Anda, seperti misalnya menjual gitar, senar gitarnya, dll.

Semua itu hanya dengan menaruh link affiliasi di situs Anda. Sehingga ketika ada orang tertarik dengan produk yang Anda jual di situs Anda, tentunya mereka akan senang sekali jika bisa membeli alat-alat penunjangnya dengan mudah.

Dan ketika mereka membeli produk-produk affiliasi yang Anda pasang di situs Anda, Anda mendapatkan komisi.

Itulah enaknya jadi seorang affiliate marketer

3. Anda tidak perlu khawatir mengenai pengiriman produk. Salah satu yang terbaik dari affiliate marketing adalah Anda tidak menjual produk Anda sendiri, sehingga yang mengurus produk, pengiriman, follow up pembeli adalah si penjual produk.

Yang perlu Anda lakukan mempromosikan produk affiliasi tersebut.

Bagaimana cara memulai affiliate marketing?

Cara terbaik untuk memulainya adalah dengan bergabung ke sebuah perusahaan terbaik yang memungkinkan  Anda memiliki akses ke ratusan atau bahkan ribuan produk affiliasi yang bisa Anda pilih untuk dipasarkan.

Contoh utama dari perusahaan afiliasi terbaik adalah clickbank.com.

Di clickbank ini, ada puluhan ribu produk yang bisa Anda promosikan, nantinya clickbank sendiri yang akan mengirimkan komisi pembayarannya melalui cek ke rumah Anda.

Mendaftar biasanya gratis – Anda harus memiliki situs website atau blog yang telah disetujui untuk mempromosikan produk affiliasi

Setelah disetujui, Anda bisa memilih produk yang anda ingin mempromosikan.

Setiap perusahaan atau produk biasanya sudah memiliki banner promosi atau teks yang berkaitan dengan produk yang akan dipromosikannya.

Tugas Anda hanya menyalin ke website Anda. Setelah ini dilakukan, Anda tinggal melakukan promosi untuk mendatangkan kunjungan ke situs Anda.

Dan Anda telah siap untuk menghasilkan uang dari internet 🙂

Caranya?

Affiliate Marketer di ClickbankPertama kali anda harus mendaftar untuk menjadi seorang affiliate clickbank. Sekarang Indonesia sudah diterima menjadi seorang affiliate clickbank, berita ini sangat menggembirakan bagi para pebisnis online.

Memilih produk clickbank adalah susah-susah gampang. Dan tidak bisa dikerjakan asal-asalan.

Dengan ribuan produk affiliasi yang siap anda promosikan, tentunya anda harus memilih produk mana yang kira-kira bisa mendatangkan penjualan.

Mengurutkan berdasarkan kategori atau keywords atau berdasarkan performance/trends dari produk yang ada di clickbank marketplace. Ada beberapa hal yang mendasar yang harus anda kuasai, seperti:

Sale/$earned ; ini adalah rata-rata jumlah dolar yang akan anda terima sebagai seorang affiliasi clickbank kalau anda berhasil menjual satu produk. Hasil yang anda peroleh akan dipotong untuk biaya-biaya termasuk potongan komisi clickbank.

% Reffered; menunjukkan persentase jumlah penjualan yang terjadi lewat link affiliate clickbank.

Semakin tinggi besar %reffered suatu produk menunjukkan bahwa para affiliate berhasil mempromosikan produk tersebut dengan catatan % gravity cukup tinggi juga.

Sebaliknya jika %reffered rendah tapi %gravity tinggi menunjukkan bahwa merchant berhasil menjual produknya tanpa melalui affiliate.

Gravity; dapat membantu anda mengukur jumlah affiliate yang mendapatkan komisi dari penjualan produk yang direferensikan melalui link-nya.

Clickbank mencatat bahwa setiap affiliate yang dibayar pada 8 bulan terakhir maka ditambahkan ke dalam jumlah antara 0.1 sampai 1.0.

Tingginya angka gravity menunjukkan bahwa banyaknya anggota affiliate yang berhasil mendapatkan uang dari mempromosikan produk clickbank tersebut.

Untuk pemula, pilih produk yang memiliki gravity diatas 60 sampai dengan 100-an kecuali untuk produk baru. Dan selalu pilih produk yang memberikan $ Earned/sale yang cukup tinggi.

Biar sesuai dengan komisi dan jerih payah anda dalam melakukan promosi pada produk clickbank tersebut. Paling tidak ambil komisi diatas 75%.

Untuk produk yang mempunyai gravity tinggi dan % referred tinggi (kurang lebih diatas 65%), maka artinya bahwa affiliate berhasil dalam penjualannya.

