Affiliate MarketingMengikuti program affiliate marketing menawarkan kesempatan mendapatkan uang dengan cara relatif mudah, karena anda tidak perlu harus membuat produk sendiri.

Sayangnya, banyak di antara anda yang hanya bergabung tanpa memiliki rencana kerja jelas.

Jika anda bergabung dengan program affiliate marketing ini, anda harus bekerja dengan strategi jelas. Paling tidak anda harus mengetahui bagaimana program affiliate marketing ini bisa memberikan keuntungan untuk anda

Walaupun sering hanya dijadikan sumber penghasilan tambahan, ketahuilah bahwa  affiliate marketing ini merupakan pekerjaan serius yang membutuhkan ketekunan, usaha serta rencana kerja yang jelas sejak saat anda mulai.

Sebelum memulai bisnis afiliasi, berikut beberapa hal yang harus anda pertimbangkan:

1. Anda sebaiknya memiliki semacam kantor atau ruang khusus di rumah yang nyaman, dengan komputer, koneksi internet, penerangan yang bagus dan ventilasi yang nyaman.

2. Pelajari dasar-dasar bisnis online. Anda bisa menemukan program pelatihan singkat ini dari para affliate marketer yang sudah berpengalaman di internet yang bisa menuntun anda. Di internet juga tersedia konferensi pelatihan online yang bisa anda temukan.

3. Buat target yang realistis agar anda bisa membuat rencana yang matang.

Mendapatkan income $1,000/day jelas dalam kurun waktu singkat tentunya bukan target realistis jika anda baru terjun ke dunia ini.

Contoh sederhana yang biasa saya ajarkan biasanya adalah membuat target seperti ini:

- Menemukan sedikitnya 5 produk affiliasi dengan tingkat demand yang tinggi dan persaingan yang rendah dalam waktu 1 minggu

- Sukses mempromosikan produk affiliasi tanpa harus membuat website kurang dari 24 jam

- Sukses mendapatkan penjualan (pecah telur) sedikitnya $100 dalam waktu 1 bulan atau kurang.

-dst

Pertanyaan selanjutnya yang harus anda temukan jawabannya adalah “Bagaimana saya menemukan program affiliate marketing yang bagus, yang akan memberi saya komisi yang seimbang?”

Berikut adalah beberapa pertimbangan dalam memilih program affiliate marketing :

1. Lihat komisinya. Komisi merupakan sumber keuntungan dari bisnis afiliasi, jadi temukan kesempatan bisnis yang menawarkan komisi antara 25 hingga 50 persen bahkan lebih.

2. Lihat periode pembayaran komisinya. Ada perusahaan/situs yang memberi komisi seminggu sekali hingga sebulan sekali. Jangan pilih yang terlalu lama jika anda tidak mau cepat kehabisan uang.

3. Lihat sistem cookies dari situs pedagang tersebut. Ada kemungkinan seorang pengguna internet mengunjungi situs tanpa melakukan pembelian, jadi ada baiknya situs pedagang ini memiliki sistem cookies yang bisa melacak jika orang ini kembali dan melakukan pembelian, agar anda mendapat komisi.

4. Lihat sarana promosi yang disediakan. Hal ini sangat penting dalam affiliate marketing, jadi selalu cek kualitas sarana promosi yang disediakan program afiliasi ini. Lihat apakah ada artikel atau ulasan yang dipasang di situs artikel gratis, penawaran khusus dan sampel gratis. Bahkan, ada baiknya anda sesekali mencoba strategi anda sendiri.

5. Baca sales letternya, apakah itu menarik orang untuk membeli apa yang ditawarkan, tempatkan diri anda sebagai pembeli lalu tanyalah diri anda apakah anda tertarik untuk membeli produk tersebut?

Sebagai contoh kasus, misalnya saja anda ingin mempromosikan produk affiliasi di clickbank.com, lalu dari ribuan produk affiliasi anda harus bisa menerapkan 5 tips diatas untuk bisa memilih mana produk affiliasi yang layak anda promosikan.

Anda harus bisa melakukan riset produk clickbank dengan baik, so apa kuncinya supaya anda bisa memilih produk affiliasi dengan benar?

Banyak berlatih, itu saja!