Membuat website dengan menggunakan banyak cara. Hal penting yang harus diperhatikan adalah :

1. Tujuan anda membuat website

2. Model website seperti apa yang sesuai dengan tujuan akhir dari sasaran yang ingin anda capai.

tips membuat websiteDan tentu saja anda harus memikirkan bagaimana cara membuat websitenya.

Ada beberapa cara membuat website secara online yaitu:

1. Membuat website dengan Joomla

Jika anda ingin membuat website dengan joomla, yaitu website yang menggunakan system CMS atau Content Management System).

supaya website anda kelihatan professional, berikut hal-hal yang perlu diperhatikan jika anda ingin membuat website dengan Joomla:

Membuat pavicon.ico yang baru untuk mengganti pavicon standar joomla yang berwarna hitam, anda tinggal replace file sebelumnya dengan file pavicon anda yang baru.

Jangan lupa untuk membuat backup file database joomla dengan menggunakan PHPmyadmin. Menggunakan tombol Readmore, tombol ini untuk pengunjung yang akan mengunjungi website anda.

Memeriksa posisi file dan juga directory joomla, yang paling penting adalah akses. Jangan lupa untuk menonaktifkan atau melakukan uninstall component dan modul yang sudah tidak terpakai.

2. Membuat website dengan wordpress

Proses membuat website dengan wordpress sangat mudah, berikut adalah langkah- langkah yang dapat diambil:

Download software XAmpp lite di apachefriends atau xampp. Download wordpress versi terbaru. Menginstal XAmpp pada computer kita.

Kemudian menjalankan xampp-control.exe dan klik tombol start di samping kanan. Setelah membuka browser dan ketik http://localhost, pilih bahasa yang diinginkan.

Klik PHPmyadmin kemudian ketikkan alamat browser http://localhost/phpmyadmin/ Extract file wordpress ke c:\xampplite\htdocs, mengganti nama sesuai pilihan anda sendiri.

Setelah membuka browser yang baru akan muncul halaman baru dan klik lets go! Selanjutnya halaman success! Catat password yang muncul, kemudian mengisi password yang diminta dan klik login

3. Membuat website dengan php

Jika anda membuat website dengan PHP, maintenance dan proses update nya tidak sulit untuk dikerjakan. Terlebih lagi jika anda bersedia menunjukkan RSS feeds di dalam website yang anda buat, walaupun sama-sama menggunakan HTML.

RSS nya bisa dipilih yang menggunakan JavaScript. Terdapat versi PHP yang berbeda beda, tetapi yang umum digunakan adalah PHP Triad, satu yang harus diperhatikan sebelum menjalankan website PHP di computer milik anda jalankan terlebih dahulu Apache Web Server dulu.

Jika anda ingin mengetahui apakah PHP anda sudah berjalan atau belum, anda terlebih dahulu membuka browser dahulu. Kemudian ketikkan localhost di address bar. Tapi jangan lupa untuk menjalankan apache nya terlebih dahulu.

4. Membuat website dengan notepad

Pertama yang dilakukan jika anda ingin membuat website dengan notepad dengan membuka aplikasi notepad, kemudian klik tombol start menu pilih all program – accessories – notepad

5. Membuat website dengan dreamweaver

Walaupun anda mahir dengan coding, membuat website dengan dreamweaver jauh lebih mudah digunakan karena banyak fitur yang dapat dipakai daripada menggunakan notepad.

Berikut adalah langkah- langkah yang dapat diambil untuk membuat website dengan dreamweaver, pertama yang harus dilakukan adalah Macromedia Dreamweaver 8 disana akan ditampilkan IDE (Integrated Development Environment).

Setelah memilih menu Site kemudian New site, setelah itu mengisi nama website, selanjutnya anda dapat memilih Edit local copies setelah itu tekan tombol next kemudian tinggal melanjutkan langkah-langkah selanjutnya sesuai dengan petunjuk yang ada di Macromedia Dreamweaver 8 tersebut

6. Membuat website dengan FrontPage

jika anda ingin membuat website dengan frontpage, anda diminta untuk belajar memanfaatkan table, teks gambar hyperlink cara mengupload file dan juga konsep dasar HTML.

7. Membuat website dengan Photoshop

Pertama yang harus dilakukan jika anda ingin membuat website dengan Photoshop diawali dengan pembuatan layout halaman menggunakan Adobe Photoshop yang kemudian diolah dalam Macromedia Dreamweaver namun dapat ditambahkan menu pop up dengan menggunakan JavaScript.