Anda juga bisa menganalisa produk clickbank dengan menggunakan cb-trend, terlebih dahulu kita harus mengetahui nama “vendor id” dari produk tersebut.

Dari CB-Trend anda dapat mempertimbangkan beberapa hal dalam memilih produk clickbank yang potensial, yaitu: Umur produk yang dijual, jangan memilih produk yang berumur lebih dari 2 tahun, karena biasanya trend-nya cenderung turun, dan juga anda akan mendapat pesaing yang sangat banyak kecuali kalau anda melihat trend popularitasnya naik terus dan anda menemukan kata kunci yang tepat dengan grafik persaingan yang kecil.

Anda dapat juga menambah tools untuk melakukan riset terhadap produk-produk clickbank seperti cb-analytics.com.

O ya jumlah produk yang tersedia di Clickbank sampai ribuan item.

Salah satu keistimewaan ClickBank adalah kemudahan menggunakannya. Affiliates yang ingin mempromosikan sebuah produk cukup mendaftar saja secara gratis, memilih produknya di marketplace, dan selanjutnya tinggal mempaste “hoplink” di situs web atau blog anda.

Hoplink adalah sebutan khusus untuk link di Clickbank.

Untuk sistem pembayaran komisi Clickbank , affiliate akan mendapatkan komisi setiap berhasil menghasilkan penjualan. Komisinya bervariasi antara 1% sampai 75% yang ditentukan oleh pemilik produk.

Nah, bagaimana agar kita bisa sukses sebagai pemain affiliate di Clickbank?

Setelah anda terdaftar di Clickbank, di marketplace anda bisa memilih produk yang ingin anda promosikan. Dalam memilih produk yang akan anda promosikan, saran saya:

Perhatikan link yang berwarna hijau, ingat link yang berwarna hijau ya.

Sedikitnya ada 3 keterangan yang perlu Anda tahu artinya:

1. Lihat “grav” (Gravity). Gravity menggambarkan seberapa baik tingkat konversi sebuah produk bagi affiliate.

Semakin besar angka gravity-nya, berarti semakin baik tingkat konversinya. Jadi pilih produk yang angka gravity-nya tinggi.

2. Perhatikan “%refd” (%referred). Itu menunjukkan besarnya produk yang laku lewat jalur affiliate.

Jadi semakin besar angkanya, semakin baik buat anda pilih untuk dipromosikan.

3. Perhatikan sales letter.

Selain kedua hal tadi Anda perlu lihat juga situs web produk tersebut dan perhatikan sales letter-nya. Jika sales letternya “menjual” tentu akan lebih berprospek menghasilkan penjualan.

Setelah anda tentukan pilihan produk, selanjutnya tinggal berpromosi.

Caranya kurang lebih seperti yang selama ini anda lakukan untuk mempromosikan produk atau jasa. Seperti meletakkan link affiliate Anda atau melakukan review terhadap produk yang Anda promosikan.

Karena produk di ClickBank berbahasa non-Indonesia, sebaiknya arahkan sasaran anda untuk target pasar luar negeri.

Prinsip yang sama berlaku untuk teknik promosi umum lainnya seperti menulis artikel atau kutipan artikel atau opini yang anda masukkan ke dalam jaringan sosial untuk produk yang lebih relevan dan berguna buat pengunjung blog Anda, maka semakin banyak Anda akan menghasilkan penjualan.

Atau bisa juga mempromosikan produk-produk yang ada di clickbank melalui program ppc, seperti menggunakan google adwords.

Coba Anda perhatikan video singkat berikut ini tentang cara memilih produk di clickbank untuk dipromosikan.

Dengan cara tersebut, Anda bisa langsung mempromosikan beberapa produk affilite dalam sehari.

 

Anda bisa belajar bagaimana cara mempromosikan produk affiliasi di clickbank.com di situs ini

4 Comments

  • M TAUFIK says:

    apa yg pertama tama harus saya lakukan , utk bisa menjadi seorang affiliate marketer? apakah harus punya web? apakah ini syarat mutlak?
    terus kalau mau pesan web, berhubung belum punya produk sendiri, diberi judul apa? mohon bimbingannya bang GM. dari orang yg paling pengin bisa berpenghasilan lewat internet. Taufik di Klaten.

  • jane says:

    Saya sudah buat web dari produck click bank. Yang saya perlukan sekarang dimana saya bisa belajar tentang autorespond baik dengan aweber maupun lainnya step ,by step dengan bahasa Indonesia karena itulah bahasa yang saya kuasai. Terima kasih

  • Yono Basuki says:

    pak Susanto, saya adalah member platinum. Tapi mengapa setiap masuk / log in, kok dinyatakan invalid. Mohon konfirmasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *