10 Rahasia Sukses Toko Online Dengan Omset Ratusan Juta Rupiah

Toko online sedang marak!

Hari ini, banyak orang mulai terbiasa berbelanja online. Sayangnya dari ratusan toko online, belum banyak yang bisa memberikan layanan terbaik untuk para pembeli.

jualanbuku

Jika Anda ingin toko online milik Anda sukses dan mendapatkan hasil maksimal, tentunya harus mengerti dan memahami bahwa yang Anda jalankan adalah sebuah bisnis yang menuntut perhatian dan juga waktu Anda setiap hari.

Tanpa di sertai skill dan pengalaman, toko online Anda yang Anda buat akan sepi dari pembeli. Ujung-ujungnya ya bangkrut!

Anda tertarik untuk menekuni bisnis melalui toko online?
Bingung mau jualan apa? Gampang kok!

Dalam menentukan barang apa yang akan kita jual dalam bisnis online, kita harus mengetahui barang-barang apa yang saja paling dicari konsumen online.

Itulah prinsip utama yang harus Anda tahu!

Jadi, dengan melihat kebutuhan konsumen online kita pun bisa memperkirakan prospek usaha toko online yang kita jalankan kedepannya. Jelas ya 🙂

Berikut ada tiga produk yang paling dicari dan diminati konsumen online, yaitu:

1. Fashion

Produk fashion seperti pakaian, tas, sepatu dan lain-lain adalah kebutuhan yang tidak bisa dihindari untuk kita pakai sehari-hari dalam aktifitas kita baik kerja, sekolah ataupun aktifitas yang lainnya.

Konsumen mempunyai selera yang berbeda-beda dalam menentukan fashionnya dan terkadang ketidakpuasan konsumen terhadap tersedianya berbagai macam produk fashion yang tersedia dijual di Toko atau mall dikotanya.

Hal ini menjadi kesempatan kita untuk menawarkan pruduk fashion kita yang bisa menjangkau ke segala kota bahkan negara.

2. Buku

Buku adalah jendela dunia karena melaui buku seseorang dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuannya. Produk buku ini menjadi barang yang sangat dicari karena keterbatasan tersedianya buku disetiap kota bahkan berbagai Negara.

Kesempatan ini yang bisa kita pilih untuk menentukan buku sebagai barang yang strategis untuk kita jual dengan menjangkau banyak daerah bahkan negara.

Permintaan bukupun terus berkembang pesat seiring dengan kebutuhan masyarakat akan pengetahuan yang tidak semua terdapat di situs-situs internet.

3. Barang-barang elektronik

Ponsel, kamera, televisi, hp dan aksesoris hp adalah contoh dari barang-barang elekronik. Terlepas dengan barang tersebut imitasi ataupun orisinil, semakin tingginya permintan barang-barang elektonik tersebut, hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor diantanya membanjirnya pengguna barang elektronik yang semakin canggih diera ini.

Dari tiga barang-barang yang sudah dipaparkan diatas, silahkan kita tentukan barang apa yang hendak anda tentukan dalam toko online kita.

Mantapkan pilihan sebelum memutuskan mana yang cocok dalam dunia anda berbisnis online tentu dengan melihat kemampuan dan pengalaman yang kita miliki.

Ingat, sekalipun hanya 3 jenis produk tapi jika diurutkan dan dibuatkan turunan atau variasi produknya maka potensi income dari toko online ini tidak terbatas!

Seorang pensiunan pns berbisnis toko online dan meraup keuntungan bersih 8 sd 9 juta perbulan. Dia hanya mengerjakannya dari rumah dengan dibantu asisten rumah tangganya!

Seorang mahasiswa bahkan bisa menjual ikan hias sampai ke mancanegara dengan omset ratusan juta rupiah lewat toko online.

Jika mereka bisa, maka Anda pun bisa!

Masih bingung bagaimana kiat sukses menjalankan bisnis melalui toko online?

Dibawah ini ada banyak tips yang di dapatkan dari para pelaku bisnis online yang telah sukses menjual produknya dengan omset ratusan juta setiap bulan. Contek, pelajari dan lalu terapkan di bisnis toko online Anda sendiri.

