3 Trik Sederhana Mendapatkan Perhatian Calon Pembeli

Ada banyak orang yang bilang sulit ketika harus menulis artikel pemasaran produk yang dia jual secara online.

artikelpemasaranAnda harus tahu bahwa artikel pemasaran itu bertujuan untuk menanamkan pesan Anda dan informasi terkait produk/jasa Anda.

Membuat artikel pemasaran tidak harus yang berat-berat, yang terpenting adalah Anda harus memiliki pengetahuan terkait produk/jasa yang Anda jual itu.

Untuk memastikan bahwa artikel pemasaran milik Anda mendapatkan perhatian dari pembaca , berikut 3 trik sederhana yang bisa Anda coba praktekkan.

1. Gunakan paragraf pendek.

Paragraf yang sangat panjang dan kata-kata yang campur aduk bisa jadi membingungkan dan membutuhkan kerja keras untuk membacanya.

Pembaca hanya akan mengabaikan paragraf panjang dan beralih ke artikel yang lebih mudah dan lebih baik untuk dibaca. Paragraf bisa menjadi kalimat tunggal, kadang-kadang bahkan satu kata!

Anda bisa menulis paragraf dalam sebuah artikel pemasaran minimal 300 sd 600 kata yang informatif yang menceritakan tentang produk/jasa yang Anda tawarkan secara online.

2.  Menyediakan judul artikel yang menarik perhatian pembaca.

Jika judul Anda dapat menarik rasa ingin tahu seseorang maka Anda sudah setengah jalan dalam mendapatkan perhatian seseorang untuk membaca artikel Anda.

Gunakan pernyataan dan pertanyaan yang memanfaatkan kata kunci yang banyak dicari orang. Sediakan judul  yang menggambarkan isi artikel Anda tetapi juga harus pendek dan ringkas.

3. Menggunakan angka atau fakta yang spesifik

Menulis artikel pemasaran dengan cara ini ternyata dapat meningkatkan rasa ketertarikan pembaca untuk mempelajari artikel pemasaran yang Anda tulis.

Anda harus bisa menarik perhatian pembaca dengan menulis beberapa point atau fakta menarik tentang produk/jasa yang Anda tawarkan.

Misalnya, jika produk yang Anda jual adalah produk informasi tentang bagaimana cara sukses berbisnis, bisa jadi Anda akan membuat artikel pemasaran seputar bisnis dan motivasi, contoh:

“5 Fakta Mengapa Bill Gates Tidak Akan Pernah Jatuh Miskin”

“Simpan Rapat 3 Hal Ini Sebelum Bisnis Anda Di Contek Kompetitor”

Tapi ingat jangan membuatnya terlalu formal, itu harus ringan dan mudah di pahami oleh target market pengunjung situs Anda.

Jangan lupa, Anda boleh mempromosikan produk atau jasa anda di akhir setiap artikel pemasaran yang terkait dengan isi artikel tersebut. Informasi tambahan ini adalah penjelasan singkat tentang Anda, bisnis Anda dan apa yang bisa Anda tawarkan kepada target market Anda.

Saat ini metode artikel pemasaran dianggap salah satu yang efisien dan efektif. Lalu apakah karena mudah, maka artikel pemasaran bebas dari resiko?

Tentu saja tidak!

Justru karena nampaknya mudah, banyak pemula yang mengalami kerugian karena melakukan kesalahan-kesalahan umum dalam marketing lewat artikel.

Apa saja kesalahan-kesalahan dan perangkap dalam menulis artikel pemasaran tersebut?

Berikut beberapa di antaranya:

1. Mencantumkan terlalu banyak kalimat promosi diri sendiri.

Seringkali, seorang netpreneur ketika berjualan dan membuat sebuah tulisan, seringkali menyelipkan banyak kalimat yang berisi promosi diri sendiri (misalnya, betapa suksesnya anda, anda sudah meraih ini itu dan sejenisnya)

Pembaca tidak akan menyukai gaya bertutur seperti ini; selain kesannya sombong, hal ini akan mengurangi kredibilitas artikel anda.

Mulailah fokus pada kebutuhan pembaca Anda, tulislah dan akui kredibilitas para ahli lain, misalnya “menurut penelitian si A….atau menurut seorang A yang terkenal sebagai Ahli Kopi, dst”

Orang lain akan bisa menilai kemampuan dan kesuksesan Anda dengan sendirinya kok.

2. Membuat artikel yang terlalu panjang dan bertele-tele.

Teorinya mudah saja: makin membosankan artikel anda, makin kecil kemungkinan pembaca berniat mengetahui lebih banyak tentang anda. Kalaupun artikel anda harus dibuat panjang, gunakan penulisan dalam bentuk poin-poin.

3. Terlalu banyak kesalahan tata bahasa dan penulisan kosakata.

Artikel pemasaran produk yang memiliki gaya bahasa yang buruk, kualitas penulisan yang setara dengan anak TK atau pemilihan kosakata yang tidak tepat akan menghilangkan kredibilitas anda dan membuat orang berpikir dua kali sebelum mau bekerjasama dengan anda.

Pastikan anda mengecek artikel yang akan diterbitkan hingga tiga kali sebelum benar-benar mengirimkannya.

4. Kurang memikirkan kalimat pembuka yang menarik.

Kalau anda mengetahui cara kerja awak media surat kabar, anda pasti tahu bahwa mereka selalu berusaha membuat headline yang paling menarik dan memikat pembaca, karena headline inilah yang akan dilihat lebih dulu.

Luangkan waktu untuk menemukan kombinasi kata yang menarik untuk judul dan paling tidak tiga kalimat pertama artikel anda.

5. Artikel hanya mendeskripsikan masalah tanpa memberikan solusi.

Artikel pemasaran seperti ini bisa dibilang kurang ‘mengenyangkan’ karena kurang memberi manfaat bagi pembaca.

Usahakan agar anda selalu menyelipkan solusi, walau singkat, ketika anda membuat artikel mengenai sebuah problem. Sebagai contoh, ketika anda membuat artikel tentang “7 Masalah Kulit yang Diakibatkan oleh Sinar Matahari,” cantumkan juga penjelasan tentang bagaimana cara mengatasi masalah tersebut.

Dari sini, anda bisa menghubungkannya dengan, misalnya, produk krim kecantikan yang anda jual di situs anda.

Dengan menghindari semua kesalahan umum ini sambil memperbaiki kualitas artikel untuk marketing, anda akan melihat peningkatan signifikan dalam jumlah pengunjung situs maupun keuntungan bisnis anda untuk jangka panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *