promosi produk di twitterHari ini sudah terlalu banyak website-website penyedia informasi, entah itu media cetak ataupun media elektronik, dan juga berbagai situs jejaring sosial mulai dari Friendster, facebook, dan twitter.

Perilaku pengguna media internet pun sudah mulai berubah. Entah itu para pebisnis ataupun mereka yang sekedar menggunakan internet untuk bersenang-senang.

Untuk para kaum muda, selain browsing untuk kebutuhan informasi mereka juga menggiatkan situs jejaring sosial hingga akhirnya kini situs jejaring sosial menjadi populer di semua kalangan.

Sedangkan para pebisnis kini mulai memanfaatkan internet untuk ekspansi baik itu informasi maupun penjualan itu sendiri.

Termasuk yang tidak luput juga adalah penggunaan situs jejaring sosial entah itu dalam bentuk promosi produk di Friendster, di facebook, ataupun melakukan promosi produk di twitter.

Banyak yang mengatakan bahwa promosi produk di Friendster sudah tidak efektif lagi. Tidak lain penyebabnya karena yang sedang booming saat ini adalah facebook.

Sehingga para pemilik produk, jasa, ataupun bentuk layanan lainnya akhirnya mengalihkan iklan mereka dari Friendster ke facebook, yang notabene memiliki jutaan pengguna yang bertambah setiap harinya.

Namun, di sisi lain kini twitter mulai digemari sehingga pelan tapi pasti mulai ada yang promosi produk di twitter.

Twitter merupakan situs jejaring sosial yang cukup simpel dan sederhana. Namun demikian tidak bisa diremehkan. Karena pengguna situs jejaring sosial biasanya memiliki pola yang berbeda. Untuk daerah Amerika mungkin lebih banyak menggemari facebook.

Namun untuk kawasan Eropa tampaknya twitter yang lebih digemari. Itulah mungkin awalnya kebanyakan yang melakukan promosi produk di twitter adalah orang Eropa.

Kian hari kini jumlah pengguna twitter meningkat. Ada tren peralihan dari pengguna facebook menjadi pengguna twitter. Sayangnya tidak banyak pengusaha ataupun pebisnis yang melihat trend ini. Mereka masih terlena untuk terus menerus memasang iklan untuk mempromosikan produk di facebook alih-alih promosi produk di twitter.

Ini bisa menjadi peluang yang bagus. Ditengah penuhnya persaingan promosi produk di facebook, tingkat persaingan mereka yang melakukan promosi produk di twitter justru kecil sekali.

Inilah kesempatan untuk memulai dan menjadi market leader dari bidang bisnis / usaha yang saat ini ditekuni lewat promosi produk di twitter.

Untuk melakukan promosi produk di twitter ada beberapa cara yang bisa dilakukan :

Ada cara gratis dan ada cara berbayar, terserah mana yang dipilih dan dirasa nyaman untuk promosi produk di twitter.

Untuk cara gratis, cukup sederhana yaitu dengan membuat akun twitter yang notabene gratis kemudian mempromosikan produk kita di dalam update status twitter.

Tentunya meskipun kita sedang mengupayakan untuk promosi produk di twitter, bukan berarti setiap update status diisi dengan iklan. Karena boleh jadi para follower kita di twitter jadi bosan lantas kemudian meng-unfollow.

Adapun untuk cara berbayar kita bisa memanfaatkan layanan gratis tool-tool update twitter. Sebagai contoh uber twitter misalnya, yang membidik pengguna blackberry. Mereka menyediakan layanan gratis tools update status twitter.

Namun di sisi lainnya, para pengguna uber twitter sesekali akan menerima iklan. Nah, disana kita kontak pihak admin uber twitter untuk pasang iklan sebagai bentuk promosi produk di twitter.

Lantas bagaimana bila kita sudah terlanjur eksis di facebook dan memiliki teman atau bahkan fans disana?

Mudah. Perlahan-lahan kita bisa mengarahkan mereka untuk belajar membuat akun twitter dan memfollow twitter kita.

Memang tidak bisa langsung, tapi setidaknya ini bisa dilakukan agar nantinya proses promosi produk di twitter yang kita lakukan dalam jangka panjang bisa membuahkan hasil.

Yang penting ketika promosi produk di twitter jangan sampai melakukan spam. Lakukan promosi produk di twitter secara natural dan alami. Dengan demikian para follower kita tetap setia.

So, daripada repot-repot bersaing mempromosikan produk di facebook bukankah lebih baik promosi produk di twitter. Selamat mencoba.