1. Konsisten.

Konsistensi sangat diperlukan dalam berjualan online, misalnya seperti selalu mengunggah foto produk terbaru. Apakah ini sudah Anda lakukan?

2. Berbeda dengan yang lain.

Hampir semua toko online mempunyai pesaing yang tidak sedikit, namun apabila kita mampu memberikan sesuatu yang berbeda dengan yang lain maka hasilnya pun akan berbeda. Pastinya pembeli akan lebih diuntungkan dengan perbedaan itu.

Misalnya saja, yang membedakan produk-produk yang kita jual dengan kompetitor itu karena produk kita memiliki eksklusifitas, di produksi terbatas, kualitas bahan premium, dst

3. Menampilkan foto produk yang apik dan menarik.

Kebanyakan pelaku online shop kurang memperhatikan akan foto yang ditampilkan. Hal ini justru penting untuk diperhatikan. Dikarenakan pembeli tidak dapat melihat barang secara langsung, maka tawarkanlah foto yang apik dan jelas.

Kebanyakan orang yang berjualan online, paling malas menampilkan foto produk dengan deskripsi yang lengkap. Sebaliknya, mereka meng-unggah foto produknya se-asalnya. Jelas saja, sepi pembelian!

4. Simple dan informatif.

Janganlah malas untuk mendeskripsikan barang. Deskripsi tidak perlu panjang lebar, cukup simple namun informatif. Ini berguna bagi calon pembeli yang menginginkan detil. Daripada anda selalu menjawab pertanyaan yang sama, lebih baik cantumkan detil deskripsi di setiap produk online yang Anda jual di toko online.

5. Terbuka dan Jujur pada semua orang.

Sifat terbuka dan jujur akan membuat anda disukai oleh banyak orang. Terbuka bukan berarti polos tapi tujuannya adalah untuk memihak pada kepentingan pembeli.

Sebagai contoh, jika memang produk anda terbatas maka sampaikan kalo itu terbatas. Jangan seakan-akan kita menggiring opini yang salah tentang produk yang kita jual karena nanti akibatnya ya pembeli akan kapok karena sudah dikerjai oleh kita. Ngomongnya terbatas, tapi setiap hari selalu saja ada.

6. Berikan pelayanan yang lebih bagus lagi.

Hal ini dikarenakan setiap orang sangat suka dengan pelayanan yang bagus, bahkan mereka berani untuk membayar mahal asal pelayanan yang diberikan bagus.

Misalnya saja: langsung menjawab telepon, menjawab sms dengan sopan, menjawab email dan keluhan pembeli dengan santun.

7. Melakukan promosi dengan rutin.

Promosi bisa dilakukan dimana saja, baik melalui iklan gratis maupun berbayar. Anda juga dapat memanfaatkan social media sebagai ajang promosi anda. Ini perlu konsisten dari Anda.

Misalnya: setiap hari Anda harus publish produk toko online anda di facebook, menjawab pertanyaan sampai melayani order. Hal ini juga salah satu dari upaya promosi produk online yang akan semakin dikenal oleh pembeli.

8. Pasang harga yang rasional. Karena informasi dapat bersumber darimana saja, maka pembeli akan tahu berapa harga yang pantas untuk sebuah produk. Jadi, jangan pasang harga yang terlalu tinggi tanpa disertai alasan “WHY”-nya.

Sekali pembeli tahu bahwa dia di kerjain dengan harga mahal, maka dia akan kapok membeli lagi dari Anda!

9. Mulai Pikirikan sebuah merk.

Buatlah merk sendiri agar pembeli bisa dengan mudah mengingat produk. Tidak ada salahnya Anda mulai memikirkan nama produk anda sendiri dari sekarang. Sehingga nantinya, orang akan lebih mudah mengenali produk-produk anda yang unik.

10. Kesabaran.

Jika konsisten adalah yang pertama, maka kata kunci terakhir adalah kesabaran. Dua hal ini yang mesti dimiliki semua pelaku bisnis toko online.

Yap, kesabaran sampai kita bisa melihat datangnya order pemesanan barang setiap hari!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *