4 Langkah Mudah Memulai Toko Online

Jadi mengapa Anda memilih toko online untuk menjual dan memasarkan produk-produk yang Anda jual secara offline?

1. Ini salah satu bisnis yang akan menjadi trend sepanjang masa.

Banyak orang memiliki kecenderungan untuk lebih suka memilih belanja online daripada harus pergi ke toko-toko konvensional.

Pelanggan Anda tidak perlu berurusan dengan lalu lintas yang padat, parkir bermasalah, karena hanya dengan “satu kali klik” dia bisa memesan produk secara online, murah, murah dan efektif

Disamping itu dengan memiliki toko online akan lebih memperluas jangkauan bisnis Anda dengan cara yang mudah, terjangkau tanpa harus mengeluarkan modal yang tinggi.

Modal awal saya untuk memulai berjualan produk melalui toko online tidak sampai 1 juta rupiah!

2. Dengan memiliki toko online, akan memudahkan Anda untuk menargetkan target market yang spesifik.

Anda bisa menempatkan semua kata kunci yang relevan dengan barang dagangan Anda. Sehingga ketika ada banyak pencarian di search engine yang terkait dengan produk yang Anda jual maka situs Anda akan muncul.

Dengan cara inilah, Anda bisa berhemat biaya promosi!

3. Anda seperti memiliki sales yang terus berjualan untuk Anda, 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu.

Toko online milik Anda akan menampilkan semua produk lengkap dengan informasi rinci.

Semua produk yang Anda pajang ada foto dan deskripsi, sehingga memudahkan pembeli untuk memilih dan membeli produk di toko online Anda.

Anda dapat meyakinkan pelanggan untuk melakukan pembelian berulang ketika Anda berinteraksi dengan pelanggan Anda secara konsisten dan menyenangkan. Anda bahkan dapat memberikan diskon khusus, untuk meningkatkan loyalitas mereka.

Dan semuanya itu bisa dilakukan tanpa Anda harus bertatap muka setiap hari dengan calon pembeli toko online Anda.

4. Menjangkau pemasaran yang lebih luas

Toko fisik memiliki batasan pada daerah pemasaran dan jumlah pembeli.

Namun dengan Anda juga memiliki toko online maka para pelanggan Anda dapat mengakses toko online Anda dari mana saja.

Pembeli dapat mengunjungi toko Anda hampir dari seluruh dunia, dan mereka dapat membayar pembelian mereka melalui kartu kredit (paypal).

Banyak orang tidak tahu bagaimana menjual produk dengan membuat toko online.

Mereka menganggap itu benar-benar mahal dan memakan waktu, sehingga banyak yang memilih membayar seorang programmer untuk langsung membuat website toko online.

Sebelum Anda memutuskan untuk membayar jasa seorang programmer, ada solusi yang lebih mudah dan cara lebih murah untuk Anda bisa memulai bisnis melalui toko online.

Berikut ini adalah daftar singkat tentang bagaimana Anda bisa berjualan produk secara online.

1. Lakukan riset pasar dan riset produk

Mulailah mengumpulkan informasi seputar niche yang Anda ingin masuki. Ingat di internet ini pasarnya sedemikian luas.

Jika Anda asal jual produk tanpa memiliki segmentasi pasar yang jelas, maka bisa saja produk yang Anda jual tidak laku.

Jika Anda memilih niche market yang tepat, kemungkinan besar, produk Anda akan cepat laku dibeli oleh market online tersebut.

Misalnya saja Anda ingin jualan parfum secara online, maka sebelum Anda membuat toko online, ada baiknya lakukan riset sederhana.

Apakah ada market online yang mau membeli parfum?

Bagaimana dengan kompetitornya?

Jadi sebelum Anda membuat toko online, pastikan ada permintaan untuk produk itu. Baru setelah itu, Anda bisa tentukan untuk membuat toko online.

Ada banyak model toko online yang bisa Anda gunakan di awal-awal, namun yang murah Anda bisa mulai dengan menggunakan wordpress untuk bisa berjualan. Ada banyak themes di wordpress yang sudah support untuk Anda menjual produk secara online.

Atau jika Anda ingin melakukan test produk, Anda bisa join di bukalapak.com, tokopedia.com, dll untuk memajang produk-produk dagangan Anda secara online.

Lalu apa sajakah hal yang harus dilakukan untuk memiliki bisnis online yang dapat menghasilkan uang dalam jumlah yang besar?

Hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah mencari informasi di internet mengenai jenis barang apa saja yang sedang digemari oleh banyak orang.

Barang yang paling banyak dicarai oleh masyarakat biasanya adalah barang-barang yang berhubungan dengan fashion. Namun tak menutup kemungkinan Anda mencari di mesin pencari Anda mengenai barang-barang lainnya yang mungkin sedang ramai pembeli.

Setelah menemukan target pasar Anda, Anda dapat mulai mencari grosir yang menjual barang-barang yang sesuai dengan bidikan untuk bisnis online yang ingin Anda jalani.

Cara yang paling mudah adalah langsung terjun ke pusat grosir di kota-kota besar dan mencari produk yang Anda inginkan. Hal ini terutama jika berhubungan dengan pernik fashion seperti baju, tas dan juga sepatu. Pastikan Anda juga memeriksa kualitas barang dan model barang yang Anda inginkan untuk nantinya Anda jual di toko online Anda.

Selanjutnya buat kerjasama dengan grosir besar yang menyediakan barang-barang yang ingin Anda jual secara online. Dengan bekerjasama dengan grosir yang sanggup menyediakan barang-barang berkualitas impor dan bagus Anda dapat mendapatkan potongan harga besar jika menjalin hubungan bisnis dengan mereka.

