Hypnotic copywriting sering dikorelasikan dengan dunia internet marketing.

Hypnotic copywriting dasarnya merupakan tulisan biasa, namun dimanipulasi dengan teknik-teknik penulisan tertentu, sehingga hasil copywriting tersebut memiliki kekuatan menggugah, baik logika maupun alam bawah sadar dari pembacanya.

Teknik copywriting seperti ini memang telah banyak digunakan sebagai alat pendukung marketing, namun seperti halnya sebuah disiplin ilmu, teknik hypnotic copywriting juga terus mengalami inovasi.

Perkembangan internet marketing juga turut mendorong dilakukannya inovasi pada teknik copywriting tersebut.

Kekuatan yang menghipnotis dari hypnotic copywriting, bersumber pada manipulasi penempatan dan cara penulisan kata-kata atau rangkaian kata, yang tersusun menjadi sebuah kalimat yang menghipnotis.

Alhasil, membaca sebuah hasil karya hypnotic copywriting, dapat meninggalkan kesan dalam pikiran, yang bersumber dari pesan yang secara sistematis ditanamkan dalam tulisan tersebut.

Hypnotic copywriting memiliki karakteristik provocating. Dimana efek tulisan menstimulasi pembacanya untuk melakukan suatu aksi tertentu, sesuai yang diharapkan oleh penulisnya.

Ada beberapa trik penulisan yang diimplementasikan dalam sebuah hypnotic copywriting, diantaranya,

• Pengulangan kata atau kalimat

• Dorongan untuk melakukan sesuatu

• Penekanan pada objek tertentu dalam tulisan

Dalam hampir semua hypnotic copywriting, dapat dipastikan ada pengulangan kata atau kalimat.

Perhatikan penulisan pada contoh iklan sebuah copywriting berikut ini:

HANYA SEKALI DALAM SEUMUR HIDUP!!!

KAPAN LAGI KITA DAPAT MENYAKSIKAN LIVE PERFORMANCE

MEGA BINTANG MICHAEL JACKSON!!!

INGAT!!! INI MICHAEL JACKSON!!!

HANYA SEKALI DALAM SEUMUR HIDUP!!!

TANGGAL 8 FEBRUARI 2010

DI PLENNARY HALL JAKARTA

MULAI PUKUL 21.00 – 24.00 WIB

TICKET MURAH, HANYA Rp. 2.000.000,-

APA ARTINYA NILAI Rp. 2.000.000,- KALAU DIBANDINGKAN DENGAN KESEMPATAN LANGKA INI

100 ORANG PEMESAN TICKET PERTAMA AKAN MENDAPATKAN DISKON 10%!!!

INGAT!!! INI MICHAEL JACKSON!!!

HANYA SEKALI DALAM SEUMUR HIDUP!!!

Contoh iklan copywriting di atas, dapat dikatakan memiliki unsur teknik hypnotic copywriting.

Perhatikan kalimat “HANYA SEKALI DALAM SEUMUR HIDUP!!!”, yang dituliskan secara berulang-ulang.

Kalimat tersebut ditujukan agar pembacanya benar-benar meyakini, bahwa konser tersebut benar-benar langka dan bernilai prestisius. Yang akhirnya dapat tertanam dalam pikiran pembacanya.

Dalam contoh iklan copywriting di atas, juga terdapat dorongan untuk melakukan aksi. Hal tersebut dapat dilihat pada penulisan kalimat “100 ORANG PEMESAN TICKET PERTAMA AKAN MENDAPATKAN DISKON 10%

Kalimat dalam iklan copywriting tersebut ditujukan agar calon pembeli ticket berlomba-lomba untuk menjadi yang pertama, agar mendapatkan potongan harga.

Perlu diingat, sebagian besar pembaca akan merasa dialah yang pertama tahu informasi tersebut, sehingga dirinya akan terdorong untuk langsung melakukan pemesanan ticket.

Selain itu, contoh iklan copywriting di atas, memiliki penekanan pada objek tertentu yang memiliki selling point.

Kalimat yang diawali dengan kata “INGAT!!! INI MICHAEL JACKSON!!!” selain diulang, memiliki penekanan kepada nama Michael Jackson. Salah satu nama objek yang memiliki selling point termahal di dunia.

Hypnotic copywriting yang sering digunakan sebagai salah satu alat marketing, memang memiliki andil yang cukup besar dalam meningkatkan potensi keberhasilan sebuah program marketing.

Dalam dunia internet marketing, teknik hypnotic copywriting sering digunakan pada direct response copywriting, artikel copywriting, script iklan copywriting, e-mail Copywriting, , dan lain sebagainya.

Menulis hypnotic copywriting untuk dunia marketing, memang memerlukan keahlian khusus. Selain memang harus memiliki latar belakang seni penulisan, seorang penulis hypnotic copywriting juga harus memahami berbagai referensi mengenai dunia marketing.

Oleh karena itu, biasanya seorang penulis hypnotic writing yang telah professional, memiliki tarif yang cukup tinggi dalam menjual jasanya. Tidak sembarangan perusahaan yang dapat menggunakan jasa hypnotic copywriter professional. Mungkin hanya perusahaan yang memiliki jangkauan target market yang sangat luas yang dapat melakukannya.

Namun demikian, untuk para internet marketer yang memiliki modal terbatas, tidak ada salahnya untuk terus berlatih menciptakan sebuah hypnotic copywriting. Memang tidak mungkin menyamai hasil karya copywriter profesional. Namun paling tidak, dengan hasil belajar dan berlatih, copywriting yang dibuat dapat sedikit menghipnotis pembacanya.

Selamat praktek :)