4 Tips Sukses Menulis Isi Website Dengan SEO Sederhana

Yang perlu anda perhatikan :

1. Sebaiknya anda menentukan tema blog yang sesuai dengan minat anda, jika anda suka travelling, anda bisa mulai menulis artikel tentang tempat-tempat favorit anda atau tempat-tempat yang sudah pernah anda kunjungi.

Akan jauh lebih mudah menulis berdasarkan pengalaman anda pribadi.

Begitu juga jika anda tertarik dengan film-film atau buku-buku, yang perlu anda lakukan hanya mereview atau menulis kembali apa yang sudah anda baca dengan kata-kata anda sendiri. Itu adalah mengenai penentuan tema blog anda, agar lebih menarik baik bagi pembaca ataupun untuk diri anda sendiri sebagai seorang blogger.

2. Kemudian, dalam membuat blog selain content yang menarik, design blog anda juga harus menarik.

Mungkin memang design blog tidak terlalu berpengaruh dengan trafik ranking, tapi setidaknya para pengunjung blog anda akan merasa tertarik untuk kembali berkunjung ke blog anda lagi jika content-content blog anda menarik untuk dibaca dan pengaturan warna background dan design blog anda tidak membuat mereka sakit mata ketika membaca isi content blog anda.

Beberapa orang biasanya terlalu bersemangat untuk menambahkan berbagai macam jenis ornament yang memang terlihat lucu tapi sebenarnya bisa jadi sangat mengganggu.

Untuk membuat blog anda tidak perlu membayar web master professional untuk mendesign blog anda karena tentunya akan sangat mahal sekali harganya, sebagai pemula anda bisa membuat blog dengan menggunakan free website template yang banyak sekali ditawarkan. Yang hanya perlu anda lakukan, mencari satu website template yang sesuai dengan tema blog anda.

3. Hal ketiga yang harus anda perhatikan ketika anda ingin membuat blog adalah tujuan anda untuk membuat blog tersebut.

Apakah anda membuat blog hanya untuk bersenang-senang dan membagi informasi dengan orang banyak atau anda membuat blog dengan tujuan dapat diikutsertakan dalam berbagai macam program paid review.

Jika anda membuat blog hanya untuk berenang-senang banyak sekali blog gratis yang bisa anda manfaatkan, tapi kalau memang anda tertarik untuk memanfaatkannya untuk paid review, anda harus hati-hati ketika memilih blog gratis karena beberapa perusahaan out searching ada yang tidak menerima blog-blog yang dibuat di beberapa blog gratis tertentu.

Jadi pastikan dulu anda hendak mendaftarkan blog anda ke perusahaan outserarching mana dan baca syarat dan ketentuan yang berlaku terlebih dahulu baru membuat blog.

Satu hal yang pasti yang anda harus perhatikan ketika membuat blog dan memanage adalah bahwa isi content blog anda selain menarik harus juga up to date. Dalam hal ini, sebelum anda memposting content, ada baiknya bagi anda untuk melakukan cek dan ricek pada beberapa trend umum di beberapa search engine.

Semakin up to date content yang anda postingkan ke blog anda semakin baik.

Nah, ada 4 tips sukses yang bisa anda praktekkan untuk belajar mempraktekkan seo sederhana, berikut ini :

1. Pahami dan tentukan “frase kunci” yang Anda bidik sebelum memulai membuat konten. Jika Anda sudah menentukan “frase kunci” maka Anda bisa mulai menyusun artikel atau tulisan-tulisan yang baik, benar, dan menarik.

2. Tentukan target pembaca Anda. Anda perlu menentukan target pembaca Anda sebelum menuliskan sesuatu di website Anda. Hal ini mempermudah Anda untuk mengundang mereka untuk melihat website Anda.

Anda tidak bisa menuliskan artikel yang berkualitas, informatif, dan menarik tanpa mengetahui apa yang mereka butuhkan, apa yang menjadi masalah mereka, dan apa yang mereka inginkan.

Disisi lain, isi artikel Anda haruslah menawarkan sebuah solusi untuk masalah mereka. Dalam hal ini, Anda perlu mengidentifikas terlebih dahulu masalah-masalah mereka sebelum menuliskan solusinya.

3.  Masukkan “frase kunci” yang sudah Anda tentukan pada headline artikel Anda. Hampir semua search engine mendeteksi bahwa headline merupakan bagian paling penting dalam tulisan pada sebuah website. Itu artinya, artikel yang juga mengandung headline akan memberikan dampak yang baik.

Saat Anda membuat headline, susunlah agar keywords yang sudah Anda gunakan masuk dan sesuai dengan headline yang akan Anda buat.

Perhatikan juga enskripsi HTML pada judul yang Anda buat. Buatlah headline dengan menebalkannya serta menambahkan subjudul <H1> atau <H2> karena hal tersebut mudah dideteksi oleh search engine.

4. Sebar “frase kunci” yang sudah Anda tentukan tadi pada artikel yang Anda tulis. Untuk melakukannya secara efektif, fokus saja pada keywords utama kemudian masukkan secara alami pada artikel Anda.

Paling tidak 2-3 persen dari artikel Anda haruslah mengandung keywords/kata kunci yang relevan dengan pembahasan tema utama di situs anda.

Namun, Anda perlu tahu bahwa ini hanya sebuah panduan. Jangan merusak kualitas artikel Anda hanya karena ingin memasukkan 2-3% keyword/kata kunci pada artikel Anda seperti memaksakan keyword yang sebenarnya tidak sesuai dengan kalimat yang Anda tulis.

Ingat! Bentuk tulisan yang terlalu indah tidak diperlukan bahkan hal tersebut justru merupakan isi website yang tidak terlalu menarik.

Kata Kunci SEOBerikut ini ada beberapa hal yang bisa Anda gunakan ketika membuat sebuah halaman situs pada website Anda :

1. Judul harus kreatif. Judul tersebut harus ditulis dengan kata kunci tertarget yang paling kuat sebagai dasarnya. Ini adalah tag yang paling penting dalam sebuah situs web ketika melakukan optimasi.

Kata kunci spesifik sebuah situs web yang dioptimasi harus sama dengan label judul/title tag. Tak perlu diperjelas lagi bahwa setiap halaman harus mempunyai tag judul sendiri-sendiri.

2. Atur kepadatan kata kunci (keyword). Kepadatan kata kunci adalah persentase yang ditempati oleh kata kunci atau frase kunci dalam sebuah situs web.

Idealnya, kata kunci dipergunakan sekali di tag judul, tag utama, dan teks tebal. Kata kunci harus diletakkan dihalaman paling atas dan frase dapat disispkan disetiap paragraf, tergantung panjang pendek paragraf.

Alangkah lebih baik jika halaman pada website Anda isinya relevan dan sesuai dengan nama domain Anda.

3. Tentukan ukuran halaman yang sesuai dengan situs web.

Kecepatan menampilkan isi adalah elemen kunci sebuah situs dan sangat penting baik untuk pengunjung dan juga mesin pencari. sangat disarankan untuk membatasi sebuah halaman situs web dibawah 15Kb.

4. Buatlah situs yang menarik bagi pembacanya. Segala usaha optimasi akan sia-sia jika situs didesain dengan jelek dan isinya sangat sulit dibaca dan dipahami.

Seharusnya lebih banyak memfokuskan pada kualitas isi konten daripada hanya mengulang-ulang kata kunci yang sama.

Pastikan pengunjung harus bisa melihat halaman dengan segala macam jenis browser yang ada.

Anda harus ingat bahwa kesederhanaan adalah dasar dari penggunaan SEO. Situs seharusnya mudah ditemukan oleh pengguna, diikuti, dan dibaca serta isinya harus relevan.

Coba praktekkan dan kita lihat hasilnya, saya jamin situs anda akan dengan cepat ditemukan oleh target market anda dengan mudah dan cepat 🙂

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *