Jika Anda tertarik untuk membuka bisnis sendiri tetapi  tidak memiliki modal besar, Anda tidak perlu khawatir tentang hal itu lagi karena Anda bisa mendirikan bisnis sendiri melalui toko online.

Anda bisa mengatur apa saja barang yang akan Anda pajang di toko online.

studi-kasus-toko-onlineMelalui toko online, pengunjung dengan mudah dapat membeli produk Anda, bahkan tidak menutup kemungkinan akan banyak penawaran kerjasama dari orang lain yang ingin juga dapat menjual produk mereka di toko online milik Anda.

Strategi pemasaran merupakan bagian penting untuk mempromosikan dan mengkomersialkan toko online Anda kepada pengunjung.

Di bawah ini adalah 6 tips sukses dalam membuat toko online yang disukai pengunjung

1. Keep it simple

Desain situs toko online Anda harus menarik pengunjung tapi ingat harus tetap sederhana.

Hanya menempatkan informasi penting atau deskripsi produk sederhana di webstore Anda, jika webstore Anda ramai dengan banyak halaman penuh kata maka pengunjung akan bosan/bingung dan bisa jadi dia tidak ingin membacanya.

Meskipun toko online milik Anda sederhana tapi pastikan Anda menuliskan informasi yang jelas tentang produk yang Anda jual.

Anda perlu memahami produk Anda cukup baik dan mengatur letak display barang mereka pada satu sistem halaman yang masuk akal untuk pelanggan Anda.

Jika mereka tidak tahu di mana mencari produk tertentu,  bisa jadi mereka akan kesal dan dengan kata lain situs Anda termasuk situs yang kurang efektif mengkomunikasikan merek Anda.

So, pastikan miliki navigasi sederhana untuk membantu pengunjung menemukan dengan mudah produk yang mereka inginkan.

2. Berikan cara termudah untuk memesan dan membayar produk

Ini adalah hal penting dalam bisnis online, kadang-kadang pedagang memberikan banyak aturan dan regulasi pada pembeli dengan prosedur dan pembayaran online yang ribet.

Faktor inilah yang kadang membuat pengunjung lari ke webstore lain.

Sebagai pemilik bisnis, Anda perlu menyediakan cara yang nyaman untuk melakuka order/pesanan di situs toko online Anda.

Misalnya hanya dibuat satu klik setelah proses order barang dan pelanggan sudah mendapatkan konfirmasi detil produk yang dipesan termasuk jumlah pembayaran yang harus dibayarkan.

Berikan pilihan dalam hal metode pembayaran, misalnya Anda menyediakan beberapa rekening bank lokal atau melalui paypal.

Selain itu jika Anda ingin pengunjung Anda betah melihat barang dagangan yang dipajang di toko online Anda?

Berikan menu penting seperti FAQ (pertanyaan dan jawaban seputar produk Anda), informasi kontak, metode pengiriman, metode pembayaran, dan lain-lain yang secara otomatis akan memberikan kenyamanan untuk pengunjung yang akan bertransaksi dengan Anda

3. Berikan identitas yang unik di toko online milik Anda (branding)

Ketika Anda membuat toko online sendiri buatlah kreatif, sederhana dan unik, karena itu orang akan mengingat merek Anda dan juga situs Anda

4. Realistis harga

Harga produk adalah salah satu strategi pemasaran untuk menarik pengunjung ke webstore Anda, lagi dan lagi.

Anda harus memberikan harga yang realistis pada produk Anda, jika harga Anda tidak kompatibel dan mahal untuk produk yang bisa dengan mudah di dapat secara online, maka bisa jadi  pengunjung akan membatalkan pembelian di toko online milik Anda.

5. Terus perbarui dan tambahkan produk-produk terbaru dari Anda.

Tetap update dengan produk-produk terbaru, ataupun varian produk terkait akan membuat pelanggan tetap terus membeli produk di toko online milik Anda.

Berikan juga  data testimonial dari pelanggan Anda sehingga pengunjung tahu bahwa  mereka akan mendapatkan kepuasan atau jaminan terhadap produk yang akan mereka beli.

6.  Buka program afiliasi atau jaringan reseller untuk produk atau jasa yang Anda jual melalui toko online

Dari webstore Anda sendiri, Anda dapat meningkatkan omset penjualan, misalnya salah satunya dengan membuka afiliasi atau jaringan reseller.

Sehingga akan banyak reseller yang menjadi tenaga pemasaran toko online Anda tanpa Anda harus mengeluarkan biaya (gaji) untuk mereka.

Ini adalah contoh produk yang disiap dikirim ke seluruh Indonesia. Dalam sehari rata-rata ratusan item produk terjual secara online (target saya dalam 2 tahun kedepan ini, toko online saya bisa menjual 100 lusin dalam sehari – amin.)

tips order toko onlineBanyak pembeli yang juga ingin order dalam partai besar adalah dari Malaysia dan Brunei Darusalam, namun belum bisa kami penuhi karena market Indonesia pun masih banyak yang antri.

Saya sudah banyak membahas tentang rahasia dapur saya ketika saya membuat toko online dari awal persiapan sebelum membuat toko online, memilih model toko online yang terbukti meningkatkan sales, teknik promosi dengan sedikit biaya, teknik melipatgandakan omset tanpa biaya promosi sampai dengan membuat toko online Anda bisa berjalan tanpa kehadiran Anda setiap hari, baca pengalaman dan cerita dari saya disini

Menyukai Tulisan Saya? Dapatkan Lebih Banyak Lagi TIPS dan STRATEGINYA Di Bawah Ini!