Jangan lupa untuk selalu meminta mereka memberitahu Anda koleksi terbaru mereka sehingga nantinya toko online Anda selalu penuh dengan koleksi baru yang lucu dan imut. Hal yang penting untuk dilakukan pula adalah selalu memotret barang-barang dagangan yang ingin Anda jual dan memberi detail lengkap mengenai produk tersebut.

Setelah Anda memotret produk jualan online Anda, sudah saatnya Anda memajang produk Anda melalui media sosial atau membuat website khusus untuk menjual barang-barang tersebut. Pastikan koleksi barang yang Anda jual unik dan baru agar toko online Anda selalu ramai dikunjungi pembeli.

2. Buat kategori produk yang relevan

Buat daftar kategori untuk mengatur produk-produk yang akan Anda jual, sehingga nantinya calon pembeli akan dengan mudah menemukan produk yang mereka cari.

Jangan lupa untuk selalu upload banyak gambar dari produk-produk Anda dan tulislah deskripsi yang menjelaskan setiap produk milik Anda.

Tulis alasan “mengapa mereka harus membeli produk ini?” dan kemudian berikan tombol call to action sehingga pengunjung mau melakukan pemesanan produk di toko online Anda.

Lalu buat kategori-kategori menu yang biasa dibutuhkan untuk calon pembeli Anda, seperti misalnya FAQ, Cara Order, Cara Pengiriman, Cara Pembayaran, Dll

3. Promosikan toko online Anda.

Ini merupakan langkah penting bagi keberhasilan toko Anda. Tidak ada gunanya dalam membangun toko jika Anda adalah satu-satunya yang tahu tentang hal itu.

Satu-satunya cara untuk mendapatkan lebih banyak penjualan adalah dengan mendapatkan lebih banyak pengunjung untuk datang ke website Anda.

Anda bisa gunakan media promosi berbayar seperti google adwords atau media promosi gratis dengan optimasi seo.

Untuk mengatur toko online Anda pastikan Anda selalu memikirkan promosi yang paling tepat untuk menarik minat pelanggan. Semua orang suka dengan yang berbau promosi dan diskon apalagi jika ingin membeli produk-produk yang menurut mereka menarik.

Lalu strategi bisnis yang bagaimana untuk melakukan promosi secara online ini?

a. Pastikan Anda tidak pelit untuk membuat promo bagi para pelanggan setia Anda.

Promo ini dapat Anda iklankan dengan bahasa yang menarik dan mengundang minat pembeli melalui website utama dan media sosial tempat Anda memperkenalkan toko online Anda.

Promo penting sekali Anda tawarkan untuk hari-hari atau bulan-bulan tertentu agar lebih banyak orang tertarik untuk selalu mengunjungi toko online Anda.

Penting pula untuk memberi promo yang menarik seperti pemberian potongan bebas ongkos kirim untuk pembelian dalam jumlah tertentu.

b. Kemudian jangan segan untuk memberi diskon besar-besaran pada barang-barang yang mungkin masih ada di gudang Anda dan Anda ingin menjualnya segera. Hal ini jauh lebih efektif dilakukan daripada membiarkan barang yang tidak terlalu diminati pembeli menumpuk dan tidak terjual.

Untuk produk-produk yang ramai peminat, jangan lupa untuk juga memberi diskon setiap pembelian dalam jumlah tertentu.

Dengan cara ini barang-barang yang ramai pembeli tersebut akan cepat laku keras. Namun hal yang penting untuk Anda ingat adalah memastikan berapapun jumlah diskon atau potongan yang Anda berikan Anda tetap sudah harus memastikan bahwa Anda sudah mendapatkan untung dari hasil jualan tersebut, atau paling tidak balik modal dan jangan sampai merugi.

c. Selanjutnya jangan pernah sungkan untuk selalu mempromosikan barang-barang diskon yang Anda buat ke teman-teman Anda di dunia offline.

Jika memungkinkan minta pula mereka agar ikut membantu promo Anda sehingga toko online Anda dapat semakin meluas dan memiliki banyak pelanggan.

Bagi teman yang ikut membantu promo bisnis Anda jangan lupa untuk memberikan bonus khusus agar mereka juga semakin bersemangat untuk mempromosikan usaha toko online Anda baik sebagai reseller atau dropshiper.

Nah, bukankah hal diatas adalah hal sederhana namun jarang sekali kita coba secara konsisten untuk meningkatkan omset usaha online kita?

Mulai buat dan atur waktu untuk memberikan berbagai penawaran menarik dan diskon dari produk yang kita jual.

4. Kelola toko online Anda dengan cara profesional

Setelah toko online mulai berjalan, kelolalah dengan cara profesional.

Pastikan Anda tersedia untuk menjawab pertanyaan semua calon pelanggan. Jangan lupa untuk selalu meninjau statistik situs Anda untuk mencari tahu apa yang dapat Anda lakukan dengan  lebih baik untuk mendatangkan banyak trafik kunjungan ke situs Anda.

Nah, sekarang Anda tahu bagaimana cara menjual produk melalui toko online, tugas selanjutnya dari Anda adalah terus membangun, mengelola dan memasarkan toko online Anda sendiri sehingga omset penjualan terus meningkat dari bulan ke bulan.

2 Comments

  • rahma says:

    salam kenal pa ^^,

    saya baru mulai membaca web ada.. subhanallah, banyak advise dan motivasi utk membuka lapak online.

    sangat terbantu.. smoga bisa maju dengan tips dn trik yg pa GM berikan. thanks

  • arif says:

    Thx Guru sukses selalu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *