Perlunya Hosting Sebagai Media Penjualan Produk Anda di Internet

hosting sebagai media penjualan produk

Hosting adalah tempat menyimpan file-file untuk website atau blog anda, diibaratkan hosting adalah bangunan fisik rumah. Tempat ini digunakan untuk menyimpan file-file halaman web serta file pendukung lainnya.

Tempat ini berupa media simpan di server internet yang telah dilengkapi dengan program web server. Tentunya anda harus mempunyai hosting agar file-file halaman web yang telah anda buat dapat dibaca di internet. Sama seperti domain, hosting juga dapat diperoleh dengan cara membayar ataupun gratis.

Jika domain diibaratkan sebagai alamat, maka hosting adalah rumah.

Anda dapat meletakkan berbagai macam aplikasi, content dan file-file yang lain. Sebagaimana tempat menyimpan file, hosting mempunyai berbagai macam ukuran yang beraneka ragam.

Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan anda. Untuk suatu blog personal, dibutuhkan tidak lebih dari 25 MB.

Sedangkan untuk web portal yang selalu dinamis ukurannya bisa mencapai 1 TB atau bahkan lebih. Untuk hosting skala kecil dengan kapasitas 10 GB, anda cukup dengan menyewanya. Tapi untuk yang berukuran besar, biasanya anda harus menggunakan server tersendiri yang berfungsi sebagai web server.

Biaya sewa hosting juga bermacam-macam, anda akan dikenakan biaya sewa tergantung besar-kecilnya space yang anda sewa. Untuk kebutuhan space minimal, biasanya bisa disewa dengan biaya hanya berkisar puluhan ribu rupiah. Biasanya hosting berbayar umumnya banyak dipakai kalangan yang ingin membangun website professional dengan pertimbangan bahwa web hosting berbayar relative lebih stabil, berfitur lengkap, dan memberikan berbagai fasilita kepada pelanggan.

Saat ini di Indonesia terdapat dua jenis hosting yang biasa digunakan. Yang pertama yang servernya ada didalam negeri (hosting lokal) dan hosting yang ada di luar negeri (hosting internasional) tentunya semua itu di sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Banyak penyedia hosting di Indonesia, semua mempunyai kelebihan dan kekurangan, baik dari segi layanan, paket yang ditawarkan, dan dari segi teknis lainnya, rata-rata layanan yang diberikan dibagi dalam beberapa paket. Paket biasanya dibagi berdasarkan kuota, akses user, user account, dan sebagainya.

Jika user mengakses ke web anda yang dibuat banyak diakses dari luar negeri, pilihan menempatkan web server yang berada di USA tepat sekali.

Mengapa USA?

Karena traffic global internet dunia adalah 70% berasal dari USA. Kalau anda membeli melalui website waralaba anda akan mendapatkan harga yang lebih murah 8-10% dari harga.

Anda bisa membandingkan harganya dan menyesuaikan dengan kebutuhan anda, bila anda memerlukan 1 blog/website saja atau anda memerlukan atau berencana membuat banyak blog atau web anda bisa membeli paket yang unlimited, sehingga anda tidak perlu membeli hosting setiap kali anda membuat website.

Hosting gratis juga banyak disediakan di internet. Tentu saja karena bersifat gratis, penyedia banyak melakukan pembatasan. Beberapa contoh batasan antara lain pada besar space, fitur, jumlah database, besar bandwidth, adanya iklan dan sebagainya.

Contoh penyedia layanan web hosting gratis (plus domain) adalah http://www.000webhost.com yang popular dikalangan pengelola weba dan lumayan lengkap fiturnya.

Untuk pembelian domain dan hosting ini tidak perlu anda lakukan pada satu buah perusahaan. Anda bisa saja membelinya dari tempat-tempat yang berbeda.

Anda hanya perlu menghubungkan antara domain dan hosting ini dengan melakukan setting DNS (Domain Name Server) pada account domain ada. Gunanya adalah untuk menghubungkan domain anda dengan hosting.

Jika Anda pemula, Anda bisa membeli satu paket domain dan membeli hosting di perusahaan hosting di Indonesia. Ada banyak perusahaan hosting yang bisa membantu Anda. Modal untuk membeli domain dan hosting mulai dari Rp.250.000,- untuk jangka 1 tahun.

Dan kebutuhkan domain dan hosting ini adalah wajib!

So, pastikan Anda sudah memiliki nama domain dan hosting jika ingin sukses dalam menjalankan bisnis internet marketing ini :)