Apakah anda pernah mendengar tentang Google Adwords?

Kalau sudah berarti bagus tapi kalau belum ini adalah saat paling baik bagi anda untuk mulai mengenal apa sebenarnya Google Adwords, bagaimana memanfaatkan sistem ini secara maksimal dan apa saja keuntungan yang bisa anda dapatkan.

Google merupakan salah satu Search Engine terbesar di dunia, penggunanya adalah orang-orang dari seluruh dunia dan datang dari berbagai macam latar belakang.

Asal anda tahu saja, sistem belanja online beberapa tahun terakhir ini telah menjadi trend tersendiri, dan jika anda jeli, anda bisa mengambil keuntungan yang sebesarnya-besarnya dari trend tersebut.

Anda hanya membutuhkan sebuah media dimana anda bisa mengiklankan produk atau bisnis anda kepada target pasar dengan cara yang paling efektif dan Google Adwords adalah salah satu cara yang paling direkomendasikan.

Google Adwords ditujukan langsung pada para vendor yang mencari cara efektif dan efisien untuk memasarkan produk mereka, baik secara lokal, nasional ataupun internasional.

Untuk memulai memasang iklan di Google Adwords, caranya tidaklah terlalu sulit, namun ada beberapa hal yang harus anda perhatikan disini agar tidak terjadi kesalahpahaman dan akhirnya anda juga yang rugi.

Pertama adalah membuka halaman Google Adwords, kemudian klik “Start Now (Mulai Sekarang)” lalu setelah itu Anda akan diberikan 2 pilihan.

Pilih saja opsi ke dua yaitu “Saya tidak menggunakan layanan-layanan lain ini.”

Lalu anda akan mengisi alamat email, password dan kode captcha. Lalu klik tombol “Buat Account” dan ikuti langkah-langkah selanjutnya.

Beberapa hal penting yang harus anda ingat yaitu :

1. Dalam memilih bahasa yang akan anda gunakan untuk iklan anda.

Dalam pemilihan bahasa di Google Adwords, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan yaitu jika target market anda konsumen dari Indonesia, lebih baik anda memilih bahasa Indonesia tapi jika anda tertarik untuk merambah pasar internasional, Bahasa Inggris tentu saja pilihan terbaik.

2. Kemudian ketika anda memasukkan URL website anda beserta tampilan iklan yang anda inginkan dan deskripsi iklan anda dengan maksimal 35 karakter termasuk spasi.

3. Hanya memasukkan (memasang) keyword yang relevan dengan isi iklan anda.

4. Memasukkan planning budget bulanan anda.

Anda tidak perlu takut dalam hal ini, tidak akan ada hidden fee yang akan dibebankan kepada anda oleh Google Adwords.

Jumlah maksimal yang anda masukkan kedalam budget planning akan menjadi jumlah maksimal yang akan ditagihkan Google Adwords kepada anda atau bahkan kurang karena anda hanya akan membayar jika ada yang mengklik iklan Google Adwords anda.

Namun, semakin tinggi budget planning iklan anda, semakin besar pula kesempatan iklan anda untuk ditampilkan.

Selanjutnya, untuk melakukan pembayaran, silahkan anda klik “Make Payment Now”, masukkan budget yang sudah anda tetapkan dan kemudian akan muncul nomor referensi yang nanti akan anda gunakan untuk mentransfer pembayaran.

Satu hal penting yang harus anda ingat dalam melakukan pembayaran untuk iklan anda di Google Adwords, yaitu jangan pernah mentransfer pembayaran lewat ATM karena tidak akan diterima.

Jika anda nekat, anda hanya akan kehilangan jumlah yang ada transfer tersebut dan Google Adwords tidak akan pernah mengembalikannya.

Pada saat mengirim pembayaran Google Adwords lewat bank, jangan lupa untuk memasukkan nomor referensi yang sudah anda dapatkan sebelumnya, dan kalau tidak ada kolom khusus di slip pembayaran untuk nomor referensi, silahkan sertakan nomor referensi Google Adwords di belakang nama anda, dan kalau tidak cukup masukkan secukupnya nomor referensi dari digit paling belakang.

Setelah itu, silahkan nikmati keuntungan berlimpah yang hanya bisa anda dapatkan dari Google Adwords.

Saya pribadi selalu menyarankan untuk menggunakan kartu kredit sebagai alternatif pembayaran karena iklan anda akan lebih cepat tayang tanpa harus menunggu waktu berhari-hari.

Untuk melihat bagaimana cara membuat akun di google adwords, bisa melihat video tutorialnya di bawah ini: